Cara Memperbaiki Kipas Angin

Kipas angin adalah sebuah alat listrik yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, khususnya bagi daerah yang tropis seprti kebanyakan daerah di Indonesia. Nah sekarang saya akan memberitahu para pemilik kipas angin bagaimana cara mereparasi dengan mudah. Kerusakan umum pada kipas angin antara lain:

1. Kipas angin tidak mau nyala sama sekali (no electric current) Untuk keursakan ini biasa disebabkan oleh thermal fuse, fungsi dari fuse ini adalah melindungi dari kelebihan arus (+ 2A) akibat hubung singkat pada lilitan serta dari kelebihan panas (+ 135 C) yang timbul akibat terlalu lama beroperasi. Ganti atau hubung langsung tanpa sekring, dijamin kipas angin bisa berputar lagi.

Gambar lilitan beserta thermal fuse

2. Kipas angin tidak mau berputar tapi mengeluarkan bunyi dengung Untuk kerusakan ini disebabkan beberapa alasan, pertama yaitu rotor kipas yang tidak lancar karena bearing aus, lumasi dan jika masih belum bisa ganti dengan bearing yang baru. Kedua diakibatkan lemah atau matinya kapasitor pemutar kumparan starter, ganti aja langsung, murah kok.

Gambar bearing dan Kapsitor

hehehe). komponen yang membuat perbedaan fasa adalah kapasitor. jika ada pertanyaan jangan sungkan . jadi ganti aja kapasitor dengan yang baru.Kipas Angin berputar pelan Pergerakan kipas angin yang pelan biasa disebabkan oleh perbedaan fasa antara kumparan utama dan starter (sok teknik coy.3. selesai deh. selamat tinggal panas-panasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful