Pendidikan Kewarganegaraan

1.Indonesia merupakan sebuah Negara kepulauan yang biasa disebut ? Jawab: Nusantara 2.Negara Kesatuan Republik Indonesia dinyatakan berdiri melalui? Jawab: Proklamasi kemerdekaan 3.Bagian timur wilayah NKRI berbatasan dengan ? Jawab: Papua Nugini 4.Pada awal kemerdekaan,wilayah NKRI terdiri dari …. Provinsi Jawab: 8 5.Pandangan hidup dan dasar negara RI adalah ? Jawab: Pancasila 6.Menjaga keutuhan NKRI sangat sesuai dengan Pancasila ke ? Jawab: sila ke 3 7.Negara Indonesia adalah Negara hukum.Maksud dari kalimat itu adalah? Jawab: Negara Indonesia dijalankan berdasarkan hukum atau aturan yang ditetapkan pemerintah. 8.Sebutkan urutan peraturan yang berlaku di Indonesia, mulai dari yang tertinggi ! Jawab: UUD1945,Tap MPR, Undang-Undang ,Peraturan Pemerintah,Keputusan Presiden,Keputusan Menteri dan Instruksi Menteri,Peraturan Daerah. 9.Sebutkan isi dari UU No.20 Tahun 2003 ! Jawab: Bahwa setiap warga Negara ang berusia tujuh tahun sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. 10.Siapakah yang membuat undang-undang No.20 tahun 2003 tersebut ? Jawab: DPR dan Presiden. 11. Perangkat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas presiden dan para pembantu presiden merupakan pemerintahan ? Jawab: Pusat 12. Para menteri diangkat dan dipilih oleh ? Jawab: Presiden 13. Disebut apakah kepala daerah provinsi ? Jawab: Gubernur 14. Bupati merupakan kepala daerah ? Jawab: Kabupaten

Sebutkan salah satu contoh kewajiban pemerintah dalam mendukung perundang-undangan wajib belajar! Jawab: Pemerintah wajib menyediakan fasilitas atau sarana pendukung pendidikan yang baik seperti gedung sekolah dan buku-buku sekolah.I.Berapakah luas dari provinsi D.Ada berapakah provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia? Jawab: 34 Provinsi 23.Apa tujuan dibuatnya undang-undang tentang peraturan wajib belajar? Jawab: untuk mewajibkan orang tua yang memiliki anak berusia tujuh hingga lima belas tahun untuk menyekolahkan anaknya hingga pendidikan dasar.Apakah ibukota dari provinsi Maluku Utara? Jawab: Ternate 28. 17.Sebutkan Contoh-Contoh dari peraturan pusat! Jawab: Peraturan wajib belajar . peraturan lalu lintas.15. wewenang.186 Km .Apakah ibukota dari provinsi Bali? Jawab: Denpasar 27.Ada berapa provinsi yang terletak di pulau Kalimantan ? Jawab: 4 Provinsi 24. 19. 16. 20.Timor Timur tidak lagi menjadi bagian dari NKRI sejak tahun? Jawab: 1999 22.Provinsi apakah yang mempunyai ibukota Makassar? Jawab: Provinsi Sulawesi Selatan 25. fasilitas. 21. peraturan tentang korupsi .Berikan contoh kerugian Negara yang ditimbulkan akibat korupsi! Jawab: pembangunan tidak lancer dan pelayanan terhadap masyarakat tidak merata.Selain UUD1945 sumber hukum yang berlaku di Indonesia adalah? Jawab: Konstitusi Republik Indonesia Serikat dan Undang-Undang Dasar Sementara. Yogyakarta? Jawab: 3. atau jabatan untuk keuntungan pribadi atau sekelompok orang. 18.Tindakan apa saja yang bisa termasuk kejahatan korupsi ? Jawab: Penyalahgunaan uang .Provinsi apakah yang mempunyai ibukota Padang ? Jawab: Provinsi Sumatera Barat 26.

Bagaimanakah mewujudkan sikap menghormati budaya daerah lain? Jawab: Bersikap positif terhadap budaya lain.Kesenian melukis diat di kain disebut ? Jawab: Batik 36.Alat music yang menjadi warisan budaya dari Jawa Barat adalah? Jawab: Angklung 37.Sila ke berapa yang menyatukan keragamaan suku dan budaya di Indonesia adalah? Jawab: Sila ke 3 35.Maluku. 34.Sebagai pelajar usaha yang harus kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan adalah? Jawab: belajar dengan giat 31.Jawa Timur.Semesta.Suku Madura berasal dari provinsi? Jawab: Jawa Timur 38.Lagu daerah dari Papua adalah? Jawab: Apuse 39. PRRI .RMS. 33.Borneo(Kalimantan).Kahar Muzakar.Pada awal kemerdekaan wilayah NKRI terdiri dari beberapa provinsi antara lain? Jawab: Sumatera.Darimanakah alat music Tifa berasal? Jawab: Papua 41. .Apakah nama rumah adat dari provinsi DKI Jakarta? Jawab: Rumah Joglo 43.Pulau yang paling padat penduduknya adalah? Jawab: Pulau Jawa 32.29.Rumah asli penduduk atau masyarakat suatu daerah disebut? Jawab: Rumah adat 42.Apakah senjata tradisional dari Aceh? Jawab: Rencong 40.Jawa Barat.Darimanakah pertunjukan Reog berasal? Jawab: Jawa Timur 30.Jawa Tengah.Sesudah kemerdekaan Indonesia terjadi beberapa pemberontakan yaitu ? Jawab: Pemberontakan PKI.

Raja yang berhasil membawa Kerajaan Singosari mencapai puncak kejayaannya adalah? .Apakah yang dimaksud dengan Keppres? Jawab: keputusan presiden adalah keputusan yang dibuat oleh presiden untuk masalah masalah tertentu dalam kehidupan bebangsa dan bernegara 48.Raja Tarumanegara yang terkenal adalah? Jawab: Purnawarman 5.44.Pada tahun berapa kerajaan Tarumanegara di pulau Jawa berdiri? Jawab: Tahun 450 Masehi 4. 50. Sila ke berapa yang menyatukan keragamaan suku dan budaya di Indonesia adalah? Jawab: Sila ke 3 45.Apakah yang dimaksud dengan Peraturan Pemerintah? Jawab: Peraturan yang dibuat oleh presiden untuk menjalankan undang undang yang telah ditetapkan sebelumnya.Sejauh manakah arti sebuah peraturan ?\ Jawab: peraturan perlu dibuat dan ditaati agar tercipta ketertiban dan keteraturan.Bahasa yang digunakan pada prasasti-prasasti kuno adalah? Jawab: Bahasa Sansekerta 6. dan kota dengan persetujuan DPRD masing masing 46.Apakah yang dimaksud dengan Negara Hukum ? Jawab: Negara yang berdasarkan peraturan dan undang-undang dalam penegakan hukum dengan seadil-adilnya kepada seluruh warga negara ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 1. 49. 47.kabupaten .Apakah yang dimaksud dengan peraturan daerah? Jawab: Peraturan peraturan dibuat oleh pemerintah daerah provinsi .Kerajaan Hindu pertama di Indonesia adalah? Jawab: Kerajaan Kutai 2.Ajaran Hindu Berasal dari? Jawab: India 3.Apakah yang dimaksud dengan keputusan dan instruksi Menteri ? Jawab: peraturan yang ditetapkan oleh menteri berkaitan dengan pelaksanaan tugas tugas di departemennya.

Sunan Kalijaga. Dewa Siwa 13. Sunan Gunung Jati.Persia.Sunan Muria. 17.Pada masa kerajaan Demak terdapat Sembilan Wali dalam menyebar luaskan ajaran Islam. 12. 15.Candi Borobudur didirikan pada tahun ? Jawab: tahun 824 Masehi 16.Sumpah yang diucapkan Gajah Mada pada saat pelantikannya adalah? Jawab: Sumpah Palapa 8.Kerajaan Islam yang pertama di pulau Jawa adalah? Jawab: Kerajaan Demak 20. Sunan Kudus.Sebutkan 3 Dewa utama dalam agam Hindu! Jawab: Dewa Brahma .Apa yang dimaksud dengan prasasti? Jawab: Peninggalan sejarah dalam bentuk batu bertulis 10. antara lain: Jawab: Sunan Giri.Pada tahun berapa Gajah Mada meninggal dunia? Jawab: 1364 Masehi.dan Gujarat (India) 19.Jawab: Raja Kertanegara 7. Sunan Ampel . Sunan Bonang.Apakah kerajaan Islam pertama yang masuk ke Indonesia? Jawab: Samudera Pasai 18. Dewa Wishnu . Sunan Drajat.Dalam kepercayaan Hindu Dewa Siwa adalah dewa? Jawab: Dewa perusak alam semesta 14.Pada tahun berapa kerajaan Sriwijaya berdiri? Jawab: Tahun 7 Masehi.Siapakah raja Mataram yang mendirikan candi Borobudur? Jawab: Raja Sanmaaratungga. 9. .Prasasti Mulawarman adalah penginggalan dari kerajaan? Jawab: Kerajaan Kutai 11.Siapakah yang membawa ajaran Islam masuk ke Nusantara? Jawab: melalui para pedagang yang berasal dari Arab. Sunan Gresik.Apakah tujuan dari pendirian candi? Jawab: untuk memuliakan orang yang sudah meninggal.

pembangkit listrik.Apakah yang dimaksud dengan kesenian daerah ? Jawab: segala bentuk karya seni yang berciri khas daerah tertentu. 31. rekreasi 26. guel. ular-ular. lagu daerah .Suku asli yang berasal dari DKI Jakarta adalah ? Jawab: Betawi 30. legong .Rencong adalah senjata tradisional yang berasal dari daerah? Jawab: Nangroe Aceh Darussalam .Suku Asmat adalah suku pedalaman yang berasal dari ? Jawab: Papua 29.antara lain? Jawab: Bahasa daerah. laweut. janger . mentawai .21. 32. meusekat.Tarian yang berasal dari Bali adalah tari? Jawab: kecak.panyalai 28.wali 35.Sebutkan tari tradisional yang berasal dari daerah Nangroe Aceh Darussalam! Jawab: Seudati. 33. tanjung.caniago .Sebutkan sungai terpanjang di pulau Jawa! Jawab: Sungai Bengawan Solo 23.Dibagi dalam berapa wilayahkah pembagian waktu di Indonesia? Jawab: 3 Wilayah 27.Sungai terpanjang di Indonesia adalah? Jawab: Sungai Kapuas 25.perikanan .Suku-suku apa saja kah yang terdapat pada daerah Sumatera Barat? Jawab: Minangkabau.Gunung apakah yang tertinggi di Indonesia? Jawab: Puncak Jaya (Papua) 22. kesenian daerah. sikumbang.dll. guci .jambak. rumah adat .Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam . saman .Apakah fungsi dari bendungan ? Jawab: untuk irigasi (pengairan).Ada berapakah bahasa yang digunakan oleh penduduk Indonesia? Jawab:lebih dari 660 Bahasa. barong . 34.Danau Terbesar di Indonesia adalah? Jawab: Danau Toba 24. penampungan air bersih. senjata tradisional . pendet. alat music.

Apakah yang dimaksud dengan CV? Jawab:perusahaan yang didirikan dari perseorangan maupun firma.Apakah yang dimaksud dengan saham? Jawab: Saham adalah surat berharga tanda ikut serta dari pemilik modal. melestarikan dan memperkenalkan produk produk buatan Indonesia .Rumah Joglo adalah rumah ada yg berasal dari? Jawab: DKI Jakarta 41.Senjata tradisional dari Jawa Barat adalah? Jawab: Kujang 37.Sasando adalah alat music dari? Jawab: Nusa Tenggara Timur 38. 43. 44. 47. 45.Apakah yang dimaksud dengan usaha bidang agraris? Jawab: kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai factor produksi utama 42.36.Rumah Gadang adalah rumah adat yang berasal dari ? Jawab: Sumatera Barat 40.Apakah yang dimaksud dengan Firma? Jawab: perusahaan yang didirikan paling sedikit dua orang. 48. yang dapat menambah modal dari penanam modal 46.Bagaimana caranya mencintai produk produk dalam negeri ? Jawab: dengan memakai .Gambus alat music yang berasal dari? Jawab: Jambi 39.Apakah yang dimaksud dengan Koperasi ? Jawab: koperasi adalah badan usaha bersama yang beranggotakan perorangan atau badan hukum 49.Apakah yang dimaksud dengan usaha perdagangan? Jawab: kegiatan membeli atau menjual barang.Apakah yang dimaksud dengan Perseroan Terbatas? Jawab: perusahaan yang merupakan persekutun antara dua orang atau lebih yang diperoleh dari penjual saham.Apakah yang dimaksud dengan usaha bidang industry? Jawab: Merupakan kegiatan yang mengolah suatu barang mentah menjadi barang baku atau barang jadi.

Apakah yang dimaksud dengan kegiatan produksi ? Jawab: Kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. .50.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful