BAB III INSTALASI VMWARE

3.1. Kebutuhan Hardware Virtual machine berjalan pada VMware seperti komputer yang sesungguhnya (physical computer) sehingga untuk menjalankannnya, harus didukung sistem yang memadai. Dengan penyediaan memori yang besar sangatlah mutlak karena selain untuk keperluan sistem operasi utama, Virtual machine (sistem operasi guest) membutuhkan pula memori yang besarnya bervariasi, tetapi dapat diatur sedemikian rupa tergantung pada sistem operasi yang diinstal. Kapasitas memori minimal sebesar 128 MB. Namun, VMware merekomendasikan sedikitnya 256 MB. Dengan demikian, baik mesin utama maupun virtualnya dapat berfungsi dengan baik. Untuk tampilan grafis, VMware membutuhkan kartu grafis dengan resolusi di atas 256 warna.perangkat lain yang terpasang pada system operasi utama seperti floppy disk drive, CDROM/DVDROM, sound card, dan sebagainya dapat dipilih untuk dimasukkan dalam konfigurasi mesin virtual sesuai dengan keinginan. Secara rinci, syarat minimal hardware sebagai berikut : 1. Processor dengan clock speed 400 MHz atau lebih. 2. Memori dengan kapasitas minimal 128 MB, direkomendasikan 256 MB. 3. Display adapter (VGA)     Display adapter lebih besar dari 256 color (8 bit). 20 MB ruang kosong untuk instalasi dasar. Minimal 500 MB ruang kosong pada disk untuk setiap system operasi guest dan software aplikasi yang diinstal di dalamnya. IDE atau SCSI harddisk dan CDROM. 5. Pheripheral lain yang mendukung 1 unit komputer. 4. Disk Drive

35

Hal ini membuat Mandrake menjadi sangat familiar dengan pengguna Linux yang melakukan migrasi dari Windows. Tampilan awal boot pada instalasi. kita harus masuk ke BIOS terlebih dahulu dan merubah bootingan pertama ke CDROM. Tahap-tahapannya yaitu : 1. Dalam instalasi disini. lalu tekan [enter]. seperti gambar dibawah ini. Gambar 3.3. kita masukkan CD instalasi Linuxnya ke CDROM. 3. 36 . Disini penulis menggunakan mode grafik sebagai proses instalasinya. 2. Salah satu alasan pembuatan Mandrake juga didasari kekecewaan pengguna Redhat yang menggunakan gnome sebagai standart desktop X padahal banyak dari mereka juga ingin menggunakan KDE sebagai desktop sehari-hari. 4. Setelah itu. Proses Instalasi Linux Mandrake merupakan salah satu distribusi Linux. Selain melalui CDROM. Linux Mandrake bisa juga diinstal menggunakan LNX4WIN dan DRAKX. Mandrake dirancang sebagai Linux untuk desktop client. Setelah selesai.1.2. Sebelum kita memasukkan CD instalasi Linuxnya. maka tampilan awal akan muncul dan ada 2 pilihan instalasi menggunakan Linux text / mode grafik. Sistem kemudian akan melakukan proses pendeteksian pada peralatan komputer anda. saya menggunakan CDROM.

pilih [Next] untuk melanjutkan.2. Selanjutnya tampilan License.Gambar 3. Lalu dengan bantuan [TAB]. Gambar 3. pilih [Next] untuk melanjutkan proses.3. Mendeteksi Perangkat Komputer Pada Proses Instalasi 5. pilih Accept. Pemilihan Bahasa 6. seperti dibawah ini. 37 . Dengan bantuan tombol [TAB]. Kemudian setelah selesai. proses selanjutnya akan memilih bahasa yang akan dipakai. 7. Seperti dibawah ini.

Security 9. Selanjutnya membuat partisi.4. Seperti dibawah ini. pilih [Costum Disk Partitioning] setelah itu jadikan Root dan sisanya jadikan Swap. Setelah selesai pilih [Next] untuk melanjutkan. Gambar 3.5.Gambar 3. terdapat 2 macam pilihan. License 8. 38 . disini saya langsung [Next] untuk melanjutkannya. Selanjutnya tampilan Security.

Setelah pengisian password root. Kemudian akan muncul tampilan paket-paket yang akan diinstal. selanjutnya pengisian untuk adduser. Setelah paket dipilih. Setelah selesai pemrosesan Sistem Instalation . Seperti dibawah ini. pilih [Next] untuk melanjutkan. lalu pilih [Next] untuk melanjutkan. maka selanjutnya proses Sistem Configuration yaitu pengisian selesai. Seperti dibawah ini. lalu pilih [Next] untuk melanjutkan.7.6. password untuk Root. Disini saya tidak melakukan pengisian. Proses instalasi Sistem Instalation akan berjalan. Partisi Harddisk 10. Gambar 3. Setelah 39 . Setelah partisi harddisk. 12. 14. 13. Paket-paket Group Selection Instalasi 11.Gambar 3.

Bila tidak bermasalah. 40 . Selanjutnya pada tahapan terakhir dengan bantuan [Tab]. lalu tekan [Enter].9. Kemudian di Summary. Pengisian Adduser 15. pilih [Reboot].Gambar 3. tempat pendeteksian perangkat komputer. Summary 17. lalu tekan [Enter].8. Selanjutnya instalasi Bootloader. Seperti dibawah ini Gambar 3. tekan [Enter] 16.

Tahapannya yaitu : 1. Pembuatan User pada Linux Setelah komputer melakukan reboot pada proses instalasi Linux. Instalasi VMware Sebelum melakukan proses instalasi VMwarenya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan proses instalasi VMwarenya. Selesai pemrosesan Instalasi Linux 18.3. Kita harus melakukan pembuatan user di user root supaya pada komputer kita dapat aman dari orang yang secara tidak sengaja menghapus salah satu sistem yang ada pada user root. 3. 2. Proses instalasi VMware.1. dan dapat pula merusak sistem dan dapat memperbaiki sistem.10.Gambar 3. Tahapannya yaitu : 41 .3. 3. Instalasi paket untuk instalasi VMware. proses instalasi selesai dan komputer akan merebootnya. 3. Pembuatan User pada Linux. Maka setelah itu. Karena user root mempunyai hak akses penuh terhadap sistem.

1. Setelah selesai. Setelah itu. Konsole Linux 3. 4. Gambar 3. ketikkan : [root@localhost root] $ adduser untung [root@localhost root] $ passwd ****** Ikuti dan masukkan passwordnya. Gambar 3. Selanjutnya masuk pada console untuk membuat user.11. kita terlebih dahulu instal paketnya yang berfungsi untuk melakukan update kernel agar dapat berjalan. Masuk padatampilan awal hasil instalasi Linux. Instalasi Paket Untuk Instalasi VMware 1. lalu restart komputer. Masuk pada 42 . Seperti dibawah ini. Sperti dibawah ini. Kemudian login dengan user untung : [root@localhost untung] 3. Sebelum instal VMware. Tampilan Awal Linux 2.12.3.2.

Proses Instalasi Software 7. 8. Gambar 3. Masukkan CDnya. maka ketikkan Gcc pada tombol [Search] untuk melakukan proses sebelum proses instalasi VMware. 6. Seperti dibawah ini. maka akan meminta CD Instalasi Linux karena berbeda pada Windows.14.KDE dan pilih Instal software ( Rpmdrake 10. setelah beberapa saat akan meminta CD 2 Instalasi Linux.2 – 6mdk. Setelah itu akan melakukan proses instal paket. 2. Setelah proses Instalasi selesai. Sebelum masuk. Proses berjalan. Tanpa instalasi paketnya. 43 . proses untuk melakukan instalasi tidak akan berjalan. Maka akan ada lambang √.0 ) untuk melakukan instalasi paketannya. Instal Software (Rpmdrake 10.13.c++ . 9. Setelah melakukan prosesnya .3. setelah beberapa saat akan [OK]. Setelah itu ada beberapa pilihan. Tampilannya seperti dibawah ini.3. Gambar 3.0) 5. Pilih : gcc . Maka proses instalasinya selesai.

1\build\19175\for\ Linux [root@localhostcdrom]#cp vmware\workstation\5. rpm. Proses Instalasi VMware 1.1-19175. 2.5. 7. Setelah itu lakukan perintah : [root@localhost cdrom] # cd /mnt/cdrom [root@localhost cdrom] # cp v [root@localhost cdrom] # cp vmware \w [root@localhostcdrom]#cp vmware\workstation\5. 44 .3.i386. dengan mengetikkan : rpm –Uvh VMware-workstation-5.5. [root@localhost untung] # mount /dev/cdrom [root@localhost untung] # mount /mnt/cdrom [root@localhost untung] # ls /mnt/cdrom 4.rpm/opt 6. 3. Kemudian lakukan di shell –konsole.1\build\19175\for \linux/vmware-workstation-5.3.5. Masuk ke Direktori /opt : [root@localhost cdrom] # cd /opt maka akan berubah menjadi [root@localhost opt] #. Ekstrak file instalasi.5.119175. Setelah perintah ini. maka ada pilihan. Lalu pilih Instalasi VMware workstation 5.5.1 build 19175 for Linux 5. Masukkan CD VMware ke CDROM pada Linux. i386.3. Maka instalasi akan berjalan seperti di bawah ini. Setelah itu ketik : [untung@localhost untung] $ su password : ****** (sesuai yang dibuat).

/runme.pl 17. kita tinggal mengikuti.tar. Disini saya menjalankan file update dari flashdisk yang akan saya pindahkan ke direktori opt. Setelah pindah direktori.gz 14. dilanjutkan ke proses setup. lakukan perintah : [root@localhost opt] # tar zxvf-any-any-update 109. dengan melakukan perintah : [root@localhost opt] # cd vmware-any-any-update109/ 15. Selanjutnya masuk ke direktori update. lakukan file update untuk menjalankan. Pindah direktori ke opt : [root@localhost removable] # cd/opt 13. Setelah itu proses langsung berjalan.gz/opt 12. Setelah itu.Gambar 3. Kemudian setelah pindah direktori. dengan cara : [root@localhost opt] #cd /mnt/removable 11. Lalu masukkan perintah : [root@localhost vmware –any-any-update 109] # .15. 45 .tar.dengan perintah : [root@localhost removable] # cp vmware –any-any-update 109. Setelah itu pindahkan file updatenya . maka akan berubah : [root@localhost vmware –any-any-update 109] # 16. proses Ekstrak File Instalasi 10.

c.4.vmss berfungsi untuk menyimpan informasi ketika virtual machine dihentikan. Selanjutnya ketik perintah : [root@localhost untung] # usr/bin/vmware 3. b. Linux memiliki sekumpulan file yang digunakan untuk mengatur media simpan pada virtual machine. Isi folder yaitu : a. yang dilakukan melalui New Virtual Machine Wizard atau Configuration Editor. <vmname>. Untuk konfigurasi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Kemudian tampilan VMware seperti di bawah ini : Gambar 3. Vmware. d. f.vmdk.3. Jalankan VMware pada terminal console. Nvram adlah file yang menyimpan informasi BIOS pada virtual machine.vmdk adalah file dari virtual disk yang menyimpan isi virtual machine harddisk drive. dengan mengetik : [untung@localhost untung] $ su Password : ******* 2. <vmname>. Tampilan awal VMware 46 .log adalah file yang mencatat segala aktivitas yang dilakukan oleh VMware. Konfigurasi VMware Sama halnya dengan Windows.16.vmx adalah file konfigurasi yang menyimpan setting virtual machine. <vmname>.REDO berfungsi untuk menyimpan perubahan pada virtual disk selama melakukan aktivitas. e. yang tersimpan pada folder yang dibuat saat konfigurasi. <vmname>.

Gambar 3. 5. Pilih [Costum] lalu tekan [Enter] untuk melanjutkan proses. Memilih Sistem Operasi Guest 8. Disini saya memilih untuk tidak memakai jaringan. 47 .4. Setelah itu tampilan menentukan nama dan folder untuk virtual machine. 6.18. Kemudian menentukan konfigurasi untuk jaringan pada virtual machine. 9. Disini saya tekan [Next] untuk melanjutkan proses konfigurasi. tampilan berikutnya ada beberapa pilihan sistem operasi guest. lalu tekan [Next]. Gambar 3. Pilih [Do not use Network Connection]. Seperti dibawah ini. Selanjutnya setelah pilihan konfigurasi virtual machine. Setelah itu ada pilihan yaitu [Typical] dan [Costum]. Lalu pilih [Microsoft Windows] dan dengan bantuan [Tab] tekan [Next].17. Kemudian tampilan berikutnya tekan [Next] untuk melanjutkannya. Pilihan konfigurasi Virtual Machine 7. Seperti dibawah ini. Selanjutnya dengan bantuan [mouse] tekan New Virtual Machine untuk memulai/membuat virtual machine.

Gambar 3. Setelah selesai.20. Selanjutnya melakukan konfigurasi VMwarenya. Kemudian tekan [Finish].5. yang akan disimpan sebagai informasi mengenai disk. maka selanjutnya akan masuk pada VMware. Proses Instalasi Sistem Guest di VMware Setelah melakukan tahapan instalasi VMware dan konfigurasinya. Seperti di bawah ini.21. Sekarang proses instalasi sistem operasi guest diVMware. Selanjutnya pilih [Power on Virtual Machine]. Selanjutnya pada tahapan terakhir menentukan Disk file yang digunakan untuk menentukan file. Menentukan Disk File 3. Gambar 3. Seperti dibawah ini. 3. Tahapannya yaitu : 1. dengan memilih sistem operasi guest Microsoft Windows 2000 Profesional. Setelah Melakukan Konfigurasi pada VMware 4. Akan seperti dibawah 48 . Masukkan CD instalasi Windows 2000 di VMware pada DVDROM. 2.10.

ini. Proses Jalannya Instalasi Sistem Operasi Guest 5. 49 .22. Tahapan terakhir proses akan berlangsung dilanjutkan seperti kita melakukan instalasi biasa. Gambar 3. Setelah itu VMware akan melakukan instalasi sistem operasi guest. 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful