P. 1
SEJARAH BCA

SEJARAH BCA

|Views: 244|Likes:

More info:

Published by: Wahyu Arifin Effendi on Mar 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2014

pdf

text

original

SEJARAH BCA

Lima Dasawarsa Pertama BCA secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Banyak hal telah dilalui sejak saat berdirinya itu, dan barangkali yang paling signifikan adalah krisis moneter yang terjadi di tahun 1997. Krisis ini membawa dampak yang luar biasa pada keseluruhan sistem perbankan di Indonesia. Namun, secara khusus, kondisi ini mempengaruhi aliran dana tunai di BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutannya. Banyak nasabah menjadi panik lalu beramairamai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mengambil alih BCA di tahun 1998. Berkat kebijaksanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, BCA berhasil pulih kembali dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67.93 triliun, padahal di bulan Desember 1997 hanya Rp 53.36 triliun. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia di tahun 2000. Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan public. Penawaran Saham Perdana berlangsung di tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Setelah Penawaran Saham Perdana itu, BPPN masih menguasai 70,30% dari seluruh saham BCA. Penawaran saham ke dua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA. Dalam tahun 2002, IBRA melepas 51% dari sahamnya di BCA melalui tender penempatan privat yang strategis. Farindo Investment, Ltd., yang berbasis di Mauritius, memenangkan tender tersebut. Saat ini, BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial.

Tugas CSO (customer servis officer) di perbankan? Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak - Melayani nasabah bank yg mau buka/tutup rekening/ganti kartu atm/blokir rekening. - Menjelasakan produk dan jenis tabungan yang dimiliki bank ke nasabah. - Melayani nasabah yg komplain transaksi.

Dalam menjalankan tugasnya customer service seringkali menghadapi hambatan yang datang baik dari petugas customer servicenya sendiri.. sebagai salesman. melayani informasi mengenai produk dan jasa bank dalam negeri. dan melayani keluhan nasabah. melayani pembukaan dan penutupan kartu ATM. Sebenernya motivasi dasar agan pindah ke Bank apa ? soalnya menurut ane. dan dari media atau alat yang digunakan customer service dalam menjalankan tugasnya.. namun selama saya menjalani masa kerja "sekian" bulan/tahun disana. Customer service bank mempunyai tugas antara lain: sebagai penerima tamu. deposito. dari nasabah. dan tabungan dalam negeri.  2 tahun lalu Customer service adalah pelayanan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi penerimaan order/pesanan barang.. tantangan yg saya . sebagai deskman. misalkan agan mau pindah. dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. standar lah. kesannya gak ada motivasi kuat agan mau kerja di bank. melayani pembelian buku cek/bilyet giro dari nasabah. dan tabungan dalam negeri. Customer service dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya secara optimal sehingga kulitas dan layanan terbaik dapat diberikan kepada nasabah.. Begitu beratnya tugas yang diemban customer 1. jawaban agan klise bgt. menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi. mungkin bisa dijawab begini : Memang saya merasa bangga bekerja di perusahaan telco tsb.. PT Bank Jabar yang salah satu cabangnya berada di Kabupaten Garut sedang berbenah agar menjadi bank terdepan di antara bank pembangunan di Indonesia. deposito.Jika bank sedang ramai kadang bantu teller melayani nasabah yang nabung atau tarik tunai. dan sebagai komunikator. Selain itu tugas utama customer service adalah melayani kebutuhan nasabah. Tugas yang harus dijalankan customer service Bank Jabar antar lain: melayani pembukaan rekening giro. melayani permohonan transaksi jasa dalam negeri. melayani penutupan rekening giro. karena merasa di perusahaan Telco kemampuan agan tidak berkembang sesuai latar belakang pendidikan serta minat. Salah satunya dengan memperbaiki kualitas pelayanan pada bagian customer service. sebagai customer relation officer.

. apalagi dengan bertemu dengan banyak klien yang memungkinkan saya bisa mengembangkan skill dalam mengenal karakteristik dan kemampuan analisis. arah dalam berkarir. di Bank sebagai merupakan Tempat yang cocok untuk karir saya yg benar2 sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat . motivasi pengen pindah apa ? sekian jawaban dari newbie Quote: Originally Posted by rother maksudnya agan mau ada interview atau mau me"review" jawaban agan ? ane coba bantu ya: 1.. jadi coba agan pertimbangkan dulu..8jt) Mungkin di posisi Marketing KPR ada standar gaji yg di sesuai dengan ketetapan Bank ini (lo agan mau terima standar gaji bank ini gak usah nawar lagi). nah. (trus agan jelaskan job desc Marketing KPR.8 jt dengan pertimbangan pengalaman kerja yg saya miliki. jadi dengan menjadi Marketing KPR.. pasti ada alasannya kan ? klo masalah gaji. (coba dijelaskan job desc di peusahaan telco tsb. setau ane marketing KPR sering keluar dan ketemu klien kan ?. 2..5jt. walaupun dgn gaji dibawah 3..misal batas minimun gaji yg pengen didapat 2. Dan saya mengharapkan salary 2. trus jenjang karir ke depannya di Marketing KPR menjanjikan. Sebenernya motivasi dasar agan pindah ke Bank apa ? ..... jawabnya : (tapi terserah agan mau buka berapa. hal itu tentunya aka saya buktikan setelah saya dapat kesempatan bekerja di Bank ini.dapat kurang memberikan saya peluang2 untuk mengembangkan kemampuan diri saya yg saya anggap menjadi kelebihan di diri saya.. klo marketing kan gajinya sesuai performa gan. sekarang kan agan yg pengen ke bank tuh. dan agan ceritakan bahwa job desc-nya kurang sesuai dengan minat agan dalam berkarir) Setelah saya memikirkan... semakin besar income-nya.... berarti bank tsb gak bisa jadi solusi dong ? tapi klo agan berpikir.. ) dengan menjadi seorang Marketing... __________________________ tapi. klo masalah gaji. apa yang saya inginkan dalam berkarir bisa terpenuhi.. saya yakin banyak hal baru dan tantangan yg bisa saya pelajari. baeknya agan survei dulu gaji standar bank itu yg sesuai posisi Marketing KPR. semakin banyak nasabah yg didapet...

.. Dalam waktu 5 hari tersebut saya telah mencoba di bagian CSO.8jt) Mungkin di posisi Marketing KPR ada standar gaji yg di sesuai dengan ketetapan Bank ini (lo agan mau terima standar gaji bank ini gak usah nawar lagi).. Berikut penjelasan tentang CSO yang telah saya dapatkan di BCA Galaxy : . Dan saya mengharapkan salary 2. saya yakin banyak hal baru dan tantangan yg bisa saya pelajari. Saya mendapatkan banyak hal ketika saya mengikuti magang di BCA selama 5 hari... walaupun dgn gaji dibawah 3... Di sana saya mendapatkan pengalaman yang sangat berguna bagi kehidupan saya kelak. (trus agan jelaskan job desc Marketing KPR. Kedua hal tersebut merupakan peranan yang paling berperan sangat penting dalam dunia bank.soalnya menurut ane. namun selama saya menjalani masa kerja "sekian" bulan/tahun disana.. jawaban agan klise bgt.Teller... pasti ada alasannya kan ? klo masalah gaji.. jawabnya : (tapi terserah agan mau buka berapa...... jadi dengan menjadi Marketing KPR. tantangan yg saya dapat kurang memberikan saya peluang2 untuk mengembangkan kemampuan diri saya yg saya anggap menjadi kelebihan di diri saya. apa yang saya inginkan dalam berkarir bisa terpenuhi. kesannya gak ada motivasi kuat agan mau kerja di bank.. 2. mungkin bisa dijawab begini : Memang saya merasa bangga bekerja di perusahaan telco tsb. karena pada saat kita beranjak dewasa pun kita harus berhubungan dengan yang namanya pengoperasian bank. (coba dijelaskan job desc di peusahaan telco tsb. berarti bank tsb gak bisa jadi solusi dong ? tapi klo agan berpikir.. trus jenjang karir ke depannya di Marketing KPR menjanjikan. misalkan agan mau pindah. ) dengan menjadi seorang Marketing.misal batas minimun gaji yg pengen didapat 2. dan agan ceritakan bahwa job desc-nya kurang sesuai dengan minat agan dalam berkarir) Setelah saya memikirkan.8 jt dengan pertimbangan pengalaman kerja yg saya miliki.. standar lah. nah. di Bank sebagai merupakan Tempat yang cocok untuk karir saya yg benar2 sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat ..5jt. karena merasa di perusahaan Telco kemampuan agan tidak berkembang sesuai latar belakang pendidikan serta minat. arah dalam berkarir. setau ane marketing KPR sering keluar dan ketemu klien kan ?. sekarang kan agan yg pengen ke bank tuh.. hal itu tentunya aka saya buktikan setelah saya dapat kesempatan bekerja di Bank ini. apalagi dengan bertemu dengan banyak klien yang memungkinkan saya bisa mengembangkan skill dalam mengenal karakteristik dan kemampuan analisis.dan BO.

deposito. keabsahan dan ketepatan atas Cek atau Bilyet Giro ( BG ). giro. Tugas dari CSO adalah sebagai berikut :         Mencetak transaksi ke buku Mencetak LLG Mencetak nota debet/kredit Mencetak Mutasi harian Mencetak SP deposito Mencetak buku kecil baru Mencetak transaksi ke buku kecil Mencetak transaksi langsung Teller Apa yang terlintas dalam fikiran anda bila mendengar kata “ Teller “. Dalam menunjang pekerjaannya. Disini saya akan membahas “sedikit” tentang hal-hal yang berhubungan dengan teller. tapres.Money detector. Kepala Bagian CSO dipimpin oleh Pak Teguh dan Inu Ana Yuliana 2. teller harus memiliki peralatan – peralatan kerja. Selain itu. Teller memiliki tangggung jawab yang besar atas uang tunai dan transaksi yang ia proses. Melayani penggantian buku tabungan baru 6. Teller juga bertanggung jawab atas pengamanan peralatan-peralatan kerja di posisi counternya masing-masing. 2.Sedangkan Teller adalah petugas bank yang menangani penerimaan maupun pembayaran transaksi uang tunai maupun non tunai yang dilakukan oleh nasabah.Komputer . alat deteksi ultra violet. Adapun syarat-syarat yang dimiliki untuk membuka rekening BCA yaitu :    Akan diberikan pertanyaan mengenai tujuan calon nasabah dalam keiiginannya membuka rekening Calon nasabah harus memberikan penjelasan tentang keiinginannya membuka rekening Diperlukan identitas pribadi seperti KTP. Bank adalah suatu lembaga yang memberikan jasa pelayanan dibidang keuangan. dan kaca pembesar untuk melakukkan validasi .1. Bagian dari bank yang bertugas untuk melayani nasabah maupun calon nasabah 3. dan Tabunganku 5. diantaranya adalah : 1. CSO adalah bagian bank yang melayani pembukaan rekening tabungan. dan untuk penduduk luar negeri diperlukan data diri berupa paspor dan KITAS ( Kartu Ijin Tinggal Sementara) 4. untuk KTP luar kota harus memiliki nomor telepon rumah. Sebelum memproses seorang teller harus melakukan verivikasi untuk memastikan kelengkapan.

Penjualan dan pembelian valuta asing.Mesin hitung yang dilengkapi kertas bukti (tell-strook). inkaso. Seorang teller harus dapat menghitung uang dengan cepat. selalu tersenyum dan bersifat informatif kepada nasabah. 5. pemindahbukuan dan Penerimaaan permohonan kiriman uang. 4. Macam-macam transaksi yang dapat dilakaukan oleh teller. Mereka pun harus bersikap ramah.atas keaslian mata uang.Kotak uang (teller’s box) yang hanya dapat dibuka dengan menggunakan kunci pengaman yang setiap saat selalu berada dalam penguasaan teller yang bersangkutan. 3.Mesin penghitung uang untuk menghitung lembar uang kertas atau logam.Setoran kliring. . 2. Karena itu dalam menghitung biasanya mereka menggunakan minimal dua jari. yaitu: 1.Penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->