Besaran Pokok dan Satuan Standar

1. Besaran Pokok
Besaran-besaran dalam fisika dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu, yang berdiri sendiri, dan tidak tergantung pada besaran lain. Para ahli merumuskan tujuh macam besaran pokok, seperti yang ditunjukkan pada Tabel Besaran Pokok dan Satuannya.

2. Satuan Standar (Satuan Sistem Internasional: SI)
Satuan merupakan salah satu komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. Sebuah besaran tidak hanya memiliki satu satuan saja. Besaran panjang ada yang menggunakan satuan inci, kaki, mil, dan sebagainya. Untuk massa dapat menggunakan satuan ton, kilogram, gram, dan sebagainya. Adanya berbagai macam satuan untuk besaran yang sama akan menimbulkan kesulitan. Harus dilakukan penyesuaianpenyesuaian tertentu untuk memecahkan persoalan yang ada. Dengan

tiga satuan yaitu newton (N). Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Akan tetapi. yaitu satuan tidak baku dan satuan baku. Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan. Satuan Internasional adalah satuan yang diakui penggunaannya secara internasional serta memiliki standar yang sudah baku. yaitu suatu sistem satuan desimal yang mengacu pada meter. Selanjutnya pada Konferensi Berat dan Pengukuran Tahun 1948. mol. Jadi. dan detik. joule (J).458 sekon. yaitu menggunakan satuan standar Sistem Internasional.adanya kesulitan tersebut. tujuh Satuan Internasional dari besaran pokok telah ditetapkan yaitu meter. misalnya jengkal dan hasta. para ahli sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan. Satuan ini dibuat untuk menghindari kesalahpahaman yang timbul dalam bidang ilmiah karena adanya perbedaan satuan yang digunakan. Tetapi. para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah. Pada awalnya. Sistem Internasional disebut sebagai Metre Kilogram Second (MKS).792. sekon. disebut Systeme Internationale Unites (SI). Sistem itu juga disebut sistem Centimeter Gram Second (CGS). dan watt (W) ditambahkan ke dalam SI. pada tahun 1960. Prancis. kelvin. satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris.73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Satuan Standar Panjang Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m).763. Ketika sistem metrik diperkenalkan. Singkatan sistem metriksnya dapat . Sistem MKS menggantikan sistem metrik. Standar satuan tidak baku tidak sama di setiap tempat. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299. standar satuan baku telah ditetapkan sama di setiap tempat. Sementara itu. A. penyelid ikan awal geod esik menunjukkan ketidakpastian standar ini. Satuan dibedakan menjadi dua jenis.650. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1. gram yang didefinisikan sebagai massa satu sentimeter kubik air. dan kandela. sehingga batang platina-iridium yang asli dibuat dan disimpan di Sevres dekat Paris. kilogram. ampere.

dilihat pada Tabel Singkatan Sistem Metriks Satuan berikut: .

Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86400 rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres.631.770 kali.Selanjutnya. dan padat suatu bahan.9 cm. pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4°C.16 K dan 611. dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum. sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan.B. Satuan Standar Waktu Satuan SI waktu adalah sekon (s). yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar . C. Satuan Standar Suhu Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda. D.192. Satuan Standar Arus Listrik Satuan standar arus listrik adalah ampere (A). Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius. cair. Satuan standar suhu adalah kelvin (K). E. 2 Pa. Silinder platina iridium memiliki diameter 3. yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273.9 cm dan tinggi 3. Prancis.16 1dari suhu titik tripel air. yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga. Titik tripel air adalah 273. waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap. dinyatakan sebagai berikut: . Dalam pengamatan astronomi. Satuan Standar Massa Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg).

Satuan Standar Intensitas Cahaya Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd). elektron. Satuan tidak standar seperti ini perlu dikonversi ke satuan standar sehingga satuannya konsisten.F. yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683 watt per steradian pada arah tertentu. Satuan Standar Jumlah Zat Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. Faktor konversi merupakan perbandingan dua satuan besaran sehingga sama dengan satu. kecuali satuan yang kita kehendaki. massa. Truk itu mengangkut 500 ton beras. Berikut ini beberapa contoh konversi satuan untuk besaran panjang. Satuan Tidak Standar dan Konversi Satuan Televisi di rumah berukuran 14 inci. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam kg karbon-12. Konversi satuan dilakukan dengan menyisipkan faktor konversi yang cocok yang membuat satuan lain ditiadakan. 3. dan waktu. . Inci dan ton merupakan contoh satuan tidak standar masing-masing untuk besaran panjang dan besaran massa. dan lain-lain. molekul. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta. G. Partikel ini dapat berupa atom.

Bandung .INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM .Jl.Institut Teknologi Telkom .id Copyright ©2009 .ac.Email: info@ittelkom.Terusan Buah Batu . Telekomunikasi .

Besaran adalah sesuatu yang dapat di ukur dan dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan. Alat ukur waktu yang digunakan untuk mengukur besaran waktu antara lain adalah sebagai berikut : . dan di simpan di the international Bureau of Weight and Measures.73 kali panjang gelombang pancaran sinar jingga-merah dari atom kripton-86 dalam ruang hampa. Dalam fisika terdapat dua besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Pada mikrometer sekrup mempunyai tingkat ketelitian 0.Wong168's Blog Info « Cara Kerja Serangan DoS (Denial of Service) Sejarah Perang Vietnam » Besaran Pokok.01 mm sedangkan jangka sorong mempunyai tingkat ketelitian 0. sekarang orang menggunakan jam atom.763. Neraca kimia. Alat ukur panjang adalah mistar. Satuan waktu dalam SI adalah sekon. ada yang terdiri dari dua lengan atau tiga lengan. jari-jari lingkaran termasuk dalam besaran panjang.631. Prancis. dan Satuan dalam Pengukuran Pengukuran adalah proses membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. dan mikrometer sekrup. Untuk mendapatkan pengukuran waktu yang lebih teliti. Tahun 1960 para ahli menetapkan bahwa satu meter sama dengan 1. Dalam SI satuan panjang adalah meter. Massa adalah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda. Hasil dari pada pengukuran merupakan besaran. jangka sorong. Satu kilogram adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari campuran platina iridium yang disimpan di lembaga Berat dan Ukuran Internasional di Paris.192. Lebar. Turunan.1 mm .650.770 periode getaran atom cesium-133. Standar panjang internasional yang pertama adalah sebuah batang terbuat dari bahan campuran platina iridium. Pada mulanya satuan waktu didasarkan pada waktu perputaran bumi mengelilingi sumbunya. 3. Neraca lengan. biasa digunakan untuk mengukur massa yang kecil. Satuan standar untuk massa adalah kilogram. Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang. Neraca elektronik/digital. tinggi. Jam ini diatur oleh gerakan atom tertentu (misalnya atom Cesium) dimana 1 detik adalah 9. 2. Untuk menggukur besaran massa antara lain adalah sebagai berikut : 1.

Stopwatch Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. • Titik tetap bawah menggunakan es mencair (00F). 2) Termometer Reamur Dibuat oleh Reamur dari Perancis pada tahun 1731. 2. • Titik tetap atas menggunakan air yang mendidih (800R). 3) Termometer Fahrenheit Dibuat oleh Daniel Gabriel Fahrenheit dari Jerman pada tahun 1986 . Perbandingan empat skala suhu. • Titik tetap bawah menggunakan es yang mencair (00R). Reamur. • Titik tetap bawah menggunakan es mencair (273 K).1736 • Titik tetap atas menggunakan air mendidih (2120F). • Titik tetap bawah menggunakan air yang membeku atau es yang sedang mencair (00 C). Perbandingan Skala Termometer Supaya suhu suatu benda dapat diukur dengan menggunakantermometer hingga diketahui nilainya. • Perbandingan skalanya 180. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dengan angka disebut termometer. Satuan suhu adalah “kelvin” (disingkat K). jam pasir. Fahrenheit dan Kelvin. yaitu skala suhu Celsius. Arloji 3.1. • Perbandingan skalanya 100. • Titik tetap atas menggunakan air yang sedang mendidih (100 0C). . maka dinding kaca termometer diberi skala dengan cara menandai titik-titik tertentu pada kaca. 4) Termometer Kelvin Dibuat oleh Kelvin dari Inggris pada tahun 1848-1954 • Titik tetap atas menggunakan air mendidih (373 K). Setelah itu masing-masing titik tersebut diberi angka untuk menunjukkan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Jam matahari. jam air. • Perbandingan skalanya 100. 1) Termometer Celsius Dibuat oleh Anders Celsius dari Swedia pada tahun 1701 – 1744. • Perbandingan skalanya 80.

Anda dapat mengikuti semua aliran respons RSS 2. dan sekon. atau biasa disebut sistem MKS dan satuan yang lain yang biasa dipakai dalam fisika adalah centimeter. dengan nama Sistem international (SI). begitu juga berlaku didalam satuan besaran turunan yang merupakan pembagian besaran pokok. atau trackback dari situs anda. gram sekon atau sistem CGS Sumber: http://catatankuliahdigital.com/2009/12/besaran-dan-satuan. Sistem satuan internasional menggunakan satuan dasar meter.Hubungan antara Celsius. .blogspot. Jika suatu besaran turunan merupakan perkalian besaran pokok . kilogram. 2011 6:39 am dan disimpan pada Pendidikan .html • • • Share this: Share Masukan ini dipos pada Juni 16. Fahrenheit dan Kelvin sebagai berikut : C : R : (F – 32) : K 5:4:9:5 BESARAN TURUNAN Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Reamur.0 dari masukan ini Anda dapat memberikan tanggapan. contoh : Luas = Panjang x Lebar Satuan luas = satuan besaran panjang x satuan besaran panjang =mxm = m2 SISTEM SATUAN INTERNASIONAL Sistem satuan internasional telah disepakati pada tahun 1960 oleh Konferensi Umum Kesebelas mengenai berat dan ukuran. satuan besaran turunan itu juga merupakan perkalian satuan besaran pokok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful