P. 1
Jazirah Arab

Jazirah Arab

|Views: 79|Likes:
Published by Sitti Munazhiroh

More info:

Published by: Sitti Munazhiroh on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2012

pdf

text

original

JAZIRAH ARAB (http://www.scribd.

com) Jazirah arab ialah sebuah tanah semenanjung terletak di bagian barat daya benua Asia,tanah ini terkenal dengan nama jazirah Arab atau pulau Arab, walaupun masih bertalidengan daratan benua Asia. Karena ia dilingkupi oleh lautan dari tiga segi, yaitulautan Merah, lautan Hindia, lautan Oman dan selat Persia. Jazirah Arab terbagi atasdua bagian yaitu, bagian tengah dan bagian tepi. Bagian tengah terbagi atas dua yaitu: bagian utara disebut "Najed" dan bagian selatan disebut "al-Ahqof".Pada jazirah arab bagian tengah terdiri dari tanah pegunungan yang amat jarangdituruni hujan. Penduduknyapun sedikit sekali, yaitu terdiri dari kaum pengembarayang berpindah-pindah tempat menuruti turunnya hujan, dan mencari padangpadangyang ditumbuhi rumput tempat mengembala binatang ternaknya.Sedanngkan pada jazirah Arab bagian tepi, hujan turun dengan teratur. Oleh karenaitu penduduknya tidak mengembara, melainkan menetap di tempatnya. Merekamendirikn kota-kota dan kerajaankerajaan dan sempat pula membina berbagai kebudayaan. PEMBAHASAN A. Kondisi Politik Ahli sejarah membagi penduduk jazirah arab menjadi dua yaitu Arab Baidah dan Arab Baqiyah. B. Arab Baidah yaitu orang-orang arab yang telah lenyap jejaknya. Dan tidak dikethui lagi kecuali karena tersebut dalam kitab-kitab suci, seperti kaum Ad dan kaum Tsamud. C. Arab Baqiyah (Arab Lestari), yaitu orang-orang Arab yang masih terdapat jejaknya. Dinegeri-negeri Jazirah Arab telah berdiri beberapa kerajaan yang sifatnya dan bentuknya dua macam: Ø Kerjaan yang bermahkota, tetapi tunduk pada kerajaan lain (mendapat otonomidalm negeri). Ø Kerjaan tidak bermahkota, tetapi mempunyai kemerdekaan penuh. Ia jugamempunyai apa yang dipunyai oleh kerajaan-kerajaan sebenarnya. Kerajaan yang bermahkota sangat banyak, diantaranya yaitu : a. Kerajaan Makyam, kerajaan ini terletak diselatan arabia yaitu didaerah Yaman b. Kerajaan Saba', kerajaan ini juga berdiri didaerah Yaman yang pada waktu itukerajaan Saba' ini menggantikan kerajaan Makyam. Kerajan Saba' mulai berdiri tahun950 SM. Mula berdirinya merupakan satu kerajaan kecil saja, kemudian bertambah besar dan luas. Sementara itu Kerajan Makyam dan Quthban semakin kecil danlemah. Akhirnya roboh dan dikuasai Kerajaan Saba' dan Kerajaan Saba' berdirisampai tahuhn 115 SM. c. Kerajaan Himyar, berdiri mulai Kerajaan Saba' mulai lemah. Kelemahan kerajaanSaba' memberi kesempatan bagi kerajaan Himyar untuk tumbuh dan berkembangdengan pesat hingga akhirnya kerajaan Himyar dapat menguasai kerajaan Saba'.4. d. Kerajaan Hirah, sejarah keamiran Hirah ini mulai sejak abad 111 M. dan terus berdiri sampai lahirnya Islam. Kerajaan ini telah berjasa juga terhadap kebudayaan Arab karena warga negaranya, banyak mengadakan perjalanan-perjalanan diseluruh jazirahArab terutama untuk berniaga, dalam pada itu mereka juga menyiarkan kepandaianmenulis dan membaca. Karena itu mereka dapat dianggap sebagai pennyiar ilmu pengetahuan di jazirah Arab.

yang datang dari Yaman setelah runtuhnya bendungan Ma'rib. kemudian putra sulungnya Nabit. Mekkah. Pada mulanya Mekkah danKa'bah dikuasai oleh Nabi Ismail. dan berkusa di Mekkah selama 300 th. Dalam periode ini mereka banyk membuatkesalahan. yaitu kota tempat berdirinya Ka'bah. Hijaz. g. . Mereka telah mempunyai kebuayaan yang tinggi. Kemudian kabilah Jurhum diganti olehkabilah Khuza'ah.e. Dikeliling Ka'bah didirikan berbagai patung untuk disembah sebagai Tuhan orang-orang Arab. Tidak pernah negeri Hijaz dijajah.sehingga tidak menimbulkan keinginan pada negara-negara lain untuk menjajahnya. nama Ghassan itu berasal dari mata air di Syam yang disebut Kaum Ghassan memerintah dibagian selatan dari negeri Syam dandibagian utara dari jazirah Arab. diduduki dan dipengaruhinegara-nagara asing. Hijaz berbeda dengan negeri-negeri arab yang lain.dan menganut agama Masehi yang diterimanya dari bangsa Romawi dan merekalahyang memasukkan agama Masehi itu ke jazirah Arab f. kemudian oleh penguasa-penguasa dari kabilah Jurhum. Hal itu disebabkan oleh letak dan kemiskinan negerinya. telah dapat menjagakemerdekaannya. Kerajaan Ghassan. terutama dalam bidang agama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->