P. 1
Soal Dan Jawaban KWN

Soal Dan Jawaban KWN

|Views: 418|Likes:
Published by Bahruddin Osoep

More info:

Published by: Bahruddin Osoep on Mar 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2014

pdf

text

original

Soal!!! 1.

tujuan KWN di PT adlah utk membentuk mhs sbg subyek didik memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. beri penjelasan n contoh konkritnya 2. berbagai bangsa (etnik) di indonesia sepakat untuk mnjadi bangsa (nation) dlm 1 ikatan. jelaskan hub keterkaitan antara 2 pengertian bangsa tsb dg contoh. jelaskan hal yg mengikat kita sbg bangsa yg bernegara indonesia 3. hub negara dg warga negara mengandung aspek sosiologis n aspek politis/hukum. beri contoh dg diagran sederhana 4. UU no.12 thn 2006 ttg KWN mengandung asas non diskriminatif n bersifat adil trhadap wrga negara indonesia. jlskan karakteristik UU tsb n bgaimana seseorang bsa memperoleh KWN melalui proses naturalisasi serta sese orang WNI bsa kehilangan KWNnya. Jawabannya : 1. Memang benar tujuan KWN di PT untuk membentuk mahasiswa sebagai subyek didik untuk memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. Karena dengan keadaan bangsa indonesia yang krisis ini, mahasiswa diharapkan patut mempunyai wawasan tentang semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Bagaimanapun juga mahasiswa adalah generasi penerus bangsa ini di masa yang akan datang, dengan pemahaman yang baik dan wawasan yang cukup di harapkan mahasiswa mampu untuk menggantikan para pejabat-pejabat bangsa yang kurang baik dalam mengatasi permasalahan yang ada di negara ini. Maka dari itu harapan dan kemajuan bangsa ini akan tercapai jika mahasiswanya paham dan memiliki wawasan tentang kebangsaan dan cinta tanah air.Contohnya saat mahasiswa melakukan pertukaran pelajar diluar negri atau kompetisi lomba diluar negri pasti mahasiwa tersebut membanggakan Indonesia tanah airnya kepada temannya beda kewarganegaraan.Kemudian saat mahasiswa tersebut berada di Negara lain atau dinegri orang maka tidak melupakan Negara Indonesia. 2. Yang mengikat kita sebagai bangsa yang bernegara indonesia yaitu dengan adanya pedoman Bhineka Tunggal Ika yang berartikan berbeda-beda tetapi tetap satu jua meskipun kita berbeda suku,etnik,budaya,ras, kita tetap bersatu karena adanya pedoman tersebut dan juga Dasar Negara kita di dasari dengan Dasar2 Pancasila yang mempererat hubungan antar bangsa2 tersebut.Contoh …………………………………………. 3. Di dalam negara kita Banyak sekali aspek2 yang terkait dengan warga negara, misalnya aspek sosiologi, aspek politik, aspek hukum. Aspek2 tersebut sangat berperan penting di dalam suatu negara, aspek sosiologi yaitu dimana semua warga negara atau sekumpulan msyarakat yang saling berinteraksi didalam suatu ruang lingkup negara itu sendiri, aspek politik sendiri lebih mengarah kependudukan dan perekonomian suatu negara itu sendiri misalnya dalam sensus penduduk,pengurusan KTP dll. dari aspek Hukum lebih mengatur apa yang menjadi pedoman bagi warga negara itu sendiri baik tingkah laku dalam pergaulan hidup mereka,baik dari segi sosiologisnya,politiknya, sehingga kepentingan masing2 dapat terpelihara dan terjamin.Contoh………………………………….

agama. melainkan ditentukan berdasarkan Hukum suatu negara itu sendiri.4. suku bangsa. atau juga bisa dikatakan bahwa yang bersangkutan memang secara sadar telah melepas status kewarganegaraannya yang awal mulanya sebagai warga negara indonesia menjadi warga negara lain.dll. Sedangkan seseorang bisa kehilangan kewarganegaraannya sebagaimana ia kewarganegaraan indonesia adalah bisa dikatakan faktor kelalaian. faktor politik. keturunan. . yaitu apabila kita terlahir di dalam wilayah hukum suatu negara tersebut kita bisa sudah memiliki status sebagai kewarganegaraan itu atau kita bisa mengajukan instansi permohonan kepada pihak yang berwenang bahwa kita menetapkan sebagai kewarganegaraan yang sah. Seseorang bisa dikatakan Kewarganegaraan melalui naturalisasi itu adalah di mana seseorang bisa ditentukan oleh kelahirannya. karena alasan teknis yang tidak prinsipil.12 Thn 2006 itu sendiri lebih menjelaskan tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia yang bersifat non diskriminatif yang lebih menjelaskan tentang status kewarganegaraan indonesia tidak lagi di bedakan antara ras. karakteristik UU no.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->