P. 1
aldehid

aldehid

|Views: 836|Likes:
Published by Sas MaWon

More info:

Published by: Sas MaWon on Mar 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

Struktur Gugus Fungsi Aldehid (R–COH) – Beberapa senyawa yang memiliki gugus karbonil antara lain aldehid, keton

, asam karboksilat, dan ester. Aldehid adalah salah satu kelompok senyawa karbonil yang memiliki gugus karbonil yang berikatan dengan atom hidrogen pada ujung rantai induknya.

Aldehid merupakan salah satu kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus karbonil. Gugus tersebut terletak di ujung rantai karbon induk yang diakhiri dengan atom hidrogen.

Beberapa senyawa aldehid yang umum di antaranya adalah

Berdasarkan contoh tersebut, atom karbon pada gugus karbonil dihubungkan dengan satu atom hidrogen dan satu gugus alkil (R) atau aril (Ar), dengan rumus umum R–COH. a. Tata Nama Aldehid. Aldehid sudah dikenal sejak lama sehingga penataan nama menggunakan nama trivial sering dipakai. Menurut sistem IUPAC, nama aldehid diturunkan dari nama alkana dengan mengganti akhiran – a menjadi –al. Oleh karena itu, aldehid disebut juga alkanal. Tata nama pada aldehid sama dengan tata nama pada alkohol, rantai terpanjang harus mengandung gugus aldehid. Contoh:

Contoh Penataan Tuliskan nama senyawa aldehid berikut menurut IUPAC dan trivial.

Nama

Aldehid

Aldehid dan keton adalah dua senyawa yang mengandung gugus karbonil dengan atom oksigen berikatan rangkap (C=O) dengan karbon. Reaksi dari segi mekanisme sangat mirip sehingga . Beberapa aldehid dari hidrokarbon aromatis memiliki bau khas yang menyegarkan. Gas yang terbentuk jika dilarutkan ke dalam air sampai 37% dinamakan formalin. sintesis aldehid dapat juga dilakukan dengan reaksi riedel-craft menggunakan aril halogen dan katalis AlCl3 atau AlBrO3. dijual sebagai pengawet spesies biologi. Kegunaan utama formaldehid untuk industri plastik dan resin. Hal ini disebabkan oleh atom oksigen dan karbon mempunyai perbedaan keelektronegatifan cukup besar. Formaldehid diperoleh melalui oksidasi metanol. Reaksi yang juga spesifik bagi senyawa karbonil adalah reaksi Iodoform test. baunya menjadi lebih harum.8 Sifat Fisika Senyawa Golongan Aldehid Nama Formaldehid Asetaldehid Butiraldehid Benzaldehid Titik Didih (°C) Kelarutan dalam Air (g 100mL) –21 20 76 178 Larut sempurna Larut sempurna 16 7 Kurang larut Tidak larut Propionaldehid 49 Isobutiraldehid 64 Aldehid dengan berat molekul rendah memiliki bau yang tajam. Jadi. Misalnya. Gugus karbonil pada aldehid menunjukkan gugus yang bersifat polar. Aldehid disintesis melalui oksidasi alkohol primer. Kepolaran gugus karbonil ditunjukkan oleh sifat fisika aldehid. Pereaksi untuk melakukan uji Iodoform ini terdiri dari I2 dan NaOH (Pire. HCHO (metanal atau formaldehid) dan CH3CHO (etanal atau asetaldehid). dapat juga dilakukan dengan pereaksi Grignard (R–Mg–X). Oksidator yang digunakan adalah oksidator kuat seperti KMnO4. Persamaan reaksi secara umum adalah sebagai berikut. Disamping itu. Dengan meningkatnya massa molekul aldehid. seperti titik didih lebih tinggi (50–80°C) dibandingkan senyawa hidrokarbon dengan masa molekul relatif sama. NaIO4. penamaan menurut trivial dan IUPAC adalah Trivial IUPAC: 4–metilpentanal : isopentilaldehid b.CO-) atau suatu alkohol yang dapat dioksidasi manjadi suatu aldehid atau keton yang mkempunyai gugus metil karbonil. Tabel 6. atau K2Cr2O7.Residu alkil yang mengikat gugus aldehid adalah suatu isopentil. Selain dengan cara oksidasi alkohol primer. 1988). Sifat dan Kegunaan Aldehid. Reaksi ini spesifik bagi aldehid dan keton yang mempunyai gugus metil karbonil (CH3.

Aldehid sangat mudah untuk beroksidasi. Jika oksidasi terjadi. 1992). Oksidasi alkohol untuk membuat aldehid dan keton Secara umum Agen pengoksidasi yang digunakan dalam reaksi-reaksi ini biasanya adalah sebuah larutan natrium dikromat(VI) atau kalium dikromat (VI) yang diasamkan dengan asam sulfat encer. maka akan diperoleh sebuah aldehid jika bahan baku yang digunakan memiliki rumus struktur seperti berikut: . keton siklik menghasilkan asam karboksilat dengan jumlah atom karbon yang sama banyak. Penulisan [O] sering digunakan untuk mewakili atom oksigen yang berasal dari sebuah agen pengoksidasi. Keduanya juga bisa berupa gugus-gugus yang mengandung sebuah cincin benzen. sedangkan keton mengalami kesukaran dalam beroksidasi b.OOO R – C R – C – R atau R – C – R’ H aldehida keton Aldehida dan keton adalah senyawa yang sangat penting beberapa diantaranya seperti aseton (CH3COCH3). dikarenakan pada keton sering mengalami pemutusan ikatan yang menghasilkan 2 ikatan asamkarboksilat dengan jumlah atom karbon dari keton mula-mula (akibat putusnya ikatan karbon). Jika sekurang-kurangnya satu dari gugus ini adalah atom hidrogen. terhadap suau reagen yang sama. Jika keduanya adalah gugus alkil maka diperoleh keton. tapi disini kita tidak akan membahas cincin benzen untuk menyederhanakan pembahasan. Efek murni yang ditimbulkan adalah bahwa sebuah atom oksigen dari agen pengoksidasi melepaskan satu atom hidrogen dari gugus -OH pada alkohol dan satu lagi hidrogen dari karbon dimana gugus -OH tersebut terikat. Aldehid biasanya lebih reaktif dari keton. Ada beberapa perbedaan antara aldehid dan keton pada sifat dan struktur yang mempengaruhinya: a. R dan R’ adalah gugus-gugus alkil atau hidrogen. Jadi perbedaan kereaktifan antara aldehid dan keton melalui oksidator dapat digunakan untuk membedakan kedua senyawa tersebut (Fessenden. Aldehid kalau teroksidasi akan menghasilkan asam karboksilat dengan jumlah atom yang sama tetapi untuk keton tidak. Hal ini disebabkan karena atom karbonil dari aldehid kurang dilindungi dibandingkan dengan keton. maka diperoleh aldehid. metil keton (CH3COC2H5) dipakai dalam jumlah besar sebagai pelarut (Pire. begitu pula aldehid lebih mudah dioksidasi dari keton c. larutan oranye yang mengandung ion-ion dikromat(VI) direduksi menjadi sebuah larutan berwarna hijau yang mengandung ion-ion kromium(III). Jika ditinjau dari molekul baku yang dioksidasi. 1988).

. maka akan dihasilkan aldehid etanal. CH 3CHO. kita menganggap R sebagai sebuah gugus alkil. dan anda perlu memahami tentang persamaan setengah-reaksi untuk bisa menuliskannya. reaksinya bisa dituliskan sebagai berikut: Pengertian pereaksi Grignard Pereaksi Grignard memiliki rumus umum RMgX dimana X adalah sebuah halogen. akan tetapi. Labu kimia dihubungkan dengan sebuah kondensor refluks. Mengubah-ubah kondisi reaksi tidak akan merubah produk yang terbentuk. jika digunaka alkohol primer sebagai bahan baku. maka akan terbentuk propanon. versi sederhana dari reaksi ini sering digunakan dengan fokus utama terhadap apa yang terjadi pada zat-zat organik. jika anda memanaskan alkohol sekunder propan-2-ol dengan natrium dikromat(VI) atau kalium dikromat(VI). Persamaan lengkap untuk reaksi ini cukup rumit. Pemisahan aldehid segera setelah terbentuk berarti bahwa aldehid tidak tinggal dalam campuran untuk dioksidasi lebih lanjut. Alkohol sekunder dioksidasi menghasilkan keton. Pembuatan pereaksi Grignard Pereaksi Grignard dibuat dengan menambahkan halogenalkana ke dalam sedikit magnesium pada sebuah labu kimia yang mengandung etoksietana (umumnya disebut dietil eter atau hanya "eter"). Aldehid yang dihasilkan bisa dioksidasi lebih lanjut menjadi sebuah asam karboksilat oleh larutan kalium dikromat(VI) asam yang digunakan sebagai agen pengoksidasi. Sebagai contoh. Tidak ada reaksi lebih lanjut yang terjadi seperti pada oksidasi alkohol primer. Pada pembahasan halaman ini. dan R adalah sebuah gugus alkil atau aril (berdasarkan pada sebuah cincin benzen). pisahkan aldehid dengan distilasi segera setelah terbentuk. ikuti petunjuk berikut:   gunakan alkohol yang berlebih. Keton akan diperoleh jika molekul baku yang digunakan memiliki rumus struktur seperti berikut: dimana R dab R’ keduanya adalah gugus alkil. maka akan diperoleh aldehid. dan campuran dipanaskan di atas penangas air selama 20 hingga 30 menit. Untuk menghentikan reaksi ketika aldehid telah terbentuk. oksigen dari sebuah agen pengoksidasi dituliskan sebagai [O]. Untuk menyederhanakan reaksi ini. Jika yang digunakan sebagai alkohol primer adalah etanol. persamaan reaksinya menjadi lebih sederhana: Alkohol sekunder Alkohol sekunder dioksidasi menjadi keton. Dalam kimia organik. Dengan penulisan ini. Untuk menghentikan oksidasi setelah aldehid terbentuk. Dengan menggunakan persamaan versi sederhana. Ini berarti bahwa tidak ada agen pengoksidasi yang cukup untuk melakukan tahap kedua dan mengoksidasi aldehid yang terbentuk menjadi sebuah asam karboksilat. maka reaksi dengan larutan kalium dikromat(VI) harus dicegah terjadi. Pembuatan aldehid Aldehid dibuat dengan cara mengoksidasi alkohol primer.Dengan kata lain. ada sedikit masalah pada oksidasi ini. Pereaksi Grignard sederhana bisa berupa CH3CH2MgBr.

kedua gugus R adalah hidrogen. Reaksi antara pereaksi Grignard dengan metanal Pada metanal. Apa yang terjadi pada reaksi ini jauh lebih mudah dipahami dengan mencermati persamaan umumnya (menggunakan gugus "R" bukan gugus tertentu) – setelah anda memahami dengan gugus R barulah bisa diganti dengan gugus yang sesungguhnya jika diperlukan. maka produk akhirnya akan menjadi: Sebuah alkohol primer terbentuk. Alkohol terbentuk. Reaksi-reaksi pereaksi Grignard dengan aldehid dan keton Reaksi-reaksi yang terjadi antara pereaksi Grignard dengan aldehid dan keton tidak lain adalah reaksi ikatan rangkap C=O. maka alkohol yang diperoleh akan selalu dalam bentuk berikut: Karena kedua gugus R adalah atom hidrogen. Jenis alkohol yang dihasilkan tergantung pada senyawa karbonil yang digunakan – dengan kata lain. Metanal merupakan aldehid paling sederhana yang bisa terbentuk. maka akan terbentuk alkohol primer yang berbeda pula. Pada tahap pertama.Segala sesuatunya akan mengering sempurna karena pereaksi Grignard bereaksi dengan air (lihat berikut). Salah satu dari gugus R nya adalah hidrogen dan yang lainnya adalah CH3. pereaksi Grignard diadisi ke ikatan rangkap C=O: Asam encer selanjutnya ditambahkan untuk menghidrolisisnya. Gugus "R" bisa berupa hidrogen atau alkil dalam kombinasi apapun. . Salah satu kegunaan penting dari pereaksi Grignard adalah kemampuannya untuk membuat alkohol-alkohol kompleks dengan mudah. Setiap reaksi yang menggunakan pereaksi Grignard dilakukan dengan campuran yang dihasilkan dari reaksi di atas. Dengan mengasumsikan bahwa anda memulai dengan CH3CH2MgBr dan menggunakan persamaan reaksi umum di atas. gugus R dan R’ yang dimiliki. sehingga aldehid dan keton bereaksi dengan mekanisme yang persis sama – yang membedakan hanya gugus-gugus yang terikat pada ikatan rangkap C=O. Jika anda menggunakan pereaksi Grignard yang berbeda. Sebuah alkohol primer hanya memiliki satu gugus alkil terikat pada atom karbon yang mengikat gugus -OH. Digunakan campuran sebab pereaksi Grignard tidak bisa dipisahkan. Reaksi antara pereaksi Grignard dengan aldehid-aldehid lain Aldehid setelah metanal adalah etanal.

Alkohol tersier memiliki tiga gugus alkil yang terikat pada atom karbon yang mengikat gugus -OH. Reaksi antara pereaksi Grignard dengan keton Keton memiliki dua gugus alkil yang terikat pada ikatan rangkap C=O. Ketones . senyawa tersebut adalah aldehida. If neither is hydrogen.Untuk memudahkan. Ketiga gugus alkil tersebut bisa sama atau berbeda. Keton yang paling sederhana adalah propanon. The majority of aldehydes and ketones have strong odors. maka akan dihasilkan alkohol tersier. Anda bisa merubah sifat dari alkohol sekunder ini dengan salah satu cara berikut:   Mengubah sifat-sifat pereaksi Grignard – yang mana akan mengubah gugus CH3CH2 menjadi beberapa gugus alkil yang lain. Atom karbon dari kelompok ini memiliki dua obligasi yang tersisa yang mungkin ditempati oleh hidrogen atau substituen alkil atau aril. the compound is a ketone. Kali ini. mengubah sifat-sifat keton – yang mana akan mengubah gugus-gugus CH3 menjadi gugus-gugus alkil lain sesuai dengan gugus pada keton yang digunakan. The carbon atom of this group has two remaining bonds that may be occupied by hydrogen or alkyl or aryl substituents. mengubah sifat-sifat aldehid – yang mana akan mengubah gugus CH 3 menjadi beberapa gugus alkil lainnya. the compound is an aldehyde. Mayoritas aldehid dan keton memiliki bau yang kuat. anggap kembali gugus-gugus ini sebagai gugus R dan R’ pada persamaan umum. senyawa tersebut adalah keton. jika gugus R diganti pada rumus umum untuk alkohol yang terbentuk. Jika tidak adalah hidrogen. Alkohol yang terbentuk adalah: Jadi kali ini produk akhir memiliki satu gugus CH3 dan satu gugus hidrogen terikat padanya: Sebuah alkohol sekunder memliki dua gugus alkil (bisa sama atau berbeda) terikat pada atom karbon yang mengikat gugus -OH. Jika setidaknya satu dari substituen adalah hidrogen. Aldehida (sama seperti keton) adalah senyawa organik yang menggabungkan kelompok karbonil (itu C = O). Anda bisa mengatur perubahan pada produk dengan cara   mengubah sifat-sifat pereaksi Grignard – yang mana akan merubah gugus CH3CH2 menjadi beberapa gugus alkil yang lain. If at least one of these substituents is hydrogen.

Chanel No.22 later owe their vivid sprakle to a specific subgroup of aldehydes which are called “fatty” : strings of carbon atoms (between 8 and 13) coded in accordance to that number of atoms (ie. Keton umumnya memiliki bau yang menyenangkan dan mereka sering ditemukan pada parfum (misalnya muscone di kesturi berbau cologne).22 kemudian berutang sprakle hidup mereka untuk beberapa kelompok aldehida yang disebut "lemak": string atom karbon (antara 8 dan 13) dikodekan sesuai dengan jumlah atom (ie. Mereka juga digunakan dalam perasa makanan.C8) with nomenclature deriving from Greek numerics. namun beberapa aldehida lebih tinggi berat molekul dan aldehida aromatik bau cukup menyenangkan dan karena itu digunakan dalam wewangian.5 became so popular that all consequent “aldehydic fragrances” used that sequence of aldehydes. Another reason that they read as “soap” is exactly because they have been used in the production of soap for years to give that fresh lemony feel. dan nada lemak / lilin / sabun diucapkan yang sangat jelas jika Anda mempertimbangkan aroma modern yang menggunakan mereka dalam rasio tinggi: Sisilia oleh Dolce & Gabbana.5: Anda akan mengambil aspek sabun dalam satu juga. memberikan aroma parfum-y bersoda yang cukup karakteristik dengan akibat langsung dari memiliki kekasih parfum bingung bagaimana aldehida sendiri bau. yet some of the higher molecular weight aldehydes and aromatic aldehydes smell quite pleasant and are thus used in perfumery. insecticides and famously as a preservative and embalming fluid. and C12 in Chanel No. Alasan lain yang mereka baca sebagai "sabun" adalah justru karena mereka telah digunakan dalam produksi sabun selama bertahun-tahun untuk memberikan nuansa yang lemon segar. menggambarkan persiapan dari etanol.5 : you will pick up the soapy facets in that one as well. The soapy feel is unmistakeable! Nuansa sabun ini tak salah lagi! As an exercise compare that smell with your Chanel No. Aldehydes vary in smell with most of the lower molecular weight smelling bad (rotten fruits). Asetaldehida adalah nama aldehid karbon terpendek rantai dan merupakan salah satu aldehida tertua (pertama kali dibuat tahun 1774 oleh Carl Wilhelm Scheele). It is the cleverness of marketing and the propagation of a myth that No. Formaldehida merupakan aldehid paling sederhana dengan atom karbon pusat terikat pada dua atom hidrogen (H2C = O). Most widely used aldehydes in perfumery are C7 (heptanal. dimana masing-masing dari 8 atom karbon dihubungkan ke dua atom hidrogen. yang digunakan dalam pewarna.5 is due to its synthetic materials comparable to saying that the Pyramids are monumental because of their shape alone. dan dibaptis kelompok kimia "aldehida".5 adalah karena bahan sintetis yang sebanding dengan mengatakan bahwa Piramida yang monumental karena bentuknya saja.5 dan No.5 dimaksudkan untuk membangkitkan bau yang tidak wajar (karena konon Coco Chanel bersikeras bahwa ia ingin parfum mencium seorang wanita dan tidak bunga ~ "wanita tidak ingin mencium dari tempat tidur mawar ") yang memunculkan kebingungan ini. Strukturnya namun tidak sepenuhnya dipahami sampai Justus von Liebig ditentukan konstitusi asetaldehida 60 tahun kemudian. Discovered in Russia by AM Butlerov in 1859 it is very reactive. The “bouquet” of aldehydes C10. described its preparation from ethanol.C8) dengan tata nama yang berasal dari numeric Yunani. seperti octanal dari οκτώ / octo (= delapan). Its structure however was not completely understood until Justus von Liebig determined the constitution of acetaldehyde 60 years later. Ini adalah kepandaian pemasaran dan penyebaran mitos yang No. such as octanal from οκτώ/octo (=eight). and a pronounced fatty/waxy/soapy tone which is very apparent if you consider a modern fragrance that uses them in high ratio: Sicily by Dolce & Gabbana. in which each of the 8 carbon atoms is connected to two hydrogen atoms. medical drugs.5 and No. Aldehida lemak memiliki catatan citrusy atau bunga. C11. which incidentally makes insisting the greatness of No. Fatty aldehydes have a citrusy or floral note. yang notabene membuat bersikeras kebesaran No. C11 dan C12 di Chanel No.5 was meant to evoke an unnatural smell (because supposedly Coco Chanel insisted that she wanted a perfume smelling of a woman and not of flowers ~"women do not want to smell of a bed of roses") which gave rise to this confusion. Ditemukan di Rusia oleh AM Butlerov pada tahun 1859 sangat reaktif. They are also used in food flavorings. obat-obatan medis. insektisida dan terkenal sebagai pengawet dan cairan pembalseman. Aliphatic aldehydes possess intriguing smells outside the realm of simplistically nice: butyraldehyde for example smells of rancid butter (from βούτυρο/butyro which means "butter" in Greek)! Aldehida alifatik memiliki bau yang menarik di luar bidang menyederhanakan bagus: butyraldehyde misalnya bau mentega tengik (dari βούτυρο / butyro yang berarti "mentega" dalam bahasa Yunani)! Acetaldehyde is the name of the shortest carbon chain aldehyde and is one of the oldest known aldehydes (first made in 1774 by Carl Wilhelm Scheele).generally have a pleasant smell and they are frequently found in perfumes (eg muscone in musk-smelling colognes). Hampir tidak ada wewangian tanpa beberapa jenis aldehida di dalamnya. Hardly a fragrance exists without some kind of aldehyde in it. Sebagai latihan membandingkan bau yang dengan Chanel No. Aldehida bervariasi bau dengan sebagian besar berat molekul lebih rendah berbau buruk (busuk buah). giving a fizzy perfume-y scent that is quite characteristic with the direct result of having the perfume lover confused as to how aldehydes themselves smell. used in dyes. The "karangan bunga" dari aldehida C10. Formaldehyde is the simplest aldehyde with a central carbon atom bound to two hydrogen atoms (H2C=O). naturally occuring in clary sage and possessing a . and baptised this chemical group “aldehydes”.5 menjadi sangat populer sehingga semua konsekuen "wewangian aldehydic" yang digunakan bahwa urutan dari aldehida. Chanel No.

like crushing ligustra leaves between fingers. Its smell? Baunya? Powerfully green and herbal. Higher members. very important in the production of spicy perfumes (cinnamon note). Aldehida aromatik memiliki struktur kimia yang sangat kompleks tapi yang paling mudah untuk mengidentifikasi dengan bau. Citral. has an odour profile of almonds and has several chemical constituents: cinnamaldehyde. C8 (octanal. naturally present in coriander leaf oil~also used is unsaturated C11 undecen-1al). the lowest member of which is used in the production of cinnamyl alcohol. diproduksi melalui aldehida anisic (p-metoksi benzaldehida) dan telah luhur ditenun menjadi kain tipis dari Ondée L'Après oleh Guerlain (di mana ia bernyanyi bersama dengan heliotropin) . Another is Cyclamen aldehyde (usually produced with cumene as a starting material).herbal green odour). Kondensasi benzaldehida dengan aldehida lainnya memberikan serangkaian α tersubstitusi cinnamlaldehydes. Untuk Triplal Misalnya. C10 (decanal. For instance Triplal. seperti menghancurkan daun ligustra antara jari. with grapefruit tone)and the infamous C14 peach-skin note of Mitsouko : technically not an aldehyde. Seringkali senyawa yang dipatenkan dengan nama komersial. kuat menggugah jeruk kulit. Aromatic aldehydes have very complex chemical structures but are the easiest to identify by smell. diberikan secara sintetis dalam parfum selama beberapa dekade. the aldehyde vanillin is a constituent in many vanilla-scented perfumes. C13 (waxy. aldehida hexylcinnamic. One of them is the famous Lilial (patented name for lily aldehyde. di sisi lain. Salah satu bahan yang menarik adalah phenylacetaldehyde yang memiliki catatan hijau diucapkan (atas bakung di alam dan dengan demikian digunakan untuk menciptakan sebuah catatan bakung di wewangian). on the other hand. anggota terendah yang digunakan dalam produksi alkohol cinnamyl. is produced via anisic aldehyde (pmethoxy benzaldehyde) and it has been sublimely woven into the gauzy cloth of Après L'Ondée by Guerlain (where it sings along with heliotropin).4-dimethyl-3cyclohexene-1-carboxaldehyde. aldehida amylcinnamic. but a lactone ~gamma undecalactone. also known as Lilistralis). sebuah aldehida 10-karbon lebih rumit. karena itu sifat sejati mereka tetap misterius bahkan bagi pecinta parfum yang mungkin telah melihat mereka disebutkan. alami terdapat dalam minyak daun ketumbar ~~~V~~aux juga digunakan adalah tak jenuh C11 undecen-1-al). orange-like). oranye-suka). So nothing is as simplistic as one might assume! Jadi tidak ada yang sederhana sebagai salah satu mungkin menganggap! . sangat penting dalam produksi parfum pedas (kayu manis catatan). memiliki profil bau almond dan memiliki kandungan kimia beberapa: cinnamaldehyde. widely used in the replication of that elusive natural essence. Aldehid hydrocinnamic lain adalah keluarga bahan dari manipulasi benzena dan profil bau mereka menyerupai lily lembah (Muguet) dan cyclamen. dengan nada jeruk bali) dan C14 terkenal persik kulit catatan Mitsouko: secara teknis bukan merupakan aldehida. powerfully evocative of orange rind. lily dari lembah. C8 (octanal. Benzaldehida di sisi lain. Anisaldehyde berbau seperti licorice . C11 (undecanal . “clean” aldehydic. citral. None of the characteristic aldehydes of Chanel No. hexylcinnamic aldehyde. Salah satunya adalah (nama dipatenkan untuk aldehida lily. C13 (lilin. seperti aldehida amylcinnamic (ACA) dan aldehida hexylcinnamic (HCA) proyek lemak kesan melati meskipun abscence mereka dari alam minyak melati ! Most synthetic jasmine perfumes today use one or both because they are inexpensive (Their fibre-substantive qualities also make them perfect candidates for laundry detergents and fabric conditionners). a more complicated 10-carbon aldehyde. therefore their true nature remains arcane even to perfume lovers who might have seen them mentioned. memiliki bau lemon). rendered synthetically in perfumes for several decades. Anisaldehyde smells like licorice . juga dikenal sebagai Lilistralis) Lilial terkenal. mencium bunga mawar). Parfum melati paling sintetis saat ini menggunakan satu atau kedua karena murah (serat-substantif mereka kualitas juga membuat mereka calon yang sempurna untuk deterjen laundry dan conditionners kain). C12 (Lauryl aldehyde evocative of lilacs or violets). C9 (nonanal. Kuat hijau dan herbal.4-dimetil-3-sikloheksena-1-carboxaldehyde.5 ! Tak satu pun dari aldehida karakteristik Chanel No.5! One interesting ingredient is phenylacetaldehyde which has a pronounced green note (top in natural narcissus and thus used to recreate a narcissus note in perfumery). a patented molecule by IFF: its chemical name is 2. Benzaldehyde on the other hand. aldehida vanilin merupakan konstituen di banyak vanili beraroma parfum. Aldehid paling banyak digunakan dalam wewangian yang C7 (heptanal. has the odor of lemons). Lain adalah aldehida Cyclamen (biasanya diproduksi dengan kumena sebagai bahan awal). smelling of roses). Catatan hawthorn atau aubépine. C9 (nonanal. secara alami terjadi di clary sage dan memiliki bau yang hijau herbal). C12 (Lauryl menggugah lilac atau violet) aldehida. The hawthorn or aubépine note. such as amylcinnamic aldehydes (ACA) and hexylcinnamic aldehyde (HCA) project a fatty jasmine impression despite their abscence from natural jasmine oils ! Tinggi anggota. banyak digunakan dalam replikasi esensi alam yang sulit dipahami. The hydrocinnamic aldehydes are another family of materials from the manipulation of benzene and their odor profile resembles lily of the valley (muguet) and cyclamen. tapi lakton ~ gamma undecalactone. Condensation of benzaldehyde with other aldehydes gives a series of α-substituted cinnamlaldehydes. amylcinnamic aldehyde. Selain itu. C10 (decanal. Often the compounds are patented under commercial names. Additionally. lily of the valley. sebuah molekul dipatenkan oleh IFF: Nama kimianya adalah 2. C11 (undecanal. "bersih" aldehydic.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->