P. 1
penyakit darah

penyakit darah

|Views: 98|Likes:
Published by ariwisma

More info:

Published by: ariwisma on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Baik penyakit ringan maupun penyakit yang bisa menimbulkan kematian. Salah satu penyakit yang cukup banyak diderita adalah jenis penyakit darah. Darah adalah cairan dalam tubuh yang berfungsi untuk menyalurkan sari makanan, oksigen, dan zat-zat kimia lain ke seluruh bagian tubuh. Selain sebagai distributor, darah punya peran penting untuk menjaga ketahanan/kekebalan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Seperti namanya, penyakit darah adalah penyakit yang menyerang darah. Penyebab penyakit darah adalah adanya suatu kelainan fungsi atau perilaku darah dalam tubuh karena hal-hal tertentu. Misalnya, akibat virus, kelainan genetik, atau juga bisa diakibatkan oleh kurangnya zat tertentu yang dibutuhkan oleh darah. Apa Saja Macam Penyakit Darah? Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit darah yang bias menambah wawasan Anda sekaligus bagaimana cara menghindarinya. • Anemia Penyakit darah ini tentu tak asing lagi. Penyebab anemia adalah kurangnya pasokan zat besi pada darah, sedangkan zat besi adalah zat yang sangat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah. Hemoglobin sendiri berfungsi mengikat oksigen. Bila miskin zat besi, hemoglobin susah terbentuk, maka oksigen dalam tubuh pun tidak bisa terdistribusi dengan baik. Konsumsi makanan ber-zat besi tinggi, seperti sayur, telur, ikan, atau hati (jerohan), adalah langkah baik untuk menghindari penyakit darah ini. PENGOBATAN Pengobatan anemia tergantung pada penyebabnya: 1. Anemia kekurangan zat besi. Bentuk anemia ini diobati dengan suplemen zat besi, yang mungkin Anda harus minum selama beberapa bulan atau lebih. Jika penyebab kekurangan zat besi kehilangan darah - selain dari haid - sumber perdarahan harus diketahui dan dihentikan. Hal ini mungkin melibatkan operasi. 2. Anemia kekurangan vitamin. Anemia pernisiosa diobati dengan suntikan - yang seringkali suntikan seumur hidup - vitamin B-12. Anemia karena kekurangan asam folat diobati dengan suplemen asam folat. 3. Anemia penyakit kronis. Tidak ada pengobatan khusus untuk anemia jenis ini. Dokter berfokus pada mengobati penyakit yang mendasari. Suplemen zat besi dan vitamin umumnya tidak membantu jenis anemia ini . Namun, jika gejala menjadi parah, transfusi darah atau suntikan eritropoietin sintetis, hormon yang biasanya dihasilkan oleh ginjal, dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dan mengurangi kelelahan.

Sickle cell anemia. Anemias hemolitik. termasuk kacang-kacangan. Anda dapat membantu menghindari anemia kekurangan zat besi dan anemia kekurangan vitamin dengan makan yang sehat. Dokter juga biasanya menggunakan transfusi darah. selai kacang dan kacang-kacangan. asam folat. sayuran berdaun hijau tua. Mengelola anemia hemolitik termasuk menghindari obat-obatan tertentu. PENCEGAHAN Banyak jenis anemia tidak dapat dicegah. transfusi darah atau plasmapheresis mungkin diperlukan. sereal dan pasta. Sebuah obat kanker yang disebut hidroksiurea (Droxia. Makanan lain yang kaya zat besi. Folat. kacang polong dan dibentengi roti. variasi makanan. baik oral dan cairan infus untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah komplikasi. Pengobatan untuk anemia ini dapat mencakup transfusi darah untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Gizi ini. 5.penyaring sel-sel darah merah yang rusak. yang dapat menyerang sel-sel darah merah. Anda mungkin memerlukan transplantasi sumsum tulang jika sumsum tulang Anda berpenyakit dan tidak dapat membuat sel-sel darah sehat. Anemia hemolitik tertentu dapat menyebabkan limpa Anda menjadi besar dengan sel darah merah rusak. . 4. Anemias terkait dengan penyakit sumsum tulang. Hydrea) juga digunakan untuk mengobati anemia sel sabit pada orang dewasa. Vitamin ini banyak dalam daging dan produk susu. Pengobatan berbagai penyakit dapat berkisar dari obat yang sederhana hingga kemoterapi untuk transplantasi sumsum tulang. melon dan beri. Plasmapheresis adalah jenis prosedur penyaringan darah. Besi. Jika kondisi telah menyebabkan pembesaran limpa. Aplastic anemia. obat penekan kekebalan atau gamma globulin dapat membantu menekan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel darah merah. Anda mungkin perlu obat penekan kekebalan tubuh untuk mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda dan memberikan kesempatan sumsum tulang ditransplantasikan berespon untuk mulai berfungsi lagi.4. Limpa Anda. dan bentuk sintetik. Namun. Vitamin C. 2. termasuk: 1. mengobati infeksi terkait dan menggunakan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan Anda. obat menghilangkan rasa sakit. Vitamin B-12. Transplantasi sumsum tulang mungkin merupakan pengobatan yang efektif pada beberapa keadaan. sayuran berdaun hijau tua. sereal kaya zat besi. Makanan yang mengandung vitamin C. pisang. Sumber terbaik zat besi adalah daging sapi dan daging lainnya. Kadang-kadang. buah kering. Pengobatan untuk anemia ini dapat mencakup pemberian oksigen. seperti jeruk. 7. 6. suplemen asam folat dan antibiotik. dapat ditemukan di jus jeruk dan buahbuahan. membantu meningkatkan penyerapan zat besi. lentil. Tergantung pada keparahan anemia Anda. Anda mungkin perlu untuk menerima limpa Anda diangkat.organ yang relatif kecil di bawah tulang rusuk di sisi kiri . limpa memberikan kontribusi terhadap anemia hemolitik dengan membuang terlalu banyak sel darah merah. Pengobatan singkat dengan steroid. 3.

Hipotensi adalah tekanan darah rendah (di bawah 90/60 mmHg). penderita hemofilia yang terluka kecil pun bisa sangat membahayakan karena darah tidak mau membeku dan bisa saja terus mengalir. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi (di atas 140/90 mmHg). Penyebabnya adalah kurangnya darah yang dipompa dari jantung dan juga karena terjadinya pelebaran pembuluh darah (bisa karena obat-obatan) • Hemofilia Penyakit darah yang satu ini disebabkan karena sel darah kehilangan kemampuannya untuk membeku. Penyakit ini adalah penyakit akibat kelainan gen. Penderita thalasemia bisa sembuh dengan cara transplantasi sum-sum tulang atau teknologi sel punca yang baru-baru ini ditemukan (sel punca: sel induk dalam tubuh yang diklaim bisa berkembang menjadi sel darah) • Hipertensi dan hipotensi Penyakit darah yang satu ini disebabkan oleh kelainan tekanan darah yang dipompa oleh jantung menuju ke seluruh pembuluh darah di tubuh. dimana pada keluarga tersebut banyak terjadi perkawinan antar anggota keluarga yang masih memiliki hubungan darah. penderitanya harus rutin transfusi darah. Karena itu pada beberapa kasus. Penderita penyakit darah ini bisa memiliki hemoglobin yang sangat kurang atau bahkan hampir tidak ada sama sekali karena . . dimana penyebabnya bisa bermacam-macam. jarang olah raga. Karena itu. Mulai dari penggunaan obat-obatan. Penderita hemofilia yang paling populer adalah pada silsilah keluarga kerajaan Inggris.• Thalasemia Ini adalah penyakit darah yang hampir mirip dengan anemia. Penyabab adalah adanya gangguan pada aktivitas di dalam sel darah merah dalam sintesis/pembentukan hemoglobin yang kemudian mengakibatkan kerusakan sel darah. Umumnya hanya pria saja yang menderita hemofilia. terlalu stres atau mengkonsumsi alkohol dan garam dalam jumlah tinggi. namun bisa juga terkena penyakit ini bila ayahnya adalah penderita hemofilia dan ibunya adalah seorang carier. Penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit anemia akut. wanita hanya sebagai carier (pembawa). obestias/kegemukan.

Sel darah putih yang melimpah ini pun ibarat “senjata makan tuan”. dan banyak-banyak minum air putih. Penyakit yang belum ada obatnya ini bisa sembuh dengan sendirinya bila penderita meningkatkan kekebalan tubuh dengan banyak memakan makanan bergizi. sehingga nyamuk-nyamuk pembawa DBD bisa berkembang biak dengan baik. vitamin C. . hal ini wajar mengingat gaya hidup masyarakat tentang kebersihan lingkungan masih kurang terjaga. Penyakit yang satu ini termasuk dalam penyebab kematian terbanyak di Indonesia. terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah. dimana terjadi kelainan pada sel darah putih. yang semula berfungsi melawan penyakit malah berubah fungsi untuk menyerang tubuh kita.• Leukimia Penyakit darah ini juga disebut sebagai kanker darah. Akibat virus ini. Selain itu. • Demam Berdarah Dengue (DBD) Penyakit darah ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. pada leukemia. produksi sel darah putih sangat berlebih karena terjadi pembelahan sel yang terus-menerus dan tidak terkontrol. Namun. Sel darah putih sendiri adalah sel yang berperan penting dalam melawan penyakit. kunci penting dalam penyembuhan DBD adalah pendeteksian dini penyakit.

Albumin Bahan pembeku darah Immunoglobin (antibodi) Hormon Berbagai protein dan garam Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu yang mencerminkan perbedaan suatu perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. C. 2. dan O yang masing-masing memiliki karakteriktik berbeda. 5. 3. Korpuskula sendiri terdiri dari : 1. B. Penyakit yang berhubungan dengan darah : 1. 4. A. Trombosit (keping-keping darah). Merupakan suatu cairan yang berada di dalam tubuh. yang berasal dari akar kata hemo atau hemato.com Content Team Darah berasal dari kata haima.6 dan 1. Fungsi trombosit adalah membantu proses pembekuan darah. Sel darah merah juga menjadi penentu golongan darah seseorang. Anemia : Kekurangan kadar eritrosit di dalam darah. AB. Sel darah merah (eritrosit) sebesar 99%.Beranda Darah Oleh: AnneAhira. 4. Sel darah putih (leukosit). Darah manusia dibedakan menjadi empat macam. terdiri dari : 1. kandungannya berkisar antara 0. A.0 %. . mengandung hemoglobin yang berfungsi mengedarkan oksigen. berjumlah 0. Jika kandungan sel darah merah seseorang sangat kurang. 3.2% dari total darah. mengirimkan nutrisi yang dibutuhkan sel-sel. 2. ia dikatakan anemia. Tugas leukosit adalah menjaga sistem imunitas tubuh dan membunuh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 5. ia berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. dan menjadi benteng pertahanan terhadap virus dan infeksi. Plasma Darah. B. Komposisi Darah terdiri dari 45% korpuskula dan 55% plasma darah.

Melakukan cek darah setiap enam bulan sekali untuk memastikan kesehatan darah kita. Alat suntik yang biasa digunakan seorang pecandu sangat rentan untuk menularkan berbagai penyakit yang menyerang stabilitas darah. Hidup seimbang dan selalu mematuhi norma. Golongan Darah AB  Karakter : cerdik dan penyabar . dan kanker. Diet: Makanan tinggi protein dan kurangi karbohidrat.Tekanan darah tinggi D. insomnia. obesitas.2. 2. hepatitis. sakit jantung. 3. Golongan Darah B    Karakter : Adaptif dan suka hal-hal berbau analisis Masalah berkaitan dengan darah : kerusakan sistem syaraf. 4. Jauhi penggunaan narkoba. 3. Masalah berkaitan dengan darah : cepat naik darah. E. Golongan Darah A    Karakter : Rasa tanggung jawab yang besar dan memiliki rasa kasih sayang. Golongan Darah O    Karakter: penuh semangat dan pantang menyerah Masalah berkaitan dengan darah: diabetes mellitus. Cara mencegah penyakit yang berkaitan dengan darah : 1. 2. sakit kepala dan migren. pencernaan. Leukimia : Penyakit ini disebabkan jumlah produksi sel darah putih meningkat sehingga memakan sel darah merah. Melakukan diet dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan sehat. sakit pinggang. kolesterol. Thalasemia 5. Biasanya terjadi karena kelainan pada genetika seseorang. Diet berdasarkan golongan darah : 1. Hindari stres dan menciptakan suasana batin yang kondusif untuk hidup sehat. obesitas. obesitas. 4. Hemofilia : Ini terjadi jika sel darah tidak mampu untuk membeku jika terjadi luka. Hindari makanan yang memicu terjadinya penyakit berkaitan dengan darah. penyakit jantung. penyakit jantung Diet : Susu dan produk tenusu 4. Diet : Makanan berkarbohidrat tinggi dan kurangi lemak 3.

penyakti tersebut disebabkan faktor keturunan dan akan diturunkan pada keturunnanya. Leukimia. penyakit ini disebabkan oleh kekurangan hemoglobin pada sel darah merah. sel darah merah ini berguna untuk mengangkut oksigen yang berasala dari paru-paru. karena sampai sekarang masih belum ditemukan obatnya. bagi orang yang mempunyai penyakit ini maka jika terjadi luka dikhawatirkan darahnya akan mengalir terus. . jika orang kekurang sel darah marah maka dia akan mudah sekali pusing dan terlihat lemah. anda lebih memilih menjaga kesehatan darah anda atau membiarkannya. Anemia.    Hemofilia. bisa dibilang penyakit leukimia (kangker darah putih) merupakan penyakit darah yang paling berbahaya. penyakit ini merupakan penyakit yang menyebabkan darah manusia tidak bisa membeku. obesitas Diet : Disesuaikan dengan kondisi tubuh. Sebenarnya orang dengan golongan ini amat fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan aneka makanan. penyakit ini akan sangat berbahaya. jika sudah mengetahui jenis penyakit darah di atas silakan pilih. maka bisa jadi orang tersebut mengalami kekurangan darah dan bisa meninggal.  Masalah berkaitan dengan darah : pencernaan. masalah saluran darah. sakit jantung. kanker. leukimia disebabkan produksi sel darah putih yang berlebihan sehingga sel darah putih akan memakan sel darah merah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->