Kesimpulan mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar

Illegal loging

Praktek illegal logging adalah segala kegiatan menebang kayu, membeli, atau menjual kayu dengan cara tidak sah.

Illegal logging dilakukan oleh orang atau kelompok orang yang tidak mempunyai hak legal untuk menebang pohon,dilakukan oleh perusahaan kehutanan yang melanggar ketentuan-ketentuan dalam izin yang dimilikinya, dan dilakukan oleh orang-orang tertentu yang mengatasnamakan rakyat.

Illegal logging memiliki banyak dampak negatif, seperti bencana banjir dan kerusakan lingkungan yang akan merusak kelestarian dan keanakaragaman hayati di lingkungan itu sendiri.

Untuk mengatasi ilegal logging dan perambahan hutan perlu dilakukan restrukturisasi kelembagaan sektor kehutanan agar lebih efektif dan pengarahan Undang-Undang Lingkungan Hidup agar hutan dan sumber daya alam mendapatkan perlindungan dengan peraturan yang telah ada.

Sampah Plastik

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan konsep buatan manusia, dalam proses-proses alam tidak ada sampah, yang ada hanya produk-produk yang tak bergerak.

Sampah organik mudah diuraikan dalam proses alami, sedangkan sampah anorganik sebagian secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya dapat diuraikan oleh alam namun memerlukan waktu yang lama.

Sampah berdampak negatif pada kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan keadaan sosial. Saat sampah plastik terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Kemudian, dari pencemaran tanah dan air tanah dapat merusak lingkungan dan
1 Simpulan hasil diskusi mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar

seperti peningkatan efektivitas fungsi dari TPA dan lain-lain. seperti semakin sulitnya mendapat lahan sebagai tempat pembuangan ahir sampah dan lain-lain. • pandangan penanganan sampah sebagai suatu produk yang tidak lagi bermanfaat dan cenderung untuk dibuang begitu saja harus diubah. • Peningkatan populasi dan aktivitas manusia. peremajaan lingkungan yang sudah terlanjur kumuh. Oleh karena itu untuk masa yang akan datang perlu dilakukan pengoptimalan. 2 Simpulan hasil diskusi mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar . akan mengakibatkan permasalahan dengan lingkungan hidup. Untuk itu kita perlu menerapkan Produksi Bersih (Clean Production) yang merupakan salah satu pendekatan untuk merancang ulang industri. dan pembuatan tempat tinggal tanpa perencanaan yang matang di permukiman kumuh.akhirnya kesehatan kita dapat terganggu. seperti adanya dualisme antara peremajaan lingkungan dengan penataan lingkungan dan lain-lain. seperti menyebabkan polusi lingkungan dan masalah-masalah lainnya yang tentu saja akan mempengaruhi lingkungan itu sendiri. ada beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan penanggulangan permukiman kumuh. • Penanganan masalah sampah tidak dapat semata-mata ditangani oleh Pemerintah Daerah (Pemerintah Kabupaten/Kota). Dari rusaknya lingkungan dapat mengakibatkan penurunan tingkat pariwisata sehingga perekonomian kita juga akan terganggu dan masih banyak lagi dampak lainnya. Namun. Pada tingkat perkembangan kehidupan masyarakat dewasa ini memerlukan pergeseran pendekatan ke pendekatan sumber dan perubahan paradigma yang pada gilirannya memerlukan adanya campur tangan dari Pemerintah. • Bentuk-bentuk pelaksanaan penanggulangan permukiman kumuh dapat dilakukan dengan memberikan tempat tinggal baru yang lebih baik. Permukiman Kumuh • Permukiman kumuh disebabkan oleh karakter bangunan dan karakter lingkungan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang seharusnya. • Pada saat ini sampah plastik sangat sulit untuk dikelola dikarenakan beberapa faktor. seperti kondisi perumahan yang tidak teroganisasi. dan mengelolaan sumber daya alam dengan baik.

Peningkatan suhu permukaan bumi akan mengakibatkan perubahan iklim bumi secara ekstrem. dikarenakan peningakatan emisi karbon oleh aktivitas manusia menyebabkan suhu permukaan bumi meningkat (global warming). menjadikan Pulau Komodo 3 Simpulan hasil diskusi mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar . maka suhu permukaan bumi akan 33ºC lebih dingin. pemindahan populasi ke Bali. • • Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer. namun efek rumah kaca kini terjadi peningkatan yang disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya. dibangun Taman Nasional Komodo. kenaikan permukaan air laut. Komodo • Komodo merupakan satwa nasional dan dilindungi oleh beberapa aturan perundangan seperti PP Binatang Liar tahun 1931. Efek rumah kaca secara normal menyebabkan bumi menjadi hangat.Global warming • • Efek rumah kaca alami ada yang terjadi secara alami di bumi. • Untuk membatasi pemanasan global dapat dilakukan dengan cara membatasi emisi CO2 dan menyembunyikan karbon atau mengambil CO2 yang ada. Komodo termasuk satwa yang rentan dan langka yang telah ditetapkan oleh International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). sehingga layak ditempati manusia. Salah satu faktor lainnya adalah manusia itu sendiri.dan putusnya rantai makanan. jika tidak ada efek rumah kaca. Penjualan secara ilegal. • Faktor-faktor yang menyebabkan komodo termasuk satwa yang terancam punah adalah berhubungan dengan cara komodo tersebut untuk bertahan hidup. • Beberapa usaha yang dilakukan agar komodo tidak punah adalah dengan mendirikan beberapa cagar alam. dan lain-lain yang akan berdampak buruk pada manusia. Akan tetapi. beberapa hal ini yang menyebabkan banyaknya komodo yang punah. laut dan daratan Bumi.

limbah kimia ataupun limbah logam. Pencemaran laut menimbulkan dampak negatif terhadap kelestarian laut dan kerusakankerusakan ekosistem yang akan berdampak lagi pada kekayaan laut yang akan musnah. menghindari pemindahan habitat komodo dari habitat aslinya. • Untuk meningkatkan penerapan energi matahari. Energi matahari • Energi matahari merupakan sumber yang tak terbatas dan tidak membutuhkan biaya untuk mendapatkannya. manusia harus menciptakan kesadaran tentang manfaat penerapan energi matahari itu sendiri untuk masa depan yang lebih baik. Pencemaran laut merupakan akibat Kesadaran manusia dalam memelihara sumber daya alam kelautan merupakan inti dari pelestarian lingkungan. namun kerugiannya tidak sebanding dengan keuntungan yang akan dihasilkan apabila energi matahari diterapakan secara optimal.sebagai salah satu keajaiban dunia baru. • Pencemaran laut umumnya disebabkan oleh limbah akibat aktivitas manusia. baik itu limbah minyak. Energi matahari ini perlu dikonversikan menjadi sumber energi baru untuk mengatasi kebutuhan energi oleh manusia yang terus meningkat. • • • 4 Simpulan hasil diskusi mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar . • Dalam pemanfaatan energi matahari ini memiliki keuntungan dan kerugian. terutama pemerintah. • Usaha yang telah dilakukan untuk perlindungan komodo harus tetap ditingkatkan dan dipertahankan untuk mengurangi persentasi kepunahan komodo di Indonesia. Pencemaran laut • Pencemaran laut adalah perubahan dalam lingkungan laut termasuk muara sungai (estuaries) yang menimbulkan akibat yang buruk sehingga dapat merugikan terhadap sumber daya laut hayati (marine living resources). dan dilakukan secara maksimal perlindungan populasi komodo di Taman Nasional Komodo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful