P. 1
Materi 5R - Revisi

Materi 5R - Revisi

|Views: 1,257|Likes:
Published by Hadi Hendrariyanto

More info:

Published by: Hadi Hendrariyanto on Mar 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

INTRODUCTION

“5R”
Member :  Rizqy Syah Shigeo  Abdul Aziz  Achmed Viqie  Agus Dwi Harnoko  Okeu Zidni Ilman  Zulfikar Abdullah A. (204341042 / 3 MED) (204342001 / 3 DEB) (204342002 / 3 DEB) (204342004 / 3 DEB) (204342015 / 3 DEB) (204342024 / 3 DEB)

PENGERTIAN 5R :

5R adalah tehnik untuk menjaga mutu lingkungan dalam sebuah perusahaan atau institusi dengan cara mengembangkan keterorganisirannya.

BACKGROUND
Hambatan - Hambatan di Tempat Kerja :
 1. Hambatan Fisik Kelancaran Operasional :
a. Karena Terlalu Banyak Barang di Tempat Kerja b. Karena Barang Hilang atau Rusak c. Karena Tidak Terpelihara & Kotor 2. Kemacetan Peralatan Mendadak 3. Kerancuan Prosedure 4. Cacat Pemrosesan dan Kesalahan Kerja 5. Pindah Memindahkan Barang 6. Pola Tindak Yang tidak di Perhatikan Karena Tidak Disiplin
Mencari Prosdur Memindahkan Barang

    

Salah Prosedur

Atasan Marah

BACKGROUND
Dampak Negatif Hambatan tsb:
      
1. Lingkungan Kerja Tidak Teratur, Kotor & Jorok 2. Potensi Terjadinya Kecelakaan Tinggi 3. Semangat Kerja Karyawan Rendah 4. Prduktivitas Kerja Karyawan Rendah 5. Kemauan Karyawan Untuk Sukses sangat Rendah 6. Tidak Ada Rasa Memiliki 7. Kepercayaan Pelanggan akan Turun

BACKGROUND
Maka Dibutuhkan :
BUDAYA KERJA 5R (5S) * BASIC INDUSTRIAL CULTURE

*) 5 Langkah Peningkatan Kondisi Tempat Kerja

BACKGROUND

 Rapih  Resik  Ringkas  Rawat  Rajin

    

Seiton Seiso Seiri Seiketsu Shitsuke

Manfaat 5R
Keselamatan Kerja
Untuk Mencapai Secara Praktis adalah : 1. Perencanaan 2. Perbaikan 3. Evaluasi 4. Tindakan Lebih Lanjut

Efisiensi Kerja

5R
Qualitas Kerja Mencegah Gangguan Kerusakan

Langkah - Langkah 5R
Langkah - Langkah 5R Langkah 1 : RINGKAS Singkirkan Barang-barang yang Tidak di Perlukan. Langkah 2 : RAPI Semua Barang Punya Tempat Sendiri.

Langkah 4 : RAWAT Merawat Lingkungan Kerja Dengan Baik ( R1,R2 & R3 ).

Langkah 3 : RESIK Mewujudkan Tempat Kerja Yang Bersih.

Langkah 5 : RAJIN Jadikan Sebagai Kebiasaan / Jaga R1,R2,R3, & R4.

6R

SUNGGUH SUNGGUH

Pengembangan Dampak Apabila 4R Berjalan Dengan Baik

Sasaran 5R :
1. Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Baik
(Indah, Nyaman & Aman). 2. Usaha Untuk Mencapai Disiplin Kerja Yang Tinggi.
a. Disiplin adalah Dasar Dari Segala Kegiatan b. Untuk Mewujudkan Disiplin Yang Tinggi di Mulai Dari diri Kita Sendiri c. Tolak Ukur Dari Disiplin, Dapat Dilihat Dari Kondisi Orang Yang Bersangkutan & Lingkungannya.

3. Kepercayaan / Kepuasan Pelanggan

1. RINGKAS
 Memisahkan Barang Yang Perlu Dengan Yang
Tidak Perlu.  Menyingkirkan Barang- Barang Yang Tidak Perlu Dari Tempat Kerja.

Tempat Kerja Yang RINGKAS : Kerja Lebih Leluasa dan Produktifitas Meningkat

Aktifitas RINGKAS :
 1. Pisahkan dengan jelas barang yang perlu dan
yang tidak perlu.  2. Barang yang jarang di pakai adalah barang yang tidak di perlukan.  3. Jika sukar menentukan barang di perlukan atau tidak, maka singkirkan barang tersebut untuk waktu tertentu dan tempat tertentu dan berikan keterangan warna pada benda atau barang tersebut.  4. Manfaatkan ruangan yang tidak terpakai atau siapkan tempat untuk menyimpan barangbarang yang sudah tidak terpakai.

Manfaat RINGKAS :

 1. Efisiensi Tempat Kerja  2. Mempermudah Kontrol  3. Mempermudah Perawatan  4. Produktif  Kerja Leluasa

2. RAPI ( Penyimpanan Fungsional )
 1. Menempatkan / menata barang pada tempat


 

yang paling tepat. 2. Ada tempat tertentu untuk tiap barang supaya mudah dan cepat di temukan & di pakai, 3. Mudah menyimpan kembali serta tidak ada barang yang tercecer. 4. Memberi tanda, petunjuk, alamat, & batas. 5. Perioritas pendekatan : ~ Selalu di Pakai ~ Sering di Pakai ~ Jarang di Pakai

Aktifitas "RAPI" :
 1. Tempatkan barang Pada Tempatnya  2. Membuat Petunjuk ( Nama Barang, Nomor /
Kode Barang, Jumlah, dll )  3. Membuat garis Pemisah, Alamat, Tanda dll  4. Barang Yang Selalu, Sering di Pakai di Letakkan Pada Tempat Yang Jelas Agar Mudah di Ambil.  5. Letakkan Papan Petunjuk Untuk Pemesanan ( No, Nama Barang, Jumlah, dll ).

Manfaat "RAPI" :
 1. Mempercepat Pengambilan Barang  2. Mengurangi Muda Gerak  3. Mengurangi Resiko Kehilangan /
Kesalahan  4. Menghilangkan Ketidak Pastian Peletakan.

3. RESIK (MEMERIKSA)
Lingkungan Kerja Yang Tidak Bersih ( Banyak Kotoran,Debu,dll ) Dapat Menimbulkan : 1. Kerusakan Pada Mesin 2. Kecelakaan 3. Rendahnya Efisiensi

Aktifitas "RESIK" :
1. Selalu Bersihkan : Lantai, Dinding, Langit-Langit, dll. 2. Lakukan Pengecatan Ulang : Lantai, Dinding, Langit-Langit, dll. 3. Pasang Penerangan Yang Cukup. 4. Lakukan Usaha Pencegahan Timbulnya Kotoran : ~ Dengan Patrol Check ~ Dengan Pangisisan Check Sheet.

Manfaat "RESIK" :
1. Menjaga Keselamatan & Kesehatan Kerja. 2. Membuat Tempat Kerja Yang Indah & Nyaman. 3. Mencegah Kerusakan Alat Maupun Benda Kerja. 4. Meningkatkan gairah Kerja.

4. RAWAT
Pengertian Rawat adalah : Menjaga / Merawat Alat Kerja, Material, Lingkungan Agar Tidak Hilang, Rusak atau Tidak Siap Pakai.

Aktifitas “RAWAT” :
Jaga Semua Yang Sudah : Ringkas, Rapi & Resik Agar Tetap Seperti yang Sudah Baik, Seperti : 1. Membuat Standar & Selalu Merapihkan Bila Ada Yang di Luar Standar. 2. Mencegah Terulangnya Pelanggaran Standard Yang Sudah di Buat. 3. Menyelamatkan Barang-Barang Yang Sudah Bersih Dengan Cara Menutup. dll. 4. Selalu Mengadakan Perbaikan apabila Ada Yang Lebih Baik. 5. Periksa Secara Teratur Kondisi Alat, Material & Lingkungan.

Aktifitas “RAWAT” :
Dengan Cara : 1. Menyediakan Sarana Yang di Perlukan 2. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala 3. Buat Standar Nilai 4. Melaksanakan "Kaizen".

Manfaat "RAWAT" :
1. Menjaga Alat Agar Selalu Siap Pakai 2. Menjaga Kualitas Hasil Kerja 3. Mencegah Pekerjaan "MUDA" Terus Berulang.

5. RAJIN
Pengertian Rajin Adalah : Mengembangkan & Mempertahankan Kebiasaan Positif Agar "Ringkas, Rapi, Resik & Rawat" Tetap Terlaksana Dengan Baik.

Aktifitas “RAJIN” :
Jaga Semua Yang Sudah : Ringkas, Rapi, Resik & Rawat Seperti yang Sudah Baik, Seperti : 1. Mematuhi Peraturan Yang Telah di Tetapkan Dalam : Ringkas, Rapi, Resik & Rawat. 2. Melakukan Kontrol Secara Berkala Ke Wilayah Pekerjaan & Sekitarnya. 3. Mengambil Suatu Tindakan, Apabila : ~ Ada Penyimpangan dalam Kegiatan 4R. ~ Ada Kondisi Yang Abnormal Pada : Lingkungan, Alat, Material, dll.

KESIMPULAN
Jelaslah bahwa 5R adalah perangkat yang dapat meningkatkan mutu produk dan tempat kerja. Namun demikian, proses ini tidak mudah untuk diterapkan. Proses ini membutuhkan usaha yang sungguhsungguh dan komitmen dari seluruh staff dan juga manajemen. Jika mereka tidak mematuhi aturan, hasilnya akan tidak memuaskan dan kita akan kembali kepada kebiasaan kita yang lama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->