P. 1
MENDENGARKAN SECARA EFEKTIF

MENDENGARKAN SECARA EFEKTIF

|Views: 2,090|Likes:
Published by neocear

More info:

Published by: neocear on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

MENDENGARKAN SECARA EFEKTIF

KELOMPOK 6 1. 2. 3. 4. ANNISA ARLIANI ATIEK MERCURY GRACE ASMON MEGA ANGGRAINI

UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA Drs. Hasry Zulkarini, MM

dan gerakan non verbal. mengeluarkansuara tertentu. Hambatan – hambatan dalam mendengarkan secara efektif      Sibuk dengan Diri Sendiri dan memikirkan masalah-masalah Eksternal Mempertajam (Sharpening) Asimilasi (Menyela pembicaraan) Faktor Kawan-atau-Lawan Mendengar yang Diharapkan Tips untuk mengatasi hambatan  Fokus pada pokok pembicaraan dan berikanlah apresiasi serta perhatian pada lawan bicara  Berusahalah mencermati uraian yang disampaikan oleh lawan bicara dengan memperhatikan segala hal yang terkait  Seandainya anda merasa perlu beragumen. .Pengertian Mendengarkan secara Efektif Mendengarkan dapat diartikan sebagai proses aktif menerima rangsangan (stimulus) telinga (aural). Jenis – jenis mendengarkan    Mendengarkan untuk Kesenangan Mendengarkan untuk informasi Mendengarkan untuk Membantu Prinsip – prinsip Mendengarkan       Look and Look Interested (Lihat dan Lihatlah dengan penuh minat) Identify the issue (identifikasi masalah yang disampaikan) Suspend the judgment (jangan cepat menghakimi) Test your understanding (ujilah pemahaman anda) Exclude your emotions (kesampingkan emosi anda) Notes. Jadi dapat dapat disimpulkan mendengarkan secara efektif yaitu penerimaan rangsaan oleh telinga untuk suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan.tujuan yang tepat dari serangkaian alternative atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. berusahalah menahan segala macam emosi yang mungkin muncul secara spontan dan sampaikanlah argument tersebut dengan cara yang santun dan bijaksana  Bersikap bijak dan mengetengahkan atau lebih mengutamakan lawan bicara  Buatlah strategi bertanya untuk menggali informasi lebih dalam karena selalu ada hal-hal yang tak terungkap atau belum sempat di utarakan oleh seseorang yang berbicara. noises and non verbal (membuat catatan. Sedangkan Efektif menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti ada efeknya atau dapat membawa hasil.

Cara mengembangkan keterampilan mendengar                Dengarkan gagasannya Nilailah isinya Dengarkan dengan penuh harapan Jangan cepat menarik kesimpulan Sesuaikanlah pencatatan dengan pembicaraan Pusatkan perhatian dan jagalah mata agar tetap tertuju pada topic pembicaraan Jangan mendahului pikiran lawan bicara karena akan kehilangan jejak Dengarlah dengan bersungguh-sungguh Kendalikan emosi Bacalah pikiran dan berlatihlah untuk menerima informasi baru Bernafaslah perlahan dan dalam Berikan perhatian penuh kepada orang yang berbicara Jangan pernah menginterupsi pembicaraan sebelum pembicara selesai berbicara Berikanlah penilaian setelah orang lain selesai menceritakan masalahnya Rangkumlah pada jeda-jeda tertentu Teknik yang di praktekkan untuk menjadi seorang pendengar yang baik      Peliharalah kontak mata dengan baik Condongkan tubuh kedepan Buat pertanyaan Cuplikan atau pengulangan beberapa kata Buatlah komitmen untuk memahami Tujuan dan Manfaat menjadi pendengar yang baik  Meminimalkan kesalahan dan menghindari pelakunya dari menghambur-hamburkan waktu dan bisa menciptakan kualitas yang baik  Mendengarkan dapat memberikan kelegaan bagi lawan bicara saat ia menghadapi masalah  Mendengarkan dapat memberi pencerahan  Dengan menjadi pendengar yang baik dapat meningkatkan ketelitian dalam memperhatikan petunjuk.  Mengetahui banyak hal yang sedang terjadi disekitar  Mendengarkan dapat meningkatkan kecerdasan dan membuat pendengar lebih bijak  Dapat memahami orang lain  Mendengarkan merupakan salah satu kunci untuk memperoleh apa yang diinginkan dari orang lain  Melatih tanggapan awal terbaik terhadap emosi yang dilakukan oleh telinga anda  Mendorong pembicara untuk tetap berkomunikasi . dan peringatan. saran.

dan yang lainnya akan lebih jelas diterima KESIMPULAN Mendengarkan adalah cerminan pribadi seseorang. Informasi dalam bentuk instruksi. pengalaman. Dimana menjadi pendengar yang baik bukanlah usaha yang mudah. . dan keterampilan. Mendengarkan dengan efektif membutuhkan konsentrasi. umpan balik. Seseorang harus dapat bersikap obyektif dan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->