P. 1
SIFAT-sifat huruf

SIFAT-sifat huruf

|Views: 734|Likes:
Published by Must Joe

More info:

Published by: Must Joe on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2013

pdf

text

original

TUGAS

ILMU TAJWID
SIFAT-SIFAT HURUF

DISUSUN OLEH: Tgk. AZHAR

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

JURUSAN DAKWAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
ZAWIYAH COT KALA LANGSA

2010 2 .

Shafir 2. Istithalah 8. SIFAT-SIFAT LAZIM Sifat-sifat lazim mempunyai 19 sifat. bahwa pada garis besarnya.) ﺭ‬ PEMBAGIAN SIFAT-SIFAT HURUF DAN URAIANNYA Sebagaimana yang telah kita ketahui menurut pernyataan diatas. Idlaq lawannya (11) Ishmat 2. Takrir 6. Tafasysyi 7. Ithbaq lawannya (9) Infitah 10. tetapi hendaklah kita sadari bahwa huruf daripada huruful Hijaiyah yang 29 dalam Al Qur’an itu. Tetapi rumusan dari berbagai pendapat dapat dirumuskan kepada keterangan yang akan kita uraikan dalam pelajaran dibawah ini. sifat-sifat huruf terbagi kepada 2 bahagian besar.SIFAT-SIFAT HURUF Adapun yang dimaksud dengan sifat-sifat huruf adalah keadaan yang berlaku pada tiap-tiap huruf itu benar (tepat) dibacanya sesuai pada makhraj huruf. Kedua. Isti’la’ lawannya (7) Istifal 8. Menurut pendapat ulama tajwid sehubungan dengan menetapkan banyaknya sifat-sifat huruf itu maka ada yang mengatakan huruf itu terbagi kepada 10 sifat. Jahar lawannya (2) mahmus 3. Qalqalah 3. Syiddah lawannya (4) Rakhwah dan (5) Tawassuth 6. Sifat yang demikian dinamakan sifat yang lazim. Dengan pengertiannya. ada yang mengatakan 18 sifat. yang Aridh. sifat yang lazim 19 sifat dan yang Aridh 11 sifat. ada 8 sifat: 1. Len 4.dengan pembahagiannya. ada 11 sifat: 1. sifat-sifat yang mempunyai lawan. Dengan demikian dapat kita ambil kesimpulan bahwa sifatsifat huruf terbagi kepada 2(dua). bahwa sifat-sifatnya itu tidak berubah-ubah walau bagaimanapun. bahkan ada pula yang mengatakan 40 sifat. yaitu yang boleh berubah-rubah menurut keadaan yang datang terhadapnya maka jumlah kandungan keduanya 30 sifat . Pertama. yang lazim yaitu yang tidak boleh tinggal sifat-sifat itu daripada huruf yang bersangkutan selama-lamanya dan tidak boleh berubah. sifat-sifat yang tidak mempunyai lawan. Ghunnah 3 . Kedua. Tetapi ada juga sifat-sifat huruf yang boleh bertukar kepada sifat yang lain menurut keadaan yang datang kepadanya yang dinamakan dengan sifat yang “ARIDH”. Pertama. sekurang-kurangnya mempunyai 5(lima) sifat bagi dirinya dan ada pula diantaranya mempunyai 7(tujuh) sifat seperti “Ra” (‫. Inhiraf 5. terbagi kepada 2 bagian: 1.

Idgham 2. yaitu membunyikan huruf dengan suara tertahan. Untuk memudahkan menghafalnya dikumpulkan dalam kalimat 4 . Harakat URAIAN KETERANGAN SIFAT YANG MEMPUNYAI LAWAN 1. yaitu membunyikan huruf dengan suara lalu/tidak tertahan. Huruf-huruf yang sifat Mahmus ada 10 huruf. Tafkhim 7. MAHMUS. membunyikannya itu baik diwaktu ia sedang berbaris atau diwaktu bertanda mati atau waqaf kecuali huruf KAF ( ‫ ) ﻜ‬dan TA ( ‫ ) ت‬yang dibunyikan bernafas hanya di waktu dia bertanda mati atau ketika waqaf. Banyaknya huruf ada 19(Sembilan belas) Untuk memudahkan menghafal dikumpulkan dalam kalimat ‫عظم وزن قاﺭئ ذي غض جد طلب‬ َ ََ ّ ِ ّ َ ْ ِ ٍ ِ َ ُ ْ َ َ ُ َ 2. Tarqiq 8. SYIDDAH. Banyaknya huruf yang bersifat dengan SYIDDAH adalah 8(delapan) huruf. Mad 6. Nyata benar tertahannya itu ketika ia bertanda mati/waqaf. JAHAR. Jumlah huruf bersifat RAKHAWAH 16(enam belas) huruf. adalah membunyi huruf dengan tidak bernafas. Izh-har 3. yaitu membunyi huruf dengan bernafas/berhembus. Iqlab 5. Waqaf 9. Sukun 11. untuk memudahkan menghafalnya dikumpulkan dalam kalimat َ َ َ ٌ ْ َ ُ َّ َ ‫فحثه شخص سﻜت‬ 3. RAKHAWAH. Untuk memudahkan menghafalnya disimpulkan dalam kalimat ْ َ َ ّ َ ُِ َ ‫ا جد قط بﻜت‬ 4. Sakat/Saktah 10. Ikfa 4.SIFAT-SIFAT ARIDH YANG 11(SEBELAS) SIFAT IALAH: 1.

Jumlah hurufnya 25.njumlah hurufnya ada 7(tujuh). Jumlah huruf yang bersufat TAWASSUTH ada 5(lima) huruf. ISTIFAL. Jumlah huruf 4(empat). yaitu membunyikan huruf dengan mengatkankanpangkal lidah kelangit- langit yang mengakibatkan suara agak lebih besar. disimpulkan dalam kalimat ََْ َ ‫صضطظ‬ 9. ISTI’LA. yang disimpulkan dalam kalimat ٍ َْ ُ ْ ُ ُ َ ّ َ َ َ ًَ َ َ َ َ َ َ َ َ ْ َ ‫من اخذوجدسعةفزكاحق له شرب غيث‬ 10. TAWASSUTH. ITHBAQ. yaitu membunyikan huruf dengan tidak mengatupkan pertengahan lidah ke langit-langit/ tidak melengkungkan keliling lidah ke langitlangit yang mengakibatkan bunyi huruf itu tidak besar. Yang disimpulkan dalam kalimat. Untuk memudahkan menghafalkannya dikumpulkan dalam kalimat ْ َُ ْ ِ ‫لن عمر‬ 6. yaitu membunyikan huruf antara suara tertahan dengan lalu. Jumlah huruf ada 22(duapuluh dua). Untuk memudahkan menghafalnya dikumpulkan dalam kalimat: ‫ثبت عز من يجو دحرفه اذسلشﻜا‬ َ َ َّ َ ِ ُ َ ْ َ ُ ّ َ ُ ْ َ ّ ِ َ َ َ 8. yaitu membunyikan huruf dengan tidak mengangkat pangkal lidah kelangit-langit sehingga suara dapat mengecil. Untuk memudahkan menghafalkannyakita simpulkan dalam kalimat ّ ِ ٍ ِْ ّ ُ ‫خص ضغط قظ‬ 7. yaitu membunyikan huruf dengan ringan/lancer dengan jumlah hurufnya 6(enam) huruf. INFITAH lawan ITHBAQ. ّ ُْ ِْ ِ ‫فرمن لب‬ 5 . IZLAQ.ٍ ‫خذ غث حظ فض شوص زي سا‬ ‫ُْ َ ّ َ ّ َ ّ ُ ْ ٍ َ َ َ ه‬ 5. yaitu membacanya dengan terkatupnya pertengahan lidah ke langit-langit atau melengkungkan keliling lidah ke langit-langit yang mengakibatkan bunyinya lebih besar.

SHAFIR. maka SHAFIR adalah desir nafas yang dianya lebih kuat disbanding dengan MAHMUS B. yaitu huruf yang keluar dengan bunyi berdesir dan kuat antara dua bibir. yaitu membunyikan huruf dengan “melenturkan” lidah. Perbedaan SHAFIR dengan MAHMUS. Jumlah hurufnya 3(tiga). Jumlah huruf 23(duapuluh tiga). Jumlah huruf ada 2(dua). LAYYIN (LEN). ISHMAT. yang dikumpulkan dalam kalimat. “LAM” ( ‫ ) ل‬dan “RA” ( ‫) ﺭ‬ Contohnya seperti : ُ ْ َ َْ ‫الحمد‬ ‫=ل‬ 6 ‫الرحمن = ﺭ‬ ُ َ ْ ّ َْ . َ ََ ‫صزس‬ A. yaitu membunyikan huruf dengan tidak ringan/lancer. SHAFIR SHUGHRA yaitu SIN ( ‫) س‬ 2. َّ ُ َ ُ ‫قطب جد‬ 3. QALQALAH. yang dihimpunkan dalam kalimat. SHAFIR WUSTHA yaitu SHAD ( ‫) ص‬ 3. yaitu membunyikan dengan suara yang berlebih keluar dari mkhraj hurufnya atau disebut juga dengan hidup-hidup mati. Jumlah hurufnya ada 5(lima). yaitu membunyikan huruf dari makhrajnya dengan lunak lagi lembut. SHAFIR KUBRA yaitu ZAI ( ‫) ز‬ 2. INHIRAF.11. “YA” ( ‫ ) ﻱ‬dan “WAW” ( ‫) و‬ Contohnya seperti : ‫َيف = ﻱ‬ َ ْ‫ك‬ ‫لول = و‬ ََْ 4. Jumlah hurufnya 2(dua). Adapun SHAFIR ini terbagi 3(tiga): 1. َ ّ ُ َ ُ َ َ َ ْ ِ ٍ َِ ّ َ ٍ ِ َ ّ ِ ّ َ ‫جزغش ساخط صد ثقة إذوعظه يحضك‬ KETERANGAN SIFAT-SIFAT YANG TIDAK PUNYA LAWAN 1. yang dihimpun dalam kalimat.

Jumlah hurufnya satu yaitu “RA” ( ‫.berlaku sifat ISTITHALAH itu ketika bertanda mati atau bertasdid yaitu huruf “DHAD” ( ‫) ﺽ‬ Contoh: َ ّْ ّ َ َ ‫ولالضالين‬ 8.انا = ﻥ‬ ِّ ُ ِ ْ َ ُّ 7 . yaitu membunyikan huruf dengan dengung keluar dari pangkal hidung yang disebut dengan “kaisyum”. yaitu membacakan huruf dengan bunyi angin mulut yang ”beterbanan”sebagaimana beterbanannya angin mulut dikala kita mengusir ayam. hurufnya adalah “SYIN” ( ‫) ﺵ‬ Contoh: ِ َ َْ َ ِ ‫من الشيطان‬ 7. tetapi geletarnya hanya boleh 2(dua) kali.5. TAFASYSYI. MIM ( ‫ ) ﻡ‬dan NUN ( ‫) ﻥ‬ Contoh: ‫لما = ﻡ‬ َّ ‫كنانعقل . yaitu. yaitu perpanjangan suara ketika membunyikan hurufnya itu sampai kesudahannya. yaitu membunyikan huruf dengan lidah bergetar. Banyaknya huruf ada 2(dua).) ﺭ‬ Contoh: ِ ْ ِ ّ ِ َ ْ ّ َْ ‫الرحمن الرحيم‬ 6. GHUNNAH. ISTITHALAH. TAKRIR.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->