P. 1
Metode dalam Psikologi

Metode dalam Psikologi

|Views: 468|Likes:
Published by Anaa Sokhifaa

More info:

Published by: Anaa Sokhifaa on Mar 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2012

pdf

text

original

METODE - METODE PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI

Eksperimental (menyelidiki dengan sengaja menimbulkan keadaan yang ingin diselidiki). Metode cross-sectional Horisontal ‡ Atau ‡ 1. Jenis-jenis Metode . Non eksperimental (menyelidiki mencari atau menunggu sampai dijumpai keadaan atau situasi yang ingin diselidiki. Metode longitudinal Vertikal ‡ 2. jadi mencari situasi yang ada dalam keadaan wajar) ‡ 2.‡ 1.

Macam-macam metode yang digunakan dalam lapangan psikologi ‡ 1. ‡ 2. yaitu orang-orang yang dieksperimentasi itu. . Metode ekstropeksi ‡ Arti kata ekstropeksi ialah melihat keluar. Metode Introspeksi eksperimental jumlah subjek banyak. ‡ 3. ‡ Kelemahan bersifat subjektif. Metode Introspeksi. Dengan luasnya atau banyaknya subjek penyelidikan hasilnya akan lebih bersifat objektif. Metode penyelidikan dengan melihat peristiwa-peristiwa kejiwaan ke dalam dirinya sendiri.

Pertanyaan yang tertutup ‡ b. angket langsung ‡ b. angket tidak langsung. angket dapat dibedakan menjadi dua jenis: ‡ a. Pertanyaan yang tebuka dan tertutup.‡ 4. ‡ Jika dilihat dari cara orang memberikan informasi. Pertanyaan yang terbuka ‡ c. Metode kuesioner: Metode penyelidikan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang yang menjadi subjek penelitian tersebut. . ‡ Jenis-jenis angket: ‡ a.

‡ d. ‡ c.‡ Kelebihan metode angket: ‡ a. Orang dapat menjawab dengan leluasa. ‡ c. menyebabkan kurang . ‡ Kelemahan: ‡ a. Pertanyaan-pertanyaan tidak dapat diubah disesuaikan dengan situasinya. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas. praktis ‡ b. ‡ b. kurang terangnya pertanyaan-pertanyaan. Dalam waktu yang singkat dapat dikumpulkan data ya ng relative banyak. Biasanya angket yang sudah dikeluarkan tidak semua dapat kembali. keterangan lebih lanjut sulit dapat diperoleh. Kesalahan dalam pelaksanaan.

Metode Interviu ‡ Keuntungan: a. .Hal-hal yang kurang jelas dapat diperjelas b. dan ini akan memberikan bantuan dalam mendapatkan bahan-bahan.Penginterviu dapat menyesuaikan dengan keadaan c. Ada hubungan yang langsung. karena itu diharapkan dapat menimbulkan suasana hubungan yang baik.5.

dan studi kasus. Dibutuhkan keahlian c. Metode Analisis Karya 8. Metode Klinis Metode ini mencakup wawancara mendalam. Tujuannya adalah untuk mengetahui sebab-sebab timbulnya gangguan prilaku dan kecenderungan-kecenderungan umum lainnya dalam diri individu. Metode Biografi 7.‡ Kelemahan-kelemahan Kelemahan-Kelemahan a. Apabila telah ada prasangka maka akan mempengaruhi interviu 6. penggunaan alat-alat tes diagnosis psikologis. Metode Testing 10. Kurang hemat b.Metode Statistik . 9.

co. baidi_bukhori1@yahoo.Terima kasih.id 081575032222/081572535222 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->