Percobaan Elektroskop Sederhana

Anggota : 1. Hamdy 2. Ike Yuliastuti 3. Purwanto 4. Uki 1. Tujuan Percobaan a. Dapat mengetahui prinsip kerja elektroskop b. Dapat mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik 2. Tinjauan Pustaka Induksi listrik adalah pemisahan muatan listrik didalam suatu penghantar karena penghantar itu didekati oleh benda bermuatan listrik. Peristiwa ini dapat diamati dengan bantuan sebuah alat yang disebut elektroskop. Elektroskop adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak dan jenis mengetahui jenis muatan suatu benda. Dengan prinsip induksi listrik dapat diberikan muatan listrik pada sebuah elektroskop netral. Banyak benda yang menjadi bermuatan lisrik karena digosok dengan benda lain. Benda-benda tersebut dapat menarik benda-benda lain disekitarnya. Contoh benda-benda yang bermuatan listrik karena digosok denga benda lain adalah: Benda Plastik Ebonit Kaca Sisir Keterangan Muatan listrik yang dihasikan Digosok dengan kain wol Negatif Digosok dengan kain wol Negatif Digosok dengan kain Positif sutera Digosok dengan rambut Negatif (M0210028) (M0210034) (M02100 (M02100

3. Alat dan Bahan a. Botol

Gosokkan penggaris plastic dengan rambut d. Analisa Percobaan Dalam percobaan elektroskop sederhana ini dipilih botol agar didapatkan ruang hampa.b. 6. Gabus digunakan sebagai isolator. Saat penggaris dipindahkan. Dekatkan penggaris plastic dengan ujung kawat tembaga di bagian luar botol. Hal ini menandakan bahwa muatan positif dan negative sekarang telah berpisah. b. elektron-elektron pada tutup elektroskop ditolak oleh penggaris lalu menuju ke bagian bawah elektroskop (pelat dan daun). muatan positif dari tutup menyebar ke pelat dan daun sehingga menjadi mekar kembali. 5. Karena pelat dan daun bermuatan sejenis yaitu negative maka akan terjadi tolak menolak yaitu daun menjadi mekar. Didalam botol alumunium foil digantungkan didalam kawat tembaga. Alumunium foil (dari kertas rokok) c. c. Cara Kerja a. Rangkaikan alat dengan susunan yaitu kawat tembaga dimasukkan kedalam botol dan menembus gabusnya. Amati gerakan yang terjadi pada alumunium foilnya. Ketika jari dilepaskan ternyata masih tetap menguncup dan tutup tetap bermuatan positif. sedangkan pelat dan daun menjadi bermuatan listrik negatif. Kesimpulan . e. Kawat tembaga 4. Alumunium foil sebagai pelat logam dan daun. Penggaris plastic yang digosokkan dengan rambut bermuatan listrik negatif didekatkan dengan ujung elektroskop netral. Apabila kemudian tutup elektroskop disentuh dengan jari maka akan menjadi kuncup karena kelebihan electron mengalir ke bumi sementara tutup elektroskop tetap bermuatan positif. Gabus d. Sehingga tutup elektroskop bermuatan listrik positif.

b. Benda bermuatan listrik sejenis tolak-menolak.a. Muatan listrik yang diperoleh dengan cara induksi adalah berbeda jenis dengan muatan listrik benda yang digunakan untuk menginduksi. muatan listrik yang diperoleh adalah positif. dan benda bermuatan listrik tidak sejenis tarik-menarik. .Jika benda yang digunakan untuk menginduksi bermuatan listrik negatif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful