P. 1
Ohmmeter

Ohmmeter

|Views: 98|Likes:
Published by Ajib Loli

More info:

Published by: Ajib Loli on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

Ohmmeter adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur hambatan suatu komponen, seperti resistor, dan

hambatan kawat penghantar. Tidak seperti ampermeter dan voltmeter, ohmmeter dapat bekerja sesuai dengan fungsinya jika pada alat tersebut terdapat sumber tegangan, misalnya batere. Ohm-meter adalah alat pengukur hambatan listrik, yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor. Besarnya satuan hambatan yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Alat ohm-meter ini menggunakan galvanometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang lewat pada suatu hambatan listrik (R), yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm. Desain asli dari ohmmeter menyediakan baterai kecil untuk menahan arus listrik. Ini menggunakan galvanometer untuk mengukur arus listrik melalui hambatan. Skala dari galvanometer ditandai pada ohm, karena voltase tetap dari baterai memastikan bahwa hambatan menurun, arus yang melalui meter akan meningkat. Ohmmeter dari sirkui itu sendiri, oleh karena itu mereka tidak dapat digunakan tanpa sirkuit yang terakit. Tipe yang lebih akurat dari ohmmeter memiliki sirkuit elektronik yang melewati arus constant (I) melalui hambatan, dan sirkuti lainnya yang mengukur voltase (V) melalui hambatan. Menurut persamaan berikut, yang berasal dari hukum Ohm, nilai dari hambatan (R) dapat ditulis dengan:

V menyatakan potensial listrik (voltase/tegangan) dan I menyatakan besarnya arus listrik yang mengalir. Untuk pengukuran tingkat tinggi tipe meteran yang ada di atas sangat tidak memadai. Ini karena pembacaan meteran adalah jumlah dari hambatan pengukuran timah, hambatan kontak dan hambatannya diukur. Untuk mengurangi efek ini, ohmmeter yang teliti untuk mengukur voltase melalui resistor. Dengan tipe dari meteran ini, setiap arus voltase turun dikarenakan hambatan dari gulungan pertama dari timah dan hubungan hambatan mereka diabaikan oleh meteran. Teknik pengukuran empat terminal ini dinamakan pengukuran Kelvin, setelah metode William Thomson, yang menemukan Jembatan Kelvin pada tahun 1861 untuk mengukur hambatan yang sangat rendah. Metode empat terminal ini dapat juga digunakan untuk melakukan pengukuran akurat dari hambatan tingkat rendah.
Prinsip kerja Ohmmeter : Telah diketahui bahwa tahanan arus listrik suatu benda baru dapat diukur bila dialirkan arus listrik ke benda tersebut. Pada Ohmmeter prinsipnya adalah benda dialiri listrik dan diukur tahanan listriknya. Sedangkan pada Ampermeter, yang mengukur besar kuat arus, tidak diperlukan sumber arus listrik karena sumbernya adalah benda yang diukur tersebut. Hambatan Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik dapat dirumuskan sebagai berikut: R=V/I Atau di mana V adalah tegangan dan I adalah arus. Satuan SI untuk Hambatan adalah Ohm (R). Hukum OHM Pada dasarnya sebuah rangkaian listrik terjadi ketika sebuah penghantar mampu dialiri elektron bebas secara terus menerus. Aliran yang terus-menerus ini yang disebut dengan arus, dan sering juga disebut dengan aliran, sama halnya dengan air yang mengalir pada sebuah pipa. Tenaga yang mendorong electron agar bisa mengalir dalam sebauh rangkaian dinamakan tegangan. Tegangan adalah sebenarnya nilai dari potensial energi antara dua titik. Ketika kita berbicara mengenai jumlah tegangan pada sebuah rangkaian, maka kita akan ditujukan pada berapa besar energi potensial

Yang pertama dan mungkin yang sangat penting hubungan antara tegangan. banyaknya tegangan dan hambatan sering digunakan untuk menyatakan antara atau melewati titik pada suatu titik. HUKUM OHM E=IR I=E/R R=I/E . panjang dan bentuk lain dari persamaan fisika. standard symbol yang lain dari tegangan adalah E atau Electromotive force. Besarnya arus didalam rangkaian adalah jumlah dari energi yang ada untuk mendorong elektron. Ditemukan oleh Georg Simon Ohm dan dipublikasikannya pada sebuah koran pada tahun 1827. tegangan. Satuan dan symbol dari satuan elektro ini menjadi sangat penting diketahui ketika kita mengeksplorasi hubungan antara mereka dalam sebuah rangkaian. dan ohm dari orang german Georg Simon ohm. atau bergerak berlawanan. Tanpa kedua titik tersebut istilah dari tegangan tersebut tidak ada artinya. Ampere. Dalam hal ini. ohm menemukan sebuah persamaan yang simple. Amp dari orang perancis Andre M. dan dikenali secara internasional. V untuk voltage (tegangan). volt dari seorang Italia Alessandro Volta. The Galvanic Circuit Investigated Mathematically. dan hambatan. arus dan hambatan ini disebut hokum ohm. Elektron bebas cenderung bergerak melewati konduktor dengan beberapa derajat pergesekan. kita perlu menentukan sebuah nilai layaknya kita menentukan nilai massa. Gerak berlawanan ini yang biasanya disebut dengan hambatan. Simbol matematika dari setiap satuan sebagai berikut “R” untuk resistance (Hambatan). dan I untuk intensity (arus). Standar ini digunakan pada disiplin ilmu fisika dan teknik. isi. Untuk menemukan arti dari ketetapan dari persamaan dalam rangkaian ini. dan juga jumlah dari hambatan dalam sebuah rangkaian untuk menghambat lajunya arus. Prinsip ohm ini adalah besarnya arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar metal pada rangkaian. dan hambatan yang saling berhubungan.yang ada untuk menggerakkan electron pada titik satu dengan titik yang lainnya. Sama halnya dengan tegangan hambatan ada jumlah relatif antara dua titik. walaupun beberapa tulisan menggunakan E untuk menandakan sebuah tegangan yang mengalir pada sebuah sumber (seperti baterai dan generator) dan V bersifat lebih umum. Standard yang digunakan pada persamaan tersebut adalah arus listrik. menjelaskan bagaimana hubungan antara tegangan. arus. Setiap unit ukuran ini dinamakan berdasarkan nama penemu listrik. Simbol V dan E dapat dipertukarkan untuk beberapa hal. Symbol yang digunakan adalah standar alphabet yang digunakan pada persamaan aljabar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->