RANGKUMAN SENI TARI GRADE : IX 1.

Jenis tari dibagi menjadi dua yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru,sedangkan 2. Tari tradisional adalah tari yang diciptakan berdasarkan pada pola-pola tradisi yang sudah ada.contohnya yaitu tari saman 3. Tari tradisional dibagi menjadi tari primitif,tari klasik,tari rakyat 4. Tari klasik yaitu tarian yang telah mencapai keindahan yang tinggi,contohnya yaitu tari srimpi yang berkembang di Surakarta 5. Tari rakyat yaitu gerakan-gerakan tari yang tidak mempunyai aturan yang standart,namun lebih variatif dari tari primitif.contohnya yaitu tari kuda kepang 6. Tarian kreasi baru merupakan tarian yang diciptakan oleh koreografer tanpa berpijak pada aturan yang telah ada. 7. Bagong Kussudiarjo merupakan pelopor tari kreasi baru 8. Bentuk tari terbagi menjadi a.Tari tunggal yaitu karya tari yang ditarikan oleh seorang penari,contohnya tari golek,tari klana topeng b.Tari berpasangan yaitu karya tari yang ditarikan oleh dua orang secara berpasangan,misalnya tari serampang dua belas,tari tayub c. Tari Kelompok bentuk karya tari yang ditarikan oleh banyak penari ,misalnya tari saman,tari kecak 9. Keuntungan peragaan karya tari tunggal yaitu perhatian penonton terfokus kepada satu penari. 10. Dalam bentuk tari tunggal yang dimaksud pola lantai ialah garis-garis dilantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerakan tari 11. Dalam bentuk tari kelompok pola lantai berarti garis-garis dilantai yang dibuat oleh formasi penari 12.ekplorasi pola lantai adalah mencari atau menjajaki pola lantai yang sesuai dengan karya tari dengan cara memperagakan berbagai bentuk 13. Ekplorasi pola lantai dalam latihan menari bertujuan agar penari mampu membuat pola lantai yang bervariasi serta sesuai dengan tari yang dibawakan 14.Perbedaan antara pola lantai `bentuk tari klasik dengan pola lantai bentuk tari tunggal kreasi baru yang benar yaitu pola lantai bentuk tari klasik sudah ada aturannya sedangkan pola lantai bentuk tari tunggal kreasi baru bervariasi 15. Keragaman karya tari nusantara dapat terlihat pada ragam gerak,tata busana,tata rias,iringan dan properti yang digunakan pada penari saat pertunjukan. 16.tema adalah Sumber ide atau gagasan yang mendasari pembuatan karya tari . 17.Tari tunggal terdiri atas dua karakter

27.mengetahui semua unsur pendukung yang dalam karya tari.karakter feminin yaitu karakter yang dilakukan secara halus.melengkung.Tari nusantara adalah semua jenia tarian yang tumbuh dan berkembang di daerah dalam wilayah nusantara.dan iringan musik.dan menyudut b.Tari kathakali merupakan tari klasik yang mengambil cerita mahabarata dan ramayana.Properti dalam seni tari merupakan alat yang digunakan penari untuk melakukan gerak tari.Busana tari dikatakan indah jika memiliki kriteria sesuai dengan tema dalam sebuah karya tari.begitu juga dengan tari Ras Lilas yang hanya dipertunjukan pada upacara perayaan di bulan maret.Pendukung karya seni tari adalah tata rias.Tari Lumense berasal dari daerah Sulawesi Selatan 29. 25.dan desember di India.ciri khusus gerak tari Bali adalah penekanan kedua tangan selalu menghadap ke depan dan sejajar dengan bahu.sedang tari kathak merupakan tari tradisional dan manipuri yang berjenis tari pergaulan berasal dari India.panggung pertunjukan.yaitu kenali karya tari yang akan diperagakan.Tari Menore adalah tarian mancanegara dari Malaysia yang berbentuk tari modern atau kreasi baru. 21.tari Khon berasal dari Thailand yang merupakan pengabungan dua karya seni yaitu seni drama dan tari yang mengambil cerita dari ramayana dan ramaihan. 18. 32.tata busana.lemah gemulai.dengan ruang gerak tubuh yang menyempit. 31.dan kokoh dengan ruang gerak tubuh yang luas.Gerak merupakan media utama dalam berkarya tari.sedangkan Lakon merupakan karya seni pertunjukan yang ditarikan . 22.pahami gerak tari yang akan diperagakan.Apresiasi seni tari adalah menilai dan menghargai karya seni tari. 26. 20.Tari Kandy berasal dari Sri Lanka yang sering digunakan sebagai sarana upacara perayaan agama di pura. 24.Tari kerakyatan mempunyai ciri utama yaitu lebih mementingkan keakraban dalam pergaulan daripada keindahan gerak. 23. 19. 28.Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memperagakan tari nusantara.a.oktober.gerak.karakter maskulin yaitu karakter yang dilakukan secara tegas. 30.lincah.bola mata selalu bergerak.pementasannyapun menggunakan topeng yang ditarikan oleh pria.Ciri khusus gerak tari Sumatra adalah menekankan pada permainan gerak-gerak pada kaki yang lincah .

bugaku.dan gerak tarinya kakinya tidak pernah diangkat melainkan diseret-seret misalnya tari kaguru.Tari Tinikling adalah tari yang berasal dari Philipina yang berfungsi sebagai sarana hiburan . Mai merupakan karya tari klasik Jepang yang diiringi nyanyian atau musik tradisional. 35.shirabyoshi.dan jiutamai.noh. 34. 33.dan sedangkan cerita jataka menampilkan penari pria yang berperan menjadi wanita.kusemai.Nihon buyo merupakan sebutan dari tarian dalam bahasa Jepang.manora.Odori yaitu tarian dari Jepan dengan keunikan yang terlihat dari peragaan gerak kaki yang bebas disertai hentakan untuk mengeluarkan suara.oleh penari wanita dengan cerita Ramayana.kowakamai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful