BAB III MASALAH YANG DI HADAPI

A. Pengertian Air Limbah Limbah atau sampah yaitu limbah atau kotoran yang dihasilkan karena pembuangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik. Limbah atau sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga, tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Limbah atau sampah juga bisa berarti sesuatu yang tidak berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang, mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berguna dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan penyakit padahal dengan pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah ini menjadi benda ekonomis. Limbah rumah tangga adalah limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi, cucian, limbah bekas industri rumah tangga dan kotoranmanusia. Limbah merupakan buangan/bekas yang berbentuk cair, gas dan padat. Dalam air limbah terdapat bahan kimia sukar untuk dihilangkan dan berbahaya. Bahan kimia tersebut dapat memberi kehidupan bagi kuman-kuman penyebab penyakit disentri, tipus, kolera dsb. Air limbah tersebut harus diolah agar tidak mencemari dan tidak membahayakan kesehatan lingkungan. Air limbah harus dikelola untuk mengurangi pencemaran. Pengelolaan air limbah dapat dilakukan dengan membuat saluran air kotor dan bak peresapan dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut ;

6. Pengelolaan secara tersier hanya untuk membersihkan saja. Konstruksi agar dibuat secara sederhana dengan bahan yang mudah didapat dan murah. kemudian dikeringkan dan dibuang. suhu yang tinggi di daerah tropis yang dapat dimanfaatkan. Benda yang melayang dapat dihilangkan oleh bak pengendap yang dibuat khusus untuk menghilangkan minyak dan lemak. Tidak mengotori permukaan tanah. Penyakit Yang Timbul Bila Tidak Ada Pembuangan Air Limbah Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh sanitasi yang kurang baik serta pembuangan sampah dan air limbah yang kurang baik diantaranya adalah: 1. Jarak minimal antara sumber air dengan bak resapan 10 m. 3. 4. Pengelolaan sekunder dibuat untuk menghilangkan zat organik melalui oksidasi dengan menggunakan saringan khusus. Pengelolaan yang paling sederhana ialah pengelolaan dengan menggunakan pasir dan benda-benda terapung melalui bak penangkap pasir dan saringan. di mana lumpur menjadi semakin pekat dan stabil. Mencegah berkembang biaknya lalat dan serangga lain. seperti sinar matahari. Diare . Tidak menimbulkan bau yang mengganggu. B.1. Lumpur dari bak pengendap pertama dibuat stabil dalam bak pembusukan lumpur. Cara pengelolaan yang digunakan tergantung keadaan setempat. 5. Tidak mencemari sumber air minum yang ada di daerah sekitarnya baik air dipermukaan tanah maupun air di bawah permukaan tanah. Menghindari tersebarnya cacing tambang pada permukaan tanah. 7. 2.

melalui darah. setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba. sampah. Patogen ini tidak terbatas pada mikroba ditularkan melalui air tetapi juga termasuk makanan-ditanggung. bakteri patogen. Malaria C. atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. tidak malu. Manfaat Air Limbah Air limbah tidak diobati mengandung patogen yang berbahaya – atau bahkan mematikan – untuk manusia dan hewan. Cacingan 8. Disentri 4. dan bahan kimia berbahaya. Tiphus 7. Keuntungan medis pengolahan air limbah yang benar-benar beragam. Pengertian Kebersihan Lingkungan Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran. D. Di zaman modern. dan bau.2. dan sumber menular seksual juga. kebersihan juga berarti bebas dari virus. Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Kolera 6. Hepatitis A 5. tidak menyebarkan kotoran. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat. Kebersihan badan meliputi . debu. Demam berdarah 3. tidak bau. termasuk di antaranya.

Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. serta membuang sampah. menyapu dan mengepel lantai. dan memakai pakaian yang bersih. tempat bekerja. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan. Jadi semua orang bisa merasakan hidup yang lebih bersih karena adanya rasa kei nginan untuk menciptakan lingkungan bersih. . mencuci tangan. Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal. seperti mandi. membersihkan kamar mandi dan jamban. dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.kebersihan diri sendiri. E. mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok). dan berbagai sarana umum. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk-pilek. Manfaat Kebersihan Lingkungan Manfaat secara umum agar menciptakan lingkungasn yang bebas dari sampah maupum wabah penyakit. Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan memakai air dan sejenis sabun atau deterjen. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara melap jendela dan perabot rumah tangga. sedangkan kebersihan di pabrik makanan berbeda dengan kebersihan di pabrik semikonduktor yang bebas debu. menyikat gigi. Kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan kamar bedah di rumah sakit.

F. persampahan dan sanitasi. Hal tersebut menyebabkan pandangkalan saluran/sungai. tersumbatnya saluran/sungai karena sampah. dan terjauh dari sampah maupun penyakit. pengelolaan sampah yang setiap hari diproduksi oleh masyarakat serta pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran/sungai. Penyakit Yang Akan Timbul Di Masyarakat Bila Lingkungan Tidak Bersih Salah satu kebutuhan penting akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih. yaitu kebutuhan akan air bersih. bersih. Penyakit Yang Akan Timbul Di Masyarakat Bila Lingkungan Tidak Bersih adalah :  Diare  Demam berdarah  Disentri  Hepatitis A  Kolera  Tiphus  Cacingan  Malaria . maka tiap individualis dapat hidup sehat. Pada saat musim penghujan selalu terjadi banjir dan menimbulkan penyakit.Manfaat secara khusus dapad dirasakan oleh setiap individu karena adanya program 3M.

Pada masyarakat di harapkan Segera membuat saluran pembuangan air limbah dan menjaga kebersihan lingkungan agar masyarakat desa penayong bias hidup sehat. 2. Kami juga merasa senang atas pengertian dan perhatian baik itu dari pihak bidan desa dan seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam pengarahan kami diacara local karya mini. Kami merasa senang atas penerimaan masyarakat desa penayong kecamatan peukan baro yang sangat baik terhadap kami. . 4. B. 2. Kesan 1. Kami sangat senang karena berhasilnya penyuluhan yang kami berikan dan di terima dengan baik oleh masyarakat desa penayong. Pesan 1. 3.BAB IV PENUTUP A. Kami menghimbau kepada seluruh anggota keluarga untuk hidup bersih dan sehat. Serta di harapakan mampu meningkatkan derajat kesehatan baik individu keluarga maupun lingkungan. Setelah di berikan penyuluhan masyarakat mulai mengerti manfaat pembuangan air limbah dan kebersihan lingkungan dan masyarakat akan berupaya terus menjaga kebersihan lingkungan dan membentuk panitia untuk membuat saluran pembuangan air limbah.

2000. Kesehatan Lingkungan. Sugiharto. I. 1987.DAFTAR PUSTAKA Notoatmodjo. Dasar-Dasar Pengelolaan Air Limbah.Rieneka Cipta. Ilmu Kesehatan Masyarakat. R. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. 2005. 2000. Jakarta: UI-Press . Mulia. Entjang. Yogyakarta: Graha Ilmu. Jakarta: PT.S. Ilmu Kesehatan Masyarakat.