P. 1
MONOPOLISTIK

MONOPOLISTIK

|Views: 122|Likes:
Published by Emma Safitri

More info:

Published by: Emma Safitri on Mar 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2015

pdf

text

original

PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Persaingan sempurna dan monopoli sangat jarang terjadi dalam dunia nyata, karena hampir semua perusahaan tunduk pada persaingan. Walaupun hampir semua perusahaan dihadapkan pada sejumlah pesaing yang sangat banyak yang memproduksi produk-produk subtitutnya, perusahaanperusahaan masih mempunyai kendali terhadap harga output mereka. Mereka tidak bisa menjual semua yang mereka inginkan pada suatu tingkat harga yang tetap, demikian juga mereka tidak akan kehilangan semua penjualan mereka jika mereka meningkatkan sedikit harga produk mereka. Dengan kata lain hampir semua perusahaan menghadapi kurva permintaan yang berslope menurun. Penentuan Harga/Output Dalam Persaingan Monopolistik Seperti tampak dari namanya, persaingan monopolistik mengandung unsur-unsur monopoli dan persaingan sempurna. Aspek monopoli itu terdiri dari persaingan monopolistik ditelaah dalam jangka pendek. Perhatikan gambar 6.5. Pada gambar tersebut, dengan kurva permintaan D1 dan kurva penerimaan marjnal MR1, maka output optimum Q1 akan diperoleh pada titik di mana MR1 = MC. Di sini, laba monopoli jangka pendek yangh diterima adalah sama dengan P1LMAC1. Laba tersebut mungkin sebagai hasil pengenalan suatu produk baru atau karena adanya permintaan yang sangat tinggi.
Rp/unit MC P1 P2 = AC2 AC1 P3 L AC M D3

MR2 0 Q2 Q1

MR1 D2 Q3

D1 Q/t

Gambar 6.5. Kombinasi harga/output dalam persaingan monopolistik

Namun

demikian,

sejalan

dengan

waktu,

persaingan

akan

terangsang oleh adanya laba monopoli jangka pendek ini.5. Jika semakin banyak perusahaan yang memasuki industri tersebut dan menawarkan barang pengganti yang sangat dekat (tetapi tidak sempurna). D3 dengan P3 dan Q3 akan terjadi. D2 akan lebih mendekati horisontal dan keadaan persaingan sempurna. . Output optimal perusahaan tersebut (di mana MR2 = MC) bergeser menjadi Q2. Ini berarti bahwa permintaan perusahaan dan penerimaan marjinal (MR) akan bergeser ke kiri. maka pangsa pasar (market share) dari mula-mula akan menurun. seperti D2 dan MR2 dalam gambar 6. aspek persaingan dari persaingan monopolistik ini akan tampak dalam jangka panjang. dan harga P2 sama dengan AC2. Jika barang pengganti yang ditawarkan persis sama (tidak hanya mendekati sama) maka dengan adanya perusahaan pendatang baru. dan banyak perusahaan-perusahaa baru yang akan memasuki industri tersebut. maka laba ekonomis menjadi nol. Oleh karena itu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->