Kunyit: Obat Herbal untuk Sakit Maag

MEI 11, 2009
tags: hasil penelitian, Khasiat, Resep Herbal

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Kekayaan itu terkadang belum banyak diteliti. Sehingga banyak tumbuhan asli Indonesia yang belum diteliti manfaatnya terhadap penyembuhan penyakit. Seperti para pengidap penyakit maag. Selain mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, ternyata penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kunyit, yang banyak ditemukan di setiap dapur di rumah. Beberapa tanaman yang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai obat sakit maag di antaranya adalah kunyit. Kunyit (Curcuma longa atau C domestica) termasuk yang paling dikenal masyarakat. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak 1953. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3 persen pada kelinci dan 24,4 persen pada tikus. Penemuan ini dan penggunaannya secara tradisional untuk dispepsia, merangsang penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Bahkan, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung. Selain mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman, kepada penderita dianjurkan pula untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gram/kg bobot badan untuk bubuk kunyit. Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit mengarah kepada penemuan curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas nyeri lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. Percobaan klinis efek kunyit pada penderita dilakukan terhadap 10 pasien.

Penggunaan tanaman ini biasanya berupa bubuk atau tepung kunyit yang diracik ke dalam bumbu masak. >> ke halaman Depan http://cintaherbal. obat asma. Salah satu tanaman obat yang berpeluang sebagai pengganti pengobatan kimiawi yang dapat memperlambat datangnya penyakit pikun adalah kunyit. Dalam sepuluh tahun terakhir. tekstil dan kosmetik. 8. bakterisida. rimpang kunyit juga banyak digunakan untuk bahan pewarna. obat cacing. banyak penyakit yang mencuat di masyarakat di antaranya aids. menurunkan tekanan darah. bahan campuran kosmetika. Kondisi ini membuat masyarakat mulai berfikir untuk mencari pengobatan alternatif secara konvensional di samping pengobatan moderen. flu burung dan bahkan gejala pikun dini. penambah darah. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4. Selain berkhasiat dalam pengobatan. Rimpang kunyit sangat bermanfaat sebagai antikoagulan. Tanaman ini telah dikenal sejak lama di Indonesia dan penggunaannya cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. minuman. 2009 tags: hasil penelitian. pewarna makanan. kunyit Kunyit (Curcuma domestica) me-rupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak memiliki manfaat. usus buntu dan rematik.Obat diberikan secara oral dengan dosis dua kapsul 250 mg selama empat kali sehari.wordpress. diare. obat sakit perut. menjadikan penyakit yang berkembang di masyarakat juga beragam. Maag sepenuhnya terobati pada lima pasien dalam waktu empat minggu atau tujuh pasien dalam empat sampai 12 minggu. 12 minggu setelah pengobatan. Mengingat pola hidup dewasa ini yang cenderung moderen dengan gejala serba instan. Herbal Penguat Daya Ingat (Anti Alzheimer) APRIL 16. di antaranya sebagai bumbu masak (terutama kare).com/2009/05/11/kunyit-obat-herbal-untuk-sakit-maag/ Kunyit. . kanker. setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. fungisida dan stimulan.

Hal ini mungkin akan membuat kita penasaran dan ingin tahu. antioksidan.Kunyit untuk mencegah Alzheimer Penyakit Alzheimer adalah sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua (manula). Kunyit sebagai bahan bumbu kare yang banyak dipakai dalam berbagai resep masakan dirasakan dapat mempertahankan kualitas otak hingga usia lanjut. pikun biasa terjadi pada setiap orang karena kondisi fisik otak menurun. Di negara-negara konsumen seperti Amerika Serikat dan Inggris. anti radang dan anti virus. Namun pikunpun dapat diperlambat datangnya dengan menggunakan kunyit dalam bentuk bumbu kare. Namun jangan salah.dan bahan baku pembuatan oleoresin. anti mikroba. Dari hasil kesimpulan para peneliti yang dilaporkan dalam American Journal of Epidemiologi Edisi 1 November 2006.com/2009/04/16/kunyit-herbal-penguat-daya-ingat-anti-alzheimer/ . gangguan hati atau ginjal. Hasil penelitian ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan hubungan antara konsumsi kare dengan kemampuan kognitif otak http://cintaherbal. tepung kunyit merupakan salah satu bahan dasar untuk pembuatan bumbu kare (curry powder) yang merupakan campuran homogen dari berbagai jenis tepung kunyit. menyatakan bahwa bumbu kari sangat berpotensi mencegah alzheimer karena dilihat dari kemanjurannya dan tidak beracun. akan dapat menurunkan resiko serangan penyakit Alzheimer yang bisa menyebabkan pikun total karena kondisi fisik otak yang terus menurun. umbi yang telah di iris lalu dikeringkan. Di India. Ditinjau dari segi kemudahannya.wordpress. Tepung kunyit yang akan dijadikan bahan racikan bumbu kare dapat dibuat dari umbi kunyit yang telah dikeringkan.010 manula berusia 60 tahun sampai 93 di tahun 2003. akan lebih mudah digiling untuk dijadikan tepung. tepung kunyit digunakan secara langsung sebagai bumbu pewarna makanan. menunjukkan bahwa manula yang rajin mengkonsumsi bumbu kare memiliki daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan mereka jarang atau yang tidak pernah sama sekali. Hasil penelitian Dr. Kurkumin pada kunyit memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengobati berbagai jenis penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter. Secara alamiah. Dengan rutin mengkonsumsi bumbu kare. Salah satu bukti adalah manula yang berada di negara-negara Asia tetap memiliki ingatan baik di usia lanjut karena mereka rajin mengkonsumsi bumbu kare. Selain itu kurkumin pada kunyit ternyata juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ternyata rahasianya terletak pada zat pewarna kuning (kurkumin) yang terdapat di dalam rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare tersebut. pada penggunaan yang berlebihan pun bagi orang lanjut usia dapat menimbulkan efek sakit perut. Tze-Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura (NUS) pada 1.

19 Januari 2011 . supaya tukak lambung sembuh total. Seluruh tikus tidak diberi makan selama 48 jam. dengan dosis 150 mg/kg berat badan.Kunyit (Curcuma domestica) sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat atau bahan jamu.Dibaca: 1300 kali | Komentar: 0 Rabu. Perasaan sakit seperti ada yang menggigit-gigit di daerah lambung dan menjalar ke punggung (Oswari. Tindakan Medis Gejala pada nyeri lambung berupa nyeri yang berhubungan dengan makanan. obat nyeri pinggang. Tukak bisa juga menembus dinding usus sehingga terjadi peradangan selaput perut. Kadang-kadang tukak itu mengeluarkan darah sehingga penderita bisa muntah darah. menyembuhkan radang tenggorokan. Nyeri lambung bersifat menahun dengan rasa yang sakit bisa hilang-timbul. mual. kemudian dibiarkan tanpa makan dan . Hasil Uji Kunyit Pemakaian kunyit untuk mengobati nyeri lambung makin meluas. 1996). Digunakan 30 ekor tikus jenis ratus-ratus dan dibagi menjadi tiga kelompok.com . minum alcohol atau depresi (tekanan batin) diduga memberikan andil yang besar dalam pembentukan tukak. sedangkan bila tidak mengalami kesembuhan dan timbul komplikasi perlu diambil dindakan bedah. Bila lapisan selaput lendir robek karena suatu sebab. maka asam akan merusak lapisan dinding lambung dan menyebabkan tukak dengan garis tengah beberapa sentimeter (Panduan Kesehatan Keluarga.15:28:33 WIB PantonaNews.Kunyit Obati Nyeri Lambung Kategori: Herbal . kadang-kadang berat badan menurun. seperti untuk tonikum. Nyeri lambung biasanya timbul karena tukak di selaput lendir lambung. menurunkan tekanan darah tinggi. Dinding lambung secara normal dilindungi oleh lapisan selaput lendir (mukosa) dari pengaruh asam kuat dan enzim yang biasanya terdapat dalam cairan lambung. 1995). Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT) UGM mengadakan pengujian manfaat ekstrak kunyit dalam pengobatan nyeri lambung (peptic-ulcer). hal itu karena asam lambung yang berlebihan. kemudian diberi suspensi asam salisilat secara oral. obat penyakit kuning dan obat nyeri lambung (gangguan maag). pembersih darah bagi wanita melahirkan. obat memar dan keseleo. Kebiasaan merokok. pencahar. Kunyit memiliki khasiat. Pengobatan khusus biasanya tiga bulan. mengobati diare. secara uji preklinis dan klinis cenderung memberikan hasil positif. Uji preklinis dilakukan dengan menggunakan hewan percobaan berupa tikus. Tindakan medis untuk menolong penderita antara lain dengan memberi antasida (bahan penetral asam) untuk meredakan nyeri. Penyebab pasti nyeri lambung belum diketahui.

Ekstrak kunyit dalam kemasan kapsul 0. Obat nyeri lambung yang mengandung magnesium trisilikat. baik terhadap tekanan darah. sehingga erosi selaput lendir pada lambung dapat dihindari. Senyawa aktif dalam kunyit yang mengatasi nyeri lambung ialah kelompok minyak atsiri seperti turmerone.minum selama 5 jam. frekuensi nadi. Empedu mengandung air. dan berat badan. hasilnya menunjukkan tikus-tikus yang diberi ekstrak kunyit memiliki jumlah ulkus yang paling sedikit. Senyawa tersebut mencegah produksi asam lambung yang berlebihan. bilirubin (berasal dari haemoglobin yang mati) dan natrium hidrokarbonat. Rekomendasi Untuk mengobati nyeri lambung direkomendasikan menggunakan ekstrak kunyit dengan dosis tiga kali 1. Hal itu membuat system pencernaan bekerja dengan sempurna. Pemberian dilakukan secara oral setiap 8 jam selama 48 jam tanpa makanan lain. borneol dan zingiberene. garam empedu. Uji klinis dilakukan terhadap 20 pasien penderita nyeri lambung.8 gr/kapsul diberikan dengan dosis minum tiga kali sehari dua kapsul. Setelah 48 jam dilakukan pemeriksaan lambung.500 mg (dalam 4 ml akuades). Hasil pengamatan menunjukkan ekstrak kunyit mampu mengobati nyeri lambung pada pasien. Dengan kata lain. selama seminggu. Zat alkaloid Curcumin yang dikenal sebagai antikuman berfungsi merangsang dinding kantung empedu untuk mengeluarkan cairan empedu. cineol. sering menimbulkan efek samping seperti muntah dan penyumbatan usus. Jangan Berlebihan . selama seminggu dan tanpa efek samping. Ekstrak kunyit tidak menimbulkan efek samping. Minyak atsiri juga mempunyai efek mengurangi pekerjaan usus yang terlalu berat. Penggunaan obat nyeri lambung yang mengandung magnesium hidroksida.6 gram per hari. Kelompok pertama diberi amilum 2. alumunium hidroksida dan metilpolisiloksan.6 mg (dalam 4 ml akuades). Fungsi empedu antara lain mengubah lemak menjadi emulsi lemak dan menyebabkan usus bersuasana basa. dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan ginjal dan pelunakan tulang. khususnya pada hewan percobaan. ekstrak kunyit memiliki daya kerja yang lebih baik dibanding alumunium hidroksida dalam mengobati nyeri lambung. Ulkus ialah erosi membran selaput lendir karena terpotongnya jaringan sebagai efek dari pemberian asam salisilat. frekuensi respirasi. papaverin hidroklorida dan simetikon jika pemakaiannya dalam waktu lama. kelompok kedua diberi ekstrak kunyit 63 mg (dalam 4 ml akuades). alumunium glisina. dan kelompok ketiga diberi suspensi alumunium hidroksida (komponen obat nyeri lambung) 1.

Ekstrak kunyit dalam bentuk kapsul atau tablet belum tersedia secara luas. Jika asam lambung sudah dalam batas wajar. Kemudian disaring dan diminum tiga kali sehari sampai nyeri lambung tidak ada lagi. ditandai dengan hilangnya nyeri dan mual. perangsang pengeluaran getah lambung. . maka pengobatan segera dihentikan. Pemakaian kunyit untuk mengobati nyeri lambung jangan berlebihan. Sebenarnya asam lambung dalam konsentrasi yang normal memiliki fungsi penting. sebab akan menjadikan kandung empedu kosong. yaitu jika konsentrasi asam lambung cenderung berlebihan. getah pancreas dan empedu. Penggunaan kunyit sebagai obat nyeri lambung. (Atep Afia).5 gelas air sampai tersisa satu gelas. antara lain sebagai disinfektans. serta mengaktifkan enzim lambung. yaitu karena konsentrasi asam lambung (asam klorida) tertekan. Cara mudah pemakaiannya ialah dua rimpang kunyit seukuran ibu jari. sehingga system pencernaan terganggu. Jika terasa pahit dapat dicampur gula merah atau madu. Dosis kunyit yang berlebihan bersifat kontraproduktif terhadap daya kerja lambung. dicincang dan direbus sampai mendidih dengan 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful