Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1. VISI ”Menjadi Pusat Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Menghadapi Pasar Bebas yang Mengacu pada Mutu dan Keunggulan. ” Target Target 2. MISI 1. Menciptakan kondisi sekolah yang kondusif dan meyenangkan. 2. Meningkatkan prestasi belajar yang efektif. 3. Meningkatkan pembinaan disiplin warga sekolah. 4. Meningkatkan pelayanan dan kerjasama antar warga sekolah, orangtua dan masyarakat. : Tahun 2010 menjadi SMA RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) : Tahun 2014 menjadi SMA Bertaraf Internasioal

3. TUJUAN SEKOLAH a. Jangka Pendek -. Tahun 2010/2011 mampu menampung siswa baru Kelas X (Sepuluh) sebanyak 9 Kelas tamatan SLTP -. Tahun 2010/2011 rata-rata Nilai Ujian Nasional meningkat dari tahun sebelumnya. -. Tahun 2010/2011 prestasi kelulusan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri semakin meningkat -. Tahun 2010/2011 memiliki siswa yang mampu memiliki keterampilan kecakapan hidup -. Memiliki siswa yang berprestasi dalam bidang Sains olahraga dan seni serta mampu berbahasa Inggris. b. Tujuan Jangka Menengah -. SMA Negeri 1 Sidikalang untuk tahun selanjutnya dapat menjadi SMA yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Dairi.

Biologi.-.00 = 0. Mempertahankan Sekolah terbaik untuk Tingkat SLTA di Kabupaten Dairi.35% = 15 orang. 4.50. Penyusunan Program Kerja . Kebersihan dan Keindahan) pada setiap tanggal 17 Agustus sehingga tantangannya adalah untuk mempertahankan peringkat tersebut. 5. Memiliki Tim Olimpiade (Fisika.50. Kimia. 6. Jumlah Lulusan yang diterima pada Tahun 2008 minimal 40 % = 126 orang sehingga tantangannya 40 % .507. 4. Terpilih menjadi Sekolah terbaik untuk Tingkat SLTA pada setiap perlombaan 8K (Kerapian. Matematika. 5. siswa tamatan SMA Negeri 1 Sidikalang memiliki keterampilan kecakapan hidup dan mampu bersaing di pasar kerja.50 3. 4. Tantangan mempertahankan Peringkat tersebut.Fungsi Sasaran Identifikasi Fungsi Sasaran dilakukan untuk mencapai sasaran yang diprogramkan antara lain : a. SMA Negeri 1 Sidikalang dapat menamatkan siswa yang mampu menguasai IPTEK / Komputer. Rata-rata Nilai Ujian Nasional Thn. Identifikasi Fungsi . Rata-rata Nilai Ujian Nasional minimal mencapai 7. 3. Memiliki Tim Olahraga dan Seni yang terampil pada setiap Pentas Seni. Identifikasi Tantangan Nyata yang dihadapi sekolah 1. 1. 6. sehingga tantangan adalah : 7. Perencanaan Manajemen Pengelolaan Sekolah. Melalui pendekatan Pendidikan Keterampilan vokasional kecakapan hidup. 2008 minimal 7. 5. Rehab ruang belajar sebanyak 10 ruangan 2. Memiliki Tim Olimpiade Mata Pelajaran dan Minimal Juara Kabupaten. sehingga tantangannya siap tampil dalam setiap Pertandingan Olahraga dan Kesenian. Memiliki Tim Olahraga dan Seni untuk tingkat SLTA dapat tampil dan meperoleh kejuaraan pada setiap Perbandingan. -. Sasaran / Tujuan Situsional Sekolah 1. Komputer) juara Kabupaten Tahun 2005. Jumlah Lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri minimal 40 % x 316 = 126 orang. 2.

Evaluasi dan Pelaporan Kegiatan b. Workshop Guru : 2. 6. Penyusunan Program Tahunan dan Semester dan Program Pembelajaran 2. Identifikasi lingkungan sekolah dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Penggandaan bahan materi/alat praktik 4. Kordinasi. Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan/Fasilitas Mengajar 1. Monitoring. Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendukung Proses pembelajaran adalah : 1. In Servis Training (IST). Dan sarana lainnya d. Penyusunan Program Kerja 2. Identifikasi potensi guru/tenaga pengajar 4. Identifikasi potensi Sekolah 3. Sosialisai Seminar Konferensi tentang Kurikulum 2004. Penyusunan Silabus Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) c. Pengadaan media belajar 6. Perencanaan instruksional . Melengkapi alat olahraga dan alat kesenian 5. Pengadaan buku pembelajaran 2.2. Pembinaan Sumber Daya Manusia 1. Kurikulum 4.2.1. 2. Konsultasi. Diseminasi. Identifikan potensi siswa 5. Ketenagan 2. Pengadaan bahan /alat praktik 3.3. Kesiswaan 3. MGMP. Pengadaan multi media pembelajaran 7.

pengetahuan. Meningkatkan prestasi akademik lulusan 2.akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. C. mengacu pada visi dan misi sekolah yang telah dibuat dan tercermin dalam setiap proses pembelajaran di kelas .5. Sedangkan tujuan sekolah atau tujuan secara khusus. Pengembangan kultur/iklim sekolah Contoh: visi sekolah A: “Menuju peserta didik berprestasi yang berwawasan kebaharian dengan dilandasi iman dan taqwa”. Tujuan Pendidikan Jenjang Menengah merupakan tujuan institusional secara umum. kepribadian. Menumbuhkan kreativitas siswa 5. Hubungan Sekolah dan Masyarakat 7. yaitu meningkatkan kecerdasan. Pengelolaan keuangan dan Administrasi 8. Menanamkan jiwa kebaharian. Misinya adalah : 1. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing 6. Sarana dan Prasarana 6. TUJUAN PENDIDIKAN SMA. Meningkatkan prestasi ekstrakurikuler 4. Membentuk peserta didik yang berakhlak dan berbudi luhur 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful