Informasi Organisasi

Nama dan Alamat Organisasi Mitra Samya (Lembaga Studi Partisipasi dan Demokrasi) Jl. Sultan Salahudin 17 Tanjung Karang, Mataram, Lombok NTB 83151, Telp./Fax. 0370 – 624232; E-mail: mitrasamya@indo.net.id Mitra Lainnya :
• • • • • • Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah TKPKD Lombok Tengah Konsorsium LSM Lombok Tengah Pemerintah dan masyarakat di 22 Desa di Kabupaten Lombok Tengah TRANSFORM 31 BUMDes di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur dan Sumbawa)

Informasi Program Judul : Pemberdayaan Kelompok Miskin dan Terpinggirkan di 22 Desa. dan 8 desa di Kopang) • 7 BUMDes di Lombok Barat. Propinsi Nusa Tenggara Barat ( 10 desa di Kecamatan Praya Timur. dan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa dan Kabupaten dalam Melakukan Perencanaan dan Penganggaran Partisipatif untuk Pemenuhan Hak-hak Dasar Masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah Lokasi : • 22 desa di 3 Kecamatan Kabupaten Lombok Tengah. 4 desa di Praya Barat Daya. Periode : 2 tahun (24 bulan) . 6 di Lombok Utara. 7 di Lombok Timur dan 11 di Sumbawa.

tahun 2015 = 7.LATAR BELAKANG Angka Kemiskinan berdasarkan Target MDG’s. berbagai sumber. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) 2005 Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) 2004 18 T Sumber : Bappenas.2 T 267. Prioritas Pembangunan Nasional Anggaran 2009 66.8% Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan (SNPK) Pemenuhan kebutuhan dasar sebagai hak setiap warga negara.5% PENANGGULANGAN KEMISKINAN. dikutip dari Program SAPA .

Lombok Tengah Kabupaten dengan Praktek Terbaik .koordinasi program penanggulangan kemiskinan lintas sektor dan pelembagaan partisipasi kelompok miskin dan terpinggirkan dalam pengambilan keputusan di 15 kabupaten dan kota yang telah dipilih di seluruh Indonesia. 15 Pemkab/Pemkot 2o NGO.2008 • • • • TKPK RI/TNP2K. The Ford Foundation Program SAPA (Strategic Alliance of Poverty Reduction) mengembangkan praktek-praktek terbaik dari.

berbagai sumber. kesehatan.POTENSI Pemkab Lombok Tengah mulai mempromosikan proses partisipatif dalam pembangunan DAMPAK Kemitraan intensif Pemkab dan LSM  mendorong partisipasi kontribusi positif terhadap pelaksanaan dan pencapaian program pembangunan Mitra Samya . pendidikan. memfasilitasi peyusunan Perencanaan Strategis Desa secara partisipatif (GPI. dan partisipasi.740 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik. pekerjaan. lingkungan. . Akuntabel) di 124 desa Dokumen Renstra Desa menjadi pedoman dalam Musrenbang Desa Terbentuknya Konsorsium LSM Lombok Tengah SE Bupati  partisipasi publik dalam perencanaan dan penganggaran desa Pemkab dan Konsorsium menyusun Pedoman Pelaksanaan Musrenbang Desa-Kab jumlah penduduk miskin turun sebesar 4. rumah / tinggal. keamanan. Bappeda dan LSM. Transparan.360 menjadi Rp 178.90 menjadi 59. tanah. dikutip dari Program SAPA Pemkab merumuskan 10 hak dasar : makanan.2%.52% menjadi 22.66 Sumber : Bappenas.32% pada garis kemiskinan Rp 139. dari 56. dari 26. air bersih.

INOVASI LOKAL PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI NTB Terbentuk 214 UPKD di Provinsi NTB 102 UPKD aktif memberi layanan Revitalisasi 102 UPKD menjadi 62 BUMDes LKM 22 BUMDes termasuk Kelas A  Profit 50 juta/tahun 6 BUMDes termasuk Kelas B  Profit <50 juta/tahun 34 BUMDes termasuk Kelas C  Belum Mendapat Untung. tapi berpotensi untuk dikembangkan Ada Perda BUMDes LKM di 4 Kabupaten BUMDes merupakan asset desa sebagai sumber PAD BUMDes mengembangkan berbagai skema kredit  sumber permodalan masyarakat Integrasi permodalan dari berbagai sumber di tingkat desa Rencana Bisnis dan mekanisme disesuaikan dengan potensi desa Akses dan Kontrol masyarakat miskin masih terbatas Sumber : Bappeda Propinsi NTB .

1 TANTANGAN Terbatasnya kapasitas institusi lokal dan masyarakat Seberapa efektiv integrasi partisipasi dalam keseluruhan perencanaan pembangunan Menjaga komitment pejabat pemerintah untuk melaksanakan kebijakan pemerintah kabupaten untuk mengatasi kebutuhan orang miskin dan perempuan dengan mengalokasikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan dasar Membangun koordinasi lintas sektoral programprogram penanggulangan kemiskinan- Meningkatkan kapasitas Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di tingkat kabupaten untuk mengembangkan koordinasi lintas sektor program penanggulangan kemiskinan-.PERTANYAAN PENTING . dan memberdayakan kelompok miskin dan terpinggirkan di 22 desa untuk berpartisipasi dalam perencanaan dan penganggaran program untuk pemenuhan hak dasar. .

2 Bagaimana mempromosikan partisipasi publik dalam perencanaan dan penganggaran di kabupaten lain di Nusa Tenggara Barat Pemberdayaan ekonomi sebagai entry point bagi peningkatan partisipasi kelompok miskin dalam perencanaan dan penganggaran di masa depan pendekatan yang dimulai dengan penyediaan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin dengan mengembangkan akses ke layanan keuangan mikro melalui badan usaha yang disebut LKM BUMDes.PERTANYAAN PENTING . dan lembaga yang dimiliki oleh desa dan menyediakan akses keuangan mikro bagi kaum miskin untuk membiayai kegiatan yang menghasilkan pendapatan empat kabupaten lain di Nusa Tenggara Barat. dan Sumbawa . Lombok Timur. Lombok Utara. yaitu di Lombok Barat.

untuk membuka akses bagi kelompok miskin dan terpinggirkan dalam layanan keuangan mikro untuk membiayai kegiatan yang menghasilkan pendapatan. . dan LSM Konsorsium Lombok Tengah (sebuah konsorsium yang terdiri dari 27 anggota LSM) untuk mengkoordinasikan program penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan partisipasi kelompok miskin dan terpinggirkan dalam perencanaan dan penyusunan anggaran di tingkat desa dan kabupaten untuk pemenuhan hak dasar.Tujuan Program • Tujuan pertama adalah untuk mengembangkan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. 22 pemerintah desa. • Tujuan kedua adalah untuk mempromosikan partisipasi kelompok miskin dan terpinggirkan di empat kabupaten lain di Nusa Tenggara Barat melalui pengembangan BUMDes LKM.

kabupaten • • • • • • Integrasi data statistik tentang kemiskinan dan penanggulangan kemiskinan yang saat ini dikumpulkan secara terpisah oleh instansi yang berbeda di Lombok Tengah. dalam Musrenbang Desa sampai proses perencanaan di 22 desa dan pada Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten. Partisipasi kelompok miskin dan terpinggirkan di Lombok Tengah. Pemutakhiran data kemiskinan yang melibatkan pemerintah desa dan masyarakat di 22 desa terpilih di Lombok Tengah. Pengenalan kebijakan lokal di Lombok Tengah yang menjamin pemenuhan hak-hak dasar kelompok miskin dan marjinal. . terutama perempuan. TKPKD di Lombok Tengah memainkan peranan koordinasi program penanggulangan kemiskinan yang sedang dilaksanakan secara terpisah oleh departemen yang berbeda. Perencanaan Strategis Desa di desa-desa yang dipilih 22 di Lombok Tengah dijabarkan dalam program penanggulangan kemiskinan untuk memenuhi hak-hak dasar dan mereka menerima alokasi anggaran yang memadai di desa dan tingkat kabupaten. TKPKD dan SKPD dalam perencanaan penganggaran partisipatif yang pro poor dan pro gender Meningkatkan kapasitas bagi kelompok-kelompok akar rumput dan fasilitator desa mengenai pemenuhan hak dasar Menjaga partisipasi efektif kelompok miskin dan terpinggirkan dalam perencanaan dan penganggaran di tingkat desa .Gagasan untuk mewujudkan Tujuan Pertama : Meningkatkan Kapasitas Konsorsium LSM Lombok Tengah.

Lombok Utara.Gagasan untuk mewujudkan Tujuan Kedua : Mendukung pengembangan 31 LKM BUMDes di Kabupaten Lombok Barat. . khususnya bagi rumah tangga miskin Tumbuhnya komitmen pemerintah desa sebagai pemegang saham terbesar untuk melibatkan masyarakat miskin dalam menyusun rencana bisnis dan pengelolaan BUMDes LKM . Lombok Timur dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat • • • Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan BUMDes LKM yang sehat dan berkelanjutan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful