Pengertian dan Tingkatan

Perwakilan Diplomatik dan Konsuler

Muhamad Wakhid N. Bagas A.W Megadharma N.Arif Nur C. XI IA 1/08 XI IA 1/09 XI IA 1/20 XI IA 1/22 Kelompok 6 .

Pengertian .

.Pengertian Perwakilan Diplomatik Perwakilan diplomatik adalah perwakilan dalam arti politik yang kegiatannya meliputi semua kepentingan negara Indonesia dan wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah negara penerima dan bidang kegiatannya melingkupi suatu organisasi internasional.

.Pengertian Perwakilan Konsuler Perwakilan konsuler adalah perwakilan dalam arti non politik dan biasanya meliputi bidang ekonomi perdagangan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dalam wilayah negara penerima.

Tingkatan .

Penting tidaknya kedudukan negara pengutus dan negara penerima perwakilan itu. 3. Erat tidaknya hubungan antarnegara yang mengadakan hubungan itu. Besar kecilnya kepentingan bangsa/negara yang mengadakan hubungan itu. . 2.Tingkat perwakilan suatu negara ditentukan berdasarkan beberapa pertimbangan yaitu: 1.

. Duta Besar memiliki kekuasaan penuh dan luar biasa dan ditempatkan pada negara yang punya hubungan erat dan banyak hubungan timbal balik. Dalam beberapa hal seorang duta besar dapat memutuskan sesuatu yang menyangkut negaranya tanpa berkonsultasi dengan kepala negaranya terlebih dahulu. Duta Besar ( Ambassador) adalah tingkatan tertinggi dalam perwakilan diplomatik.Tinkatan Perwakilan Diplomatik Tingkatan dan kepangkatan perwakilan diplomatik menurut menurut Kongres di Aachen tahun 1918 sbb : 1.

Tinkatan Perwakilan Diplomatik 2. biasanya ditempatkan pada negara yang tidak banyak hubungan timbal balik dan derajat kereratan hubungan lebih rendah dari pada negara yang mengirim duta besar. Segala persoalan yang menyangkut ke dua negara. Duta (Gerzant) adalah setingkat lebih rendah dari duta besar. Segala persoalan. . seorang duta harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pemerintah negaranya.

5. ada atase militer. atase perekonomian. tetapi hanya ditempatkan untuk mengurus urusan-urusan negaranya. . adalah tenaga ahli kedutaan.Tinkatan Perwakilan Diplomatik 3. kuasa usaha tidak diperbantukan kepada kepala negara. Kuasa Usaha (Charge D’affair). atase pendidikan dan kebudayaan. 4. Menteri Presiden (Minister President) adalah mereka yang tidak dianggab sebagai wakil kepala negara. Berhubungan dengan kepala negara negara penerima melalui menteri luar negeri negara penerima. tetapi kepada menteri luar negeri negara penerima. Atase-atase.

membawahi beberapa konsul yang ditempatkan di ibu kota negara tempat ia bertugas. Konsul Jenderal. b. Konsul .Tingkatan Perwakilan Konsuler a. konsul mengepalai suatu kekonsulan yang membawahi satu daerah kekonsulan diperbantukan konsul kadang-kadang Jenderal. .

mengepalai kantor wakil konsulat yang ada didalam satu daerah kekonsulan. kepada konsul jenderal atau d. Konsul Muda. .Tingkatan Perwakilan Konsuler c. biasanya ditempatkan di kota-kota yang termasuk kekonsulan. diangkat oleh konsul jenderal atau oleh konsul untuk mengurus hal tertentu yang berhubungan dengan daerah kekonsulan. Kadang diperbantukan Konsul. Agen Konsul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful