BORON, TELURIUM DAN GERMANIUM SEBAGAI UNSUR SEMILOGAM YANG BERMANFAAT DALAM KEHIDUPAN DAN DAMPAK NEGATIF YANG

DITIMBULKAN.
OLEH: KELOMPOK 7

ABSTRAK Boron, telurium dan germanium dengan penyebarannya di alam meiliki bebrapa manfaat bagi kehidupan manusia, misalnya boron yang dipergunakan sebagai atau pengawet kayu; telurium sebagai bahan aditif ataupun germanium yang berfungsi untuk meningkatkan indeks bias kaca. Dengan berbagai manfaat itu, ketiga unsur di atas yang termasuk dalam unsur semilogam tentunya memiliki beberapa dampak negatif bagi kehidupan manusia, seperti kanker dan kerusakan jaringan pada tubuh. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memaparkan keberadaan unsur semilogam, yakni boron, telurium dan germanium serta manfaat dan dampaknya bagi kehidupan.

ABSTRACT Boron, tellurium, and germanium with they spread in nature has particularly miraculous benefits for human life, such as boron that used as wood preservatives; Tellurium as an additive material or Germanium that serves to increase the refractive index of glass. With a variety of benefits, the three elements above are included in the element semimetal certainly

I. tetapi sifat hantaran listriknya menjadi lebih baik ketika berada pada suhu lebih tinggi. that is boron. yakni kelompok unsur kimia yang terdapat di alam dan memiliki sifat antara logam dan nonlogam. hanya akan dipaparkan mengenai Boron. The purpose of this paper is to describe the existence of semimetal elements. Germanium (Ge). and germanium as well as the benefits and impact on the lives. PENDAHULUAN Unsur semilogam adalah unsur metaloid. Polonium (Po) dan Astatin (At). Selain itu. Pada umumnya unsur semilogam bersifat semikonduktor. Silikon (Si). tellurium. Telurium dan Germanium yang keberadaannya melimpah di alam. Telurium (Te). . yaitu Boron (B). dan beberapa telihat berkilau layaknya unsur logam. namua perlu untuk diketahui karakteristik dan pengolahan limbah unsur tersebut. Dalam penulisan jurnal ini. Antimon (Sb). Dengan keberadaannya yang melimpah. unsur semilogam memiliki tingkat kerapuhan diantara logam dan nonlogam. tentunya ketiga unsur tersebut memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia.have some negative impact to human life. dimana unsur ini tidak dapat menghantarkan listrik degan baik pada suhu rendah. such as cancer and damage to cell in the body. Ada delapan unsur yang dikelompokkan sebagai unsur semilogam. Arsen (As). sehingga tidak terjadi dampak buruk dari penggunaan unsur tesebut.

. kernite. III. ulexite. tetapi boron metalik berwarna hitam.59 kJ/mol dan kalor penguapan 254 kJ/mol.II.1 Sifat Fisik a. colemanite dan Borat. Bentuk metaliknya keras dengan tingkat kekerasan 9. aplikasi ketiga unsur tesebut dalam industri dan dampak negatifnya serta manfaat ketiga unsur dalam dunia pertambangan. yaitu sifat fisik unsur Boron. Boron juga merupakan unsur metaloid yang tidak pernah ditemukan di alam dalam bentuk unsur. asam borat.3 dalam skala Mohs dan konduktor yang buruk dalam suhu kamar. Boron lebih bersifat semikonduktor daripada sebuah konduktor logam lainnya. Boron memiliki titik leleh 2349 K (20760C). Ada dua alotrop boron. akan tetapi banyak ditemukan terkombinasi dalam bijih boraks. Telurium dan germanium.unsur satu golongannya.L pada tahun 1808. titik didih 4200 K (39270C). HASIL Hasil pengumpulan data pustaka referensi/ makalah dari beberapa instansi dikumpulkan dalam 3 klasifikasi. Warna dari unsur boron adalah hitam dengan sifat semilogam (semimetalik) dengan struktur kristal rhombohedral dan fase padat. Boron Boron adalah unsur golongan 13 periode 2 dengan nomor atom 5 yang ditemukan oleh Sir Humphry Davy dan Gay-Lussac J. yakni boron amorfus adalah serbuk coklat. kalor peleburan 5. Secara kimia boron berbeda dengan unsur.

b.25 dalam skala Mohs. Germanium germanium adalah unsur golongan 14 periode 4 dengan nomor atom 32 yang ditemukan oleh Clemens A. Telurium memiliki warna putih keperak-perakan. c. tapi lebih sering sebagai senyawa tellurida dari emas (kalaverit). Telurium memiliki titik leleh 722. titik didih 1261 K (9880C). Telurium lebih bersifat semikonduktor daripada sebuah konduktor logam lainnya. Telurium kadang-kadang dapat ditemukan di alam. Telurium cukup rapuh dan bisa dihaluskan dengan mudah karena memiliki tingkat kekerasan 2. Telurium didapatkan secara komersil dari lumpur anoda yang dihasilkan selama proses pemurnian elektrolisis tembaga panas. kalor peleburan 17. Warna dari germanuim adalah putih keabu-abuan yang berkilauan dengan sifat semilogam (semimetalik) dengan struktur kristal cubic face centered. Germanium merupakan bahan terbaik untuk semikonduktor sebagai karakteristik secara alami tersedia pada suhu kamar sementara yang lain memerlukan tingkat tertentu sebelum mereka .49 kJ/mol dan kalor penguapan 114.6 K (449. Telurium Telurium adalah unsur golongan 16 periode 5 dengan nomor atom 52 yang ditemukan oleh Franz Joseph Muller von Reichstein pada tahun 1783 di Rumania. dan dalam keadaan murninya menunjukkan kilau logam dengan sifat semilogam (semimetalik) serta struktur kristal hexagonal. dan bergabung dengan logam lainnya.510C).1 kJ/mol. Winkler di Freiberg Jerman pada tahun 1886.

III.250C). kalor peleburan 36. Pentrahidra ini digunakan dalam jumlah yang banyak dalam pembuatan serat gelas yang dijadikan insulasi (insulation fiberglass) dan pemutih sodium perborat (sodium perborate bleach). Senyawa-senyawa boron lainnya digunakan dalam pembuatan kaca borosilica dan dalam penyembuhan arthritis. Germanium stabil di udara dan air pada keadaan yang normal. Boron nitrida memiliki sifat-sifat yang cemerlang karena ia sekeras berlian.2 Manfaat Mineral a.bisa menjadi semikonduktor. Germanium memiliki tingkat kekerasan 6. Asam borik juga merupakan senyawa boron yang penting dan digunakan dalam produk tekstil. titik didih 3106 K (28330C). Boron yang tidak murni digunakan pada pertunjukan kembang api untuk memberikan warna hijau dan dalam roket sebagai pemicu.40 K (938. sebagai tameng pada radiasi nuklir dan dalam instrumeninstrumen yang digunakan untuk mendeteksi netron. dapat digunakan sebagai insulator listrik walau dapat menghantar panas seperti . dan sukar bereaksi dengan alkali dan asam.94 kJ/mol dan kalor penguapan 334 kJ/mol. Germanium memiliki titik leleh 1211.0 pada skala mohs. Boron Boron memiliki banyak kegunaan dalam berbagai industri. Senyawa boron yang paling komersial adalah Na2B4O75H2O. akan tetapi bentuk metalloidnya rapuh. kecuali dengan asam nitrat. Isotop boron-10 digunakan sebagai kontrol pada reaktor nuklir.

Bismut telurrida telah digunakan dalam peralatan termoelektrik. Index refraksi yang tinggi dan sifat dispersi oksidanya telah membuat germanium sangat berguna sebagai . dan juga memperbaiki kekuatan dan kekerasannya. sebagai fosfor di bola lampu pijar dan sebagai katalis. Telurium juga digunakan dalam keramik. Telurium digunakan sebagai komponen utama dalam sumbat peleburan. ia digunakan sebagai transistor dalam banyak barang elektronik. Telurium Telurium memperbaiki kemampuan tembaga dan baja tahan karat untuk digunakan dalam permesinan. Boron hidrida dapat dengan mudah dioksidasi dan melepaskan banyak energi dan pernah digunakan sebagai bahan bakar roket. termasuk pendeteksi infra merah yang sensitif.logam. Kegunaan lain unsur ini adalah sebagai bahan pencampur logam. Penambahan telurium pada timbal dapat mengurangi reaksi korosi oleh sam sulfat pada timbal. Germanium dan germanium oksida tembus cahaya sinar infra merah dan digunakan dalam spekstroskopi infra mera dan barang-baran optik lainnya. Kegunaan umum germanium adalah sebagai bahan semikonduktor. Penawaran terhadap filamen boron juga meningkat karena bahan ini kuat dan ringan dan digunakan sebagai struktur pesawat antariksa. dan ditambahkan pada besi pelapis pada menara pendingin. Senyawa ini juga memiliki sifat lubrikasi seperti grafit. b. c. Germanium Ketika germanium didoping dengan arsenik. galium atau unsur-unsur lainnya.

tetapi memiliki keaktifan terhadap beberap jenis bakteria. Boron Dalam penambangan boron dan pengolahannya.lensa kamera wide-angle dan microscope objectives. Telurium Seperti pada semua proses penambangan. sehingga membuat unsur ini sangat berguna sebagai agen kemoterapi.3 Pengolahan dan Penanganan Limbah Hasil Penambangan a. hal yang memungkinkan adalah dengan menggunakan lempung yang mengandung tailing dari penambangan boron atau boraks dalam pembuatan bata merah. Beberapa senyawa germanium memiliki tingkat keracunan yang rendah untuk mamalia. tidak hanya menyebabkan kerugian ekonomis tetapi juga menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Bidang studi kimia organogermanium berkembang menjadi bidang yang penting. lempung yang ditambang memiliki kandungan tailing dalam jumlah besar tailing yang harus di buang. Dengan penambahan lempung yang mengandung tailing boraks sampai 30% pada bata dapat meningkatkan kualitas bata. Tailing yang terdapat banyak pada lempung dari hasil penambangan boron. II. Dalam rangka untuk mengatasi masalah ini. Dalam pengolahan limbahnya diperlukan tempat yang luas untuk mengalokasikan pembuangan limbah tersebut. metode untuk mendapatkan tembaga yang memiliki “Byproduct” berupa tellurium adalah . b.

Untuk alasan ekonomi dan lingkungan. Selain itu. terutama dalam bidang industri. KESIMPULAN Boron. germanium juga memiliki dampak negatif apabila terakumulasi dalam sistem perairan. Telurium dan Germanium merupakan tiga mineral semi logam yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. dan faktor lainnya. juga terdapat . terutama dalam transistor. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena germanium dapat dilakukan dengan mengalihkan fungsi germaium sebagai seimkonduktor. dan elektrokimia. yang lebih berat dari pada udara sehingga dapat berpindah dengan cepat sepanjang permukaan bumi. c. Gas belerang dioksida. Germanium Bahaya fisik yang dapat ditimbulkan oleh germanium dilihat dari bentuk gasnya. Akhirnya. Konversi ini terdiri dari serangkaian proses kimia. III. banyak produk sampingan dari ekstraksi didaur ulang. Dari manfaatnya. seperti industri gelas atau kaca. dan terakhir yang terbentuk elektrolitik. misalnya. yang dilebur untuk menghasilkan matte. Bijih biasanya harus pekat. Metode telah berevolusi dan bervariasi pada setiap negara tergantung pada sumber bijih. sebagi salah satu logam berat. fisik. tembaga mengalami berbagai proses pemurnian.dengan ekstraksi. bijih dihancurkan Kemudian itu harus dipanaskan untuk mengubah sulfida menjadi oksida. Untuk melakukan itu. ditangkap dan berubah menjadi asam sulfat yang kemudian digunakan dalam proses ekstraksi. peraturan lingkungan setempat.

20.2010.51 WITA) Deny.org/tabel_periodik/ boron/ (Diakses tanggal 18 Oktober 2011.com/article/275817-is-first-solarmining-its-own-tellurium (Diakses tanggal 18 Oktober 2011.2011.Tabel Periodik. http://seekingalpha.http://www.51 WITA) Chem-Is-try. DAFTAR PUSTAKA Ojimori. 22.Periodic Elements. IV. namun ddalam penggunaan dosis tinggi tentunya juga memiliki efek buruk terutama bagi kesehatan.lenntech.html (Diakses tanggal 18 Oktober 2011. 22.http://www.2011.com/2011/05/24/ unsur-kimia-iv-a-germanium-ge/html (Diakses tanggal 18 Oktober 2011.http://www.2011. Limabh dari mineral tersebut dapat di olah kembali.chem-is-try. 22.beberapa dampak negatif yang tidak terlallu berbahaya.51 WITA) Seeking Alpha. seperti boron yang dapat digunakan untuk memperkuat bata merah.Unsur Kimia Germanium.51 WITA) .com/periodic/elements/ b.ojimori.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful