Wawancara Wawancara merupakan percakapan antara dua orang. dalam kegiatan wawancara. keduanya mengalami kegiatan mendengarkan dan berbicara. . Proses wawancara tidak jauh berbeda dengan percakapan sehari-hari yang sering Anda lakukan. Seorang yang bertanya dan seorang yang menjawab. Dengan demikian.

Menyimak empatik . terdapat dua tipe perilaku dalam kegiatan mendengarkan/menyimak wawancara: 1. Menyimak faktual 2.Berdasarkan perilaku mendengarkan/menyimak.

kita mencoba menangkap ide-ide pokok. Pada saat kita menyimak. memusatkan perhatian pada pesan-pesan orang lain. berusaha mendapatkan fakta-fakta. gagasan-gagasan penting sang pembicara atau narasumber. . Kegiatan yang dilakukan saat menyimak faktual adalah: a. konsep-konsep. b. serta informasi yang disampaikan pembicara.Menyimak Faktual Menyimak faktual berarti menangkap serta memahami fakta-fakta.

Kegiatan yang dilakukan saat menyimak empatik adalah: a. . c.Menyimak Empatik Menyimak empatik menolong kita untuk memahami sikap psikologis dan emosional sang pembicara/narasumber dan bagaimana sikap tersebut memengaruhi ujarannya. memperhatikan isyarat-isyarat nonverbal (gerakgerik anggota tubuh). memusatkan perhatian pada pesan. menempatkan diri pada posisi orang lain. b. bukan pada penampilan.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.