P. 1
TIK - Komputer Generasi III

TIK - Komputer Generasi III

|Views: 599|Likes:
Published by ikikinoko
It's a master from TIK - Komputer Generasi Ketiga (Our IT Presentation - Third Generation of Computer).
It's a master from TIK - Komputer Generasi Ketiga (Our IT Presentation - Third Generation of Computer).

More info:

Published by: ikikinoko on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

SMA Negeri 8 Palembang – 2011/2012

Bagian Pertama: Apa Komputer Itu?
Di era globalisasi, siapa yang tidak kenal dengan teknologi-teknologi yang terus berkembang pesat. Termasuk komputer, sebuah alat elektronika yang mampu memenuhi segala fungsi sesuai dengan perosedur-prosedur yang dibuat. Sebenarnya dari zaman ke zaman pengertian akan komputer itu sangat berbeda-beda sesuai dengan konteks yang akan diberikannya. Namun disini, kami ingin menyampaikan proses pekembangan komputer digenerasigenerasinya terutama di generasi ketiga.

1

Bagian Kedua: Komputer dan Generasinya
Dalam sejarah perkembangannya, komputer telah mengalami banyak perubahan tiap generasinya. Generasigenerasi komputer dapat dijelaskan melalui tabel berikut. Generasi Komputer
Generasi Pertama (19421959) Generasi Kedua (19591965) Generasi Ketiga (19651970) Generasi Keempat (19701992) Generasi Kelima (1992Sekarang)

2

Dilihat dari perkembangan komponenkomponennya, komputer tiap generasi memiliki karakeristik yang amat mencolok seiring perkembangan zaman.

3

Bagian Ketiga: Komputer Generasi Ketiga
Sebagai materi inti, kami akan menjelaskan perkembangan komputer pada generasi ketiga. Komputer generasi ketiga dipasarkan mulai pada tahun 1965 sampai 1970. Digenerasi ini, penggunaan komputer jauh sangat berbeda dibanding generasi sebelumnya, kapasitas-kapasitas komputer jauh lebih besar , makin luas penggunaanya, fasilitas program makin lengkap, digunakan multiprogramming dan multiprocessing yaitu pelaksanaan dari beberapa program dalam waktu yang sama, dan komponen-komponen secara fisik makin kecil, serta minimnya penggunaan jumlah operator terhadap sebuah komputer.

4

Pada generasi ketiga telah digunakan tenaga elektronis yang disebut Monolithic Intergrated Circuit (atas) dan Metal Oxide Semiconductor (bawah), yang memiliki keuntungan-keuntungan sebagai berikut. 1. Greater reability (sangat diadalkan); 2. High speed (kecepatan data yang tinggi); 3. Lower cost (biaya dengan harga terjangkau; 4. More compact (lebih efisien); 5. Expandibility (dapat ditingkatkan kemampuannya).

5

Tujuan diciptakannya komputer generasi ketiga antara lain. 1. Memperluas dan mempercepat jaringan pengelolahan data dan penyajian informasi. 2. Untuk memperbaiki komunikasi data dalam hal kemajuan sistem transmisi. 3. Untuk mengolah data dalam bermacam-macam tipe pengelolahan. 4. Untuk memenuhi kebutuhan dalam pemecahan permasalahan penghitungan, perniagaan, komunikasi, kontrol proses dan lain-lain 5. Untuk memudahkan penambahan input/output devices bila diperlukan dan juga memudahkan dalam menghubungkan komputer-komputer lain dalam satu lokal yang sama maupun lokal lainnya.
6

Selain itu, kelebihan dari komputer generasi ketiga yaitu membatasi campur tangan operator, karena: 1. Adanya kontrol program; 2. Non-stop operations (pengoperasian yang tiada henti); 3. Delegation of input/output control to channel (tidak ada saling tumpang tindih dalam pengolahan data arus bolak baik; 4. Waktu pengerjaan yang relatif cepat; 5. Adanya storage protection (perlindungan terhadap data); 6. Adanya interrupt system (menghentikan sistem dari kejanggalan data maupun mesin).

7

Berikut ini adalah beberapa contoh komputer pada generasi ketiga dimana pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation. 1. IBM S/360 (gambar disamping) 2. UNIVAC 1108 3. UNIVAC 9000 4. Burroughs 5700, 6700, 7700 5. NCR Century 6. GE 600 7. CDC 3000, 6000, 7000 8. PDP-8, dan PDP-11

8

Special Thanks to…
Jogiyanto, H.M, 1990. Pengenalan Komputer, Yogyakarta: Andi Offset Drs Longkutoy J. John, 1980. Pengenalan Komputer, Jakarta: Mutiara Sumber Widya http://merahitam.com/pengertian-komputer-apa-itukomputer.html http://d3171s.wordpress.com/2011/03/04/sejarahkomputer-generasi-iii-komputer-generasi-iii-1964-1970/

And Special Thanks to You …

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->