RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP

]

Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu

: SMP Islam Al-Azhar : VII/II : IPA (Biologi) : 2 Jam Pelajaran

A. Standar Kompetensi 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem. B. Kompetensi Dasar 7.1Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem. C. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: 1. Menjelaskan pengertian ekosistem. 2. Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem. 3. Menjelaskan komponen-komponen ekosistem. D. Karakteristik Siswa Yang Diharapkan 1. Disiplin ( Discipline ) 2. Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 3. Tekun ( diligence ) 4. Ketelitian ( carefulness) E. Materi Pembelajaran Ekosistem Satuan-satuan dalam ekosistem meliputi individu, populasi,

komunitas, ekosistem dan biosfer. Setiap ekosistem mempunyai dua komponen, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik.

 Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.Dapatkah sawah disebut ekosistem? . Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : . udara. F. dan dekomposer (pengurai). Komponen abiotik Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang terdiri atas benda tak hidup dan faktor alam.  Menjelaskan komponen-komponen ekosistem. b.  Menjelaskan pengertian ekosistem. Berdasarkan peranannya dalam ekosistem. Metode Pembelajaran   Model Metode : Cooperatif Learning :G.Apakah yang dimaksud dengan ekosistem? . Komponen biotik Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup yang terdapat di dalam ekosistem. Diskusi kelompok Eksperimen Ceramah . air. misalnya tanah. tofografi dan cahaya.Populasi apakah yang paling banyak ditemukan dilingkunganmu? Prasyarat Pengetahuan : . komponen biotik dibedakan menjadi produsen.Apa saja satuan dan komponen ekosistem? 2. Langkah Kegiatan 1. Kegiatan Inti  Ekplorasi Dalam kegiatan ekplorasi. konsumen.a.

populasi dan komunitas). udara.  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kuadaran 1 m x 1 m.  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan satuan makhluk hidup dalam ekosistem (individu.  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.  Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan dan mencatat apa yang dilihat. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. lup kantong plastik . tanah. . konsumen dan dekomposer) dan komponen abiotik (air. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ekosistem. dan alat tulis untuk mengamati makhluk hidup yang terdapat di tempat pengamatan.  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami pengertian individu. populasi dan komunitas dalam suatu ekosistem.  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan komponenkomponen ekosistem yaitu komponen biotik (produsen. suhu dan kelembaban). cahaya matahari. guru dapat langsung memberikan bimbingan.  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum.

guru:     Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Sumber Belajar 1. Buku referensi yang relevan 3. 3. memberikan penguatan dan penyimpulan.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. LKS . H. Guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan kepada siswa secara acak Memberikan pembelajaran. Buku The Essentials of Biology 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi.  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. layanan konseling dan/atau umpan balik terhadap proses dan hasil memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. program pengayaan. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.

I. Menjelaskan komponen biotik abiotik dan Apa yang dimaksud Komponen dengan produsen? yang ekosistem sebagai makanan biotik 35 dalam berperan penghasil Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mombo Kurniati.Individu:seekor gajah ekosistem Popolasi:populasi gajah Komunitas:komunitas sawah Ekosistem:ekosistem sungai Biosfer :habitat 35 beserta contohnya! 3. Menyebutkan satuan-satuan dalam ekosistem sebutkan satuan satuan. Menyebutkan pengertian ekosistem Pertanyaan Kunci Jawaban Skor timbal 30 Apa yang dimaksud Hubungan dengan ekosistem?beserta contohnya! balik antara makhluk hidup lingkungannya.Pd NIP : Nur Amaliah NIM: 108016100043 . S. Penilaian Hasil Belajar No Indikator 1. Contoh:ekositem perairan dan 2.

Populasi apakah yang paling banyak kamu temukan dilingkungan sekitar sekolahmu? 3. Pertanyaan Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar ! 1. Diskusikan dengan teman sekelasmu! D. Pilihlah tempat disekitar lingkungan sekolahmu 2. Catatlah hasil pengamatan! 4. Komponen abiotik apa saja yang kamu temukan? 4. Lemparkan kuadaran secara acak 3. Satuan –satuan apa saja yang kamu temukan dilingkungan sekitar sekolahmu? 2. dan alat tulis C. masing-masing hitung jumlahnya. Tujuan : Memahami satuan-satuan dan komponen ekosistem Alat dan Bahan Kuadaran 1 m x 1 m.LEMBAR KERJA SISWA EKOSISTEM A. Hewan apa saja yang terdapat dalam kuadaran? Selamat mengerjakan! . Carilah makhluk hidup dan benda tak hidup yang terdapat pada kuadaran. Langkah kerja 1. B. lup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful