RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Pertemuan Alokasi Waktu

: Bahasa Indonesia : SMA Negeri 1 Makmur : X/1 : 1 (satu) : 2 x 45 menit

I.

Standar Kompetensi

: Berbicara 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi.

II.

Kompetensi Dasar

: 6.1 Menanggapai pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

III.

Indikator

: 1.

Mendeklamasikan/membacakan puisi lama (berbalas pantun) didepan teman-teman dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

2.

Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

3.

Menerapkan isi pantun dalam kehidupan seharihari.

IV.

Tujuan Pembelajaran

: 1.

Siswa dapat mendeklamasikan/membacakan puisi (berbalas pantun) didepan teman-teman dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

2.

Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

3.

Siswa

dapat

menerapkan

isi

pantun

dalam

kehidupan sehari-hari.

2. mempelajari tentang pembacaan puisi lama. VI. Kegiatan pembelajaran : 1. Metode Lempar Bola Inkuiri Kegiatan Awal Guru menyampaikan apersepsi Guru menyampaikan/menuliskan tujuan pembelajaran pembacaan puisi lama. Guru menyampaikan/menjelaskan manfaat VII. Guru dan siswa menyimpulakan materi yang telah diajarkan Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik puisi lama .V. Kegiatan Akhir (penutup) Guru bertanya kepada peserta didik tentang materi yang telah diajarkan. 2. intonasi dan ekspresi yang tepat. Materi Standar : Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal. Kegiatan Inti Guru menyampaikan materi tentang puisi lama yang akan dipelajari oleh siswa dan menjelaskannya. bagi yang mendapatkan bola akan mendeklamasikan/membacakan puisi lama (berbalas pantun) 3. Setelah menjelaskan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami. mendeklamasikan/membacakan (berbalas pantun) Guru mengambil bola dan memberikannya kepada peserta didik. Metode Pembelajaran : 1.

Siswa dapat mendaftarkan topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf eksposisi. Sumber Pembelajaran IX. Deklamasikanlah/bacakanlah puisi lama (berbalas pantun) didepan teman-teman! 3. Teknik Tes Lisan Bentuk Instrumen : Tes Uraian Soal Instrumen 1. 3.Pd Riska Hayati . Simpulkanlah isi dari puisi lama (berbalas pantun) yang telah di bacakan! No 1 2 3 Aspek Penilaian Siswa dapat menjelaskan pengertian paragraf eksposisi beserta manfaat dan tujuan mempelajari paragraf eksposisi. 2.VIII. Siswa dapat mengembangkan topik-topik yang telah didaftarkan menjadi karangan yang utuh. Skor Maksimal 20 40 40 Mengetahui Kepala Sekolah Matangglumpangdua. : 1. M. Suroto 1989. Penilaian : Apresiasi Sastra. Jelaskan pengertian puisi lama beserta manfaat dan tujuan mempelajari puisi lama (pantun)! 2. 14 Juli 2011 Pengajar Marzuki Umar. Erlangga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful