A.

SISTEM OPERASI DAN PROGRAM APLIKASI

1. Sistem Operasi Pengertian system operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber – sumber daya yang terdapat pada system komputer dan penyedia sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguan serta pemanfaatan komputer. Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat – keras, program aplikasi, system – operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber–daya yang sama. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi ipenting sistem operasi ialah sebagai program pengenadlian yang bertujuan menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

2. Program Aplikasi Sebuah program yang ditujukkan untuk –menyelesaikan sautu permasalahan dalam aplikasi tertentu yang disebut program aplikasi. Adapun berbagai contoh program aplikasi adalah sebagai bearikut:

a. Microsoft Office Program ini di kembangkan untuk digunakan untuk mempermudah pekerjaan di bidang perkantoran seperti untuk mengelola kata, angka, data, prestasi dan internet. b. Adobe Photoshop Program ini merupakan program yang digunakan untuk desain grafis atau untuk manipulasi images baik berupa gambar foto maupun gambar ilustrasi. c. Corel Program ini hamper sama dengan program Adobe Photoshop yaitu sebagai pengelola desain grafis, namun Corel penggunaannya lebih kompleks selai untuk mengelola gambar juga bisa pergunakan untuk membuat poster, brosur, buku dll. d. Adobe Pagemaker Program ini digunakan untuk menempatkan layout yang berbentuk halaman baik itu poster, brosur, leaflet, cerita pendek, buku, dan lain – lain. Adobe Pagemaker banyak digunakan oleh prefesional buku.

Dan yang palin penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet sehingga mempermudah dalam mengirimkan laporan keuangan melalui internet. Excel versi Windows XP dengan Microsoft Office 2003 dan yang terakhir dengan sistem operasi Window Vista meluncurkan Office 2007 dengan perubahan tampilan 3D sehingga membutukan speck perangkat keras yang cukup tinggi. dan mampu memprestasikan dat dalm bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakan. sehingga pada bulan Agustus 1995 Microsoft kembali mengeluarkan Excel versi terbaru yakni Microsoft versi 95 yang sudah disertai dengan fasalitas Internet. kepraktisannya dan kemudahan penggunaannya. yang dipimpin oleh Bill getes yang pada saat ini menjadi orang terkaya sedunia. Mengenal Excel Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolahan angka merupakan bagian dari Microsoft Office. terus mengembangkan perangkat lunak pengolahan angka ini. lebih fleksible dan lebih mudah diintegrasikan dengan program Microsoft Office lainnya. Bidang pemakaian Ezcel sangat luar. Excel mempermudah penyelesaian seperti prose menghitung. Program lunak ini pertama kali di perkenalkan kepada masyarakat yang diberi nama Microsoft Excel versi 1. Selanjutnya pada tanggal 6 April 1992 kemampuan Excel di tingkatkan kembali dengan diperkenalkannya Microsoft Excel 3. agar aplikasi speredsheet ini lebih familier atau mudah dipakai. Excel versi 2000. Menggunakan Excel Excel banyak dipergunakan karena kecanggihannya. Tentunya pengembangan Excel pada setiap versi selalu diiringi dengan penyempurnaan fungsi.0 Pada era tahun 1990 Microsoft Corporation meluncurkan Excel Versi 3.0 yang sudah berjalan pada sistem operasi berbasis Windows. ilmiah. misal dibidang bisnis. dan lain – lain. Excel disebut juga dengan program spreadsheet atau lembar kerja elektronik yang memedukan berbagai kemampuan komputer. mulai dari bentuk kolom ataupun baris. Dilanjutkan dengan Excel 97. kemudian pilih All program Pilih Microsoft Office dan pilih submenju Excel atau dua ikon Excel yang terdapat pada layar deskop.0 bekerja sama dengan perusaaan perangkat keras di America Serikat yaitu IBM dengan mengelauarkan komputer IBM PC dengan menggunakan prosesor 8088. maka di layar akan terlihat lembar kerja sebagai berikut: . menganalisis. memproyeksikan. Menjalankan Excel Langkah yang harus dilalui untuk menjalankan Excel adalah sebagai berikut : Klik menu Start. Program itu kemudian berkembang menjadi Microsoft Excel 2. 4. 5.1 Microsoft Corporation.3. perencanaan.

maka langkah yang kita lakukan adalah: Klik menu . Data base 3.B. MENU BAR PADA EXCEL Excel mempunyai tiga kemampuan yaiyu: 1. Menu yang terdaoat pada Excel adalh sekelompok perintah membantu kita dalam pengerjaan tugas / laporan dan sebainya. Pembuatan Grafik Bagian – bagian yang terdapat pada tampilan Excel diantaranya adalah menu bar yaitu sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini. Cara untuk menggunakan menu tersebuta adalah: Klik menu yang dipilih Klik submenu yang diinginkan Ikuti petunjuk – petunjuk / langkah – langkah selanjutnya Sebagai contoh apabila kita ingin menyimpan hasil kerja ke disket. Spreadsheet ( Lemabar Kerja Elektronik )\ 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful