Membagi File menjadi beberapa bagian dengan WINRAR

Posted on Desember 17, 2011 by Hendra Arif W.

Split File atau File Splitter atau memotong file atau memecah file memang sudah lama dikenal orang. Jadi bagi Anda yang belum tahu bagaimana caranya membelah file besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga mudah untuk diupload, dikirim via email atau disimpan dalam media penyimpanan berukuran kecil, salah satunya dengan menggunakan Winrar. Sebagai catatan, tool ini sangat mudah untuk digunakan untuk orang awam sekalipun, mulai dari proses awal pengaturan hingga proses split, merge, dan compare. Download WINRAR disini untuk mendapatkannya. Cara penggunaan : -Klik kanan file yang akan dipecah. Contoh yang saya ambil adalah Antivirus Avira yang akan saya pecah menjadi 3 bagian. FIle awal berukuran 79 Mb.

Bahkan winrar masih menyediakan ukuran untuk media floopy disk sekalipun. Disini saya akan memecah file avira tersebut menjadi 3 bagian sehingga pada kolom Split File saya isi dengan .-Setelah muncul kotak dialog Archive name and parameters.000 byte). pilih Split to volumes. bytes (biasanya ada di kiri bawah) -Dari kotak dropdown menu pilih ukuran yang dikehendaki. (1 Mb = 1.000. Atau masukan saja angka sembarang sesuka Anda seperti gambar dibawah.

dan avira_free_antivirus_en.rar -Untuk menyatukannya kembali menjadi ukuran yang besar.000.part3. maka secara otomatis winrar akan mengekstrak file yang telah terkompresi menjadi file yang utuh. .30 MB (30.part2. avira_free_antivirus_en.part1.rar. tunggu proses hingga selesai maka kita akan menemukan file-file terkompresi berformat winrar seperti avira_free_antivirus_en.rar.rar lalu klik kiri Extract Here.part1. cukup klik kanan pada avira_free_antivirus_en.000 byte) -Jika sudah selesai klik OK.

Selamat Mencoba… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful