LAPORAN AKHIR PENDAMPINGAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PROFESIONALITAS TENAGA PENGAJAR BERBASIS TIK

TAHUN 2011 DI SMK NEGERI 1 KEMPO KABUPATEN DOMPU PROVINSI NTB
Diajukan sebagai Pertanggungjawaban Program Pendampingan Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun 2011 Kerjasama Direktorat Pembinaan SMK dengan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram

Disusun oleh : ADIBUL KHAIR

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS MATARAM LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT JANUARI 2012

Hermaddin AW NIP: 195911231 198703 1 202 .Lembar Pengesahan(ditanda tangani kepala sekolah) Mengetahui : Kepala Sekolah.

terutama dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik (guru). dan lain-lain. perabot. peralatan. . bangunan. Direktorat Pembinaan SMK melaksanakan program bantuan Pendampingan SMK bekerja sama dengan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) Universitas Mataram untuk menerjunkan mahasiswa pendamping dengan tugas membantu kelancaran kegiatan pembelajaran di SMK.Kata Pengantar Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah hasil program pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional RI. Dalam perkembangan SMK tersebut masih mengalami berbagai hambatan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. bahan ajar. Mengingat keterbatasan jumlah tenaga pendidik khususnya dalam program adaptif dan program keahlian produktif (berdasarkan program keahlian yang dilaksanakan di SMK).

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa beberapa SMK tersebut masih mengalami berbagai hambatan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. dan Rintisan SMK di SMP. Berdasarkan pilar kebijakan Departemen Pendidikan Nasional yang salah satunya adalah pemerataan dan perluasan akses pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan termasuk jenjang pendidikan menengah kejuruan. khususnya dengan melaksanakan tugas menyempurnakan pengembangan program SMK pada umumnya. USB Perbatasan. Direktorat Pembinaan SMK telah mengalokasikan dana Program Bantuan Pendampingan SMK. Program dititikberatkan pada program pemberdayaan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang menyelanggarakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi pendamping pengembangan SMK di daerah. Hal ini dimaksudkan untuk menyediakan tempat belajar kepada siswa lulusan SMP di wilayah terdapat program tersebut. 2003 Direktorat Pembinaan SMK telah melaksanakan program pembangunan Unit Sekolah Baru (USB). Direktorat Pembinaan SMK juga melaksanakan program untuk mengatasi keterbatasan tenaga pendidik seperti tersebut di atas. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK-SMK tersebut. .BAB I PENDAHULUAN Latar belakang Konsekuensi dari pelaksanaan undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan adanya pemekaran wilayah mengakibatkan banyak daerah yang tidak memiliki Sekolah Menengah Kejuruan. pada tahun anggran 2008. Direktorat Pembangunan SMK telah melaksanakan berbagai program antara lain pemberian bantuan sarana dan peralatan praktek siswa. Akibatnya banyak siswa lulusan SMP harus melanjutkan pendidikan ke daerah lain atau mencari sekolah yang jauh dari tempat tinggal. perabot. dan lain-lain. bahan ajar. peralatan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut sejak tahun 2006. sejak tahun. Mengingat keterbatasan jumlah tenaga pendidik khususnya untuk mata pelajaran produktif berdasarkan program keahlianyang dilaksanakan di SMK. bangunan. terutama dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik (guru).

3. 10. 8.Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPM UNRAM) telah melakukan program pembelajaran pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan KKN dan bentuk pengabdian kepada masyarakat lainnya. Permasalahan dan Kondisi Lingkungan Sekolah 1. 2. Minimnya perabot dan peralatan kegiatan praktek sehingga sebagian siswa tidak mengenal alat-alat Komputer dan Jaringan. Kurangnya sosialisasi terhadap sekolah tentang program pendampingan SMK. dikarnakan hampir semua guru Program Teknik Komputer dan Jaringan memiliki jabatan tambahan di sekolah dan di luar sekolah. Mata pelajaran produktif seakan dipandang sebelah mata oleh pihak sekolah. 9. Kurangnya dukungan dari pihak sekolah akan program yang telah direncanakan pendampingan. Proses belajar mengajar sering terhambat dengan tidak adanya guru mata pelajaran. 7. 5. Kuranganya disiplin waktu yang diterapkan disekolah. Jumlah peralatan praktek yang tidak memadai yaitu tidak sebanding dengan jumlah peserta didik. 11. . Tugas guru pamong seluruhnya diserahkan ke guru pendamping sehingga guru pendamping banyak menghadapi kesulitan dari awal menyusun RPP hingga evaluasi siswa. Tujuan Tujuan program Bantuan Pendampingan SMK ini antara lain adalah untuk membantu kelancaran kegiatan pembelajaran di SMK agar dapat berjalan dengan baik dan pelaksanaan kegiatan pendataan SMK untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang pendidikan menengah. 4. Lokasi sekolah yang masih bisa dibilang baru sehingga keadaan lingkungan belum teratur dan susah dibersihkan. sehingga memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih. Kurangnya konsultasi guru pendamping dengan guru pamong dikarenakan guru pamong lebih sibuk dengan kuliah lanjutannya dan merupakan guru tidak tetap. 6.Tidak sedianya buku-buku pelajaran dikarenakan SMK tidak memiliki Perpustakaan sekolah.

4.Manfaat Program Hasil yang diharapkan dari Pendampingan SMK Tahun 2011/2012 adalah : 1. Perguruan tinggi dapat menyediakan mahasiswa peserta yang memiliki kompetensi untuk mengajar sesuai dengan progrsm keahlian selama 5 (lima) bulan di SMK yang ditunjuk . . 5. 2. Kegiatan pembelajaran SMK terpilih dapat berjalan dengan baik. 3. Adanya program penataan lingkungan sekolah yang sehat. Adanya program pencitraan SMK. Adanya pendataan dan pemetaanSMK.

Sudah berjalan yang berhasil Minggu Ke 9 (Ujian mengajar . sebagai tugas utama (2) Pendampingan dalam penataan administrasi sekolah (3) Pendampingan dalam pembenahan media pembelajaran (4) Pendampingan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah (5) Pendampingan dalam menata lingkungan sekolah dan (6) Pendampingan dalam mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler. Pembahasan (membahas rekapitulasi program dilaksanakan. Pendampingan Dalam Kegiatan Pembelajaran Jenis Kegiatan Pelaksanaan Minggu Ke 1 s/d Membantu Minggu Ke 2 mengajar . Kegiatan yang dilaksanakan dalam pendampingan ini meliputi 6 (enam) kelompok kegiatan yaitu: (1) Pendampingan dalam kegiatan pembelajaran.BAB II Pelaksanaan Program Pendampingan SMK dan Pembahasan (membahas rekapitulasi program yang berhasil dilaksanakan. kesesuaian dengan rencana program) 1. Mengajar pengenalan Internet sampai Minggu ke 3 s/d Membantu penggunaan Internet Membantu mengajar kelas TKJ A. Jadwal Rincian Membantu mengajar kelas TKJ A. kesesuaian dengan rencana program) Pelaksanaan Program Pendampingan Program pendampingan SMK ini dilaksanakan selama 5 bulan yang terhitung mulai bulan Oktober 2011 sampai dengan bulan Februari 2012. Semester Ganjil) . masing-masing sebagai tugas tambahan. memberikan materi TKJ tentang WAN s/d Selesai Sudah berjalan Ket.

Kegiatan Pendampingan Dalam Pembenahan Perpustakaan Sekolah Jadwal Pelaksanaan Jenis Kegiatan Rincian Minggu ke 6 Membuat Proposal akan proposal membangun Perpustakaan baru digunakan mencari bantuan dana bersama komite sekolah Ket. Kegiatan Pendampingan Dalam Menata Lingkungan Sekolah Jadwal Pelaksanaan Jenis Kegiatan Rincian Minggu ke 7 s/ 8 Membuat Proposal akan proposal penataan taman lingkungan digunakan mencari bantuan dana bersama komite sekolah Ket. Terdapat 8 unit komputer hanya 2 yang dapat diperbaiki tanpa biaya 4. Sudah berjalan 3.2. Komputer Ket. Kegiatan Pendampingan Dalam Penataan Administrasi Sekolah Jadwal Pelaksanaan Jenis Kegiatan Minggu ke 2 s/d Membantu Minggu Ke 4 penataan administrasi siswa Rincian Melengkapi data siswa Ket. Sudah Berjalan 5. Kegiatan Pendampingan Dalam Pembenahan Media Pembelajaran Jadwal Pelaksanaan Minggu ke 5 Jenis Kegiatan Membantu memperbaiki Komputer Rincian Memperbaiki Komputer di Lab. Sedang Berjalan .

Minggu ke 8 s/d 9 sekolah Mendesain gambar Gedung dan Lingkungan Sekolah Membantu Penataan taman lingkungan Sekolah Untuk keperluan pembangunan sekolah secara bertahap Sudah Berjalan Minggu ke 9 s/d 10 Membantu Penanaman Pohon di lingkungan sekolah Sedang Berjalan 6. Kegiatan Pendampingan Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstra Kurikuler Jadwal Pelaksanaan Minggu ke 11 Jenis Kegiatan Pertandingan bola volley antar siswa beserta guru Rincian Ket. Sudah Berjalan .

4. ekonomi. 2. dan masyarakat. 5) Penyediaan sarana internet dan perpustakaan merupakan sumber informasi yang penting bagi para peserta didik. 6) Kondisi sosial. Tetap berpedoman pada sikap terbuka dan bekerja sama dengan pihak-pihak yang ingin menimba pengalaman atau mempelajari kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini.  Untuk Pihak LPM 1. Pencapaian visi sekolah untuk segera direalisasikan. Guna menghasilkan alumni lulusan SMK Negeri 1 Kempo yang berpotensi. 3. maka kedisiplinan dan kepemimpinan agar tetap dipertahankan dan tingkatkan. 3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan program adalah faktor dukungan moril dan pendanaan. Adanya hubungan lisan maupun tertulis antara LPM UNRAM dengan sekolah yang bersangkutan maupun dengan mahasiswa yang sedang melaksanakan program. Partisipasi LPM UNRAM selama peserta pendampingan melaksanakan program pendampingan diharapkan lebih ditingkatkan. Mengkaji tenaga pendidik yang kompeten dan berdedikasi. 4) Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu cara untuk menarik minat siswa dan calon siswa yang akan melakukan kegiatan pembelajaran. peserta pendampingan dapat belajar menghadapi peserta didik. 2. dan budaya mempengaruhi jumlah siswa yang mengikuti pendidikan menengah.  Saran Untuk Sekolah SMK Negeri 1 Kempo 1. begitu pula bagi seluruh personil sekolah. b. Kesimpulan 1) Program pendampingan SMK ini memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak. . 2) Sebagian besar kegiatan perencanaan program telah berhasil dilaksanakan.BAB III PENUTUP a. pihak sekolah. antara lain. hubungan dan komunikasi rutin akan menambah suksesnya pelaksanaan yang lebih baik.

katerampilan. Keberlanjutan Program 1. staf guru. 4. 2. Harus mempunyai kepercayaan diri dan tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakn proses belajar mengajar. kemampuan. ataupun dengan ikut serta dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada. pimpinan sekolah. kesadaran dan tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban yang diberikan. staf tata usaha maupun dengan para siswa dengan baik. Hendaknya lebih mendisiplinkan diri akan hal-hal yang berkaitan dengan peraturan sekolah. Ikut berperan serta dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah. 3. Memperbaiki sistem belajar yang selama ini dilaksanakan.  Untuk Siswa SMK Negeri 1 Kempo 1. 2.  Untuk Pelaksanan Program Pendampingan SMK (Praktikan) 1. 2. Kegiatan Ekstra kurikuler rutin dilaksanakan setelah selesainya ujian. 3. 3. 5. dibuat. Dibutuhkan kesabaran. Harus selalu mengkonsultasikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi kepada LPM ataupun kepada guru-guru dan semua pihak yang menjadi tata laksana sekolah. Penghijauan Lingkungan Sekolah akan terus dilaksanakan sesuai Rencana Pembangunan Ruang Kelas Baru(RKB) dan Penataan dengan rencana penataan lingkungan sekolah lingkungan sekolah yang sesuai dengan desain gambar sekolah yang telah . Hendaknya baik dosen supervisor lebih sering memonitor sehingga komunikasi akan memperlancar dalam menghadapi kesulitan dengan pemecahan secara periodik dalam meningkatkan mutu mahasiswa program pendampingan SMK. Harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Harus mempersiapkan dengan baik materi pelajaran dengan perencanaan yang benar-benar matang dan diperhitungkan sebelum memulai melaksanakan proses belajar mengajar. c.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful