PENGANTAR PERTEMUAN PEMBUKA

3.

PENGANTAR KOMPUTER 2. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BASIS DATA/DATABASE (ACCES)
1.

PENGANTAR KOMPUTER

computare

to compute

menghitung

• • •

Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data


Dapat memberikan informasi
Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer


Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis.

SISTEM PENGOLAH DATA
INPUT
data pengolahan

OUTPUT
informasi

PROCESSING
Data Pengolahan Informasi : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

SISTEM KOMPUTER Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan. membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok  HARDWARE Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan terjamah  SOFTWARE Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolaahan data  BRAINWARE Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer .

 Secara Fungsional Dapat Digolongkan a.Digital camera. bar-code reader. mouse. Perangkat pemroses Contoh CPU (central processing unit) atau prosesor yang didukung oleh motherboard dan dibantu oleh komponenkomponen yang ada di dalam motherboard tersebut.HARDWARE Perangkat Keras dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik.CDROM drive. b. . Microphone. Contoh: Keyboard. USB drive. floppy-disk drive. Perangkat Input Digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan format yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses.

Contoh: Printer. plotter. SDRAM. data dan proses yang sedang dikerjakan akan disimpan ke dalam RAM selama komputer aktif (hidup). Penyimpanan Data (Storage Media) Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan.proyektor-LCD dll. D. Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi dua. di antaranya EDO RAM. setelah komputer dimatikan (daya listrik dicabut). Perangkat Output Digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari media pemroseske dalam bentuk dan format yang bermacam-macam sesuai dengankeinginan manusia.HARDWARE C. .DDR-SDRAM dan RD-RAM. Terdapat macam-macam jenis RAM. 1. data dan proses akan terhapus. monitor. Random Access Memory (RAM) Adalah media penyimpan yang bersifat non-permanen.

Read-Only Memory (ROM) ROM hanya digunakan untuk media yang dapat menyimpan data secara permanen dan tidak dapat diubahubah lagi.HARDWARE 2. Contoh : CMOS pada rangkaian motherboard di dalam CPU dan bertugas menyimpan instruksi input-output dasar yang dikenal sebagai BIOS. .

Live USB. MMC dll b. tidak menyebabkan kerusakan pada sistem komputer secara keseluruhan. yaitu: a. USB Flash-disk. sebab di dalamnya terdapat file-file. floppydisk (disket). Removable-Disk  Merupakan media penyimpan yang tidak mempengaruhi kerja sistem secara langsung. Sistem Operasi dan programprogram yang dibutuhkan untuk kerja komputer. ROM dibagi menjadi dua. Live CD-ROM  . media ini tidak dapat dipasang maupun dilepas secara langsung pada saat komputer bekerja. Non-Removable Disk  Merupakan media penyimpan yang mempengaruhi kerja sistem secara langsung. hard-disk internal. CD-ROM. contoh. DVD. artinya.Pada pengertian yang kedua ini. pada saat media ini dipasang maupun dilepas secara langsung (plug ‘n play) saat komputer menyala. contoh.

CONTOH HARDWARE .

Word Processor.SOFTWARE Adalah Perangkat Lunak Komputer kumpulan dari instruksi-instruksi yang akanmengatur kerja komputer 1. Misalnya: Ms. Contoh sistem operasi : DOS. Jenis-jenis perangkat lunak: Sistem Operasi : Perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkatperangkat komputer. Windows. anti virus. dll Utility: untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer. Linux. 2. Machintosh. Lindows. Adobe Photoshop. dll Sistem Aplikasi : perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu. Corel Draw. Office. Misalnya: tune up utilitys. 3. Unix. Autocad. .

CONTOH SOFTWARE .

 SYSTEM ANALIS o Orang yang merancang suatu system  PROGAMMER o Orang yang membuat program  END-USER o Orang yang menggunakan komputer secara langsung .BRAINWARE Brainware adalah seseorang yang cakap dan mampu menangani sistem komputer yng akan digunakan.

karikatur. kepunyaan.   . sastra. lagu. seni. pengetahuan. karya tulis. maupun dijual Kekayaan Intelektual: Kekayaan atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir seperti: teknologi.KONSEP HAKI  Hak: kemilikan. kewenangan. dibeli. kekuasaan untuk berbuat sesuatu menurut hukum Kekayaan: sesuatu yang dapat dimiliki. dialihkan. dsb.

Hak dan kewenangan untuk berbuat sesuatu atas Kekayaan Intelektual. yang diatur oleh norma-norma atau hukum-hukum yang berlaku .

 Paten (Patent): UU No 14 Tahun 2001 Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi. yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya Hak cipta melindungi karya (ekspresi ide). Hak Cipta (Copyright) : UU No 19 Tahun 2002 Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundangundangan yang berlaku. sedangkan paten melindungi ide .

simbol. Merk Dagang (Trademark): UU No 15 tahun 2001 Merek adalah tanda yang berupa gambar. susunan warna. bau yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengindentifikasi sebuah layanan dan membedakannya dari kompetitornya. prase. suara. atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa Contoh: Kacang Atom merk Garuda Ragam HaKI . huruf-huruf. angka-angka. kata. warna. Pada prakteknya perlindungan hukum untuk merek dagang sedang service mark untuk identitasnya Contoh: Lampu Phillips dengan service mark “Terus Terang Phillips Terang Terus”  . nama.Service Mark Service Mark adalah kata. logo.

padahal manfaatnya vital dan berhubungan dengan hajat hidup orang banyak à beberapa ulama memberikan keringanan Membajak program secara massal dan profesional haram secara mutlak (Ust. Membajak hasil karya orang lain termasuk pencurian dan tindakan yang merugikan hak orang lain Seseorang terpaksa menggunakan program khusus (belum ada pilihan lain) karena harganya tidak terjangkau. Ahmad Sarwat.Com)   . Lc – Eramuslim. Islam mengakui hak cipta sebagai hak milik atau kekayaan yang harus dijaga dan dilindungi.

 Di Indonesia. HaKI dalam Perangkat Lunak dimasukkan dalam kategori Hak Cipta (Copyright) Hak cipta memberi hak kepada pencipta untuk: Membuat salinan dari ciptaannya tersebut Membuat produk derivatif Menyerahkan hak-hak tersebut ke pihak lain Hak cipta berlaku seketika setelah ciptaan tersebut dibuat. Hak cipta tetap dilindungi oleh hukum meskipun tidak didaftarkan ke Ditjen HAKI   .

artinya Microsoft memberi hak kepada seseorang yang membeli Windows untuk memakai perangkat lunak tersebut (Lisensi) Orang tersebut tidak diperkenankan membuat salinan Windows untuk kemudian dijual kembali. karena hak tersebut tidak diberikan oleh Microsoft (hanya hak memakai yang diberikan)   . Microsoft membuat sebuah perangkat lunak Windows Microsoft menjual produknya ke publik.

mengubah. bahkan menjual sebuah ciptaan asalkan modifikasi atau produk derivasi dari ciptaan tersebut memiliki lisensi yang sama  . Serah terima hak cipta (Lisensi) tidak harus berhubungan dengan pembelian/penjualan  Contoh: lisensi GPL yang umum digunakan pada perangkat lunak OpenSource Lisensi GPL memberikan hak kepada orang lain untuk menggunakan.

 Serah terima hak cipta (Lisensi) tidak harus berhubungan dengan pembelian/penjualan  Contoh: lisensi GPL yang umum digunakan pada perangkat lunak OpenSource Lisensi GPL memberikan hak kepada orang lain untuk menggunakan. mengubah. bahkan menjual sebuah ciptaan asalkan modifikasi atau produk derivasi dari ciptaan tersebut memiliki lisensi yang sama  .

 Kebalikan dari hak cipta adalah public domain  Ciptaan dalam public domain dapat digunakan sekehendaknya oleh pihak lain Sebuah karya adalah public domain jika pemilik hak ciptanya menghendaki demikian. hak cipta memiliki waktu kadaluwarsa Contoh: lagu-lagu klasik sebagian besar adalah public domain karena sudah melewati jangka waktu kadaluwarsa hak cipta   . Selain itu.

hak cipta memiliki waktu kadaluwarsa Contoh: lagu-lagu klasik sebagian besar adalah public domain karena sudah melewati jangka waktu kadaluwarsa hak cipta   . Kebalikan dari hak cipta adalah public domain  Ciptaan dalam public domain dapat digunakan sekehendaknya oleh pihak lain Sebuah karya adalah public domain jika pemilik hak ciptanya menghendaki demikian. Selain itu.

 Paten melindungi sebuah ide. seseorang lain berhak membuat karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang memiliki hak cipta Sedangkan pada paten. bukan ekspresi dari ide tersebut (karya)  Pada hak cipta. seseorang tidak berhak untuk membuat sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan ide yang dipatenkan  .

seseorang tidak berhak untuk membuat sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan ide yang dipatenkan  . seseorang lain berhak membuat karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang memiliki hak cipta Sedangkan pada paten. Paten melindungi sebuah ide. bukan ekspresi dari ide tersebut (karya)  Pada hak cipta.

Pihak lain di Amerika Serikat tidak dapat membuat sebuah karya berdasarkan algoritma Pagerank. Jika suatu saat ditemukan bahwa sudah ada yang menemukan ide tersebut sebelumnya. kecuali ada perjanjian dengan Stanford University (Google) Paten berasal dari ide yang orisinil. maka hak paten tersebut dapat dibatalkan   . trademerk atas nama Google Pagerank dipatenkan di kantor paten Amerika Serikat. Algoritma Pagerank dipatenkan oleh Stanford University.

Memberi sampul/map pada kumpulan/bundel arsip yang akan disimpan Menentukan kelompok/jenis arsip . maka kemungkinan besar kita akan melakukan hal-hal sebagai berikut: .Memberi penomoran dengan pola tertentu yang nilainya unik pada setiap sampul/map - Menerapkan arsip-arsip tersebut tertentu dalam almari dll dengan cara/urutan .Basis Data (Data Base) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Jika kita memiliki sebuah almari arsip dan berwenang untuk mengelolanya.

3. 5.Tujuan utama dalam pengelolaaan basis data dalam sebuah basis data adalah agar kita dapat menemukan kembali data yang kita cari dengan mudah dan cepat. 7. 6. 4. Secara lebih Objektif tujuan dari basis data adalah : 1. 2. Kecepatan dan Kemudahan Efesiensi Ruang Penyimpanan Keakuratan Ketersediaan Kelengkapan Keamanan Kebersamaan Pemakaian .

Database File Record Field Gambar Hirarki Database .

File  Terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.Database  Merupakan kumpulan dari data yang saling  berhubungan satu dengan yang lainnya.  Kumpulan dari beberapa field. . Record Field  Menggambarkan suatu atribut yang menunjukkan suatu item dari data. tersimpan pada hardware komputer dan digunakan software untuk memanipulasinya Kumpulan dari beberapa File.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.