Pelajaran 13

Keluarga dan sekolah sebagai lembaga pendidikan
kompetensi Dasar : siswa mampu mengidentifekasi berbagai pergumulan dalam keluarga serta kaitannya dengan pengaruh modernisasi indicator : 1. Mengidentifikasi pengaruh modernisasi terhadap kelangsungan hidupa keluarga . 2. Memahami pentingnya peran keluarga dan sekolah dalam mendidik anak . referensi : Efesus 6:4; Amsal 22:6; Ulangan 6:4-9 .

Rangkuman Materi
A. Keluarga sebagai lembaga pendidikan 1. Keluarga (orang tua) adalah lembaga pertama dan utama yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak (baca Ef. 6:4). 2. Didalam keluarga kepada anak diperkenalkan nilai-nilai kemanusian, keadilan, dan kebenaran melalui pengenalan akan Tuhan (Ul. 6:4-9). 3. Pembentukan karakter dan intelektual anak sangat dipengaruhi olehpola asuh dalam keluarga. 4. Sekolah juga memainkan peranan penting dalam pembentukan anak secara intelektual dan social, namun hanya melanjutkan proses pendidikan yang telah dimulai dalam keluarga (Pater Drost) . jika keluarga salah mendidik anak-anak, sekola akan mengalami kesulitan dalam mendidik anak-anak itu.

Pada usia dini. Pada usia itu. Belajar dari kasus-kasus yang terjadi dalam masyarakat Di dalam masyarakat banyak ditawarkan alat atau sarana yang dianggap dapat melarikan diri dari persoalan yang di hadapi peserta didik. arti kedua kata itu sama. Untuk itu. 2. Gereja dan pendidikan Gereja banyak terlibat dalam berbagai kegiatan pendidikan baik secara formal maupun informal. anak diminta membaca kitab suci dalam bahasa ibrani dan sesuai upacara itu. . ia akan diakui sebagai anggota dewasa masyarakat Yahudi. peserta didik harus dilengkapi. seorang anak laki-laki yahudi akan melakukan upacara Bar Mitzvah dan anak perempuan Bas mitzvah . Membebaskan Hubungan sinergis antara keluarga dengan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan Keluarga dan sekolah harus bersama-sama saling mendukungdalam melaksanakan tugas pendidikan bagi anak-anak. mereka dikirim ke Singapore atau rumah ibadah untuk belajar keagamaan. Pendidikan dalam tradisi Yahudi 1.B. D. Tujuan pendidikan Pendidikan yang diberikan kepada anak memiliki beberapa tujuan a. Membina watak dan keahlian b. Nilai-nilai kristiani yang diyakini mampu untuk menghadapi dan mengatasi berbagai masalah. F. 1. 2. lepas dari pengaruh buruk yang disekitarnya. yaitu “anak Torah” (Torah adalah kitab suci orang yahudi). C. membaca dan mnulis. terutama didalam keluarga. Belajar menggantungkan diri kepada Tuhan guna menyiapkan masa depan. Pada usia sekitar 12-13 tahun. Salah satu bentuk kepedulian gereja pada masyarakat adalah dengan mendirikan sekolah-sekolah mulai dari jenjang terendah sampai yang tertinggi. E.

seharusnya terjadi komunikasi yang baik antara …… a. Pada hakikatnya. Dalam mendidik anak yang masih duduk dibangku sekolah.d dan e ! 1. Membuat anak tetap tergantung kepada guru c. Menghantar manusia kepada jalan keselamatan . Mengajar anak sebanyak mungkin b. Allah Roh Kudus e. Pendidikan Kristen pada saat ini bersumber pada …… a. Memiliki ilmu sebanyak mungkin d. orang tua e. fungsi pengetahuan menurut Alkitab adalah …… a. Membayar SPP anak pada waktunya c. Anak dan orang tua d. Menjawab pertanyaan guru tentang kegiatan-kegiatan siswa dirumah e. artinya …… a. Pendidikan rohani Kristen dalam keluarga bukan hanya tugas gereja. Alkitab 4. orang tua dan sekolah b. Memberikan kesempatan untuk berbuat sebebas-bebasnya d. Membiarkan anak bertindak sesukanya e. Guru c. Pendeta d. Materi tidak banyak diberikan 5. kerabat 3. Memeriksa PR anak di rumah b. Sekolah dan masyarakat e. kecuali …… a. masyarakat dan anak c. Membebaskan siswa dari segala tuntutan 6. Menghargai semua kebebasan siswa e.c. Menuntun anak untuk dapat mengembangkan kreativitas dan mandiri b.b. Menanyakan keberadaan anak kepada guru di sekolah d. Mendatangi guru setiap hari untuk konsultasi 7. artinya …… a.Latihan-latihan A. Latihan 1 Pilihlah jawaban yang paling tepat dan benar di antara a. Salah satu tujuan pendidikan adalah membina watak. Mencari kehendak Tuhan Allah d. melainkan juga tanggung jawab …… a. masyarakat b. Allah Bapa c. Allah Anak d. Pendidikan bertujuan untuk membebaskan. Nabi-nabi b. Berikut ini adalah contoh hubungan kerja sama orang tua dengan guru. Mempersiapkannya untuk bersikap kritis c. Teman-teman 2.

adalah …… a. J. Sinagoge d. Meragukan hal itu. Menyetujui karena berarti kepandaian manusia dapatb dibuktikan hasilnya e. selama masih kecil c. 12-14 tahun 14. istana .B. Ilmuan Kristen di Indonesia ini yang sangat berjasa dalam pengembanganbidang telekomunikasi bernama …… a. selama hidup b. 17-18 tahun c. Mangun Widjoyo b. G. Hubungan antara iman dan ilmu pengetahuan dapat diungkapkan sbb: …… a. 15-16 tahun b.N Siwabessy c. Iman menjadi landasan dari ilmu pengetahuan sehingga kebenarnya dapat di pertanggungjawabkan b. Vasco da Gamma d. Kecewa. Melayani diri sendiri 8. yang disebut …… a. Terdap rekayas genetik reproduksi manusia dengan teknik cloning. 8-9 tahun d. Christopher Columbus 11. James Watt c. Bagong kusudiarjo d. Itu suatu dosa yang tidak dapat diampuni c. Pendidikan dalam tradisi yahudi mengharuskan anak-anaknya untuk belajar taurat pada umur …… a. Iman menjadi landasan iman sehingga kebenaran ilmu itu mengatasi iman c. Ilmu pengetahuan selalu mendampingi pengalam iman e. Selama menjadi murid e. Selama masih muda 9. Melayani sesama c. Salah seorang diantaranya mengatakan bahwa bumi ini bulat. Selama masa sekolah d. Pengalaman iman harus mengacu pada ilmu pengetahuan 10. Bartolomeus Diaz e. Melayani kehidupan e. Lama belajar seorang murid menurut Lukas 6:40. Ilmuan itu bernama …… a. Pada zaman renaisans lahirlah para ilmuan Kristen yang mempunyai peranan dalam bidang penjelajahan dunia. Pada usia belajar tersebut anak-anak yahudi mereka kirim ketempat belajar untuk belajar baca-tulis. yaitu manusia dapat dibuat sekehendak ilmuwan sehingga mirip yang satu dengan yang lain. Menolak karena tidak sesuai dengan ajaran alkitab 13.A. sebab para ilmuwan menjadi lupa diri b. Jonathan Parapak e. Galileo b. 10-11 tahun e. saya bersikap …… a. Subronto Kusumoatmojo 12. sebab mana mungkin manusia dapat membuat manusia d. Ilmu adalah saingan ilmu pengetahuan sehingga hasilnya bertentangan d.b.

Guru e. yang mengembangkan pemikiran di berbagai bidang ilmu pengetahuan selain bidang ilmu yang dikuasainya adalah para …… a. Jelaskan maksudnya! . Bar mitzvah c.……………………………………. Bas mitzvah d. Pendeta b. Tripitaka b. Bak mitzvah 16. Nama kitab suci orang yahudi adalah …… a. Bait Allah c. orang tua 20. Komponis dan Teolog 19. Medis dan Rohaniwan e. Arkeolog dan Teolog c. Gereja d.b. Bat mitzvah e. Bait Allah c. Tabernakel e. Rumah belajar 15. AL. Keluarga b. Ibrani b. Kursus Nilai Orang tua siswa Paraf Guru . Ibrani 18. Ben mitzvah b. sekolah c. Salah satu makna pendidikan adalah “membebaskan”. Sekolah d. Alkitab d. Pada abad-abad pertam hingga Abad pertengahan. Arab d. Anak laki-laki yahudi yang belajar tentang taurat akan melakukan upacara …… a. Lembaga pendidikan yang pertama dan utam adalah …… a. Lembaga Alkitab e. Koptik e.Quran e. Torah 17. yang bertanggung jawab untuk pertama-tama dan utama mengajar dan mendidik anak-anak adalah …… a. Kitab suci orang yahudi ditulis dalam bahasa …… a. Arsitek dan Rohaniwan b. Teolog dan Rohaniwan d. Weda c. (……………………………………) (……………………………………) B. Latihan 2 Jawablah dengan singkat dan jelas! 1. Yunani c. Menurut Ulangan 6:4-9.

3. sekolah. bagaimana keluarga. 6. dan gereja menjalin hubungan dalam pendidikan seorang anak? ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskanlah pengertian keluarga sebagai lembaga pendidikan! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Tuliskanlah dan Jelaskanlah dua tujuan pendidikan! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskanlah hubungan yang synergism antara keluarga dengan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskanlah konsep pendidikan dalam tradisi Yahudi! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskanlah konsep pendidikan dan gereja! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Buatlah sebuah analisis tentang pendidikan dari kasus-kasus yang terjadi dalam masyarakat ! ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Nilai Orang tua siswa Paraf Guru . 4. (……………………………………) (……………………………………) . 8. ………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………… Menurut Anda.……………………………………. 5.2. 7.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.