Biokimia Biokimia adalah ilmu yang mempelajari proses kimia dalam organisme hidup.

Biokimia mengatur semua organisme hidup dan proses hidup. Dengan mengontrol arus informasi melalui sinyal biokimia dan aliran energi kimia melalui metabolisme, proses biokimia menimbulkan fenomena yang tampaknya magis kehidupan. Sebagian besar berkaitan biokimia dengan struktur dan fungsi komponen seluler seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya meskipun semakin proses, bukan molekul individu fokus utama. Selama 40 tahun terakhir biokimia telah menjadi begitu sukses dalam menjelaskan proses hidup yang sekarang hampir semua bidang ilmu kehidupan dari botani untuk obat yang terlibat dalam penelitian biokimia. Hari ini fokus utama biokimia murni adalah memahami bagaimana molekul biologis menimbulkan proses-proses yang terjadi dalam sel-sel hidup yang pada gilirannya sangat berhubungan dengan studi dan pemahaman seluruh organisme. Di antara sejumlah besar biomolekul yang berbeda, banyak yang kompleks dan molekul besar (polimer disebut), yang terdiri dari subunit berulang serupa (disebut monomer). Setiap kelas biomolecule polimer memiliki seperangkat jenis subunit yang berbeda. [1] Sebagai contoh, protein merupakan polimer subunit yang dipilih dari satu set 20 atau lebih asam amino. Biokimia studi sifat kimia dari molekul hayati yang penting, seperti protein, dan khususnya reaksi kimia enzim-katalis. Biokimia metabolisme sel dan sistem endokrin telah banyak dijelaskan. daerah lain biokimia termasuk kode genetik (DNA, RNA), sintesis protein, angkutan membran sel, dan transduksi sinyal.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2100406-pengertianbiokimia/#ixzz1oRXTAqf8

Asam amino
Asam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Dalam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit: keduanya terikat pada satu atom karbon (C) yang sama (disebut atom C "alfa" atau α). Gugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifat basa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifatamfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam. Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu fungsinya sangat penting dalam organisme, yaitu sebagai penyusun protein.

Struktur asam amino

Struktur asam α-amino, dengan gugus amina di sebelah kiri dan gugus karboksil di sebelah kanan.
Struktur asam amino secara umum adalah satu atom C yang mengikat empat gugus: gugus amina (NH2), gugus karboksil (COOH), atom hidrogen (H), dan satu gugus sisa (R, dari residue) atau disebut juga gugus atau rantai samping yang membedakan satu asam amino dengan asam amino lainnya. Atom C pusat tersebut dinamai atom Cα ("C-alfa") sesuai dengan penamaan senyawa bergugus karboksil, yaitu atom C yang berikatan langsung dengan gugus karboksil. Oleh karena gugus amina juga terikat pada atom Cα ini, senyawa tersebut merupakan asam α-amino. Asam amino biasanya diklasifikasikan berdasarkan sifat kimia rantai samping tersebut menjadi empat kelompok. Rantai samping dapat membuat asam amino bersifat asam lemah, basa lemah, hidrofilik jika polar, dan hidrofobik jika nonpolar.

Isomerisme pada asam amino

Dua model molekul isomer optis asam amino alanina
Karena atom C pusat mengikat empat gugus yang berbeda, maka asam amino—kecuali glisina— memilikiisomer optik: L dan D. Cara sederhana untuk mengidentifikasi isomeri ini dari gambaran dua dimensi adalah dengan "mendorong" atom H ke belakang pembaca (menjauhi pembaca). Jika searah putaran jarum jam (putaran ke kanan) terjadi urutan karboksil-residu-amina maka ini adalah tipe D. Jika urutan ini terjadi dengan arah putaran berlawanan jarum jam, maka itu adalah tipe L. (Aturan ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama CLRN, dari singkatan COOH - R - NH2).

Pada umumnya, asam amino alami yang dihasilkaneukariota merupakan tipe L meskipun beberapa siput laut menghasilkan tipe D. Dinding sel bakteribanyak mengandung asam amino tipe D.

[sunting]Polimerisasi

asam amino

Lihat juga artikel tentang ekspresi genetik.

Reaksi kondensasi dua asam amino membentuk ikatan peptida
Protein merupakan polimeryang tersusun dari asam amino sebagaimonomernya. Monomer-monomer ini tersambung dengan ikatan peptida, yang mengikat gugus karboksil milik satu monomer dengan gugus amina milik monomer di sebelahnya. Reaksi penyambungan ini (disebut translasi) secara alami terjadi di sitoplasma dengan bantuan ribosom dan tRNA. Pada polimerisasi asam amino, gugus -OH yang merupakan bagian gugus karboksil satu asam amino dan gugus -H yang merupakan bagian gugus amina asam amino lainnya akan terlepas dan membentuk air. Oleh sebab itu, reaksi ini termasuk dalam reaksi dehidrasi. Molekul asam amino yang telah melepaskan molekul air dikatakan disebut dalam bentuk residu asam amino.

[sunting]Zwitter-ion

Asam amino dalam bentuk tidak terion (kiri) dan dalam bentuk zwitter-ion.
Karena asam amino memiliki gugus aktif amina dan karboksil sekaligus, zat ini dapat dianggap sebagai sekaligus asam dan basa (walaupun pH alaminya biasanya dipengaruhi oleh gugus-R yang dimiliki). Pada pH tertentu yang disebut titik isolistrik, gugus amina pada asam amino menjadi bermuatan positif (terprotonasi, – NH3+), sedangkan gugus karboksilnya menjadi bermuatan negatif (terdeprotonasi, –COO-). Titik isolistrik ini spesifik bergantung pada jenis asam aminonya. Dalam keadaan demikian, asam amino tersebut dikatakan berbentuk zwitter-ion. Zwitter-ion dapat diekstrak dari larutan asam amino sebagai struktur kristal putih yang bertitik lebur tinggi karena sifat dipolarnya. Kebanyakan asam amino bebas berada dalam bentuk zwitter-ion pada pH netral maupun pH fisiologis yang dekat netral.

L) Isoleusina (Ile.[sunting]Asam amino dasar (standar) Protein tersusun dari berbagai asam amino yang masing-masing dihubungkan dengan ikatan peptida. Q) [sunting]Asam amino basa    Lisina (Lys. R) Histidina (His. E) [sunting]Amida   Asparagina (Asn. dikelompokkan menurut sifat atau struktur kimiawinya: [sunting]Asam amino alifatik sederhana      Glisina (Gly. pada awal pembentukannya protein hanya tersusun dari 20 asam amino yang dikenal sebagai asam amino dasar atau asam amino baku atau asam amino penyusun protein (proteinogenik). H) (memiliki gugus siklik) [sunting]Asam amino dengan sulfur . A) Valina (Val. G) Alanina (Ala. D) Asam glutamat (Glu. K) Arginina (Arg. I) [sunting]Asam amino hidroksi-alifatik   Serina (Ser. Berikut adalah ke-20 asam amino penyusun protein (singkatan dalam kurung menunjukkan singkatan tiga huruf dan satu huruf yang sering digunakan dalam kajian protein). N) Glutamina (Gln. Meskipun demikian. Asam-asam amino inilah yang disandi oleh DNA/RNA sebagai kode genetik. S) Treonina (Thr. T) [sunting]Asam amino dikarboksilat (asam)   Asam aspartat (Asp. V) Leusina (Leu.

hormon dan asam nukleat). dan valina. leusina. F) Tirosina (Tyr. Histidina dan arginina disebut sebagai "setengah esensial" karena tubuh manusia dewasa sehat mampu memenuhi kebutuhannya. ada delapan (ada yang menyebut sembilan) asam amino esensial yang harus dipenuhi dari diet sehari-hari. spesies itu harus memasoknya dari luar (lewat makanan). P) (memiliki gugus siklik) [sunting]Asam amino aromatik    Fenilalanina (Phe. Bagi manusia. [sunting]Asam amino esensial Asam amino diperlukan oleh makhluk hidup sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting. treonina. termasuk enzim. Untuk memenuhi kebutuhan ini. W) Kelompok ini memiliki cincin benzena dan menjadi bahan baku metabolit sekunder aromatik. metionina. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa . fenilalanina. 2. 3. Kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin. Penyusun protein. Asam amino karnitina juga bersifat "setengah esensial" dan sering diberikan untuk kepentingan pengobatan.  Sisteina (Cys. Pengikat ion logam penting yang diperlukan dalam dalam reaksi enzimatik (kofaktor). triptofan. C) Metionina (Met. Y) Triptofan (Trp. M) [sunting]Prolin  Prolina (Pro. yaitu isoleusina. [sunting]Fungsi biologi asam amino 1. Ia disebut esensial bagi suatu spesies organisme apabila spesies tersebut memerlukannya tetapi tidak mampu memproduksi sendiri atau selalu kekurangan asam amino yang bersangkutan. Asetilkolin Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Istilah "asam amino esensial" berlaku hanya bagi organisme heterotrof. lisina.

[1] Aktivitas dari neurotransmiter ini dapat dihambat oleh enzim kolinesterase (EC 3.446. Natl. Natl.7).doi:10. "Acetylcholinesterase.[5] Di samping itu.59. II.[6] [sunting]Referensi 1. 4. isoionic point".1073/pnas.[1] Senyawa organik dengan rumus molekul CH3COOCH2CH2N+(CH3)3 ini tersebar di seluruh tubuhmanusia. "Acetylcholinesterase. ^ a b Medications for Memory Loss. 2.57. PMID 16591490.1.Struktur kimia senyawa asetilkolin. 3. Diakses pada 31 Juli 2011. Crystallization. ^ a b c d e Rittner D. and amino acid analysis".[1]Senyawa neurotransmiter ini dapat ditemukan di dalam sistem saraf organisme vertebrata. Cauvin E (February 1968). 5. Acad. homogeneity. I.doi:10. 57 (2): 446–451. Facts on File: AS. 2011.A.S.[1] Segera setelah dikeluarkan.1. Baker AL. Bailey RA. Encyclopedia of Chemistry. 59 (2): 620–3.1073/pnas. absorption spectra.[1] Asetilkolin berperan dalam mentransmisikan sinyal atau rangsangan yang diterima untuk diteruskan di antara sel-sel saraf yang berdekatan atau pada sambungan neuromuscular. Baker AL (February 1967).[2] Enzim ini sendiri ditemukan pada tahun 1968 dimana seorang peniliti bernama Walo Leuzinger berhasil memurnikan dan mengkristalkan enzim ini dari belut listrik di Universitas Kolumbia.Diakses pada 31 Juli 2011.[5] Penyakit ini dapat dikurangi efeknya dengan menggunakan obat yang mengandunginhibitor kolinesterase. asetilkolin akan berdifusi dicelah antarsinapsis dan menstimulasi saraf-saraf lainnya. 2005. ^ Leuzinger W. U. Proc. hilangnya ingatan.620. Sci.2. ^ Enzyme.2. Asetilkolin merupakan salah satu jenis neurotransmiter (zat kimia penghantar rangsangan saraf) yang paling umum dikenal. Acad.[3][4]Penghambatan kerja asetilkolin oleh enzim ini di dalam tubuh manusia berperan dalam menimbulkan penyakit Alzheimer yang terkait dengan kerusakan sel-sel otak. PMID 5238989. senyawa asetilkolin juga banyak berperan dalam aktivitasgastoinstestinal. Large-scale purification. Sci. U.S. . Proc.A. dan kemampuan berpikir. terutama banyak terdapat di dalam sistem saraf tepi (otonom) dan senyawa ini dikeluarkan dengan adanya stimulasi saraf. ^ Leuzinger W.

ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Singkatan ATP juga merupakan singkatan dari Association of Tennis Professionals. Komposisi Kimia ATP terdiri dari adenosina dan tiga gugus fosfat. organisasi tenis pria sedunia. ATP juga berperan penting dalam sintesis asam nukleat. Rumus struktur adenosin trifosfat (ATP) Adenosina trifosfat (ATP) adalah suatu nukleotida yang dalambiokimia dikenal sebagai "satuanmolekular" pertukaran energi intraselular. Diakses pada 31 Juli 2011. ^ Oktavie. ATP dapat digunakan untuk menyimpan dan mentranspor energi kimia dalamsel. artinya. Gugus fosforil pada AMP disebut gugus alfa. and gamma fosfat. ATP yang berada di luar sitoplasma atau di luar sel dapat berfungsi sebagai agen signaling yang memengaruhi pertumbuhan dan respon terhadap perubahan lingkungan.184 u. dengan bobot molekul 507. dan rumus kimianya adalah C10H8N4O2NH2(OH)2(PO3H)3H.6. Pengaruh epinefrin dan asetilkolin terhadap otot usus. Rumus empirisnya adalah C10H16N5O13P3. 2011. Molekul ATP juga digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan tumbuhan dalam respirasi selular. beta. Sintesis . Adenosina trifosfat Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

Energi yang digunakan oleh sel manusia untuk melakukan hidrolisis dapat berjumlah 200 hingga 300 mol ATP per hari. Reaksi ADP dengan GTP ADP + GTP ATP + GDP Belakangan ini banyak dibicarakan kemungkinan menggunakan ATP sebagai sumber energi untuknanoteknologi dan implan sehingga peralatan seperti alat pacu jantung buatan tidak lagi memerlukanbaterai. Tahap akhir dari sintesis ATP terjadi dalam mitokondria dan menghasilkan total 36 ATP. ATP juga dapat langsung dipecah menjadi adenosina monofosfat dan pirofosfat. ATP tidak dapat disimpan. Energi ini dapat digunakan oleh berbagai macam enzim. Bahan bakar utama sintesis ATP adalah glukosa dan asam lemak. setiap molekul ATP didaur ulang sebanyak 2000 hingga 3000 kali setiap hari. Trifosfat lain Sel juga memiliki trifosfat nukleosida mengandung energi tinggi yang lain. karenanya sintesis harus segera diikuti dengan penggunaan. Pada tumbuhan.glukosa dipecah menjadi asam piruvat di dalam sitosol dalam reaksi glikolisis. proses ini lebih sering dijumpai di dalamkloroplas melalui proses fotosintesis. dan protein transpor untuk melangsungkan kehidupan sel.1 mol. Mula-mula. Dari satu molekul glukosa akan dihasilkan dua molekul ATP. namun seringnya dijumpai di mitokondria melalui proses fosforilasi oksidatif dengan bantuan enzim pengkatalisis ATP sintetase. ATP dalam tubuh manusia Jumlah total ATP dalam tubuh manusia berkisar pada 0. protein motor. Selain energi.Model molekul ATP ATP dapat dihasilkan melalui berbagai proses selular. Artinya. hidrolisis akan melepaskan fosfat anorganik dan ADP yang dapat dipecah lagi menjadi satu ion fosfat dan AMP. Energi dapat dengan mudah ditransfer antar trifosfat-trifosfat ini dengan ATP melalui reaksi yang dikatalisis olehnukleosida difosfokinase: Energi dilepaskan ketika terjadi hidrolisis terhadap ikatanikatan fosfatberenergi tinggi. . seperti GTP.

ternyata. Timina. CMP) · difosfat (ADP. dCDP) · trifosfat (dATP. CDP) ·trifosfat (ATP. GDP. Guanina. Analog pirimidina) Ribonukleosida Adenosina · Guanosina · Uridina · Sitidina Deoksiribonukleosida Deoksiadenosina · Deoksiguanosina · Timidina · Deoksiuridina ·Deoksisitidina Ribonukleotida monofosfat (AMP. Mekanisme ini belum banyak dipelajari dan diketahui terjadi pada hewan dan. menempati matriks ekstraselular. ensiklopedia bebas .Peran biokimia dan fisiologi l•b•s Nukleobasa. Analog purina) · Pirimidina (Urasil. dCMP) · difosfat (dADP. Sebagai pembawa energi. cGMP. cADPR Deoksiribonukleotida monofosfat (dAMP.09. UDP. doi:10.Trends in Plant Science 12:522-528. Sitosina. dalam bentuk yang tertukar sebagai ATP dan ADP. nukleosida. dan nukleotida Nukleobasa Nukleosida/ (NB+pentosa) Nukleotida/ (NS+fosfat) Purina (Adenina. dUMP. TMP. CTP) Siklik cAMP. ATP dan nukleosida trifosfat lainnya dapat berada di luar sel. UMP. 2007. Peran ATP yang paling banyak dikenali orang adalah sebagai pembawa energi. dGMP.003 Adenosina difosfat Dari Wikipedia bahasa Indonesia.[1] Rujukan 1. ^ Roux SJ dan Steinbrunner I. Fungsi ini berlangsung di berbagai kompartemen sel.plants. GMP.TDP. dGDP. GTP. dGTP. Extracellular ATP: an unexpected role as a signaler in plants. c-di-GMP. ATP juga banyak dijumpai pada mitokondria. Di sini mereka berperan sebagai agen signaling yang merespon perubahan lingkungan atau gangguan dari organisme lain untuk kemudian ditangkap oleh reseptor pada membran sel. juga pada tumbuhan.1016/j. tetapi kebanyakan terjadi pada sitosol (ruang di dalam sitoplasma yang berisi cairan kental). UTP.2007.

ribosagula pentosa. yang menyebabkan aktivasi platelet yang lebih jauh[1]. ADP berinteraksi dengan keluarga reseptor ADP yang ada di platelet (P2Y1. disingkat ADP. nukleosida.Rumus struktur adenosin difosfat (ADP) Adenosin difosfat. ^ Murugappa S. ADP disimpan dalam granulaplatelet padat dan dilepaskan ketika platelet tersebut diaktivasi. 11:1977-86 Nukleobasa. P2Y12 dan P2X1). "The role of ADP receptors in platelet function". Kunapuli SP. Ia adalah bentuk ester dari asam pirofosforatdengan nukleobasa adenina. Obat anti platelet (Plavix / clopidogrel) menghambat reseptor P2Y12. ADP dalam darahdiubah menjadi adenosina oleh ecto-ADPase. yang menghambat aktivasi platelet yang lebih jauh melalui reseptor adenosina.. ADP adalah produk dari reaksi defosforilasi hidrolisis ATP pada ATPase. 2006. [sunting]Lihat     Nukleotida DNA RNA pula Adenosina trifosfat Rujukan 1. dan nukleobasa adenina. ADP dapat kembali menjadi ATP oleh ATP synthase. adalah sebuah nukleotida. dan nukleotida . ADP terdiri dari gugus pirofosfat. Front Biosci. ATP adalah energi yang penting dalam molekul dalam sel.

GDP. ATP yang berada di luar sitoplasma atau di luar sel dapat berfungsi sebagai agen signaling yang memengaruhi pertumbuhan dan respon terhadap perubahan lingkungan.Nukleobasa Nukleosida/ (NB+pentosa) Nukleotida/ (NS+fosfat) Purina (Adenina. Analog purina) · Pirimidina (Urasil. Sitosina. UMP. Timina. cGMP. c-di-GMP. CDP) ·trif Siklik cAMP. Rumus struktur adenosin trifosfat (ATP) Adenosina trifosfat (ATP) adalah suatu nukleotida yang dalambiokimia dikenal sebagai "satuanmolekular" pertukaran energi intraselular. Komposisi Kimia . dUMP. ATP dapat digunakan untuk menyimpan dan mentranspor energi kimia dalamsel. artinya. dGDP. UDP. CMP) · difosfat (ADP. GMP. Molekul ATP juga digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan tumbuhan dalam respirasi selular. ATP juga berperan penting dalam sintesis asam nukleat. TMP. Analog pirimidina) Ribonukleosida Adenosina · Guanosina · Uridina · Sitidina Deoksiribonukleosida Deoksiadenosina · Deoksiguanosina · Timidina · Deoksiuridina ·Deoksis Ribonukleotida monofosfat (AMP. dGMP.TD Adenosina trifosfat Singkatan ATP juga merupakan singkatan dari Association of Tennis Professionals. Guanina. dCMP) · difosfat (dADP. cADPR Deoksiribonukleotida monofosfat (dAMP. organisasi tenis pria sedunia.

Pada tumbuhan. Sintesis Model molekul ATP ATP dapat dihasilkan melalui berbagai proses selular. Dari satu molekul glukosa akan dihasilkan dua molekul ATP. karenanya sintesis harus segera diikuti dengan penggunaan. Tahap akhir dari sintesis ATP terjadi dalam mitokondria dan menghasilkan total 36 ATP. Energi yang digunakan oleh sel manusia untuk melakukan hidrolisis dapat berjumlah 200 hingga 300 mol ATP per hari. dan rumus kimianya adalah C10H8N4O2NH2(OH)2(PO3H)3H. Bahan bakar utama sintesis ATP adalah glukosa dan asam lemak. Artinya. ATP juga dapat langsung dipecah menjadi adenosina monofosfat dan pirofosfat. hidrolisis akan melepaskan fosfat anorganik dan ADP yang dapat dipecah lagi menjadi satu ion fosfat dan AMP. Selain energi. dengan bobot molekul 507. Mula-mula. Gugus fosforil pada AMP disebut gugus alfa.glukosa dipecah menjadi asam piruvat di dalam sitosol dalam reaksi glikolisis. seperti GTP. setiap molekul ATP didaur ulang sebanyak 2000 hingga 3000 kali setiap hari. Reaksi ADP dengan GTP . dan protein transpor untuk melangsungkan kehidupan sel. proses ini lebih sering dijumpai di dalamkloroplas melalui proses fotosintesis.184 u. Energi dapat dengan mudah ditransfer antar trifosfat-trifosfat ini dengan ATP melalui reaksi yang dikatalisis olehnukleosida difosfokinase: Energi dilepaskan ketika terjadi hidrolisis terhadap ikatanikatan fosfatberenergi tinggi.1 mol. ATP tidak dapat disimpan. Trifosfat lain Sel juga memiliki trifosfat nukleosida mengandung energi tinggi yang lain. Energi ini dapat digunakan oleh berbagai macam enzim. protein motor. namun seringnya dijumpai di mitokondria melalui proses fosforilasi oksidatif dengan bantuan enzim pengkatalisis ATP sintetase. ATP dalam tubuh manusia Jumlah total ATP dalam tubuh manusia berkisar pada 0.ATP terdiri dari adenosina dan tiga gugus fosfat. and gamma fosfat. Rumus empirisnya adalah C10H16N5O13P3. beta.

tetapi kebanyakan terjadi pada sitosol (ruang di dalam sitoplasma yang berisi cairan kental). Mekanisme ini belum banyak dipelajari dan diketahui terjadi pada hewan dan. Extracellular ATP: an unexpected role as a signaler in plants. CMP) · difosfat (ADP. UMP. ATP juga banyak dijumpai pada mitokondria. Analog purina) · Pirimidina (Urasil. c-di-GMP. dalam bentuk yang tertukar sebagai ATP dan ADP. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa . GMP.09. cADPR Deoksiribonukleotida monofosfat (dAMP.2007. juga pada tumbuhan.[1] [sunting]Rujukan 1. Sebagai pembawa energi. d Vasopresin Dari Wikipedia bahasa Indonesia. cGMP. Timina. 2007. dUMP.ADP + GTP ATP + GDP Belakangan ini banyak dibicarakan kemungkinan menggunakan ATP sebagai sumber energi untuknanoteknologi dan implan sehingga peralatan seperti alat pacu jantung buatan tidak lagi memerlukanbaterai. Di sini mereka berperan sebagai agen signaling yang merespon perubahan lingkungan atau gangguan dari organisme lain untuk kemudian ditangkap oleh reseptor pada membran sel. nukleosida. menempati matriks ekstraselular. Peran biokimia dan fisiologi Peran ATP yang paling banyak dikenali orang adalah sebagai pembawa energi. Sitosina.003 [sembunyikan] l•b•s Nukleobasa. ternyata. dCMP) · difosfat (dADP. TMP. Guanina. Analog pirim Ribonukleotida monofosfat (AMP. C Siklik cAMP.plants. dGMP. ATP dan nukleosida trifosfat lainnya dapat berada di luar sel. ^ Roux SJ dan Steinbrunner I. Fungsi ini berlangsung di berbagai kompartemen sel. doi:10.Trends in Plant Science 12:522-528. GDP.1016/j. UDP. dan nukleotida Nukleobasa Nukleosida/ (NB+pentosa) Nukleotida/ (NS+fosfat) Ribonukleosida Adenosina · Guanosina · Uridina · Sitidina Deoksiribonukleosida Deoksiadenosina · Deoksiguanosina · Timidina · Deoksiuridina Purina (Adenina.

VP. OT dan VP merupakan neuropeptida purba yang merupakan keluarga peptida dengan konservasi tinggi meliputi berbagai phylum yang timbul dari duplikasi gen vasotosin purba. ADH) adalah hormon yang dapat ditemui hampir di semua mamalia. VP adalah sebuah hormon peptida yang mengatur penyerapan kembali molekul yang berada pada ginjal dengan memengaruhi permeabilitas jaringan dinding tubules. sekresi kelenjar susupada tahun 1910. VP akan mengatur homeostasis antara garam dan air. VP bersama dengan OT merupakan hormon neurohipofisis (bahasa Inggris: neurohypophysial) yang ditemukan pertama kali oleh Oliver and Schafer pada tahun 1895 dengan pengamatan ekstrakhipofisis yang memengaruhi tekanan darah. VP maupun oksitosin/OT disintesis oleh magnocellular neurons dari hypothalamic supraoptic nuclei (SON) danparaventricular nuclei (PVN) hipotalamus dan disimpan di dalam vesikel hipofisis posterior sebagai bagian dari precursor(substrat bahan baku) bagi preprohormone. Vasopresin (bahasa Inggris: Arginine Vasopressin. sehingga deret dan struktur asam aminountuk VP dan OT beserta fungsi dan sintesisnya dapat dijelaskan. Hormon Antidiuretik. Hingga pada tahun 1952. efek antidiuretik pada tahun 1913. Setiap bagian dipisahkan untuk diedarkan dalam bentuknonapeptida. neurophysin. dan dari VP sebuah glikopeptida jenis kopeptin. Pada organisme primitif seperti freshwater hydra ditemukan senyawa yang mirip dengan OT/VP . Antidiuretic Hormone. Pada sirkulasi darah.[1] termasukmanusia. sementara OT mengaturparturition dan lactation. Beberapa dekade kemudian.Keakuratan artikel ini diragukan dan artikel ini perlu diperiksa ulang dengan mencantumkan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. ke dalam sirkulasi darah atau langsung menuju ke dalam otak. sehingga berfungsi untuk mengatur pengeluaran urin. Argipressin. ekstrak hipofisis posterior ditengarai mempunyai efek yang lain yaitu kontraksi uterus pada tahun 1906. AVP. du Vigneaud dan koleganya menemukan dua jenis peptida dalam hormon ini. Lihat diskusi mengenai artikel ini di halaman diskusinya.

Alanine transaminase From Wikipedia.tetrapod memakai mesotosin dan vasotosin. W. ^ (Inggris)"Oxytocin and Vasopressin: Genetics and Behavioral Implications" (pdf).pada mamalia. [sunting]Referensi 1. Diakses pada 26 Februari 2010. [sunting]Daftar  pustaka Brenner & Rector's The Kidney. H.. 7th ed.. and Young. Saunders. ikan mempunyai isotosin dan vasotosin.S. Anda dapat membantu Wikipedia denganmengembangkannya. Hanya residu asam amino ketiga dan kedelapan yang membedakan kedua jenis peptida ini. Full Text with MDConsult subscription Artikel bertopik biologi ini adalah sebuah rintisan. the free encyclopedia glutamic-pyruvate transaminase Identifiers Symbol Entrez HUGO OMIM RefSeq UniProt GPT 2875 4552 138200 NM_005309 P24298 .K.. 2004. III. Keduanonapeptida mempunyai rumus bangun yang tersusun oleh disulfida. Caldwell.

6.1.1.Other data EC number Locus 2. 8 q24.2 Chr.6.2-qter Alanine transaminase Identifiers EC number CAS number 2.2 9000-86-6 Databases IntEnz BRENDA ExPASy KEGG MetaCyc PRIAM PDBstructures Gene Ontology IntEnz view BRENDA entry NiceZyme view KEGG entry metabolic pathway profile RCSB PDB PDBe PDBsum AmiGO / EGO [show]Search .

Contents [hide]   1 Function 2 Clinical significance o 2.1. diabetes. For this reason. congestive heart failure.[citation needed] Alanine transaminase shows a marked diurnal variation. or myopathy. glutamate + pyruvate ⇌ α-ketoglutarate + alanine Alanine transaminase [edit]Clinical significance It is commonly measured clinically as a part of a diagnostic evaluation of hepatocellular injury. but is most commonly associated with the liver. liver damage. ALT is commonly used as a way of screening for liver . bile duct problems. it is almost always measured in international units/liter (U/L).2).[citation needed] While sources vary on specific normal range values. It is also called serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) or alanine aminotransferase (ALAT). infectious mononucleosis. When used in diagnostics.Alanine transaminase or ALT is a transaminaseenzyme (EC 2. ALT is found in serum and in various bodily tissues. the products of this reversibletransamination reaction being pyruvate and glutamate. to determine liver health. It catalyzes the two parts of the alanine cycle.1 Elevated levels    3 See also 4 References 5 External links [edit]Function It catalyzes the transfer of an amino group from alanineto α-ketoglutarate. most show between 5-60 U/L as being normal.6. [edit]Elevated levels Significantly elevated levels of ALT(SGPT) often suggest the existence of other medical problems such as viral hepatitis.

However. As of July 2003.problems.[1] When elevated ALT levels are found in the blood. antibiotics. and ALT levels can also increase in response to strenuous physical exercise. anti-inflammatory drugs. and anti-convulsants.[2] See also   Aspartate transaminase Liver function tests [edit]References 1. the Red Cross changed the ALT policy. the American Red Cross used ALT testing as part of the battery of tests to ensure the safety of its blood supply by deferring donors with elevated ALT levels. For example. The intent was to identify donors potentially infected with Hepatitis C because there was no specific test for that disease at the time. Many drugs may elevate ALT levels. With the introduction of second-generation ELISA antibody tests forHepatitis C. donors previously disqualified for elevated ALT levels and no other reason may be reinstated as donors by contacting the donor counseling department of their regional Red Cross organization. Prior to July 1992. 2. Also.American Family Physician.D.. ^ Paul T. Fluctuation of ALT levels is normal over the course of the day. elevated levels of ALT do not automatically mean that medical problems exist. the possible underlying causes can be further narrowed down by measuring other enzymes. Mildly Elevated Liver Transaminase Levels in the Asymptomatic Patient. including Zileuton.myopathy-related ALT levels can be ruled out by measuring creatine kinase enzymes. For years. cholesterol medications. elevated ALT levels due to liver-celldamage can be distinguished from biliary duct problems by measuring alkaline phosphatase. Giboney M. ^ Red Cross Donor Requirements Transaminase aspartat Dari Wikipedia bahasa Indonesia.[citation needed] Consider advanced schizophrenia. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa . widespread blood donation testing in the USA for Hepatitis C was not carried out by major blood banks. Elevated ALT may also be caused by dietary choline deficiency.

Transaminase aspartat (bahasa Inggris: aspartate transaminase. . Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. AspAT.1. EC 2. SGOT. Pada kerusakan hati akut. AST. Enzim Dari Wikipedia bahasa Indonesia.6. aspartate aminotransferase.1) adalahenzim golongan transaminase yang sering dikaitkan dengan kinerja organ hati. ASAT. jumlah enzim transaminase alanin (SGPT) dan transaminase aspartat (SGOT) meningkat dalam darah. ensiklopedia bebas Model komputer enzim purina nukleosida fosforilase (PNPase) Diagram energi potensial reaksi kimia organik yang menunjukkan efek katalis pada suatu reaksi eksotermik hipotetis X + Y = Z. AAT. Artikel bertopik biokimia ini adalah sebuah rintisan. seperti enzim ALT. serum glutamate-oxaloacetate transferase.

Tiap enzim memerlukan suhu dan pH (tingkat keasaman) optimum yang berbeda-beda karena enzim adalah protein. yang dapat mengalami perubahan bentuk jika suhu dan keasaman berubah. Kerja enzim juga dipengaruhi oleh molekul lain. Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat. kofaktordan inhibitor. yang disebutpromoter. Sebagai contoh: X + C → XC (1) Y + XC → XYC (2) XYC → CZ (3) CZ → C + Z (4) Meskipun senyawa katalis dapat berubah pada reaksi awal. Inhibitor adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim. enzim α-amilase hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa. suhu. pada reaksi akhir molekul katalis akan kembali ke bentuk semula. Hal ini akan menyebabkan enzim kehilangan fungsinya sama sekali. enzim tidak dapat bekerja secara optimal atau strukturnya akan mengalami kerusakan. Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebagai contoh. terutama adalah substrat. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan olehhormon sebagai promoter. Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediatmelalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkanenergi aktivasi lebih rendah.Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimiaorganik. Di luar suhu atau pH yang sesuai. yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa ataureaksi kimia. keasaman. sehingga percepatan reaksi kimia terjadi karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama. Sebagian besar enzim bekerja secara khas.[1][2] Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Etimologi dan Sejarah . Banyakobat dan racun adalah inihibitor enzim. Hal ini disebabkan perbedaanstruktur kimia tiap enzim yang bersifat tetap. sedangkan aktivator adalah yang meningkatkan aktivitas enzim.

dan cabang-cabang ilmu pertanian. dan kata ferment digunakan untuk merujuk pada aktivitas kimiawi yang dihasilkan oleh organisme hidup. enzimologi tidak dipelajari tersendiri sebagai satu jurusan tersendiri tetapi sejumlah program studi memberikan mata kuliah ini. Ia menulis bahwa "fermentasi alkoholik adalah peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan dan organisasi sel ragi. Kata "enzyme" kemudian digunakan untuk merujuk pada zat mati seperti pepsin. ilmu pangan.Eduard Buchner Hal-ihwal yang berkaitan dengan enzim dipelajari dalamenzimologi. mekanisme bagaimana hal ini terjadi belum diidentifikasi. pencernaandaging oleh sekresi perut[3] dan konversi pati menjadi gula oleh ekstrak tumbuhan dan ludah telah diketahui. Dalam dunia pendidikan tinggi. teknologi pengolahan pangan. disebut sebagai "ferment". Pada . dan bukannya kematian ataupun putrefaksi sel tersebut. ahli fisiologi Jerman Wilhelm Kühne (1837–1900) pertama kali menggunakan istilah "enzyme". Enzimologi terutama dipelajari dalam kedokteran.[4] Pada abad ke-19. ketika mengkaji fermentasi gula menjadialkohol oleh ragi. Pada akhir tahun 1700-an dan awal tahun 1800-an. Namun. dan diperkirakan hanya berfungsi dalam tubuh organisme hidup. Pada tahun 1897."[5] Pada tahun 1878. untuk menjelaskan proses ini. Eduard Buchner memulai kajiannya mengenai kemampuan ekstrak ragi untuk memfermentasi gula walaupun ia tidak terdapat pada sel ragi yang hidup. Louis Pasteur menyimpulkan bahwa fermentasi ini dikatalisasi oleh gaya dorong vital yang terdapat dalam sel ragi. yang berasal dari bahasa Yunani ενδυμον yang berarti "dalam bahan pengembang" (ragi).

dan telur putih. International Union of Biochemistry and Molecular Biology telah mengembangkan suatu tatanama untuk enzim. Namun. enzim yang ditemukan pada air mata. Umumnya. air ludah. Ketiga ilmuwan ini meraih penghargaan Nobel tahun 1946 pada bidang kimia. tripsin.[8] Penemuan bahwa enzim dapat dikristalisasi pada akhirnya mengijinkan struktur enzim ditentukan melalui kristalografi sinar-X. tiap-tiap enzim memiliki empat digit . ia menemukan bahwa gula difermentasi bahkan apabila sel ragi tidak terdapat pada campuran. Penemuan bahwa enzim dapat bekerja diluar sel hidup mendorong penelitian pada sifat-sifat biokimia enzim tersebut. namun beberapa ilmuwan seperti Richard Willstätter berargumen bahwa proten hanyalah bertindak sebagai pembawa enzim dan protein sendiri tidak dapat melakukan katalisis. dan kimotripsin. Struktur enzim ini dipecahkan oleh sekelompok ilmuwan yang diketuai oleh David Chilton Phillips dan dipublikasikan pada tahun 1965. Sumner berhasil mengkristalisasi enzim urease dan menunjukkan bahwa ia merupakan protein murni. Contohnya adalah laktase. Kesimpulannya adalah bahwa protein murni dapat berupa enzim dan hal ini secara tuntas dibuktikan oleh Northrop dan Stanley yang meneliti enzim pencernaan pepsin (1930).[6] Ia menamai enzim yang memfermentasi sukrosa sebagai "zymase" (zimase). James B. enzim biasanya dinamai sesuai dengan reaksi yang dikatalisasi oleh enzim tersebut. akhiran -ase ditambahkan pada nama substrat enzim tersebut (contohnya:laktase. Konvensi penamaan Nama enzim sering kali diturunkan dari nama substrat ataupun reaksi kimia yang ia kataliskan dengan akhiran -ase. Metode ini pertama kali diterapkan pada lisozim. yang disebut sebagai nomor EC.[7]Pada tahun 1907. yang mencerna lapisan pelindung beberapa bakteri. ia menerima penghargaan Nobel dalam bidang kimia "atas riset biokimia dan penemuan fermentasi tanpa sel yang dilakukannya". dan DNA polimerase.[9] Struktur lisozim dalam resolusi tinggi ini menandai dimulainya bidang biologi struktural dan usaha untuk memahami bagaimana enzim bekerja pada tingkat atom.sederet eksperimen di Universitas Berlin. untuk mendapatkan nama sebuah enzim. Banyak peneliti awal menemukan bahwa aktivitas enzim diasosiasikan dengan protein. merupakan enzim yang mengurai laktosa) ataupun pada jenis reaksi yang dikatalisasi (contoh: DNA polimerase yang menghasilkan polimer DNA). alkohol dehidrogenase (mengatalisis penghilangan hidrogen dari alkohol). Mengikuti praktek Buchner. pada tahun 1926.

dengan yang paling umum merupakanribosom. Bola abu-abu adalah kofaktor seng yang berada pada tapak aktif.uk/iubmb/enzyme/ (Bahasa Inggris).nomor urut sesuai dengan ketentuan klasifikasi yang berlaku.[11]Terdapat pula sejumlah kecil katalis RNA. sampai dengan lebih dari 2. Nomor pertama untuk klasifikasi teratas enzim didasarkan pada ketentuan berikut:       EC 1 Oksidoreduktase: mengatalisis reaksi oksidasi/reduksi EC 2 Transferase: mentransfer gugus fungsi EC 3 Hidrolase: mengatalisis hidrolisis berbagai ikatan EC 4 Liase: memutuskan berbagai ikatan kimia selain melalui hidrolisis dan oksidasi EC 5 Isomerase: mengatalisis isomerisasi sebuah molekul tunggal EC 6 Ligase: menggabungkan dua molekul dengan ikatan kovalen Tata nama secara lengkap dapat dilihat di http://www. Aktivitas enzim ditentukan oleh struktur tiga dimensinya (struktur .chem. Struktur dan mekanisme Lihat pula: Katalisis enzim Diagram pita yang menunjukkan karbonat anhidrase II. Jenis enzim ini dirujuk sebagai RNA-enzim ataupun ribozim.500 residu pada asam lemak sintase.qmul.ac. Enzim umumnya merupakan protein globulardan ukurannya berkisar dari hanya 62 asam amino pada monomer 4-oksalokrotonat tautomerase[10].

Enzim juga dapat menunjukkan tingkatstereospesifisitas. Tergantung pada jenis-jenis enzim. tetapi hanya sebagian kecil asam amino enzim (sekitar 3–4 asam amino) yang secara langsung terlibat dalam katalisis. Enzim-enzim ini memiliki mekanisme "sistem pengecekan ulang". muatan dan katakteristik hidrofilik/hidrofobik enzim dan substrat bertanggung jawab terhadap kespesifikan ini. Beberapa enzim juga memiliki tapak ikat untuk molekul kecil. Rantai protein tunggal kadang-kadang dapat berkumpul bersama dan membentuk kompleks protein. Enzim juga dapat mengandung tapak yang mengikatkofaktor yang diperlukan untuk katalisis. yakni bahwa ia dapat bekerja pada berbagai jenis substrat yang berbeda-beda. Sama seperti protein-protein lainnya. yang sering kali merupakan produk langsung ataupun tak langsung dari reaksi yang dikatalisasi.[15] Beberapa enzim yang menunjukkan akurasi dan kespesifikan tertinggi terlibat dalam pengkopian danpengekspresian genom. dan kemoselektivitas yang sangat tinggi. denaturasi dapat bersifat reversibel maupun ireversibel. regioselektivitas.[16] Proses dwilangkah ini menurunkan laju kesalahan dengan 1 kesalahan untuk setiap 100 juta reaksi pada polimerase mamalia.[21] .[17] Mekanisme yang sama juga dapat ditemukan pada RNA polimerase. Kebanyakan enzim dapat mengalami denaturasi (yakni terbuka dari lipatannya dan menjadi tidak aktif) oleh pemanasan ataupun denaturan kimiawi.[12] Walaupun struktur enzim menentukan fungsinya. Dengan demikian ia berfungsi sebagai regulasi umpan balik. Tiap-tiap urutan asam amino menghasilkan struktur pelipatan dan sifat-sifat kimiawi yang khas. Pengikatan ini dapat meningkatkan ataupun menurunkan aktivitas enzim. Kespesifikan Enzim biasanya sangat spesifik terhadap reaksi yang ia kataliskan maupun terhadap substrat yang terlibat dalam reaksi. Bentuk.[20] Beberapa enzim yang menghasilkan metabolit sekunder dikatakan sebagai "tidak pilih-pilih". enzim merupakan rantai asam amino yang melipat.kuaterner). Diajukan bahwa kespesifikan substrat yang sangat luas ini sangat penting terhadap evolusi lintasan biosintetik yang baru.[18] aminoasil tRNA sintetase[19] dan ribosom. Enzim seperti DNA polimerase mengatalisasi reaksi pada langkah pertama dan mengecek apakah produk reaksinya benar pada langkah kedua. prediksi aktivitas enzim baru yang hanya dilihat dari strukturnya adalah hal yang sangat sulit.[14] Daerah yang mengandung residu katalitik yang akan mengikat substrat dan kemudian menjalani reaksi ini dikenal sebagai tapak aktif.[13] Kebanyakan enzim berukuran lebih besar daripada substratnya.

misalnya glikosidase. tapak aktif secara terus menerus berubah bentuknya sesuai dengan interaksi antara enzim dan substrat. [25] Mekanisme Enzim dapat bekerja dengan beberapa cara. molekul substrat juga berubah sedikit ketika ia memasuki tapak aktif. yang kesemuaannya menurunkan ΔG‡:[26]  Menurunkan energi aktivasi dengan menciptakan suatu lingkungan yang mana keadaan transisi terstabilisasi (contohnya mengubah bentuk substrat menjadi konformasi keadaan transisi ketika ia terikat dengan enzim. Pada tahun 1958.Daniel Koshlandmengajukan modifikasi model kunci dan gembok: oleh karena enzim memiliki struktur yang fleksibel. Emil Fischer mengajukan bahwa hal ini dikarenakan baik enzim dan substrat memiliki bentuk geometri yang saling memenuhi.[24] Tapak aktif akan terus berubah bentuknya sampai substrat terikat secara sepenuhnya.[23] Akibatnya. substrat tidak berikatan dengan tapak aktif yang kaku. ia gagal dalam menjelaskan stabilisasi keadaan transisi yang dicapai oleh enzim. Model ketepatan induksi Diagram yang menggambarkan hipotesis ketepatan induksi. Pada beberapa kasus. Manakala model ini menjelaskan kespesifikan enzim. Orientasi rantai samping asam amino berubah sesuai dengan substrat dan mengijinkan enzim untuk menjalankan fungsi katalitiknya. Pada tahun 1894. yang mana bentuk akhir dan muatan enzim ditentukan. dan model ketepatan induksilah yang sekarang paling banyak diterima.) .Model "kunci dan gembok" Enzim sangatlah spesifik. [22] Hal ini sering dirujuk sebagai model "Kunci dan Gembok". Model ini telah dibuktikan tidak akurat.

Contohnya bereaksi dengan substrat sementara waktu untuk membentuk kompleks Enzim-Substrat antara. namun apakah vibrasi yang cepat atau lambat maupun pergerakan konformasi yang besar atau kecil yang lebih penting bergantung pada tipe reaksi yang terlibat.  Menyediakan lintasan reaksi alternatif. Modulasi alosterik Enzim alosterik mengubah strukturnya sesuai dengan efektornya. Modulasi ini dapat terjadi secara langsung. Dinamika dan fungsi Dinamika internal enzim berhubungan dengan mekanisme katalis enzim tersebut. sehingga memengaruhi aktivitas katalitiknya. di mana efektor mengikat protein atau subunit protein lain yang berinteraksi dengan enzim alosterik.[27] dan kontribusinya terhadap katalis relatif kecil. sekelompok asam amino. adalah tidak jelas jika gerak ini membantu mempercepat langkah-langkah reaksi reaksi enzimatik ini.[29] Lingkungan seperti ini tidak ada dapat ditemukan pada reaksi tanpa katalis di air. Jaringan residu protein di seluruh struktur enzim dapat berkontribusi terhadap katalisis melalui gerak dinamik. terutama pada lingkungan yang relatif polar yang diorientasikan ke distribusi muatan keadaan transisi. Menariknya. Menurunkan energi keadaan transisi tanpa mengubah bentuk substrat dengan menciptakan lingkungan yang memiliki distribusi muatan yang berlawanan dengan keadaan transisi. Namun. berkisar dari beberapa femtodetik sampai dengan beberapa detik. Pergerakan ini terjadi pada skala waktu yang bervariasi. Cara yang paling efektif untuk mencapai stabilisasi yang besar adalah menggunakan efek elektrostatik.  Menurunkan perubahan entropi reaksi dengan menggiring substrat bersama pada orientasi yang tepat untuk bereaksi.[37] Penyingkapan ini juga memiliki implikasi yang luas dalam pemahaman efek alosterik dan pengembangan obat baru. walaupun gerak ini sangat penting dalam hal pengikatan dan pelepasan substrat dan produk. misalnya residu asam amino tunggal. di mana efektor mengikat tapak ikat enzim secara lngsung.[30][31][32] Dinamika internal enzim adalah pergerakan bahagian struktur enzim.[33][34][35][36] Gerakan protein sangat vital. efek entropi ini melibatkan destabilisasi keadaan dasar.[28] [sunting]Stabilisasi keadaan transisi Pemahaman asal usul penurunan ΔG‡ memerlukan pengetahuan bagaimana enzim dapat menghasilkan keadaan transisi reaksi yang lebih stabil dibandingkan dengan stabilitas keadaan transisi reaksi tanpa katalis. . ataupun secara tidak langsung. ataupun bahwa keseluruhan domain protein.

Istilah holoenzim juga dapat digunakan untuk merujuk pada enzim yang mengandung subunit protein berganda. gugus prostetik organik dapat pula terikat secara kovalen (contohnya tiamina pirofosfatpada enzim piruvat dehidrogenase).Kofaktor dan koenzim Kofaktor Beberapa enzim tidak memerlukan komponen tambahan untuk mencapai aktivitas penuhnya. Namun. holoenzim adalah kompleks lengkap yang mengandung seluruh subunit yang diperlukan agar menjadi aktif. gugus asetil yang dibawa oleh koenzim A. metenil.[38] Kofaktor dapat berupa zat anorganik (contohnya ion logam) ataupun zat organik(contohnya flavin dan heme).[38][40][41] Contoh koenzim mencakup NADH. yang akan melepaskan diri dari tapak aktif enzim semasa reaksi. dengan kofaktor seng terikat sebagai bagian dari tapak aktifnya. Namun beberapa memerlukan pula molekul non-protein yang disebut kofaktor untuk berikatan dengan enzim dan menjadi aktif. Kofaktor dapat berupa gugus prostetik yang mengikat dengan kuat. seperti DNA polimerase. NADPH danadenosina trifosfat. Enzim yang memerlukan kofaktor namun tidak terdapat kofaktor yang terikat dengannya disebut sebagai apoenzim ataupun apoprotein. Contoh enzim yang mengandung kofaktor adalah karbonat anhidrase. Apoenzim beserta dengan kofaktornya disebut holoenzim(bentuk aktif). Gugus kimiawi yang dibawa mencakup ion hidrida(H–) yang dibawa oleh NAD atau NADP+. Pada kasus ini. tetapi terikat dengan kuat. formil. ataupun gugus metil yang dibawa olehasam folat. ataupun koenzim. dan gugus metil yang .[39] Koenzim Model pengisian ruang koenzim NADH Koenzim adalah kofaktor berupa molekul organik kecil yang mentranspor gugus kimia atau elektron dari satu enzim ke enzim lainnya. Kebanyakan kofaktor tidak terikat secara kovalen dengan enzim.

sehingga reaksi yang difavoritkan secara termodinamik dapat digunakan untuk mendorong reaksi yang tidak difavoritkan secara termodinamik. Sebagai contoh. Oleh karena koenzim secara kimiawi berubah oleh aksi enzim. ataupun substrat sekunder. enzim tidak mengubah posisi kesetimbangan reaksi kimia. tiamina. Perbedaannya adalah. menurunkan energi yang diperlukan untuk menjadi produk. Namun. adalah dapat dikatakan koenzim merupakan substrat yang khusus. Sebagai katalis. Sebagai contoh. tanpa keberadaan enzim. Contohnya. enzim dapat menggabungkan dua atau lebih reaksi. Beberapa koenzim seperti riboflavin. reaksi enzimatik berjalan lebih cepat. NADPH diregenerasi melalui lintasan pentosa fosfat. dan asam folat adalahvitamin. dan S-adenosilmetionina melalui metionina adenosiltransferase. . hidrolsis ATP sering kali menggunakan reaksi kimia lainnya untuk mendorong reaksi. sekitar 700 enzim diketahui menggunakan koenzim NADH. Lebih lanjut.[42] Regenerasi serta pemeliharaan konsentrasi koenzim terjadi dalam sel. yang akan kemudian berubah menjadi produk. reaksi samping yang memungkinkan dapat terjadi dan menghasilkan produk yang berbeda. Biasanya reaksi akan berjalan ke arah yang sama dengan reaksi tanpa katalis. Substrat memerlukan energi yang banyak untuk mencapai keadaan transisi.dibawa oleh S-adenosilmetionina. Enzim menstabilisasi keadaan transisi. [sunting]Termodinamika Tahapan-tahapan energi pada reaksi kimia.

Sebagai contoh. mengulangi eksperimen Henri dan . namun hanya mempercepat reaksi saja. Kinetika enzim menginvestigasi bagaimana enzim mengikat substrat dengan mengubahnya menjadi produk. Data laju yang digunakan dalam analisis kinetika didapatkan dari asai enzim. Pada tahun 1902. yakni reaksi yang sangat eksergonik. reaksi itu akan menjadi ireversible. Enzim tidak mengubah kesetimbangan reaksi itu sendiri. jika kesetimbangan tersebut sangat memfavoritkan satu arah reaksi. kimiawan Jerman Leonor Michaelis dan murid bimbingan pascadokotoralnya yang berasal dari Kanada. enzim akan hanya mengatalisasi reaksi yang diijinkan secara termodinamik. Pada kondisi demikian. Setelah Peter Lauritz Sørensen menentukan skala pH logaritmik dan memperkenalkan konsep penyanggaan (buffering) pada tahun 1909[44]. (dalam jaringan tubuh. karbonat anhidrasemengatalisasi reaksinya ke dua arah bergantung pada konsentrasi reaktan. konsentrasi CO2yang tinggi) (pada paru-paru. Enzim (E) mengikat substrat (S) dan menghasilkan produk (P). namun data eksperimennya tidak berguna karena perhatian pada konsentrasi ion hidrogen pada saat itu masih belum dititikberatkan.Enzim mengatalisasi reaksi maju dan balik secara seimbang. Maud Leonora Menten. Kinetika Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kinetika enzim Mekanisme reaksi enzimatik untuk sebuah subtrat tunggal. konsentrasi CO2 yang rendah) Walaupun demikian. Victor Henri[43]mengajukan suatu teori kinetika enzim yang kuantitatif.

reaksi yang dikatalisasi oleh enzim orotidina 5'-fosfat dekarboksilase akan memerlukan waktu 78 juta tahun untuk mengubah 50% substrat menjadi produk.mengkonfirmasi persamaan Henri.[47]Laju reaksi bergantung pada kondisi larutan dan konsentrasi substrat. Hal ini ditunjukkan oleh kurva kejenuhan di samping. B. Enzim kemudian mengatalisasi reaksi kimia dan melepaskan produk. Kurva kejenuhan suatu reaksi enzim yang menunjukkan relasi antara konsentrasi substrat (S) dengan kelajuan (v). Penurunan persamaan kinetika yang diturunkan mereka masih digunakan secara meluas sampai sekarang . Kejenuhan terjadi karena seiring dengan meningkatnya konsentrasi substrat.[45] Hasil kerja mereka kemudian dikembangkan lebih jauh oleh G. Sebagai contoh. Kondisi-kondisi yang menyebabkan denaturasi protein seperti temperatur tinggi. membentuk kompleks enzim-substrat. Kompleks ini kadang-kadang disebut sebagai kompleks Michaelis. Namun. dan nilai pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menghilangkan aktivitas enzim.[46] Salah satu kontribusi utama Henri pada kinetika enzim adalah memandang reaksi enzim sebagai dua tahapan. . apabila enzim tersebut ditambahkan. tanpa keberadaan enzim. Untuk menentukan kelajuan maksimum suatu reaksi enzimatik. Sedangkan peningkatan konsentrasi substrat cenderung meningkatkan aktivitasnya. Haldane. proses ini hanya memerlukan waktu 25 milidetik. Briggs danJ. Persamaan ini kemudian dikenal dengan nama Kinetika Henri-Michaelis-Menten (kadang-kadang juga hanya disebut kinetika Michaelis-Menten). konsentrasi substrat ditingkatkan sampai laju pembentukan produk yang terpantau menjadi konstan. Enzim dapat mengatalisasi reaksi dengan kelajuan mencapai jutaan reaksi per detik. E. subtrat terikat ke enzim secara reversible. konsentrasi garam yang tinggi. S. Pada tahap pertama.

dan superoksida dismutase. Kinetika Michaelis-Menten bergantung pada hukum aksi massa. asetilkolinesterase. Konstanta lainnya yang juga berguna adalah kcat. βlaktamase. semua tapak aktif enzim akan berikatan dengan substrat. Beberapa mekanisme telah diajukan untuk menjelaskan fenomena ini. Efisiensi suatu enzim diekspresikan oleh kcat/Km. melainkan oleh laju difusi. ataupun enzim yang sama dengan substrat yang berbeda. yang merupakan konsentrasi substrat yang diperlukan oleh suatu enzim untuk mencapai setengah kelajuan maksimumnya. yang diturunkan berdasarkan asumsi difusi bebas dan pertumbukan acak yang didorong secara termodinamik. Beberapa protein dipercayai mempercepat katalisis dengan menarik substratnya dan melakukan pra-orientasi substrat menggunakan .[49][50][51][52] Beberapa enzim beroperasi dengan kinetika yang lebih cepat daripada laju difusi. Vmax hanyalah salah satu konstanta kinetika enzim. dan jumlah kompleks ES adalah sama dengan jumlah total enzim yang ada. dan ini dapat menunjukkan seberapa kuatnya pengikatan substrat ke enzim. Namun. dan pergerakan molekul secara satu atau dua dimensi. Enzim dengan sifat demikian disebut secara katalitik sempurna ataupun secara kinetika sempurna. ia dapat digunakan untuk membandingkan enzim yang satu dengan enzim yang lain. dan laju pembentukan produk tidak dibatasi oleh laju reaksi. Karena konstanta kespesifikan mencermikan kemampuan katalitik dan afinitas. Contoh enzim yang memiliki sifat seperti ini adalah karbonat anhidrase. Ia juga disebut sebagai konstanta kespesifikan dan memasukkan tetapan kelajuan semua langkah reaksi. Hal ini tampaknya sangat tidak mungkin. setiap penumbukkan enzim dengan substratnya akan menyebabkan katalisis. Konstanta kespesifikan maksimum teoritis disebut limit difusi dan nilainya sekitar 108 sampai 109(M-1 s-1). katalase.semakin banyak enzim bebas yang diubah menjadi kompleks substrate-enzim ES.[48] Pada situasi seperti ini. Pada kelajuan yang maksimum (Vmax). Hal ini diekspresikan oleh konstanta Michaelis-Menten (Km). Jumlah substrat yang diperlukan untuk mencapai nilai kelajuan reaksi tertentu jugalah penting. disebabkan oleh kesesakan makromolekuler (macromolecular crowding). banyak proses-proses biokimia dan selular yang menyimpang dari kondisi ideal ini. yang merupakan jumlah molekul substrat yang dapat ditangani oleh satu tapak aktif per detik. Pada titik ini. kinetika Michaelis-Menten fraktal dapat diterapkan. Namun. perpisahan fase enzim/substrat/produk. fumarase. Setiap enzim memiliki nilai Km yang berbedabeda untuk suatu subtrat.

pengikatn substrat juga menghalangi pengikatan inhibitor. Di lain pihak.medan listrik dipolar.[55] [sunting]Inhibisi Inhibitor kompetitif mengikat enzim secara reversibel. menghalangi pengikatan substrat. Model lainnya menggunakan penjelasan penerowongan kuantum mekanika. . walaupun penjelasan ini masih kontroversial. Substrat dan inhibitor berkompetisi satu sama lainnya.[53][54]Penerowongan kuantum untuk proton telah terpantau pada triptamina.

W.Jenis-jenis inihibisi. Seringkali inhibitor kompetitif memiliki struktur yang sangat mirip dengan substrat asli enzim. Kemiripan antara struktur asam folat dengan obat ini ditunjukkan oleh gambar di samping bawah. inhibitor dan substrat berkompetisi untuk berikatan dengan enzim.[56] Laju reaksi enzim dapat diturunkan menggunakan berbagai jenis inhibitor enzim. Perhatikan bahwa pengikatan inhibitor tidaklah perlu terjadi pada tapak pengikatan substrat apabila pengikatan inihibitor mengubah konformasi enzim. Pada . Klasifikasi ini diperkenalkan oleh W. Inhibisi kompetitif Pada inihibisi kompetitif.metotreksat adalah inihibitor kompetitif untuk enzim dihidrofolat reduktase. Cleland. Sebagai contoh. sehingga menghalangi pengikatan substrat.

Inhibisi non-kompetitif Inhibitor non-kompetitif dapat mengikat enzim pada saat yang sama substrat berikatan dengan enzim. Baik kompleks EI dan EIS tidak aktif. Hal ini akan menyebabkan produksi produk melambat atau berhenti. Namun. inhibitor dapat merupakan bagian dari mekanisme umpan balik.inhibisi kompetitif. sehingga meningkatkan Km. Kompleks EIS yang terbentuk kemudian menjadi tidak aktif. metotreksat adalah inhibitor kompetitif bagi enzim yang menggunukan folat. produk tersebut dapat berperan sebagai inhibitor bagi enzim tersebut. Pada banyak organisme. kecuali kompleks EIS memiliki aktivitas enzimatik residual. Karena inhibitor tidak dapat dilawan dengan peningkatan konsentrasi substrat. namun memerlukan konsentrasi substrat yang lebih tinggi untuk mencapai kelajuan maksimal tersebut. namun hanya dapat dengan komples ES. Jika enzim memproduksi terlalu banyak produk. Jenis inhibisi ini sangat jarang. Bentuk umpan balik ini adalah umpan balik negatif. karena substrat masih dapat mengikat enzim. Oleh sebab itu. . Koenzim asam folat (kiri) dan obat anti kanker metotreksat (kanan) memiliki struktur yang sangat mirip. Vmax reaksi berubah. Inhibisi tak kompetitif Pada inhibisi tak kompetitif. Enzim memiliki bentuk regulasi seperti ini sering kali multimerik dan mempunyai tapak ikat alosterik. inhibitor tidak dapat berikatan dengan enzim bebas. Kurva substrat/kelajuan enzim ini tidak berbentuk hiperbola melainkan berbentuk S. namun dapat terjadi pada enzimenzim multimerik. Inhibisi campuran Inhibisis jenis ini mirip dengan inhibisi non-kompetitif. kelajuan maksimal reaksi tidak berubah. K m tetaplah sama.

terlalu besar untuk diserap oleh usus. misalnya HIV integrase dan transkriptase balik. Inhibitor seperti ini contohnya efloritina. dan enzim kemudian mengubah inhibitor menjadi bentuk aktif yang bereaksi secara ireversibel dengan satu atau lebih residu asam amino.[58] Fungsi biologis Enzim mempunyai berbagai fungsi bioligis dalam tubuh organisme hidup. Inaktivasi ini bersifat ireversible. akan bergabung dengan tembaga dan besi pada tapak aktif enzim sitokrom c oksidase dan memblok pernapasan sel. Contohnya adalah inhibitor yang digunakan sebagai obat aspirin.[57] Penisilin dan Aspirin juga bekerja dengan cara yang sama. yang akan dihidrolisis lebih jauh menjadi glukosa. Enzim seperti amilase danprotease memecah molekul yang besar (seperti pati dan protein) menjadi molekul yang kecil. mencerna zat-zat makanan yang berbeda pula.[59] Enzim juga berperan dalam menghasilkan pergerakan tubuh. banyak pula inhibitor enzim lainnya yang beracun. seringkali melalui enzim kinase dan fosfatase. sebagai contohnya. Pada hewan .Inhibitor ireversibel bereaksi dengan enzim dan membentuk aduk dengan protein. namun enzim akan menghidrolisis rantai pati menjadi molekul kecil seperti maltosa. Molekul pati. sianida yang merupakan inhibitor enzim ireversibel.[61] Virus juga mengandung enzim yang dapat menyerang sel. Kegunaan inhibitor Oleh karena inhibitor menghambat fungsi enzim. sepertilusiferase yang menghasilkan cahaya pada kunangkunang. sehingga ia dapat menekan peradangan dan rasa sakit. Namun. Aspirin menginhibisi enzim COX-1 dan COX-2yang memproduksi pembawa pesan peradangan prostaglandin. sehingga dapat diserap oleh usus. Senyawa obat ini terikat pada tapak aktif. obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh protozoaAfrican trypanosomiasis. Sebagai contohnya. Enzim berperan dalamtransduksi signal dan regulasi sel. Enzimenzim yang berbeda. sehingga dapat diserap. dengan miosin menghidrolisis ATP untuk menghasilkan kontraksi otot.[60] ATPase lainnya dalam membran sel umumnya adalah pompa ionyang terlibat dalam transpor aktif. inhibitor sering digunakan sebagai obat. Salah satu fungsi penting enzim adalah pada sistem pencernaan hewan. Enzim juga terlibat dalam fungs-fungsi yang khas.

dan menghasilan lintasan metabolisme. Dalam lintasan metabolisme.pemamah biak. metabolisme tidak akan berjalan melalui langkah yang teratur ataupun tidak akan berjalan dengan cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan sel. reaksi ini tetap berjalan. Enzim menentukan langkah-langkah apa saja yang terjadi dalam lintasan metabolisme ini. Tanpa enzim. jaringan lintasan metabolisme dalam tiap-tiap sel bergantung pada kumpulan enzim fungsional yang terdapat dalam sel tersebut. Bentuk regulase gen ini disebutinduksi dan inhibisi enzim. lintasan metabolisme sepertiglikolisis tidak akan dapat terjadi tanpa enzim. proses ini berjalan dengan sangat lambat. Sebagai contoh. Kontrol aktivitas Terdapat lima cara utama aktivitas enzim dikontrol dalam sel. namun fosforilasi pada karbon 6 akan terjadi dengan sangat cepat. dapat bereaksi secara langsung dengan ATP. Setelah reaksi katalitik terjadi. Produksi enzim (transkripsi dan translasi gen enzim) dapat ditingkatkan atau diturunkan bergantung pada respon sel terhadap perubahan lingkungan. produk kemudian dihantarkan ke enzim lainnya. sedemikiannya produk glukosa-6fosfat ditemukan sebagai produk utama. 1. Namun. Tanpa keberadaan enzim. jika heksokinase ditambahkan. Contoh lainnya adalah enzim dalam hati yang disebut sitokrom P450 oksidase yang penting dalam metabolisme obat.[62] Beberapa enzim dapat bekerja bersama dalam urutan tertentu. bakteri dapat menjadi resistan terhadap antibiotik seperti penisilin karena enzim yang disebut betalaktamase menginduksi hidrolisis cincin beta-laktam penisilin. Induksi atau inhibisi enzim ini dapat mengakibatkan interaksi obat. Glukosa. dengan lintasan metabolisme yang berbeda-beda yang terjadi dalam kompartemen sel yang berbeda. dan menjadi terfosforliasi pada karbon-karbonnya secara acak. mikroorganisme dalam perut hewan tersebut menghasilkan enzim selulase yang dapat mengurai sel dinding selulosa tanaman. satu enzim akan membawa produk enzim lainnya sebagai substrat. asam lemak disintesis oleh sekelompok enzim . 2. Dan sebenarnya. Kadang-kadang lebih dari satu enzim dapat mengatalisasi reaksi yang sama secara bersamaan. Sebagai contohnya. Enzim dapat dikompartemenkan. contohnya. Oleh karena itu.

Hal ini menghalangi enzim mencerna pankreas dan jaringan lainnya sebelum ia memasuki perut. Hal ini terjadi ketika virus terbawa ke dalam sel inang dan memasuki lisosom. Enzim dapat diregulasi oleh inhibitor dan aktivator. Hal ini membantu alokasi bahan zat dan energi secara ekonomis dan menghindari pembuatan produk akhir yang berlebihan.[64] Contoh lain modifikasi pasca-translasional adalah pembelahan rantai polipeptida. sehingga ia dapat meregulasi jumlah produk akhir lintasan metabolisme tersebut. dan digunakan oleh sekelompok enzim lainnya sebagai sumber energi dalam mitokondria melalui β-oksidasi.miristoilasi. Contohnya. Contohnya.dalam sitosol. 4. Jenis prekursor tak aktif ini dikenal sebagai zimogen. Ia kemudian ditranspor ke dalam perut di mana ia diaktivasi. Enzim dapat diregulasi melalui modifikasi pasca-translasional. Kimotripsin yang merupakan protease pencernaan diproduksi dalam keadaan tidak aktif sebagaikimotripsinogen di pankreas. dan glikosilasi. fosforilasi banyak enzim termasuk glikogen sintase membantu mengontrol sintesis ataupun degradasi glikogendan mengijinkan sel merespon terhadap perubahan kadar gula dalam darah. produk akhir lintasan metabolisme seringkali merupakan inhibitor enzim pertama yang terlibat dalam lintasan metabolisme.[63] 3. Contohnya. dan aparat golgi. Mekanisme regulasi seperti ini disebut umpan balik negatif karena jumlah produk akhir diatur oleh konsentrasi produk itu sendiri.[65] Keterlibatan dalam penyakit . Mekanisme umpan balik negatif dapat secara efektif mengatur laju sintesis zat antara metabolit tergantung pada kebutuhan sel. retikulum endoplasma. Beberapa enzim dapat menjadi aktif ketika berada pada lingkungan yang berbeda. hemaglutinin pada virus influenza menjadi aktif dikarenakan kondisi asam lingkungan. Ia dapat meliputi fosforilasi. sebagai respon terhadap insulin. 5. Kontrol aksi enzimatik membantu menjaga homeostasis organisme hidup.

Ia dapat menyebakan sindrom penyakit kanker keturunan seperti xeroderma pigmentosum. Kerusakan ada enzim ini dapat menyebabkan kanker karena kemampuan tubuh memperbaiki mutasi pada genom menjadi berkurang. Mutasi asam amino tunggal pada enzim fenilalania hidroksilase yang mengatalisis langkah pertama degradasi fenilalaninamengakibatkan penumpukkan fenilalanina dan senyawa terkait. Pentingnya enzim ditunjukkan oleh fakta bahwa penyakit-penyakit mematikan dapat disebabkan oleh hanya mala fungsi satu enzim dari ribuan enzim yang ada dalam tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan keterbelakangan mentaljika ia tidak diobati.Fenilalanina hidroksilase. kelebihan produksi. Koenzim A Koenzim A . Hal ini menyebabkan akumulasi mutasi dan mengakibatkan berkembangnya berbagai jenis kanker pada penderita. Salah satu contohnya adalah fenilketonuria. malafungsi (mutasi. Sumber:PDB 1KW0 Oleh karena kontrol aktivitas enzim yang ketat diperlukan untuk menjaga homeostasis.[66] Contoh lainnya adalah mutasi silsilah nutfah (germline mutation) pada gen yang mengkode enzimreparasi DNA. kekurangan produksi ataupun delesi) enzim tunggal yang penting dapat menyebabkan penyakit genetik.

33.48H.25. data di atas berlaku pada temperatur dan tekanan standar (25°C.26)(H2.35)/t11-.14-.30-31.15-.29)(H.23.16(31)19(32)24-4-3-12(29)23-5-6-48)8-41-47(38.34)35)14(30)20(42-11)28-10-27-13-17(22)25-9-26-18(13)28/h9-11.12H3.20.24.20-/m1/s1 Sifat Rumus molekul Massa molar C21H36N7O16P3S 767.34.535 Kecuali dinyatakan sebaliknya.14-16.36.39)44-46(36.16?.(H. 100 kPa) Sangkalan dan referensi .Identifikasi Nomor CAS [85-61-0] PubChem 6816 DrugBan DB01992 k KEGG MeSH SMILES InChI C00010 Coenzyme+A O=C(NCCS)CCNC(=O)C(O)C(C)(C)COP(=O)(O)OP(=O)(O)OC[C@H]3O[C@@H](n2cnc1c(ncnc12)N)[C@H](O)[C@@H]3OP(= O)(O)O 1/C21H36N7O16P3S/c1-21(2.32)(H.22.37)(H.37)40-7-11-15(4345(33.3-8H2.39)(H2.38.

Akhirnya. koenzim A merupakan sebuah tiol. Semua lintasan biologis yang melibatkan enzim. Molekul koenzim A yang membawa gugus asetil disebut asetil-KoA. asam pantotenat. dan adenosin trifosfat(ATP). Daftar gugus asil yang diaktivasi oleh koenzim A         Asetil-KoA Propionil-KoA Asetoasetil-KoA Kumaroil-KoA Malonil-KoA Suksinil-KoA Hidroksimetilglutaril-KoA Pimelil-KoA Wikimedia Commons memiliki galeri mengenai: .Koenzim A. CoA. Biosintesis Koenzim A disintesis dari pantotenat melalui lima langkah 1. defosfo-CoA di-fosforilasi dengan ATP menjadi koenzim A melalui defosfokoenzim A kinase Fungsi Secara kimia. PPC di-dekarboksilasi menjadi 4'-fosfopantetein oleh enzimfosfopantotenoilsistein dekarboksilase 4. Sebuah sistein ditambahkan pada 4'-fosfopantotenat oleh enzim fosfopantotenoilsistein sintetase membentuk 4'-fosfo-N-pantotenoilsistein (PPC) 3. sehingga ia mampu bereaksi dengan asam karboksilat membentuk tioester. serta oksidasiasam piruvat dalam siklus asam sitrat. Hal ini berarti koenzim A dapat berfungsi sebagai pembawa gugusasil. Sebagai contoh: substrat tioester seperti asetil-KoA pada sintesis sisteamina. ternyata juga memerlukan koenzim A sebagaisubstrat. CoASH. Pantotenat difosforilasi menjadi 4'-fosfopantotenat oleh enzimpantotenat kinase 2. HSCoA) adalah sebuah kofaktor yang dikenal karena berperan dalam sintesis danoksidasi asam lemak. 4'-fosfopantetein di adenililasi membentuk defosfo-CoA oleh enzim fosfopantetein adenilil transerase 5. Jika tidak terikat pada gugus asil apapun. KoA (bahasa Inggris:coenzyme A. ia biasa disebut 'CoASH' or 'HSCoA'.

Koenzim A

Referensi
  
Karl Miller (1998). Beta Oxidation of Fatty Acids. Diperoleh 18 Mei 2005. Charles Ophard (2003). Acetyl-CoA Crossroads. Diperoleh 18 Mei 2005. Lehninger: Principles of Biochemistry, 4th edition, David L. Nelson, Michael M. Cox

Karbohidrat
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Butir-butir pati, salah satu jenis karbohidrat cadangan makanan pada tumbuhan, dilihat denganmikroskop cahaya.
Karbohidrat ('hidrat dari karbon', hidrat arang) atausakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewandan jamur).[1] Pada proses fotosintesis, tetumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. Secara biokimia, karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila dihidrolisis.[2] Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil (sebagai aldehida atau keton) dan banyak gugus hidroksil. Pada awalnya, istilah karbohidrat digunakan untuk golongan senyawa yang mempunyai rumus (CH2O)n, yaitu senyawa-senyawa yang n atom karbonnya tampak terhidrasi olehn molekul air.[3] Namun demikian, terdapat pula karbohidrat yang tidak memiliki rumus demikian dan ada pula yang mengandung nitrogen, fosforus, atau sulfur.[2]

Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebutmonosakarida, misalnya glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Banyak karbohidrat merupakan polimeryang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida, misalnya pati, kitin, dan selulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, terdapat pula disakarida (rangkaian dua monosakarida) dan oligosakarida (rangkaian beberapa monosakarida).

Peran biologis
Peran dalam biosfer
Fotosintesis menyediakan makanan bagi hampir seluruh kehidupan di bumi, baik secara langsung atau tidak langsung. Organisme autotrof seperti tumbuhan hijau, bakteri, dan alga fotosintetik memanfaatkan hasil fotosintesis secara langsung. Sementara itu, hampir semua organismeheterotrof, termasuk manusia, benarbenar bergantung pada organisme autotrof untuk mendapatkan makanan.[4] Pada proses fotosintesis, karbon dioksida diubah menjadi karbohidrat yang kemudian dapat digunakan untuk mensintesis materi organik lainnya. Karbohidrat yang dihasilkan oleh fotosintesis ialah gula berkarbon tiga yang dinamai gliseraldehida 3-fosfat.menurut rozison (2009) Senyawa ini merupakan bahan dasar senyawasenyawa lain yang digunakan langsung oleh organisme autotrof, misalnya glukosa, selulosa, dan amilum.

Peran sebagai bahan bakar dan nutrisi

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.
Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel. Misalnya, pada vertebrata, glukosa mengalir dalam alirandarah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenagayang tersimpan di dalam molekul tersebut pada prosesrespirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak.[1] Sebagai nutrisi untuk manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 Kalori.[5] Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–

80%. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia (gandum dan beras), umbiumbian (kentang,singkong, ubi jalar), dan gula.[6] Namun demikian, daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat bermacam-macam bergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%. Serat menurunkan daya cerna karbohidrat menjadi 85%.[7] Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya lewat melalui saluran pencernaan dan keluar bersama feses. Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehingga selulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.[8] Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh[rujukan?], berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

Peran sebagai cadangan energi
Beberapa jenis polisakarida berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan, yang nantinya akan dihidrolisis untuk menyediakan gula bagi sel ketika diperlukan. Pati merupakan suatu polisakarida simpanan pada tumbuhan. Tumbuhan menumpuk pati sebagai granul atau butiran di dalam organelplastid, termasuk kloroplas. Dengan mensintesis pati, tumbuhan dapat menimbun kelebihan glukosa. Glukosa merupakan bahan bakar sel yang utama, sehingga pati merupakan energi cadangan.[9] Sementara itu, hewan menyimpan polisakarida yang disebut glikogen. Manusia dan vertebrata lainnya menyimpan glikogen terutama dalam sel hati dan otot. Penguraian glikogen pada sel-sel ini akan melepaskan glukosa ketika kebutuhan gula meningkat. Namun demikian, glikogen tidak dapat diandalkan sebagai sumber energi hewan untuk jangka waktu lama. Glikogen simpanan akan terkuras habis hanya dalam waktu sehari kecuali kalau dipulihkan kembali dengan mengonsumsi makanan.[9]

Peran sebagai materi pembangun
Organisme membangun materi-materi kuat dari polisakarida struktural. Misalnya, selulosa ialah komponen utama dinding sel tumbuhan. Selulosa bersifat seperti serabut, liat, tidak larut di dalam air, dan ditemukan terutama pada tangkai, batang, dahan, dan semua bagian berkayu dari jaringan tumbuhan. [10] Kayu terutama terbuat dari selulosa dan polisakarida lain, misalnya hemiselulosa danpektin. Sementara itu, kapas terbuat hampir seluruhnya dari selulosa. Polisakarida struktural penting lainnya ialah kitin, karbohidrat yang menyusun kerangka luar (eksoskeleton) arthropoda (serangga, laba-laba, crustacea, dan hewan-hewan lain sejenis). Kitin murni mirip seperti kulit, tetapi akan mengeras ketika dilapisi kalsium karbonat. Kitin juga ditemukan pada dinding sel berbagai jenis fungi.[8]

[12]Karbohidrat pada glikoprotein umumnya berupa oligosakarida dan dapat berfungsi sebagai penanda sel. Jakarta: Erlangga. 2. dinding sel bakteri terbuat dari struktur gabungan karbohidrat polisakarida denganpeptida. sedangkan glikoprotein terdiri terutama atas protein.Sementara itu. Thenawidjaja). Biologi (edisi ke-Edisi ke-5. glikoprotein. Contoh dari disakarida adalah sukrosa.tulang rawan. Diakses pada 30 Januari 2009. Sementara itu. Referensi 1.A. dan O) mencerminkan keragaman oligosakarida pada permukaan sel darah merah. A. dan maltosa. namun proteoglikan terdiri terutama atas karbohidrat. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa.[11] Karbohidrat struktural lainnya yang juga merupakan molekul gabungan karbohidrat dengan molekul lain ialah proteoglikan. 313. [13] Klasifikasi karbohidrat Monosakarida Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom C dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Polisakarida Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. (2002) (Didigitalisasi oleh Google Penelusuran Buku). Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dangalaktosa. diterjemahkan oleh R. hlm. 9789796884681. Misalnya. Contoh polisakarida adalah selulosa. Disakarida dan oligosakarida Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekul air. hlm. Proteoglikan maupun glikoprotein terdiri atas karbohidrat dan protein. Contoh ketosa yaitu fruktosa. Dasar-dasar Biokimia (edisi ke-Jilid 1. hlm. ^ a b Lehninger. laktosa. (1997). dan cairan sinovial yang melicinkan sendi otot. Proteoglikan ditemukan misalnya pada perekat antarsel pada jaringan. hlm. Dinding sel ini membentuk suatu kulit kaku dan berpori membungkus sel yang memberi perlindungan fisik bagi membran sel yang lunak dan sitoplasma di dalam sel. empat golongan darah manusia pada sistem ABO (A. ISBN9796884682. Lestari dkk. ^ a b Campbell. B. . Jakarta: Erlangga.). diterjemahkan oleh M. disebut peptidoglikan. 65–70. Jilid 1. glikoprotein dan glikolipid (gabungan karbohidrat dan lipid) banyak ditemukan pada permukaan sel hewan. danamilum. AB. N. glikogen.L. dan glikolipid.

^ Suhardjo & Kusharto (1992). hlm. hlm. hlm. Diakses pada 5 Februari 2009 10. (2002). hlm. 1. 5. 9789797812409. hlm. ^ Lehninger (1997). Diakses pada 30 Januari 2009. 8. ^ Lehninger (1997). 7. ^ a b Campbell et al. Diakses pada 2 Februari 2009. 6. Diakses pada 1 Februari 2009. (2002). 11. ^ a b Campbell et al. Diakses pada 2 Februari 2009. ^ Kuchel. ^ Lehninger (1997). Laelasari). 5. 9789794137659. 19–20. (2002). Diakses pada 2 Februari 2009. 12. hlm. 146. 13.3. 67–68. ^ Campbell et al. Prinsip-prinsip Ilmu Gizi. 331–335. Jakarta: Erlangga. hlm. hlm. ISBN9797812405. hlm. 181-182. Diakses pada 9 Februari 2009 Fosfolipid Dari Wikipedia bahasa Indonesia. 9. P. Yogyakarta: Kanisius. 326. ^ Suhardjo (1992) (Didigitalisasi oleh Google Penelusuran Buku). ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Fosfolipid . ^ Suhardjo & Kusharto (1992). ^ Campbell et al. 69. ISBN 9794137650. 4. (2002) hlm. 101. hlm. (2006) (Didigitalisasi oleh Google Penelusuran Buku). hlm. hlm. Diakses pada 2 Februari 2009. Schaum's Easy Outlines: Biokimia (edisi ke-diterjemahkan oleh E. 329–330.

U dindikasi mengandung bagian molekul hidrofobik. di perlihatkan dengan warna merah. Struktur Fosfolipid terdiri atas empat komponen:     asam lemak. Bagian kepala karena bermuatan . Pada posisi ketiga dari kerangka gliserol di tempati oleh gugus fosfatyang terikat pada amino alkohol. dan suatu kerangka. bersama dengan protein. Fosfolipid memiliki kerangka gliserol dan 2 gugus asil.Kelompok molekul polar. yaitu kepala dan ekor. Bagian kepala memiliki muatan positif dan negatif serta bagian ekor tanpa muatan. Fosfatidil kolin adalah komponen utama lesitid. yang juga merupakan sumber kolin dalam sintesis asetilkolin dalam kolinergik neuron Fosfolipid (bahasa Inggris: glycerophospholipid) merupakan golongan senyawa lipid dan merupakan bagian dari membran sel makhluk hidup. alkohol yang mengandung nitrogen. glikolipid dankolesterol. Molekul fosfolipid dapat dipandang terdiri dari dua bagian. di perlihatkan dengan warna biru. gugus fosfat.

Fungsi Fungsi dari fosfolipid antara lain sebagai bahan penyusunmembran sel. bukan ikatan ester seperti fosfolipid. Kolesterol Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Anda dapat membantu Wikipedia denganmengembangkannya. Artikel bertopik biokimia ini adalah sebuah rintisan. sedangkan bagian ekor bersifat hidrofobik atau tidak larut dalam air. Beberapa fungsi biologik lainnya antara lain adalah sebagai surfaktan paru-paru yang mencegah perlekatan dinding alveoli paru-paru sewaktu ekspirasi. Gugus asil pertama plasmalogen terikat pada kerangka gliserolnya oleh ikatan eter. Fosfolipid digolongkan sebagai lipid amfipatik. Plasmalogen Plasmalogen adalah suatu lipid yg mirip dengan fosfolipid banyak didapati sebagai komponen penyusun membran sel saraf dan otot.bersifat hidrofilik atau larut dalam air. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Kolesterol .

65 g/mol white crystalline powder[1] 1.3. hexane.1819.26+.12.13-dimethyl-17-(6-methylheptan-2-yl)-2. ether. benzene.23-.8.10-17H2.11.21+.28H.6-8.4)25(22)14-16-27(23.14.7.24+.1-5H3/t19-. chloroform.9.24)5/h9.isopropyl myristate.27-/m1/s1 Sifat Rumus molekul Massa molar Penampilan Densitas Titik lebur Titik didih 360 °C (decomposes) Kelarutandalam air 0.15.22+.4.052 g/cm3 148–150 °C[1] .Nama IUPAC[sembunyikan] (3β)-cholest-5-en-3-ol Nama lain[sembunyikan] (10R.16.095 mg/L (30 °C) Kelarutan soluble in acetone. methanol C27H46O 386.25+.17-dodecahydro1H-cyclopenta[a]phenanthren-3-ol Identifikasi Nomor CAS PubChem KEGG SMILES InChI [57-88-5] 5997 D00040 C[C@H](CCCC(C)C)[C@H]1CC[C@@H]2[C@@]1(CC[C@H]3[C@H]2CC=C4[C@@]3(CC[C@@H](C4)O)C)C 1/C27H46O/c1-18(2)7-6-8-19(3)23-11-12-24-22-10-9-20-17-21(28)13-15-26(20.13R)-10. ethanol.21-25.

(1 Maret 1993). Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini.estrogen. dan testosteron. "Cholesterol". Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Akan tetapi. Human Biology and Health. A place where cholesterol is welcome: in billboards. 4. New Jersey. .. tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh.[4] Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. para ilmuwan menyebutnyasintesis. ^ a b "Safety (MSDS) data for cholesterol". Englewood Cliffs. The New York Times edition inSüddeutsche Zeitung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin.doi:10. Lipidomics Gateway. Nyatanya. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatifLCD. Elzbieta Klujszo. semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDLmerupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah. Wojewodzki Szpital Zespolony. 2. ^ (Inggris)"Factor XIII". ISBN 0-13-981176-1.[5] Catatan kaki 1. Robert A Schwartz. Anda dapat membantu Wikipedia denganmengembangkannya.[3] Merupakan sejenislipid yang merupakan molekullemak atau yang menyerupainya. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atomkarbon. 2007.. OCLC 32308337. et al.1038/lipidmaps. USA: Prentice Hall. 8. LaHart D. McLaughlin CW. Diakses pada 20 Oktober 2007. University of Barcelona Faculty of Medicine. Diakses pada 29 April 2010. ^ Eric Pfanner.2009. Warner MQ. Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. et al. Hopkins J. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. 5. 100 kPa) Sangkalan dan referensi Kolesterol adalah metabolityang mengandung lemak sterol[2] (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan padamembran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. data di atas berlaku pada temperatur dan tekanan standar (25°C. Johnson S. Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. 3. 4th paragraph Artikel bertopik kimia ini adalah sebuah rintisan. Effects of other agents on FXIII. ^ (Inggris)Michelle A. Wright JD.Kecuali dinyatakan sebaliknya. Steroid lain termasuk steroidhormon seperti kortisol.3. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. ^ (Inggris) Emma Leah (May 2009). Jan.

dan B (tiamin. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi. niasin. vitamin B6. karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.[2] Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N.[3] Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. dan folat). Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatugugus organik yang memiliki atom nitrogen (N). Pada dasarnya. E.[3] Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit. vitamin B12. K. senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal. tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Vitamin (bahasa Inggris: vital amine. biotin. C. tubuh dapat mengalami suatu penyakit.[1] yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. riboflavin. Asupan vitamin lain dapat diperoleh melalui suplemen makanan. vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiaporganisme. Buah-buahan dan sayuran terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan hal tersebut sangatlah baik untuk tubuh.asam pantotenat. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim).[3] Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan.Kategori:  Senyawa organik Vitamin Buah-buahan sebagai sumber vitamin bagi tubuh. D.[2]Gangguan kesehatan ini dikenal dengan .[3] Walau memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu. Vitamin tersebut antara lain vitamin A.

Persia.[7] Penemuan ini diprakarsai oleh Lunin dan Christiaan Eijkman yang melakukan penelitian mengenai penyakitdefisiensi pada hewan. banyak ahli pengobatan dari berbagai bangsa. Cina.[7] Christiaan Eijkman. Roma. berbagai hal dan penelusuran lebih mendalam mengenai vitamin pun turut diperbaharui. Penemuan inilah yang kemudian memulai era kedua dari lima garis besar sejarah vitamin di .istilah avitaminosis. manusia telah mengenal vitamin sebagai salah satu senyawa yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Di samping itu.[6] Disetiap era tersebut. dan Arab. era ini dikenal dengan era penyembuhan empiris (berdasarkan pengalaman). Era karakterisasi defisiensi Perkembangan besar berikutnya mengenai vitamin baru kembali muncul pada tahun 1890-an. para ahli pengobatan masih belum dapat mengidentifikasi senyawa yang dapat menyembuhkan penyakit kerabunan tersebut. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan.[2] Walau pada masa tersebut ekstrak hati tersebut banyak digunakan. asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh. telah menggunakan ekstrak senyawa (diduga vitamin) dari hati yang kemudian digunakan untuk menyembuhkan penyakit kerabunan pada malam hari. salah satu tokoh penting dalam sejarah penemuan vitamin. Oleh karena itu.[4] Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. seperti Mesir. Penyakit ini kemudian diketahui disebabkan oleh defisiensi vitamin A. Garis besar sejarah vitamin dapat dibagi menjadi 5 era penting. Sudah sejak ribuan tahun lalu. Jepang.[6] Pada masa itu. terjadi suatu kemajuan besar terhadap senyawa vitamin ini yang diakibatkan oleh adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Yunani.[5] Sejarah Vitamin merupakan suatu senyawa yang telah lama dikenal oleh peradaban manusia. Era penyembuhan empiris Era pertama dimulai pada sekitar tahun 1500-1570 sebelum masehi.

Sir Walter N.Pengobatan pada tahun 1943 atas penemuannya terhadap vitamin K. Beberapa tahun berselang.[11] Fritz A Litmann juga turut memenangkan nobel atas dedikasinya dibidang penelitian mengenai penemuan koenzim A dan perannya di dalam metabolisme tubuh.[8] Pada tahun 1911. Casimir Funkberhasil mengisolasi suatu senyawa yang telah dibuktikan dapat mencegah peradangan saraf (neuritis) untuk pertama kalinya. Hadiah nobel lainnya diperoleh oleh Carl Peter Henrik Dam di bidang Fisiologi . seorang ilmuwan kelahiran Amerika bernama Dr.[9] Dr.[6] Penelitian mereka terfokus pada pengamatan penyakit akibat defisiensi senyawa tertentu. Era karakterisasi fungsi dan produksi .[10] Masa keemasan Era ketiga sejarah vitamin terjadi beberapa dekade berikutnya. ilmuwan Sir Frederick G.dunia. Hawort mendapatkan nobel di bidang kimia atas penemuan vitamin C pada tahun1937.[7] Pada masa tersebut. Casimir juga berhasil mengisolasi senyawa aktif dari sekam beras yang diyakini memiliki aktivitas antiberiberi pada tahun berikutnya. penggambaran struktur lengkap vitamin.[11] Tadeus Reichstein. Hopkinsyang sedang melakukan analisis penyakit beri-beri pada hewan menemukan bahwa hal ini disebabkan oleh kekurangan suatu senyawa faktor pertumbuhan (growth factor). Pada saat itulah (dan untuk pertama kalinya). metode penapisan yang diperbahurui. era ketiga dari garis besar sejarah vitamin ini dikenal dengan masa keemasan (golden age). Dr Funk mempublikasikan senyawa aktif hasil temuannya tersebut dengan istilah vitamine (vital dan amines). Hal tersebut kemudian segera disanggah dan diganti menjadi vitamin (dengan penghilangan akhiran huruf "e") pada tahun 1920. meliputi penemuan vitamin jenis baru. Oleh karena hal tersebutlah. terjadi banyak penemuan besar mengenai vitamin itu sendiri.[7] Banyak penelti yang mendapatkan hadiah nobel atas penemuannya di bidang vitamin ini. seorang ahli kimia yang berhasil memproduksi vitamin C secara massal untuk pertama kalinya dalam sejarah. Pemberian nama amines pada senyawa vitamin ini karena diduga semua jenis senyawa aktif ini memiliki gugus amina (amine). dan síntesis vitamin B12.

Dikomersilkan pertama kali oleh Tadeus Reichstein pada tahun 1933. dan produksi komersial vitamin untuk pertama kalinya dalam sejarah.[12] Melalui penelitian ini juga. tubuh membutuhkan asupan vitamin larut air secara terus-menerus.[16] Berbagai vitamin Secara garis besar. Vitamin B2 ini sendiri diperoleh dari ekstrak ragi. dan gizi tambahan bagi hewan ternak.[18] Oleh karena hal inilah. kelompok vitamin B diketahui berperan sebagai koenzim yang penting di dalam tubuh manusia. perannya dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar. sedangkan vitamin lainnya. vitamin ini akan segera dibuang tubuh bersamaurin. yaitu era kelima dimana banyak ditemukan nilai kesehatan dari masingmasing jenis vitamin dan penemuan baru mengenai fungsi biokimia vitamin bagi tubuh.[7] Pada tahun 1930-an. E. Atas hasil penemuan ini. Vitamin A . Vitamin ini kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. yaitu B dan C. Apabila tidak dibutuhkan. Beberapa jenis vitamin hanya dapat disimpan beberapa hari saja di dalam tubuh. yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Produksi masal vitamin untuk pertama kalinya juga terjadi pada era ini.Era keempat ditandai dengan banyaknya penemuan mengenai fungsibiokimia vitamin di dalam tubuh.[17]Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati. vitamin C telah dijual kepada masyarakat luas dengan harga yang relatif murah sehingga terjangkau bagi khalayak ramai. sedangkan jenis vitamin lain dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya di dalam tubuh.[17] Berbeda dengan vitamin yang larut dalam lemak. yaitu vitamin A. D. [7] Masa ini dimulai pada tahun 1955 ketika Rudolf Altschul menemukan bahwaniasin (vitamin B3) dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Saat suatu bahan pangan dicerna oleh tubuh. vitamin yang terlepas akan masuk ke dalam aliran darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh. penelitian. dan K bersifat larut dalam lemak.[14] Era penemuan nilai kesehatan vitamin Hanya dalam waktu 1 dekade berikutnya setelah era vitamin keempat. Hanya terdapat 2 vitamin yang larut dalam air.[13] Vitamin C yang juga dikenal dengan istilahasam askorbat ini kemudian banyak dipakai sebagai suplemen makanan. perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa vitamin keera berikutnya.[15] Peranan kesehatan ini terlepas dari efek defisiensi vitamin B3 itu sendiri maupun perannya sebagai koenzim dalam metabolisme tubuh. para peneliti menemukan bahwa vitamin B2 merupakan bagian dari ―enzim kuning‖. Tadeus Reichstein mendapatkan nobel di bidang Fisiologi – Pengobatan pada tahun 1950. jenis vitamin larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera hilang bersama aliran makanan.

dan iritasi kulit. bila sudah dalam kondisi akut.[1] Apabila terjadi defisiensi vitamin A. dan kondisi kulit yang kurang sehat. pisang. ikan. dan udara. terutama di malam hari.Vitamin A. yaitu sebagai senyawa koenzim yang dapat meningkatkan laju reaksimetabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi. penderita defisiensi vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernapasan. merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik. Vitamin B Secara umum. dan pepaya). menurunnya daya tahan tubuh. kerontokan rambut. sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning). dan pingsan. vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Selain itu. Beberapa jenis vitamin yang tergolong dalam kelompok vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Sumber utama vitamin B berasal dari susu.[18] Hal ini terkait dengan peranannya di dalam tubuh. dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning.[1] Sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan sebagai sumber vitamin A dan vitamin B yang tinggi. seperti cabai merah. terutama dalam hal pelepasan energisaat beraktivitas. antara lain susu. cahaya matahari.[1] Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing.[17] Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas. dan sayursayuran hijau. ikan. penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. gandum. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A. yang juga dikenal dengan nama retinol. wortel. golongan vitamin B berperan penting dalam metabolisme di dalam tubuh. kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan. terhambatnya pertumbuhan tubuh.[19] Selain itu. Selain itu.[19]wati moee Vitamin B1 . dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. pembengkakan hati. kulit kering bersisik.

rambut.[20] Di dalam tubuh.Vitamin B1. . dan tanaman kacang-kacangan. kita perlu banyak mengonsumsi banyak gandum. Defisiensinya dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. gangguan saluran pencernaan. seperti kulit kering dan bersisik.[6] Sumber vitamin B2 banyak ditemukan pada sayur-sayuran segar. dan kuku. dan susu.daging. merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. yang dikenal juga dengan nama tiamin. dan sariawan. dan protein. susu. metabolisme lemak. kuning telur. dan glikogen.[17] Tubuh juga dapat mengalami beri-beri. vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah. Di samping itu. tekanan darah tinggi. jantung. Untuk mencegah hal tersebut. nasi. Vitamin B3 Beri-beri. serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh. FMN) dan flavin adenine dinukleotida (adenine dinucleotide. bibir pecah-pecah. FAD). vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein dan lemak.[1] Di dalam tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekul steroid. Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi. Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi. seperti kulit. Bahan makanan inilah yang telah terbukti banyak mengandung vitamin B1. telur. penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin B1 Vitamin B3 juga dikenal dengan istilah niasin. vitamin B2 berperan sebagai salah satu kompenen koenzim flavin mononukleotida (flavin mononucleotide. mulut kering. kulit akan mengalami berbagai gangguan. dansistem saraf. kacang kedelai. kulit kering bersisik.[1] Vitamin B2 Vitamin B2 (riboflavin) banyak berperan penting dalam metabolisme di tubuh manusia. Bila terjadi defisiensi vitamin B1. sel darah merah.

Hal ini menyebabkan vitamin B5 berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme.[6] Peranan lain vitamin ini adalah menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak dan memproduksi senyawa asam lemak.[20] Vitamin B3 termasuk salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani. dan ikan.[17] Akan tetapi. jagung. mulai dari daging. pembentukkan molekul DNA dan RNA. defisiensi vitamin B5 dapat menyebabkan kulit pecah-pecah dan bersisik. terdapat beberapa sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini dalam kadar tinggi. vegetarian sering kali mengalami gangguan kesehatan tubuh akibat kekurangan vitamin ini. atau dikenal juga dengan istilah piridoksin. mudah lelah lesu.[1] Vitamin B6 Vitamin B6. dan daging merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. dan hati hingga makanan nabati. Vitamin ini berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak.[20] Vitamin ini banyak berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh. Seperti halnya vitamin B1 dan B2. susu. Berbagai jenis senyawa racun dapat dinetralisir dengan bantuan vitamin ini.penyembuhan migrain. dan vertigo. kacang-kacangan. seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan. seperti sayuran hijau dan kacang hijau.[1] Vitamin C .[19] Vitamin B12 Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya khusus diproduksi olehhewan dan tidak ditemukan pada tanaman.[20] Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras. Vitamin B12 juga termasuk dalam salah satu jenis vitamin yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel saraf. hati. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia (kekurangan darah). terutama lemak. Selain itu. Kekurangan vitamin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekejangan. vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksiantibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. ginjal. dan mual. dan insomnia. muntah-muntah.[20][6] Selain itu. [20] Vitamin B5 dapat ditemukan dalam berbagai jenis variasi makanan hewani. keram otot. sterol. Oleh karena itu. pembentukkan platelet darah. keram otot.neurotransmiter.[6] Telur. daging. gangguan lain yang akan diderita adalah keram otot serta kesulitan untuk tidur. seperti ragi.[19] Vitamin B5 Vitamin B5 (asam pantotenat) banyak terlibat dalam reaksi enzimatik di dalam tubuh. merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. dan hormon tubuh. seperti spingolipid danfosfolipid. ginjal. dan iritasi kulit. daging unggas. hati. gangguan sistem pencernaan. antara lain gandum dan kentang manis. dan ikan.

vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif. Vitamin ini juga berperan dalam penutupan luka saat terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan lebih dari infeksimikroorganisme patogen.Buah jeruk. yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. serta produk olahannya. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin ini adalah tulang. sendi. dan rusaknya sel darah merah. tulang. Vitamin C (asam askorbat) banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare.[21] Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit. gangguan saluran pencernaan. Defisiensi vitamin C juga dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. [21] Vitamin C merupakan senyawaantioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebasdari polusi di sekitar lingkungan kita. dapat diturunkan. dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X.[1] Penyakit lainnya adalahosteomalasia. seperti kanker. dan dehidrasi berlebihan. dan jaringan penyokong lainnya.[22] Selain itu. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. muntahmuntah. berkurangnya berat badan. seperti otot. Terkait dengan sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas. antara lain ikan. terkenal atas kandungan vitamin C-nya yang tinggi.[24] Di samping itu.[17] Vitamin E .[23] Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet).[21] Vitamin D Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani. telur. vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit. penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis. seperti keju. sedangkan pada manula. Di dalam tubuh. susu. Akumulasi vitamin C yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal. Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal. vitamin C berperan dalam menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh. gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan.

kuning telur. vitamin K juga berperan sebagai kofaktor enzimuntuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawaantioksidan alami. Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit.[19] [sunting]Vitamin K Vitamin K banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupanluka.[25] Oleh karena itu. sel darah merah hingga hati.[17] Berikut adalah senyawa-senyawa yang tergolong vitamin alami. kuning telur. Selain itu. dan minyak tumbuh-tumbuhan. mata. dan sayuran segar yang merupakan sumber vitamin K yang baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan. kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh. kita perlu banyak mengonsumsi susu. Vitamin E banyak ditemukan pada ikan. Selain itu.Struktur molekul vitamin E Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh. antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. mulai dari jaringan kulit. vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. ayam. ragi. Selain itu. Tahun penemuan vitamin alami dan sumbernya Tahun penemuan Vitamin Nama biokimia Ditemukan di 1909 Vitamin A Retinol Wortel 1912 Vitamin B1 Tiamin Susu 1912 Vitamin C Asam askorbat Jeruk sitrun . saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.

C. serta asam paraaminobenzoat . 1926 Vitamin B12 Sianokobalamin Telur 1929 Vitamin K Filokuinona Kuning telur 1931 Vitamin B5 Asam pantotenat Susu 1931 Vitamin B7 Biotin Hati 1934 Vitamin B6 Piridoksin Kacang 1936 Vitamin B3 Niasin Ragi 1941 Vitamin B9 Asam folat Hati Senyawa serupa vitamin Sel darah merah.1918 Vitamin D Kalsiferol Keju 1920 Vitamin B2 Riboflavin Telur 1922 Vitamin E Tokoferol Minyak mata bulir gandum. terbentuk sempurna oleh kontribusi vitamin B. dan E.

oksigen dilepaskan dalam bentuk yang tidak stabil. polusi lingkungan.[30] Oksigen yang tidak stabil memiliki elektron bebas yang tidak berpasangan sehingga bersifat reaktif. dan membran sel di dalam tubuh. Oksigen terlibat secara langsung dalam metabolisme energi di dalam tubuh.[27] Kolina merupakan salah satu senyawa yang termasuk dalam golongan senyawa serupa vitamin. Untuk menghasilkan energi ini.Selain vitamin. dan sinar ultraviolet. Akan tetapi. Contoh lain dari senyawa serupa vitamin ini adalah asam para-aminobenzoat (4-aminobenzoic acid. terutama paru-paru. Kereaktifan oksigen ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat mengoksidasi dan merusak DNA. Beberapa senyawa ini pernah diklasifikasikan ke dalam kelompok vitamin B kompleks karena kemiripan fungsi dan sumber makanannya. Senyawa ini dapat ditemukan di setiap sel mahluk hidup dan berperan dalam pengaturan sistem saraf yang baik dan beberapa metabolisme sel. Sebagai produk sampingannya. PABA) yang berperan sebagai senyawaantioksidan dan penyusun sel darah merah. makhluk hidup memerlukan bantuan berbagai substansi.[26] Perbedaan utamanya dengan vitamin adalah senyawa ini diproduksi tubuh dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. tubuh juga memproduksi senyawa lain yang juga berperan dalam kelancaran metabolisme di dalam tubuh.[31] Asap rokok. Sumber radikal bebas lainnya adalah asap rokok. asam lemak.[28] Vitamin sebagai antioksidan Semua jenis kehidupan di bumi memerlukan energi untuk dapat bertahan hidup. Senyawa ini memiliki karakteristik dan aktivitas yang mirip dengan vitamin sehingga seringkali disebut dengan istilah senyawa serupa vitamin ({{lang-en|vitamin like substances). Karnitina merupakan senyawa lain yang berperan dalam sistem transportasi asam lemak dan pembentukkan otot tubuh. salah satu sumber radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh.[28] Mioinositol(myoinositol) juga termasuk dalam golongan senyawa serupa vitamin yang larut dalam air. secara umum peranan senyawa serupa vitamin ini tidaklah sepenting vitamin. . karbohidrat.[29]Peranannya dalam tubuh secara spesifik belum diketahui. protein. salah satunya adalah oksigen. Molekul inilah yang dikenal dengan nama radikal bebas (free radicals).

seperti kanker. Vitamin ini berinteraksi dengan senyawa radikal bebas di bagian cairan sel. Contoh vitamin yang banyak berperan sebagai senyawa antioksidan di dalam tubuh adalah vitamin C dan vitamin E. kerusakan pada sel dan jaringan tubuh dapat diperbaiki melalui proses replikasi sel tubuh yang juga dikenal dengan istilah mitosis. alzhemeir.[32] Senyawa lain yang juga dapat berperan sebagai antioksidan adalah glutation.CoQ10. pada berbagai kasus sel yang rusak tidak lagi dapat diperbaharui.[33]Beberapa jenis vitamin telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Kebanyakan diantaranya adalah senyawa antioksidan alami. dan glutation peroksidase. dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C dan E sebagai sumber senyawa antioksidan. Pada keadaan normal. dan rematik. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan penuaan pada tubuh. terdapat satu jenis vitamin lagi yang juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. katarak.[33] Senyawa radikal bebas merupakan salah satu agen yang berkontribusi besar dalam peristiwa ini.[33] Bila kadar radikal bebas di dalam tubuh menjadi sangat berlebih dan tidak lagi dapat diantisipasi oleh senyawa antioksidan maka akan timbul berbagai penyakit kronis. Selain itu. vitamin C juga dapat memulihkan kondisi tubuh akibat adanya reaksi oksidasi dari berbagai senyawa berbahaya. [6] Vitamin E dapat membantu melindungi tubuh dari oksidasi senyawa radikal bebas.penyakit jantung. dan gugus tiol pada protein. suplemen makanan juga dapat turut membantu mengatasi masalah tersebut. . arterosklerosis. katalase. melainkan terus terakumulasi.Tubuh memiliki beberapa mekanisme pertahanan terhadap senyawa radikal bebas ini untuk menetralkan efek negatifnya. salah satu organel sel penghasil energi bagi tubuh Penuaan tubuh merupakan hasil akumulasi dari berbagai kerusakan sel dan jaringan yang tidak dapat diperbaiki. yaitu vitamin C.[34] Akan tetapi. seperti enzim superoksida dismutase. Vitamin dan penuaan tubuh Struktur mitokondria. Di samping vitamin E. serta vitamin.[33] Vitamin ini juga mampu bekerja dalam kondisi kadar senyawa radikal bebas yang tinggi sehingga mampu dengan efisien dan efektif menekan reaksi perusakan jaringan di dalam tubuh melalui prosesoksidasi.[30] Bagi orang yang memiliki sejarah penyakit kronis tersebut dalam garis keturunannya. Antioksidan sendiri berarti senyawa yang dapat mencegah terjadinya peristiwa oksidasi atau reaksi kimia lain yang melibatkan molekul oksigen (O2). Selain itu.

[35] Selain itu. Molekul protein mengandung karbon.[30] Oleh karena itu. nitrogen dan kadang .[30] Banyak penelitian telah membuktikan bahwa tingkat kerusakan mitokondria ini berhubungan langsung dengan proses penuaan tubuh atau panjangnya umur suatu makhluk hidup. hidrogen. vitamin juga berkontribusi dalam menyokong sistem imun yang baik sehingga risiko terkena berbagai penyakit degeneratif dan penyakit lainnya dapat ditekan. terutama pada manula. Vitamin merupakan satu dari berbagai jenis senyawa yang dapat menghambat reaksi perusakan tubuh best bodybuilding supplements oleh senyawa radikal bebas terkait dengan aktivitas antioksidannya. tubuh memerlukan suatu senyawa untuk menekan efek perusakan oleh radikal bebas. Selain itu. terutama oleh oksigen bebas yang reaktif. Protein Segelas susu sapi. Susu sapi merupakan salah satu sumber protein. kerusakan DNA akibat reaksi oksidasi oleh radikal bebas juga turut berperan besar dalam peristiwa ini. Jadi.Mitokondria merupakan salah satu organel sel yang paling rentan mengalami kerusakan oleh senyawa oksigen reaktif (radikal bebas). Hal ini terkait dengan banyaknya reaksi pelepasan oksigen bebas di dalam organel ini yang merupakan pusat metabolisme energi tubuh. secara tidak langsung. Asupan vitamin antioksidan yang cukup akan membantu tubuh mengurangi efek penuaan oleh radikal bebas. Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer darimonomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. oksigen. asupan vitamin yang cukup dan seimbang dapat menciptakan kondisi tubuh yang sehat dan berumur panjang.

Biosintesis protein alami sama dengan ekspresi genetik. protein merupakan salah satu molekulyang paling banyak diteliti dalam biokimia.[2][3] Struktur . Selain itu. terbentuklah protein yang memiliki fungsi penuh secara biologi. yang berperan sebagai cetakan bagi translasi yang dilakukan ribosom. Melalui mekanisme pascatranslasi. dan polinukleotida. selain polisakarida. protein masih "mentah". lipid. hanya tersusun dari asam amino proteinogenik. Sebagai salah satu sumbergizi. seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. yang merupakan penyusun utama makhluk hidup. Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi. sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara.kala sulfur serta fosfor.[1]Sampai tahap ini. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Kode genetik yang dibawa DNAditranskripsi menjadi RNA. protein berperan sebagai sumber asam amino bagiorganisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof). Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis. sistem kendali dalam bentuk hormon. Protein ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun1838.

Vernon Ingrammenemukan bahwa translokasi asam amino akan mengubah fungsi protein.  beta-turn. Model dibuat dengan menggunakan koordinat dari Bank Data Protein (nomor 1EDH). (γ-turn. trimer. Urutan asam amino menentukan fungsi protein. dan [4]  gamma-turn. "lempeng-beta"). "lekukan-gamma"). menjadi fragmen peptida yang lebih pendek untuk dipisahkan lebih lanjut dengan bantuan kertas kromatografik. "lekukan-beta"). dan kuartener (tingkat empat):[4][5]  struktur primer protein merupakan urutan asam aminopenyusun protein yang dihubungkan melalui ikatan peptida (amida). dan lebih lanjut memicu mutasi genetik.  beta-sheet (β-sheet. struktur tersier yang merupakan gabungan dari aneka ragam dari struktur sekunder. Struktur tersier biasanya berupa gumpalan. struktur sekunder protein adalah struktur tiga dimensi lokal dari berbagai rangkaian asam amino pada protein yang distabilkan oleh ikatan hidrogen. dengan penggunaan beberapa enzimprotease yang mengiris ikatan antara asam amino tertentu. contoh struktur kuartener yang terkenal adalah enzim Rubisco dan insulin. pada tahun 1957. yaitu berupa struktur primer (tingkat satu). "puntiran-alfa").Struktur tersier protein. berupa pilinan rantai asam-asam amino berbentuk seperti spiral. tersier (tingkat tiga). Protein ini memiliki banyak struktur sekunderbeta-sheet dan alphahelix yang sangat pendek. atau kuartomer) dan membentuk struktur kuartener. (β-turn. Beberapa molekul protein dapat berinteraksi secara fisik tanpaikatan kovalen membentuk oligomer yang stabil (misalnya dimer.    . Struktur protein dapat dilihat sebagai hirarki. sekunder (tingkat dua). Frederick Sanger merupakan ilmuwan yang berjasa dengan temuan metode penentuan deret asam amino pada protein. berupa lembaran-lembaran lebar yang tersusun dari sejumlah rantai asam amino yang saling terikat melalui ikatan hidrogen atau ikatan tiol (S-H). Berbagai bentuk struktur sekunder misalnya ialah sebagai berikut:  alpha helix (α-helix.

maka fungsi biologis masing-masing komponen domain penyusunnya tidak hilang. Kekurangan Protein bisa berakibat fatal: . Estimasi dari komposisi struktur sekunder dari protein bisa dikalkulasi dari spektrum CD. dan (4) penentuan massa molekular dengan spektrometri massa. Pada protein yang lebih kompleks. Struktur ini terdiri dari 40-350 asam amino. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh. 6N HCl) dan kemudian komposisi asam amino ditentukan dengan instrumen amino acid analyzer. pita amida-I dari puntiran-alfa berbeda dibandingkan dengan pita amida-I dari lempeng-beta. (2) analisis sekuens dari ujung-N dengan menggunakan degradasi Edman. ada beberapa domain yang terlibat di dalamnya. Jadi. protein tersebut tidak fungsional. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet. (3) kombinasi dari digesti dengan tripsin dan spektrometri massa. Struktur sekunder bisa ditentukan dengan menggunakan spektroskopi circular dichroism (CD) danFourier Transform Infra Red (FTIR). Struktur protein lainnya yang juga dikenal adalah domain.[6] Spektrum CD dari puntiran-alfa menunjukkan dua absorbans negatif pada 208 dan 220 nm dan lempeng-beta menunjukkan satu puncak negatif sekitar 210-216 nm. Setiap orang dewasa harus sedikitnya mengonsumsi 1 g protein per kg berat tubuhnya.Struktur primer protein bisa ditentukan dengan beberapa metode: (1) hidrolisis protein dengan asam kuat (misalnya. Inilah yang membedakan struktur domain dengan struktur kuartener. Pada spektrum FTIR. proses kekebalan tubuh. Bila strukturdomain pada struktur kompleks ini berpisah. komposisi struktur sekunder dari protein juga bisa diestimasi dari spektrum inframerah. Protein sederhana umumnya hanya memiliki satu domain. setelah struktur kompleksnya berpisah. Kekurangan Protein Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Hubungan rantai polipeptida yang berperan di dalamnya akan menimbulkan sebuah fungsi baru berbeda dengan komponen penyusunnya. Pada struktur kuartener.

Artinya kesembilan asam amino ini tidak dapat disintesa sendiri oleh tubuh esensiil. Sumber Protein       Daging Ikan Telur Susu. Keseluruhan berjumlah 21 asam amino. Darah membawa asam amino itu ke setiap sel tubuh. dan produk sejenis Quark Tumbuhan berbji Suku polong-polongan . Hal ini dilakukan dengan bantuanenzim. Ini disebut dengan DNAtranskripsi. penyakit kekurangan protein.  Kerontokan rambut (Rambut terdiri dari 97-100% dari Protein -Keratin) Yang paling buruk ada yang disebut dengan Kwasiorkor. Kemudian karena hasil transkripsi di proses lebih lanjut di ribosom atau retikulum endoplasma. disebut sebagaitranslasi. Di sistem pencernaan protein akan diuraikan menjadi peptidpeptid yang strukturnya lebih sederhana terdiri dari asam amino.  Sintese protein Artikel utama: Proteinbiosynthese Dari makanan kita memperoleh Protein. Kode untuk asam amino tidak esensiil dapat disintesa oleh DNA. Setelah penyerapan di usus maka akan diberikan ke darah.[7]Biasanya pada anak-anak kecil yang menderitanya.Simptom yang lain dapat dikenali adalah:  hipotonus  gangguan pertumbuhan  hati lemak Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan berkibat kematian. dapat dilihat dari yang namanya busung lapar. Tubuh manusia memerlukan 9 asam amino. yang disebabkan oleh filtrasi air di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkanodem. sedangkan sebagian asam amino dapat disintesa sendiri atautidak esensiil oleh tubuh.

lebih sehat dan hidup dua kali lebih lama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Kemudian studi selanjutnya. Profesor untuk biokimia di Yale. 1914. sedangkan grup yang lain diberikan protein nabati. Dari eksperimennya didapati bahwa kelinci yang memperoleh protein hewani lebih cepat bertambah beratnya dari kelinci yang memperoleh protein nabati. Keuntungan Protein     Sumber energi Pembetukan dan perbaikan sel dan jaringan Sebagai sintesis hormon. dan antibodi Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel Methode Pembuktian Protein         Tes UV-Absorbsi Reaksi Xanthoprotein Reaksi Millon Reaksi Ninhydrin Reaksi Biuret Reaksi Bradford Tes Protein berdasar Lowry Tes BCA- Bacaan lebih lanjut  Gunawan. Satu grup kelinci-kelinci tersebut diberikan makanan protein hewani. mengujicobakan protein konsumsi dari daging dan tumbuhan kepada kelinci. Kentang Studi dari Biokimiawan USA Thomas Osborne Lafayete Mendel. ISBN 979-655-336-8. Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan untuk Langsing & Sehat. oleh McCay dari Universitas Berkeley menunjukkan how to get a six pack in a week bahwa kelinci yang memperoleh protein nabati. (Indonesia) Referensi . Andang (1999).enzim.

dtu. Protein Structure. 7. ^ (Inggris)Anthony JF Griffiths. ^ Jolane Abrams. Asam nukleat Asam nukleat (bahasa Inggris: nucleic acid) adalah makromolekul biokimia yang kompleks. Bloemendal M. British J Nutr 26:71-74. 2010.ukdw.http://www. Desai BLM. and William M Gelbart (2000).ac.html. Asam nukleat yang paling umum adalah Asam deoksiribonukleat (DNA) and Asam ribonukleat(RNA). Protein secondary structure from Fourier transform infrared and/or circular dichroism spectra. 5. 1993. Jenis asam nukleat dibedakan oleh jenis gula yang terdapat pada rantai asam nukleat tersebut (misalnya. yaitu sebuah basa nitrogen heterosiklik (purin atau pirimidin). sitosina.id/dhira/BacterialStructure/Proteins.http://lecturer.cbs. Asam nukleat ditemukan pada semua sel hidup serta pada virus. Diakses pada 5 Mei 2010. dan tersusun atas rantai nukleotida yang mengandung informasi genetik. Setiap nukleotida terdiri dari tiga komponen. basa nitrogen yang ditemukan pada kedua jenis asam nukleat tersebut memiliki perbedaan: adenina. 3. Diakses pada 5 Mei 2010. Selain itu. University of WisconsinMadison. Nature 227:561-563. sedangkan timina dapat ditemukan hanya pada DNA dan urasil dapat ditemukan hanya pada RNA.com/~jka/rnaworld/nfrna/nf-rnadefed. Central dogma of molecular biology. Asam nukleat dinamai demikian karena keberadaan umumnya di dalam inti (nukleus) sel. David T Suzuki. ISBN 07167-3520-2. and Protein: Life at its simplest. Detection of early proteincalorie malnutrition (pre-kwashiorkor) in population groups. ^ a b Paustian T. 4. Diakses pada 5 Mei 2010 2. 1970. hlm. An Introduction to Genetic Analysis (edisi ke-7). sebuah gulapentosa. Rao MN. dan sebuah gugus fosfat.html. dan guanina dapat ditemukan pada RNA maupun DNA. DNA.postmodern. 6.1. Jeffrey H Miller. ^ Ussery D. H. . Richard C Lewontin. 2001. Stokkum van IH. Anal Biochem 214(2):366-78. ^ Prasanna HA. ^ Crick F. Diakses pada 15 Agustus 2010. Gene-protein relations. 1971. dan monomer penyusunnya adalah nukleotida. RNA.html. Asam nukleat merupakan biopolimer. Freeman.dk/staff/dave/DNA_CenDog. Gene Expression & Regulation. Haris PI. 1998. DNA atau asam deoksiribonukleat mengandung 2-deoksiribosa).http://www. berbobot molekul tinggi. W. ^ Pribic R. Chapman D.

selain glukoneogenosis. untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtomahipoglisemia. fosfoglukomutase. oleh hormon insulin sebagai respon terhadap rasio gula darah yang meningkat. Siklus asam sitrat . Lintasan ini diaktivasi di dalam hati. Glikogenolisis Glikogenolisis adalah lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh.. Universidade Fernando Pessoa. ^ (Inggris)"The chemical logic behind. Pada glikogenolisis.[1] menjadi glukosa. Rujukan 1. Penyimpangan atau kelainan metabolisme pada lintasan ini disebut glikogenosis. Doutor Pedro Silva. atau teraktivasi pada akhir siklus Cori. Glycogen synthesis and degradation". Hormon yang berperan pada lintasan ini adalah glukagon dan adrenalin. misalnya karena kandungan karbohidrat setelah makan. glukosidase. Diakses pada 6 Agustus 2010. glikogen digradasi berturut-turut dengan 3 enzim. ensiklopedia bebas Glikogenesis adalah lintasan metabolisme yang mengkonversi glukosa menjadi glikogen untuk disimpan di dalam hati. glikogen fosforilase.Glikogenesis Dari Wikipedia bahasa Indonesia..

[3] . SzentGyörgyi-Krebs cycle) adalah sederetan jenjang reaksi metabolismepernapasanselular yang terpacu enzimyang terjadi setelah prosesglikolisis. antara lain glikolisis. oksidasi asam piruvat dan fosforilasi oksidatif. Pada sel eukariota.Siklus asam sitrat Siklus asam sitrat[1] (bahasa Inggris: citric acid cycle. siklus asam sitrat terjadi pada mitokondria.[2] Lintasan katabolisme akan menuju pada lintasan ini dengan membawa molekul kecil untuk diiris guna menghasilkan energi. siklus ini merupakan bagian dari lintasan metabolisme yang berperan dalam konversi kimiawi terhadap karbohidrat.menjadi karbon dioksida. Reaksi lain pada lintasan katabolisme yang sama. asam ketoglutarat-alfa merupakan prekursor dari asam glutamat. dan bersama-sama merupakan pusat dari sekitar 500 reaksi metabolisme yang terjadi di dalam sel. Produk dari siklus asam sitrat adalah prekursor bagi berbagai jenis senyawa organik. asam oksaloasetat merupakan prekursor dari asam aspartat. Metabolom dan jenjang reaksi pada siklus ini merupakan hasil karya Albert Szent-Györgyi and Hans Krebs. purina. lemak dan protein . Krebs cycle. TCA cycle. dalam rangka menghasilkan suatu bentuk energi yang dapat digunakan. air. sedangkan lintasan anabolismemerupakan lintasan yang bercabang keluar dari lintasan ini dengan penyediaan substrat senyawakarbon untuk keperluan biosintesis. tricarboxylic acid cycle. purina dan beberapa asam amino. pirimidina dan beberapa asam amino. suksinil-KoA merupakan prekursor dari hemedan klorofil. sedangkan pada organisme aerob. Asam sitratmerupakan prekursor dari kolesterol dan asam lemak.

Reaksihidrolisis yang terjadi selanjutnya pada guguskoenzim-A akan mendorong reaksi hingga menghasilkan tiga jenis produk. dan mendonorkan dua atom karbon yang tersisa dalam bentuk gugusasetil kepada asam oksaloasetat yang memiliki molekul dengan empat atom karbon. kemudian terjadi penambahan kembali molekul air dengan pergeseran lokasi gugus hidroksil dan menghasilkan isomer asam sitrat. 4 Isositrat Oksalosuksi Isositrat Oksidasi nat dehidrogen Enzim isositrat dehidrogenase bersama . 2 Asam sitrat cis-Asonitat + H2 O Dehidrasi Asonitase 3 cis-Asonitat Isositrat + H2 O Hidrasi Reaksi isomerisasi terjadi dengan dua tahap. melepaskan gugus koenzim-A. hingga menghasilkan asam sitrat dengan enam atom karbon.[4][5] Substrat Produk Enzim Reaksi Keterangan Oksaloaseta Asam sitrat t Sitrat 1 + CoA-SH + Asetilsintase + H+ KoA Hidrolisis Setelah enzim sitrat sintase melepaskan satu ion H+ dari molekul CH3 gugus asetil dari asetil-KoA.Sekilas proses Siklus asam sitrat dimulai dengan satu molekul asetil-KoA bereaksi dengan satu molekul H2O. enzim asonitase akan melepaskan gugus air dari asam sitrat membentuk metabolit cisAsonitat.pada gugus asetil tersebut akan bereaksi dengan asam oksaloasetat membentukmetabolit S-sitrilKoA. molekul CH2.

Kompleks dehidrogenase ketoglutarat-alfa miripkompleks piruvat dehidrogenase yang menjadienzim pada SuksinilKetoglutarat Ketoglutara transformasi asam KoA -α t-α Dekarboksilas piruvat menjadi asetil-KoA. disebutsuksinilKoA. membentuk senyawaintermedi at yang disebutoksalosuksinat. Pada bakteridan tumbuhan. 6 + NADH + + NAD+ dehidrogen i Bersama dengan koenzim H+ + CoA-SH ase NAD+ akan mempercepat + CO2 oksidasi yang membentuk koenzim baru. gugus Pi akan didonorkan ke ADP guna menghasilkan ATP. . yang memiliki ikatan tioester antara koenzimA dengan gugus suksinil. Eksitasi oleh ion H+ akan Dekarboksilas menyebabkan oksalosuksinat i melepaskan gugus COO. SuksinilSuksinat KoA 7 + CoA-SH + GDP + Pi + GTP + H2 O SuksinilKoA sintetase Senyawa Pi akan menggantikan gugus CoApada suksinat. fosforilasisubs kemudian didonorkan ke GDP trat untuk membentuk GTP.yang tidak stabil dan membentuk senyawaCO2.+ NAD+ + NADH + ase H+ 5 Ketoglutarat Oksalosuksi -α nat + CO2 dengan koenzimNAD+ akan mengubah guguskarboksil menjadi guguskarbonil.

[sunting]Lihat   pula Deaminasi oksidatif Siklus sel . Reaksi ini tidak terjadi di dalam matriks mitokondria. yaitu asam oksaloasetat. tetapi terjadi pada antarmuka antara matriks mitokondria dan rantai transpor elektron yang disebut suksinat dehidrogenase yang melintang pada membran mitokondria bagian dalam. 9 Fumarat + H2 O Malat Fumarase Hidrasi Reaksi penambahan molekul air pada fumarat akan menjadi gugus hidroksil pada senyawa baru.8 Suksinat + FAD Fumarat + FADH2 Suksinat dehidrogen Oksidasi ase Koenzim FAD akan menarik dua atom hidrogen darisuksinat. 1 Malat 0 + NAD+ Oksaloaseta Malat t dehidrogen Oksidasi + NADH + ase H+ Reaksi oksidasi yang terakhir akan mengubah gugushidroksil menjadi karbon il dan menghasilkan senyawa pertama siklus sitrat. enzim ini sering juga disebut "kompleks II".

Julian Lewis.Panel 2-9 The Complete Citric Acid Cycle (edisi ke-4). Julian Lewis. Molecular Biology of the Cell . Alexander Johnson.How Cells Obtain Energy from Food (edisi ke-4). (edisi ke-4). Martin Raff. Keith Roberts. and Peter Walter (2002). 5. Garland Science.How Cells Obtain Energy from Food : Fig. Keith Roberts. Julian Lewis. ^ (Inggris)Bruce Alberts. 2. Fosforilasi oksidatif [sunting]Rujukan 1. selain glikogenolisis. Pada . ISBN 0-8153-3218-1. Keith Roberts. Garland Science. Alexander Johnson.ISBN 0-8153-3218-1. Molecular Biology of the Cell . Molecular Biology of the Cell . Molecular Biology of the Cell . Glycolysis and the citric acid cycle provide the precursors needed to synthesize many important biological molecules. ^ (Inggris)Bruce Alberts. Keith Roberts. Diakses pada 11 Juli 2010. and Peter Walter (2002). ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Glukoneogenesis adalah lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh. Alexander Johnson. Garland Science. Artikel bertopik biokimia ini adalah sebuah rintisan. Alexander Johnson. Diakses pada 16 Juli 2010. Julian Lewis. Molecular Biology of the Cell . Garland Science. untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtomahipoglisemia. Martin Raff. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. ^ (Inggris)Bruce Alberts. ^ (Inggris)Bruce Alberts. ISBN 0-81533218-1. Martin Raff. and Peter Walter (2002). 3. Martin Raff. Alexander Johnson.Simple overview of the citric acid cycle (edisi ke-4). and Peter Walter (2002). 2-88.Fig. 2-87. Diakses pada 16 Juli 2010. Glukoneogenesis Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ^ (Inggris)Bruce Alberts. ISBN 0-8153-3218-1. and Peter Walter (2002). Glycolysis and the citric acid cycle are at the center of metabolism (edisi ke-4). Martin Raff. Garland Science. Julian Lewis. ISBN 08153-3218-1. Diakses pada 14 Juli 2010. Diakses pada 11 Juli 2010. Keith Roberts. 4.

Universidade Fernando Pessoa. Hal ini dapat berupa proses redoks yang sederhana seperti oksidasi karbon yang menghasilkan karbon dioksida. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Ilustrasi sebuah reaksi redoks Redoks (singkatan dari reaksireduksi/oksidasi) adalah istilah yang menjelaskan berubahnya bilangan oksidasi(keadaan oksidasi) atom-atom dalam sebuah reaksi kimia. . atau reduksikarbon oleh hidrogen menghasilkanmetana(CH4). Gluconeogenesis". terkecuali:[1] [sunting]Rujukan 1. ataupun ia dapat berupa proses yang kompleks seperti oksidasi gula pada tubuh manusia melalui rentetan transfer elektronyang rumit. Diakses pada 6 Agustus 2010. asam laktat. Redoks Dari Wikipedia bahasa Indonesia. sintesis glukosa terjadi dengan substrat yang merupakan produk dari lintasan glikolisis. asam oksaloasetat... ^ (Inggris)"The chemical logic behind. asam suksinat.lintasan glukoneogenesis. seperti asam piruvat. Doutor Pedro Silva.

atau ion.Istilah redoks berasal dari dua konsep. namun terdapat banyak reaksi yang diklasifikasikan sebagai "redoks" walaupun tidak ada transfer elektron dalam reaksi tersebut (misalnya yang melibatkan ikatan kovalen). Sehingga oksidasi lebih baik didefinisikan sebagai peningkatan bilangan oksidasi. Dua bagian dalam sebuah reaksi redoks Besi berkarat . atau ion Oksidasi menjelaskan penambahan elektron oleh sebuah molekul. transfer elektron akan selalu mengubah bilangan oksidasi. atom. penjelasan di atas tidaklah persis benar. Reaksi non-redoks yang tidak melibatkan perubahan muatan formal (formal charge) dikenal sebagaireaksi metatesis. atom. Dalam prakteknya. dan reduksi sebagai penurunan bilangan oksidasi. Oksidasi dan reduksi tepatnya merujuk pada perubahan bilangan oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. yaitu reduksi dan oksidasi. Walaupun cukup tepat untuk digunakan dalam berbagai tujuan. Ia dapat dijelaskan dengan mudah sebagai berikut:   Reduksi menjelaskan pelepasan elektron oleh sebuah molekul.

Reduktor melepaskan elektronnya ke senyawa lain. Senyawa-senyawa yang memiliki kemampuan untuk mereduksi senyawa lain dikatakan sebagaireduktif dan dikenal sebagai reduktor atau agen reduksi. Oleh karena ia "mendonorkan" elektronnya. Senyawa-senyawa yang berupa reduktor sangat bervariasi. Fe. Oksidator melepaskan elektron dari senyawa lain. terutama dalam reduksi senyawasenyawa karbonil menjadi alkohol. Metode reduksi lainnya yang juga berguna melibatkan gas hidrogen (H2) dengan katalis paladium.fluorin. Reduksi katalitik ini utamanya digunakan pada reduksi ikatan rangkap dua ata tiga karbon-karbon. Na. MnO4−. Pasangan oksidator dan reduktor yang terlibat dalam sebuah reaksi disebut sebagai pasangan redoks. OsO4) atau senyawa-senyawa yang sangat elektronegatif.Pembakaran terdiri dari reaksi redoks yang melibatkan radikal bebas Oksidator dan reduktor Senyawa-senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengoksidasi senyawa lain dikatakan sebagaioksidatif dan dikenal sebagai oksidator atau agen oksidasi. dan bromin).CrO3. ia juga disebut sebagai penderma elektron. Oksidator bisanya adalah senyawa-senyawa yang memiliki unsur-unsur dengan bilangan oksidasi yang tinggi (seperti H2O2. Unsur-unsur logam seperti Li. misalnya NaBH4 dan LiAlH4). ataunikel. klorin. platinum. sehingga dapat mendapatkan satu atau dua elektron yang lebih dengan mengoksidasi sebuah senyawa (misalnya oksigen. sehingga dirinya sendiri tereduksi. Mg. ia juga disebut sebagai penerima elektron. Logam-logam ini akan memberikan elektronnya dengan mudah. Reduktor jenus lainnya adalah reagen transfer hidrida. Contoh reaksi redoks Salah satu contoh reaksi redoks adalah antara hidrogen dan fluorin: . reduktor melepaskan elektron dan teroksidasi. reduktor mentransfer elektronnya ke oksidator. dan Al dapat digunakan sebagai reduktor. reagen-reagen ini digunakan dengan luas dalam kimia organik[1][2]. dan oksidator mendapatkan elektron dan tereduksi. Cara yang mudah untuk melihat proses redoks adalah. Oleh karena ia "menerima" elektron. Cr2O72−. Sehingga dalam reaksi. Zn. sehingga ia sendiri teroksidasi.

bahkan dalam bentuk molekul. sedangkan fluorin tereduksi dari bilangan oksidasi 0 menjadi -1. Unsur-unsur. elektron-elektron yang terlibat akan saling mengurangi: Dan ion-ion akan bergabung membentuk hidrogen fluorida: Reaksi penggantian Redoks terjadi pada reaksi penggantian tunggal atau reaksi substitusi. Sebagai contoh. sering kali memiliki bilangan oksidasi nol.Kita dapat menulis keseluruhan reaksi ini sebagai dua reaksi setengah: reaksi oksidasi dan reaksi reduksi Penganalisaan masing-masing reaksi setengah akan menjadikan keseluruhan proses kimia lebih jelas. reaksi antara larutan besi dan tembaga(II) sulfat: Persamaan ion dari reaksi ini adalah: Terlihat bahwa besi teroksidasi: dan tembaga tereduksi: . jumlah elektron yang berlebihan pada reaksi oksidasi haruslah sama dengan jumlah yang dikonsumsi pada reaksi reduksi. Komponen redoks dalam tipe reaksi ini ada pada perubahan keadaan oksidasi (muatan) pada atom-atom tertentu. dan bukanlah pada pergantian atom dalam senyawa. Pada reaksi di atas. hidrogen teroksidasi dari bilangan oksidasi 0 menjadi +1. Ketika reaksi oksidasi dan reduksi digabungkan. Karena tidak terdapat perbuahan total muatan selama reaksi redoks.

.Contoh-contoh lainnya  Besi(II) teroksidasi menjadi besi(III)  hidrogen peroksida tereduksi menjadi hidroksida dengan keberadaan sebuah asam: H2O2 + 2 e− → 2 OH− Persamaan keseluruhan reaksi di atas adalah: 2Fe2+ + H2O2 + 2H+ → 2Fe3+ + 2H2O  denitrifikasi.  Dalam kimia organik. dan kemudian peroksida. oksidasi seselangkah (stepwise oxidation) hidrokarbon menghasilkan air. karbon dioksida. nitrat tereduksi menjadi nitrogen dengan keberadaan asam: 2NO3− + 10e− + 12 H+ → N2 + 6H2O  Besi akan teroksidasi menjadi besi(III) oksida dan oksigen akan tereduksi membentuk besi(III) oksida (umumnya dikenal sebagai perkaratan): 4Fe + 3O2 → 2 Fe2O3  Pembakaran hidrokarbon. dan berturutturut alkohol. sebagian kecil karbon monoksida. menghasilkan air. contohnya pada mesin pembakaran dalam. aldehida atau keton. asam karboksilat. dan energi panas. Oksidasi penuh bahanbahan yang mengandung karbon akan menghasilkan karbon dioksida.

sebagai tempat berlangsungnya . Oksidasi digunakan dalam berbagai industri seperti pada produksi produk-produk pembersih. Reaksi redoks juga merupakan dasar dari sel elektrokimia. Reaksi ini berlangsung secara simultan karena sel.Reaksi redoks dalam industri Proses utama pereduksi bijih logam untuk menghasilkan logam didiskusikan dalam artikel peleburan. [sunting]Reaksi redoks dalam biologi Atas: asam askorbat (bentuk tereduksi Vitamin C) Bawah: asam dehidroaskorbat(bentuk teroksidasi Vitamin C) Banyak proses biologi yang melibatkan reaksi redoks.

Zat yang mencegah aktivitas oksidan disebutantioksidan.pernapasan. Persamaan ringkas dari pernapasan sel adalah: C6H12O6 + 6 O2 → 6 CO2 + 6 H2O Proses pernapasan sel juga sangat bergantung pada reduksi NAD+menjadi NADH dan reaksi baliknya (oksidasi NADH menjadu NAD+). Agen biokimia yang mendorong terjadinya oksidasi terhadap substansi berguna dikenal dalam ilmu pangan dan kesehatan sebagai oksidan. menghasilkan karbon dioksida dan air. Fotosintesis secara esensial merupakan kebalikan dari reaksi redoks pada pernapasan sel: 6 CO2 + 6 H2O + light energy → C6H12O6 + 6 O2 Energi biologi sering disimpan dan dilepaskan dengan menggunakan reaksi redoks. Pernapasan sel. Fotosintesis melibatkan reduksi karbon dioksidamenjadi gula dan oksidasi air menjadi oksigen. contohnya.reaksi-reaksi biokimia. Reaksi baliknya. mengoksidasi gula. yang kemudian berkontribusi dalam pembentukan gradien proton. senyawa karbon yang direduksi digunakan untuk mereduksinikotinamida adenina dinukleotida (NAD+). yang akan mendorong . harus melangsungkan semua fungsi hidup. adalah oksidasi glukosa (C6H12O6) menjadi CO2 dan reduksi oksigen menjadi air. Sebagai langkah antara.

penderma elektronnya adalah berbagai jenis flavoenzim dan koenzimkoenzimnya. dan sepsis.sintesis adenosina trifosfat (ATP) dan dijaga oleh reduksi oksigen. mitokondria menjalankan fungsi yang sama. beta -hidroksibutirat dan asetoasetat) yang antarubahannya sangat bergantung pada rasio ini. Istilah keadaan redoks juga sering digunakan untuk menjelaskan keseimbangan antaraNAD+/NADH dengan NAD P+/NADPH dalam sistem biologi seperti pada sel dan organ. Lihat pula Potensial membran. Pada sel-sel hewan. seperti hipoksia. guncangan (sho ck). Seketika terbentuk. Keadaan redoksi direfleksikan pada keseimbangan beberapa set metabolit (misalnya laktat dan piruvat. Keadaan redoks yang tidak normal akan berakibat buruk. Siklus redoks Berbagai macam senyawa aromatik direduksi oleh enzim untuk membentuk senyawa radikal bebas. Secara umum. radikal-radikal bebas anion ini akan mereduksi oskigen .

Untuk reaksi dalam larutan. Media asam Pada media asam. Sebagai contoh. ketika mangan(II) bereaksi dengan natrium bismutat: . Contoh molekul-molekul yang menginduksi siklus redoks adalah herbisida parakuat. Tingkah laku katalitik ini dijelaskan sebagai siklus redoks. Reaksi bersihnya adalah oksidasi koenzim flavoenzim dan reduksi oksigen menjadi superoksida. ion H+ dan air ditambahkan pada reaksi setengah untuk menyeimbangkan keseluruhan reaksi. ion OH-.76 MiB) Menyeimbangka n reaksi redoks Untuk menuliskan keseluruhan reaksi elektrokimia sebuah proses redoks. diperlukan penyeimbangankomp onen-komponen dalam reaksi setengah. dan elektron untuk menutupi perubahan oksidasi.menjadi superoksida. dan viologen dankuinon lainnya seperti menadion. hal ini umumnya melibatkan penambahan ion H+. [3]PDF (2. H2O.

demikian juga sebaliknya). Reaksi diseimban gkan: Hal yang sama juga berlak u untuk sel baha n bakar prop .Reaksi ini diseimbangkan dengan mengatur reaksi sedemikian rupa sehingga dua setengah reaksi tersebut melibatkan jumlah elektron yang sama (yakni mengalikan reaksi oksidasi dengan jumlah elektron pada langkah reduksi.

ana di bawa h kondi si asam: D e n g a n m e n y e i m b a n g k a n j u m l .

a h e l e k t r o n y a n g t e r l i b a t : P e r s a m a .

sedangkan asam format. dan oksida karbon. Sehingga. karbonat. Kebanyakan senyawaan kimia murni dibuat secara artifisial. Di antara beberapa golongan senyawaan organik adalah senyawa alifatik. Banyak di antara senyawaan organik. senyawaan yang mengandung paling tidak satu cincin benzena. kecuali karbida. senyawa heterosiklik yang mencakup atom-atom nonkarbon dalam struktur cincinnya. Asam lemak . Nama "organik" merujuk pada sejarahnya. Studi mengenai senyawaan organik disebut kimia organik. asam lemak pertama. organik. pada abad ke-19. yang dipercaya bahwa senyawa organik hanya bisa dibuat/disintesis dalam tubuh organisme melalui vis vitalis . danpolimer. molekul rantai panjang gugus berulang. Pembeda antara kimia organik dan anorganik adalah ada/tidaknya ikatan karbon-hidrogen. lemak. dan karbohidrat. hidrokarbon aromatik.asam karbonat termasuk anorganik.a n d i s e i m b a n g k a n : Senyawa organik Senyawa organik adalah golongan besar senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon. seperti protein.life-force. merupakan komponen penting dalam biokimia. rantai karbon yang dapat diubah gugus fungsinya.

Posisi cis pada ikatan rangkap dua mengakibatkan melengkungnya rantai dan mengubah perilaku fisik dan kimiawi ketiga asam lemak ini. margarin. H3C-COOH yang adalah asam asetat. fatty acyls) adalah senyawa alifatik dengan gugus karboksil. H7C3-COOH yang adalahasam butirat dan seterusnya mengikuti gugus alkilyang mempunyai ikatan valensi tunggal. Karena berguna dalam mengenal ciri-cirinya. tengah). . Asam ini mudah dijumpai dalam minyak masak (goreng). asam lemak bisa berbentuk bebas (karena lemak yang terhidrolisis) maupun terikat sebagaigliserida. Asam lemak tidak lain adalah asam alkanoat atauasam karboksilat dengan rumus kimia R-COOH or RCO2H. Pelengkungan tidak terjadi secara nyata pada ikatan rangkap dengan posisi trans. atas). asam lemak dibedakan menjadi asam lemak jenuh danasam lemak tak jenuh. Secara alami. atau lemak hewan dan menentukan nilai gizinya. dan asam α-linolenat (C18:3. merupakan penyusun utama minyak nabati atau lemak dan merupakan bahan baku untuk semua lipida pada makhluk hidup. H5C2-COOH yang adalah asam propionat. sehingga membentuk rumus bangun alkana. Karakteristik Perbandingan model asam stearat (C18:0. Asam lemak jenuh hanya memiliki ikatan tunggal di antara atom-atom karbonpenyusunnya. bawah).Asam lemak (bahasa Inggris: fatty acid. Contoh yang cukup sederhana misalnya adalah H-COOH yang adalah asam format. sementara asam lemak tak jenuh memiliki paling sedikit satu ikatan ganda di antara atom-atom karbon penyusunnya. Bersamasama dengan gliserol. poke(C18:1.

singkatan dari bahasa Jerman entgegen) hanya diproduksi oleh sisa metabolisme hewan atau dibuat secara sintetis. semakin mudah membeku dan juga semakin sukar larut. Umumnya berfase cair atau padat pada suhu ruang (27° Celsius). singkatan dari bahasa Jerman zusammen). Nama lebih lengkap diberikan dengan memberi tanda delta (Δ) di depan bilangan posisi ikatan ganda. Lambang omega (ω) menunjukkan posisi ikatan ganda dihitung dari ujung (atom C gugus metil). asam kaprilat. alkanal. Ketengikan (Ingg. serta sedikit epoksi dan alkohol (alkanol). dilambangkan dengan "E". Contoh: asam Δ9-dekanoat. berikut sejumlah asam lemak alami (bukan sintetis) yang dikenal. Asam lemak jenuh bersifat lebih stabil (tidak mudah bereaksi) daripada asam lemak tak jenuh. Ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh mudah bereaksi dengan oksigen (mudah teroksidasi). dan dalam air terdisosiasi sebagian. adalah asam dengan 10 atom C dan satu ikatan ganda setelah atom C ke-9 dari pangkal (gugus karboksil). Contoh: asam 9-dekanoat. . Akibat polarisasi atom H. dikenal istilah bilangan oksidasi bagi asam lemak. Bau yang kurang sedap muncul akibat campuran dari berbagai produk ini. Asam lemak trans karena atom H-nya berseberangan tidak mengalami efek polarisasi yang kuat dan rantainya tetap relatif lurus. asam kaprat. Nama sistematik dibuat untuk menunjukkan banyaknya atom C yang menyusunnya (lihatasam alkanoat). Keberadaan ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh menjadikannya memiliki dua bentuk: cis dantrans. asam lemak cis memiliki rantai yang melengkung. Simbol C diikuti angka menunjukkan banyaknya atom C yang menyusunnya. Semua asam lemak nabati alami hanya memiliki bentuk cis (dilambangkan dengan "Z".Asam lemak merupakan asam lemah. Asam dekanoat (C10:0). Nama yang disebut lebih dahulu adalah nama sistematik dari IUPAC dan diikuti dengannama trivialnya. angka di belakang titikdua menunjukkan banyaknya ikatan ganda di antara rantai C-nya). Angka di depan nama menunjukkan posisi ikatan ganda setelah atom pada posisi tersebut. Aturan penamaan Beberapa aturan penamaan dan simbol telah dibuat untuk menunjukkan karakteristik suatu asam lemak.   Asam oktanoat (C8:0). Beberapa asam lemak Berdasarkan panjang rantai atom karbon (C). berarti asam lemak berantai C sebanyak 18 dengan satu ikatan ganda. Karena itu. atau keton. rancidity) terjadi karena asam lemak pada suhu ruang dirombak akibat hidrolisisatau oksidasi menjadi hidrokarbon. Asam lemak bentuk trans (trans fatty acid. Semakin panjang rantai C penyusunnya. Contoh: C18:1.

asam stearat. asam gadoleinat. Asam 8. ω-9. Proses esterifikasi (pengikatan menjadilipida) umumnya terjadi pada sitoplasma. ω-12. asam erukat.11.12-oktadekadienoat (C18:2). kacang tanah. asam miristoleinat. Asam 9. Biosintesis asam lemak Pada daun hijau tumbuhan. asam palmitoleinat.9. Asam 9-heksadekenoat (C16:1). Asam 6. asam lemak dibuat di sitosol. asam ricinoleat. ω-11. ω-6. Asam oktadekanoat (C18:0). asam α-elaeostearat. ω-7. ω-9. ω-3. asam behenat. ω-12. ω-5. Asam tetrakosanoat (C24:0). Asam 9-oktadekenoat (C18:1). asam oleat.kapas. Asam eikosanoat (C20:0). asam arakidonat.10. asam eikosenat. ω-9.15-oktadekatetraenoat (C18:4). Asam 9. asam α-linolenat. Asam 6-oktadekenoat (C18:1). Banyak spesies tanaman menyimpan lemak pada bijinya (biasanya pada bagian kotiledon) yang ditransfer dari daun dan organ berkloroplas lain. Asam 9-hidroksioktadekenoat (C18:1). ω-9. OH-7. dan minyak (atau lemak) disimpan pada oleosom. asam lemak diproduksi di kloroplas. Asam dokosanoat (C22:0). Asam 9-tetradekenoat (C14:1). Asam 13-dokosenoat (C22:1). Pada bagian lain tumbuhan dan pada sel hewan (dan manusia).12. ω-10.11. raps/kanola. Asam 9-dodekenoat (C12:1). ω-3. ω-7. ω-6. asam petroselat. .14-eikosatetraenoat (C20:4). Asam 9. ω-15.12-oktadekatrienoat (C18:3). asam cerotat. asam palmitat. Asam tetradekanoat (C14:0). ω-6. Asam 9. Asam 5. Asam 11-eikosenoat (C20:1).                         Asam dodekanoat (C12:0). asam lauroleinat. kelapa. asam laurat. asam arakidat. ω-6. asam lignoserat. ω-9. ω-5. asam γ-linolenat. ω-8. asam α-parinarat. Asam 15-tetrakosenoat (C24:1).13-oktadekatrienoat (C18:3). jarak. ω-11. Asam heksadekanoat (C16:0). Asam 9-eikosenoat (C20:1). asam linoleat. ω-9.13.11. Asam heksakosanoat (C26:0).8. asam kalendulat. ω-9. ω-3. ω-9. ω-9. Beberapa tanaman penghasil lemak terpenting adalah kedelai. ω-9. ω-12. asam miristat.12-oktadekatrienoat (C18:3).15-oktadekatrienoat (C18:3). ω-9. kelapa sawit. asam nervonat. ω-7. ω-6. jagung dan zaitun.

Proses biokimia sintesis asam lemak pada hewan dan tumbuhan relatif sama. KAS-I melakukan pemanjangan hingga 16C. 2C setiap tahapnya. menggunakan malonil-KoA. Berbeda dengan tumbuhan. dehidrasi. reduksi. oleat keluar dari kloroplas untuk mengalami perpanjangan lebih lanjut. Karena itu. Karena mudah terhidrolisis dan teroksidasi pada suhu ruang. Semakin dekat dengan ujung. Enzim tioesterase lalu melepas gugus ACP dari oleat. Selanjutnya. Mulai dari 8C. Asam lemak yang harus dipasok dari luar ini dikenal sebagai asam lemak esensial karena organisme yang memerlukan tidak memiliki cukup enzim untuk membentuknya. ikatan ganda semakin mudah bereaksi. Proses berikut ini terjadi pada daun hijau tumbuh-tumbuhan dan memiliki sejumlah variasi. asam lemak Omega-3 dan Omega-6 (asam lemak esensial) lebih bernilai gizi dibandingkan dengan asam lemak lainnya. . Diet rendah lemak dilakukan untuk menurunkan asupan energi dari makanan. yang dapat berupa pembentukan ikatan ganda atau esterifikasi dengan gliserol menjadi trigliserida (minyak atau lemak). Pemanjangan lebih lanjut hanya terjadi bila terdapat KAS-II di kloroplas. Karena itu kebutuhan lemak dalam pangan diperlukan. Enzim Δ9-desaturase kemudian membentuk ikatan ganda. Pengawetan dapat dilakukan dengan menyimpannya pada suhu sejuk dan kering. menghasilkan oleil-ACP. Pemanjangan selanjutnya dilakukan secara bertahap. yang memproduksi glukosa danasetil-KoA. Nilai gizi Asam lemak mengandung energi tinggi (menghasilkan banyak ATP). Asam lemak tak jenuh dianggap bernilai gizi lebih baik karena lebih reaktif dan merupakanantioksidan di dalam tubuh. Beberapa minyak nabati (misalnya α-linolenat) dan minyak ikan laut banyak mengandung asam lemak esensial (lihat macam-macam asam lemak). oleh KAS-I atau KAS-IV. yang mampu membuat sendiri kebutuhan asam lemaknya. sementara KAS-IV hanya mencapai 10C. Asam lemak bebas ini kemudian dikeluarkan dari kloroplas untuk diproses lebih lanjut di sitoplasma. asam lemak yang dibiarkan terlalu lama akan turun nilai gizinya. Biosintesis asam lemak alami merupakan cabang dari daur Calvin. yang memanjangkan palmitil-ACP (16C) menjadi stearil-ACP (18C). reduksi) yang masing-masing memiliki enzim tersendiri. Kompleks-enzim asilsintase III (KAS-III) memadukan malonil-ACP (3C) dan asetil-KoA (2C) menjadi butiril-ACP (4C) melalui empat tahap (kondensasi. hewan kadang kala tidak mampu memproduksi atau mencukupi kebutuhan asam lemak tertentu. Posisi ikatan ganda juga menentukan daya reaksinya. serta menghindarkannya dari kontak langsung dengan udara. di setiap tahap pemanjangan gugus ACP dapat dilepas oleh enzim tioesterase untuk menghasilkan asam lemak jenuh bebas dan ACP.

Purina merupakan salah satu dari dua grup basa nitrogen. yang terdiri dari cincin pirimidina dan cincinimidazola yang bergandeng sebelahan. . 100 kPa) Sangkalan dan referensi Purina (1) adalah sebuah senyawa organik heterosiklik aromatik.112 214 °C Kecuali dinyatakan sebaliknya.Purina urina Nama IUPAC[sembunyikan] 7H-purina Identifikasi Nomor CAS PubChem SMILES [120-73-0] 1044 C1=C2C(=NC=N1)N=CN2 Sifat Rumus molekul Massa molar Titik lebur C5H4N4 120. data di atas berlaku pada temperatur dan tekanan standar (25°C.

asam urat (8) dan isoguanina (9).Purina. termasuk purina-purina bersubstitusi dan berbagai tautomernya. Dalam RNA. termasuk kedua golongan basa nukleat. Ini disebut pasangan basa komplementer. adenina (2) dan guanina (3) adalah purinai Dalam DNA. Alkaloid Purina beberapa alkaloid yang memiliki bentuk struktur dasar Xantina: Alkaloid Purina . basa-basa ini membentuk ikatan hidrogen dengan komplementernya pirimidina timina dan sitosina. adalah purina. Dua dari keempat deoxyribonucleotide dan dua dari keempat ribonucleotide. karena 50% basa dalam asam nukleat. teobromina (6). kafeina (7). komplemen dari adenina adalah urasil (U) dan bukannya timina. adalah heterosiklik bernitrogen yang paling banyak tersebar di alam.nitrogen basa. xantina (5). yang merupakan bahan bangunan pokok dari DNA dan RNA. [1] Purina dan Pirimidina merupakan dua golongan yang membentuk nitrogen basa. Purina yang terkenal Jumlah purina yang terjadi secara alami di bumi sangat banyak. Purin terkenal lainnya adalah hipoxantina (4).

.Nama Struktur Utama R1 R2 R3 kafein −CH3 −CH3 −CH3 −H −CH3 −CH3 Teobromina Theophylline −CH3 −CH3 −H Fungsi Selain dari DNA dan RNA. Purina (1) sendiri. Metabolisme Banyak organisme memilik cara metabolik untuk mensintesis dan memecah purina. belum ditemukan dalam alam.[3] Uric acid (8) direaksikan dengan PCl5 yang menghasilkan 2. Dia mensintesis purin pertama kalinya pada 1899.6diiodopurine (11). Produk ini lalu direduksi menjadi purina (1) dengan menggunakan serbuk timah. Purina disintesis secara biologi sebagai nukleosida (basa yang menempel ke ribosa). tetapi dapat diproduksi dengan cara sintesis organik. Sejarah Nama 'purina' (purum uricum) diusulkan oleh kimiawan Jerman Emil Fischer pada 1884.6.[2] Bahan awal dari runtutan reaksinya adalah uric acid (8).8trichloropurine (10). seperti ATP. purina merupakan komponen biokimia yang penting dalam sejumlah biomolekul penting lainnya. NADH. AMP siklik. yang diisolasi dari batu ginjal oleh Scheele pada tahun 1776. yang kemudian dikonversi dengan menggunakan HI and PH4I dan menghasilkan 2. GTP. dan koenzim A.

residunya lalu direflux dengan metanol. titi leleh 218 oC. bayam (spinach). hering. kulit bulirgandum. kubis bunga. jamur. dan gravy.Sumber makanan Purina ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam daging dan produk daging. Larutan metanol kemudian disaring. teri. Purina juga cukup banyak terdapat dalam daging babi. dried pea. yang mana bisa diubah menjadi bentuk-bentuk purin alamiah yang penting. Hasilnya adalah produk yang hampir murni. buncis. Makanan dari tumbuhan biasanya mengandung sedikit purina. [5][6][7][8][9] .sardin. terutama organ dalam seperti hati dan ginjal. Kristalisasi dengan aseton menghasilkan kristal purin yang jernih. Bovril).93 gram (71% yield dari formamide yang dipakai). ercis. ekstrak daging (mis. hati. Oro. daging hewan liar buruan. 4. ikan dan makanan laut lainnya.asparagus. Oxo. ginjal sapi. unggas. kerang. Contoh makanan yang mengandung banyak purina adalah daging sapi muda (sweetbreads). menunjukan bahwa empak molekul dari HCN ter-tetramer yang kemudian membentuk diaminomaleodinitrile (12). otak. Sintesis di dalam Lab Purina (1) bisa didapat dengan hasil yang baik melalui pemanasan formamide dalam wadah terbuka pada suhu 170 oC selama 28 jam. dan pelarutnya dipisahkan dari filtratnya dengan menggunakan distilasi vakum. lentil. dkk. Orgel. havermut. [4] Procedure: [4] Formamide (45 gram) dipanasi dalam wadah terbuka dilengkapi condenser selama 28 jam dicelup dalam minyak pemanas (oil bath) pada suhu 170-190 oC.1 gram) dengan menggunakan distilasi vakum. makerel. Setelah mengeluarkan eksess formamide (32. dan "mata" bulir gandum.

Chemistry & Biodiversity 2004. Referensi 1. 361. H.Sintesis purin Traube (1900) adalah sebuah sintesis klasik (dari nama Wilhelm Traube) antara Pyrimidine bersubstitusi amine dan asam formic. 1. . ^ Rosemeyer.

^ Houben-Weyl. ^ a b Yamada. CMP) · difosfat (ADP.. 1074. J. Vol . Pengertian Pirimidin Purin dan pirimidin merupakan komponen utama DNA. UDPG). dGMP. ^ Ferris. sitosin nukleisida (sitidin) 2. TMP. Opuscula. Nature. Q. Golongan basa nitrogen pada DNA/ RNA Derivat Pirimidin berupa senyawa sitosin. Contoh Pirimidin: (sitosin. 623. koenzim (NAD. ^ Scheele. 1967. Analog pirimidina) Ribonukleosida Adenosina · Guanosina · Uridina · Sitidina Deoksiribonukleosida Deoksiadenosina · Deoksiguanosina · Timidina · Deoksiuridina ·Deoksis Ribonukleotida monofosfat (AMP. P. O. 8. Kamat.TD PIRIMIDIN posted in Tak Berkategori | 1. 442. ^ Fischer. Sitosina. 1776. ATP. V. 1969. E. 1961. T. Guanina. Timina. 2. 4. Chemical & Pharmaceutical Bulletin. E5. p. c-di-GMP. 765. 6. 7.. ^ Oro.. ^ Sanchez. UMP. Orgel. 1966. timin) → dimetabolisme jadi CO2 dan NH3. Kuder. dUMP. 20. urasil nukleosida (uridin). NADP. Inti purin dan pirimidin adalah inti dari senyawa komponen molekul nukleotida asam nukleat RNA dan DNA. W. GDP. RNA. E. Analog purina) · Pirimidina (Urasil. J. 1547 l•b•s Nukleobasa. Catalano. dGDP. 9. J. Ferris. P. GMP. 3. Science. P. Berichte der Deutschen Chemischen Gesellschaft 1899. guanin nukleisida (guanosin). J. A. urasil. Okamoto. 30. 32. E. 223. 5. J. 73. Examen Chemicum Calculi Urinari. dCMP) · difosfat (dADP.. timin nukleisida (timidin). dan nukleotida Nukleobasa Nukleosida/ (NB+pentosa) Nukleotida/ (NS+fosfat) Purina (Adenina. 2550.2. L. H. cGMP. nukleosida.. L. cADPR Deoksiribonukleotida monofosfat (dAMP. 88. CDP) ·trif Siklik cAMP. Journal of the American Chemical Society. J.. Journal of Molecular Biology. 190. Orgel. E. Sistematika Biosintesis Pirimidin . 166.. urasil dan timin Nukleosida diberi nama sesuai nama basa pembentuknya yaitu adenin nukleisida (adenosin). 1972. S. ^ Ferris. UDP. R.

tidak ada mekanisme hidrolisa atau fosforilasi untuk nukleosida ini menjadi basa pirimidinnya (urasil). ammonia. CO2. Ekskresi aminoisobutirat meningkat pada leukemia dan radiasi sinar X akibat peningkatan destruksi sel dan DNA nya. tidak ada mekanisme hidrolisa atau fosforilasi untuk nukleosida ini menjadi basa pirimidinnya (urasil). ammonia. Dua enzim pertama diregulasi secara allosterik (karbamoil fosfat sintetase dan aspartat transkarbamoilase) Karbamoil fosfat sintetase: . 2. aspartat dan H4folat. Katabolisme Pirimidin Katabolisme pirimidin terutama terjadi di hati. yaitu : 1. Hasil akhir katabolisme pirimidin berupa CO2.dihambat oleh UTP dan nukleotida purin .diaktivasi oleh PP ribose P Aspartat transkarbamoilase dpt dihambat oleh CTP 2.akibat peningkatan destruksi sel dan DNA nya. glutamin. Regulasi Biosintesis Pirimidin Regulasi biosintesis pirimidin dilakukan melalui 2 mekanisme. beta alanin dan . Ekskresi aminoisobutirat juga meningkat pada 25% orang normal dari etnis Cina dan Jepang Untuk pseudouridin yang terdapat dalam tRNA. Tiga enzim pertama dan dua enzim terakhir diregulasi secara represi dan derepresi yang terkoordinasi 5. Berbeda dengan biosintesis purin yaitu dengan ribosefosfat. Ribosefosfat disini diikat pada akhir reaksi. beta alanin dan propionat serta mudah larut dalam air a.Biosintesis Pirimidin memerlukan PRPP. Ekskresi asam amino isobutirat meningkat pada leukemia dan radiasi sinar X. sehingga pseudouridin diekskresikan sebagai pseudouridin dalamurine manusia b. Kelainan Metabolisme Pirimidin Hasil akhir katabolisme pirimidin berupa CO2. Enzim pd reaksi (4) terjadi dalam mitokondria dan yang lainnya terjadi dalam sitosol. Ciri Katabolisme Pirimidin 1.Untuk pseudouridin yang terdapat dalam tRNA. Ekskresi asam amino isobutirat juga meningkat pada 25% orang normal dari etnis Cina dan Jepang 3. 3. Proses Katabolisme Sitosin → Urasil → Dihidrourasil → Asam β ureidopropionat → CO2 + NH3 Timin → Dihidrotimin → Asam β ureidoisobutirat → CO2 + NH3 Protein 4. sehingga pseudouridin diekskresikan sebagai pseudouridin dalam urine manusia.

Enzim ini dapat berdifusi keluardari sitosol dan katalisa intesis pirimidin Lipid . dan uridin. yaitu kelainan autosomal resesif. Kelainan – kelainan tersebut antara lain : Hiperurikemia dengan overproduksi PPRP. didapati kelainankelainan. Namun bila over produksi. Karena blok enzim sehingga terjadi akumulasi enzim tersebut dalam mitokondria. urasil. terutama pada orang-orangAsia dan tidak ada hubungannya dengan penyakit lain.propionat serta mudah larut dalam air. Sifatnya diturunkan. Reye’s Syndrome yaitu gangguan pada mitokondria hati Orotikasiduria sekunder karena ketidakmampuan mitokondria memakai karbamoil fosfat (pada defisiensi ornitin trankarbamoilase) dan overproduksi asam orotat Defisiensi ornitin transkarbamoilase (enzim dalam mitokondria hati untuk sintesa urea dan arginin) yaitu terjadi peningkatan ekskresi dari asam orotat. yaitu peningkatan nukleotida dan peningkatan ekskresi dari beta alanin Defisiensi folat dan vitamin B12 à defisiensi TMP Aminoisobutirat Aciduria.

. sfingolipid. lipid dapat dibagi ke dalam delapan kategori:[5] asil lemak.[4] Dengan menggunakan pendekatan ini. Fungsi biologis terpenting lipid di antaranya untuk menyimpan energi. dan poliketida (diturunkan dari kondensasi subsatuan ketoasil). sebagai komponen strukturalmembran sel. gliserofosfolipid.[3] Lipid mengacu pada golongansenyawahidrokarbon alifatiknonpolar danhidrofobik.Struktur beberapa lipid umum. atau membran lain dalam lingkungan basah. Di bagian atas adalah asam oleat[1] dan kolesterol. liposom. Lipid bersifat amfifilik. Karena nonpolar. Lipid adalahsenyawa organikyang diperoleh dari prosesdehidrogenasiendotermal rangkaian hidrokarbon. Lipid biologis seluruhnya atau sebagiannya berasal dari dua jenis subsatuan atau "blok bangunan" biokimia: gugus ketoasil dan gugus isoprena. gliserolipid. lipid tidak larut dalam pelarut polar seperti air.[2]Struktur bagian tengah adalah trigliserida yang terdiri dari rantai oleoil. sepertialkohol.fosfatidilkolina. dan palmitoilyang melekat pada kerangka gliserol. Di bagian bawah adalah fosfolipid yang umum. stearoil. sakarolipid. dan sebagaipensinyalan molekul. serta lipid sterol dan lipid prenol (diturunkan dari kondensasi subsatuan isoprena). eter ataukloroform. artinya lipid mampu membentuk struktur seperti vesikel. tetapi larut dalam pelarut nonpolar.

Lipid juga meliputi molekulmolekul seperti asam lemak dan turunan-turunannya (termasuk tri-. meskipun bentuk transwujud di beberapa lemak dan minyak yang dihidrogenasi secara parsial. Rantai karbon.[11] Contoh asam lemak yang penting secara biologis adalah eikosanoid. Kelas utama lain dalam kategori asam lemak adalah ester lemak dan amida lemak. beberapa lipid tidak dapat dihasilkan melalui cara ini dan harus diperoleh melalui makanan. turunanturunan asam lemak tioester ACP. Ketika terdapat sebuah ikatan valensi ganda. Rantai alkana yang non polar mempunyai peran yang sangat penting demi mengimbangi kebasaan gugus hidroksil. biasanya antara empat sampai 24 panjang karbon. dan ujung yang nonpolar dan hidrofobik yang tidak larut di dalam air. dan tromboksana.Meskipun istilah lipid kadang-kadang digunakan sebagai sinonim dari lemak. nitrogen. juga metabolit yang mengandung sterol. halogen. penyusunan ini memberikan molekul ujung yang polar dan hidrofilik. Rantai hidrokarbon tersebut dapat mencapat 10 hingga 30 atom. dan asam lemak karnitina.[6] Meskipun manusia dan mamalia memiliki metabolisme untuk memecah dan membentuk lipid. dan hal ini menjadi lebih mencolok apabila terdapat ikatan ganda yang lebih banyak dalam suatu rantai. yang meliputi prostaglandin. Amida lemak meliputi senyawa Nasiletanolamina.[9] baik yang jenuh ataupun tak jenuh dan dapat dilekatkan ke dalam gugus fungsional yang mengandung oksigen. turunan-turunan asam lemak tioesterkoenzim A. seperti penghantar saraf kanabinoid anandamida. Ester lemak meliputi zat-zat antara biokimia yang penting seperti ester lilin. Kategori lipid Asam lemak Asam lemak atau asil lemak ialah istilah umum yang digunakan untuk menjabarkan bermacam-ragam molekulmolekul yang disintesis dari polimerisasi asetil-KoA dengan gugus malonil-KoA ataumetilmalonil-KoA di dalam sebuah proses yang disebut sintesis asam lemak. di-. seperti kolesterol. leukotriena. terdapat kemungkinan isomerisme geometri cis atautrans.[12] Asam lemak adalah asam alkanoat dengan rumus bangun hidrokarbon yang panjang. Pada gilirannya.[10] Asam lemak yang paling banyak muncul di alam memiliki konfigurasi cis. dan monogliseridadan fosfolipid. Struktur asam lemak merupakan salah satu kategori paling mendasar dari biolipid biologis dan dipakai sebagai blok bangunan dari lipid dengan struktur yang lebih kompleks. ini memainkan peranan penting di dalam struktur dan fungsi membran sel. dand belerang. yang secara signifikan memengaruhi konfigurasi molekuler molekul tersebut. utamanya diturunkan dari asam arakidonat dan asam eikosapentaenoat. Ikatan ganda-cismenyebabkan rantai asam lemak menekuk. .[7][8] Asam lemak terdiri dari rantai hidrokarbon yang berakhiran dengan gugus asam karboksilat.

di-. Contoh struktur di dalam kategori ini adalah digalaktosildiasilgliserol yang dijumpai di dalam membran tumbuhan[16] dan seminolipid dari sel sperma mamalia. dan tri-. lipid ini terdapat dalam sebagian besar lemak cadangan di dalam jaringan hewan. yang dikarakterisasi dengan keberadaan satu atau lebih residu monosakarida yang melekat pada gliserol via ikatan glikosidik.Pada senyawa asam dengan sedikit atom karbon.[14] yang paling terkenal adalah ester asam lemak dari gliserol (triasilgliserol).[18] Gliserida dengan tiga gugus ester asam lemak disebut trigliserida. Hidrolisis ikatan ester dari triasilgliserol dan pelepasan gliserol dan asam lemak dari jaringan adiposa disebut "mobilisasi lemak". rantai alkanalah yang mendominasi sifat molekul.3-propantriol).[17] Gliserida adalah ester dari asam lemak dan sejenis alkohol dengan tiga gugus fungsional yang disebut gliserol (nama IUPAC. asam lemak akan bereaksi untuk membuat tiga gugus ester sekaligus. Di dalam persenyawaan ini. Fosfolipid Fosfatidiletanolamina[3] . Karena gliserol memiliki tiga gugus fungsional alkohol. gugus asam akan mendominasi sifat molekul dan memberikan sifat polar kimiawi. Karena ia berfungsi sebagai cadangan makanan. Walaupun demikian pada asam lemak.[13] Asam lemak terbagi menjadi:     Asam lemak jenuh Asam lemak tak jenuh Garam dari asam lemak Prostaglandin Gliserolipid Gliserolipid tersusun atas gliserol bersubstitusi mono-.2.[15] Subkelas gliserolipid lainnya adalah glikosilgliserol. tiga gugus hidroksil gliserol masing-masing teresterifikasi. 1. Jenis asam lemak yang terikat pada ketiga gugus tersebut seringkali tidak berasal dari kelas asam lemak yang sama. biasanya oleh asam lemak yang berbeda. yang juga dikenal sebagai trigliserida.

Selain berperan sebagai komponen primer membran sel dan tempat perikatan bagi protein intra. fosfatidiletanolamina (PE atau GPEtn). ataupun sendirinya adalah kurir kedua yang diturunkan dari membran. Jaringan saraf termasuk otak. glycerophospholipid) sangat mirip dengantrigliserida dengan beberapa perkecualian. phosphoglycerides. Fosfolipid terbentuk dari gliserol (nama IUPAC. juga dirujuk sebagai fosfolipid.[23] Karena pada gugus ester asam fosforat masih mempunyai satu ikatan valensi yang bebas. biasanya juga membentuk gugus ester dengan alkohol yang lain.[20] Contoh gliserofosfolipid yang ditemukan di dalam membran biologis adalah fosfatidilkolina (juga dikenal sebagai PC. Terdapat juga varian dialkileter pada arkaebakteria. terdapat cukup banyak di alam dan merupakan komponen kunci sel lipd dwilapis. GPCho.2. misalnya alkohol amino seperti kolina. sepertifosfatidilinositol dan asam fosfatidat adalah prekursor. satu atau kedua gugus hidroksil ini terasilasi dengan asam lemak berantai panjang. mengandung cukup banyak gliserofosfolipid. Fosfolipid yang umum dijumpai adalah:   Lecitin yang mengandung alkohol amino jenis kolina Kepalin yang mengandung alkohol amino jenis serina atau etanolamina. meskit terdapat gliserofosfolipid yang terikat dengan alkil dan 1Z-alkenil (plasmalogen). beberapa gliserofosfolipid di dalam sel-sel eukariotik. Sfingolipid Sfingomielin[3] . Sifat fosfolipid bergantung dari karakter asam lemak dan alkohol amino yang diikatnya. atau lesitin). atau posisi sn-1 dalam kasus archaea. dan satu gugus alkoholmembentuk gugus ester dengan asam fosforat.[19] Gliserofosfolipid.[21] Biasanya. serta terlibat di dalam metabolisme dan sinyal komunikasi antar sel. 1. Perubahan komposisi zat ini dapat mengakibatkan berbagai kelainan saraf.(Glisero)fosfolipid (bahasa Inggris:phospholipid.[22] Gliserofosfolipid dapat dibagi menurut sifat kelompok-kepala polar pada posisi sn-3 dari tulang belakang gliserol pada eukariota dan eubakteria. dan fosfatidilserina(PS atau GPSer).etanolamina dan serina.3propantriol) dengan dua gugusalkohol yang membentuk gugus esterdengan asam lemak (bisa jadi dari kelas yang berbeda). Fosfolipid merupakan komponen yang utama pada membran sel lapisan lemak.dan antarseluler.

glisosfingolipid. Spinx. Seramida (Basa N-asil-sfingoid) adalah subkelas utama turunan basa sfingoid dengan asam lemak yang terikat pada amida.[25] Fosfosfingolipid utama pada mamalia adalah sfingomielin (seramida fosfokolina). fosfosfingolipid. seperti betaSitosterol. Lipid sterol Lipid sterol. Steroid 18karbon (C18) meliputi keluarga estrogen. senyawa yang setara adalah fitosterol. Sfingolipid adalah jenis lemak kedua yang ditemukan di dalam membran sel. stigmasterol.[26] sementara padaserangga terutama mengandung seramida fosfoetanolamina[27] dan pada fungi memiliki fitoseramida fosfoinositol dan gugus kepala yang mengandung manosa. Nama sfingolipid diambil dari mitologi Yunani. sementara steroid C19 terdiri dariandrogen seperti testosteron dan androsteron. memiliki peran biologis yang bervariasi seperti hormon dan molekul pensinyalan. dan brasikasterol. khususnya pada sel saraf dan jaringan otak. adalah komponen lipid membran yang penting. Steroid.[32] Contoh lain dari lemak sterol adalahasam empedu dan konjugat-konjugatnya. Sfingolipid ditemukan olehJohann Thudichum pada tahun 1874 sebagai teka-teki yang sangat rumit dari jaringan otak.[28] Basa sfingoid utama mamalia biasa dirujuk sebagai sfingosina.[34] Sterol dominan di dalam membran sel fungi adalah ergosterol. Asam lemaknya biasanya jenuh ataupun mono-takjenuh dengan panjang rantai dari 16 atom karbon sampai dengan 26 atom karbon. jugaglukokortikoid dan mineralokortikoid. terdiri dari bermacam ragam bentuk vitamin D.[31] Sekosteroid. seperti kolesterol dan turunannya.Sfingolipid adalah keluarga kompleks dari senyawa-senyawa[24] yang berbagi fitur struktural yang sama. senyawa terakhir ini juga digunakan sebagai bagi pertumbuhan alga. dan senyawasenyawa lainnya. tetapi dapat menahan dua gugusalkohol pada bagian tengah kerangka amina.[33] yang pada mamalia merupakan turunan kolesterol yang dioksidasi dan disintesis di dalam hati. dikarakterisasi oleh perpecahan cincin B dari struktur inti.[30]bersamaan dengan gliserofosfolipid dan sfingomielin. yang kemudian diubah menjadi seramida. yaitu kerangka dasar basa sfingoid yang disintesis secara de novo dari asam amino serina dan asil lemak KoA berantai panjang. semuanya diturunkan dari struktur inti empat-cincin lebur yang sama.[29] Glikosfingolipid adalah sekelompok molekul beraneka ragam yang tersusun dari satu residu gula atau lebih yang terhubung ke basa sfingoid melalui ikatan glikosidik.[35] Lipid prenol . setengah wanita dan setengah singa yang membinasakan siapa saja yang tidak dapat menjawab teka-tekinya. Lemak ini tidak mengandung gliserol. Pada tumbuhan. Subkelas C21 meliputi progestagen.

dan gugus fosfat berwarna hijau. yang diturunkan sebanyak tujuh rantai asil-lemak.[40] . adalah contoh kelas ini. dan lain-lain) terbentuk dari adisi unit C5 yang terus menerus.[40] Residu glukosaminaberwarna biru. glucolipid) adalah asam lemak yang terikat langsung dengan molekul glukosa[41] dan membentuk struktur yang sesuai dengan membran dwilapis. juga ubikuinon.monosakarida mengganti ikatan gliserol dengan asam lemak. rantai asilberwarna hitam. Struktur yang mengandung lebih dari 40 karbon dikenal sebagai politerpena. Pada sakarolipid. sedangkan pada poliprenol hewan (dolikol) isoprenoid terminalnya telah direduksi. Sakarolipid (bahasa Inggris: saccharolipid.[37] Contoh kelas molekul yang penting secara biologis lainnya adalah kuinon dan hidrokuinon yang mengandung ekor isoprenoid yang melekat pada inti kuinonoid yang tidak berasal dari isoprenoid. residu Kdo berwarna merah. seperti yang terjadi pada gliserolipid dan gliserofosfolipid. Prokariota mensintesis poliprenol (disebut baktoprenol) yang satuan isoprenoid terminalnya yang melekat pada oksigen tetap tak jenuh.[38] Vitamin E dan vitamin K. dan diklasifikasi menurut banyaknya satuan terpena ini. Sakarolipid yang paling dikenal adalah prekursor glukosamina terasilasi dari komponen lipid A lipopolisakarida pada bakteri gram-negatif. Lipopolisakarida minimal yang diperlukan untuk pertumbuhan E.[36] Isoprenoid sederhana (alkohol linear.[39] Sakarolipid Struktur sakarolipid Kdo2-Lipid A. Molekul Lipid-A yang umum adalah disakarida dari glukosamina. Karotenoid adalah isoprenoid sederhana yang penting yang berfungsi sebagaiantioksidan dan sebagai prekursor vitamin A. difosfat. coli adalah Kdo2-Lipid A. yakni disakarida berheksa-asil dari glukosamina yang diglikosilasikan dengan dua residu asam 3-deoksi-D-mano-oktulosonat (Kdo).Lipid prenol disintesis dari prekursor berkarbon 5 isopentenil pirofosfat dan dimetilalil pirofosfat yang sebagian besar dihasilkan melalui lintasan asam mevalonat (MVA).

Karnuba ditemukan pada dedaunan pohon palem Brasil dan digunakan sebagai . dengan asam lemak. dapat menurunkankolesterol serta menunjukkan efek imuno-supresif. Secara umum. sedangkan asam lemak dengan kurang dari 10 atom karbon tidak digunakan menjadi sabun karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan berbau kurang sedap. Beberapa jenis poliketida bahkan bersifat anti kanker. sumber daya laut dan organisme yang memiliki keanekaragaman struktural yang tinggi. avermektin.tumbuhan. Parafin Parafin (bahasa Inggris: wax) adalah lemak yang terbentuk dari esterisasi alkohol yang mempunyai rumus bangun yang panjang.Natrium stearat dengan 18 karbon adalah sabun yang sangat keras dan tidak larut.Proses hidrolisis sakarolipid akan menghasilkan amino gula. Seng stearatdigunakan pada bedak talkum karena bersifat hidrofobik. dan/atau proses lainnya untuk menimba manfaat dari sifatantibiotik[46] yang dimiliki. seperti eritromisin.[44][45] Banyak poliketida berupa molekul siklik yang kerangkanya seringkali dimodifikasi lebih jauh melaluiglikosilasi. dan antitumor epotilon. Biasanya digunakan natrium karbonat ataunatrium hidroksida untuk proses tersebut.[50] Alkohol dapat mengandung 12 hingga 23 atomkarbon. dan antikanker merupakan poliketida atau turunannya.[47] Sejumlah senyawa antimikroba. metilasi. reaksi hidrolisis yang terjadi dapat dirumuskan: asam lemak + NaOH ---> air + garam asam lemak Jenis sabun yang dihasilkan bergantung pada jenis asam lemak dan panjang rantai karbonny. Asam laurat dengan 12 karbon yang telah menjadi natrium laurat sangat mudah terlarut. Parafin dapat ditemukan di alam sebagai pelindung daun dan sel batang untuk mencegah agar tanaman tidak kehilangan air terlalu banyak. fungi. antibiotik tetrasiklin.[42] Poliketida Poliketida adalah metabolit sekunder yang terbentuk melalui proses polimerisasi dari asetil danpropionil oleh enzim klasik maupun enzim iteratif dan multimodular yang berbagi fitur mekanistik yang sama dengan asam lemak sintasi. antiparasit. hidroksilasi. oksidasi. Poliketida merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan secara alami oleh bakteri.[48] Garam lemak Sabun adalah campuran dari natrium hidroksida berbagai asam lemak yang terdapat di alam bebas. Enzim yang sering digunakan adalah poliketida sintase. hewan.[49] Sabun terbuat melalui proses saponifikasi asam lemak.[43]melalui proses kondensasi Claisen.

Asam lemak Asam lemak (bahasa Inggris: fatty acid. Bersamasama dengan gliserol. bawah). H7C3-COOH yang adalahasam butirat dan . asam lemak bisa berbentuk bebas (karena lemak yang terhidrolisis) maupun terikat sebagaigliserida. margarin. Parafin yang digunakan pada pembuatan lilin bukan melalui esterisasi. atas). Contoh yang cukup sederhana misalnya adalah H-COOH yang adalah asam format. atau lemak hewan dan menentukan nilai gizinya. poke(C18:1. H3C-COOH yang adalah asam asetat. merupakan penyusun utama minyak nabati atau lemak dan merupakan bahan baku untuk semua lipida pada makhluk hidup. Beeswax adalah cairan parafin yang disekresi lebah untuk membangun sel tempat untuk madu dan telur lebah. melainkan merupakan campuran dari alkana dengan berat molekul yang besar. Pelumas untuk telinga dibuat dari campuranfosfolipid dan ester dari kolesterol. Pelengkungan tidak terjadi secara nyata pada ikatan rangkap dengan posisi trans. fatty acyls) adalah senyawa alifatik dengan gugus karboksil. Asam lemak tidak lain adalah asam alkanoat atauasam karboksilat dengan rumus kimia R-COOH or RCO2H. Secara alami. tengah). Lanolin adalah parafin pada bulu domba. H5C2-COOH yang adalah asam propionat. Posisi cis pada ikatan rangkap dua mengakibatkan melengkungnya rantai dan mengubah perilaku fisik dan kimiawi ketiga asam lemak ini. Asam ini mudah dijumpai dalam minyak masak (goreng). Karakteristik Perbandingan model asam stearat (C18:0.pelumas untuk lantai maupun mobil. dan asam α-linolenat (C18:3.

. Lambang omega (ω) menunjukkan posisi ikatan ganda dihitung dari ujung (atom C gugus metil). Semakin panjang rantai C penyusunnya. Umumnya berfase cair atau padat pada suhu ruang (27° Celsius). Contoh: asam Δ9-dekanoat. atau keton. Aturan penamaan Beberapa aturan penamaan dan simbol telah dibuat untuk menunjukkan karakteristik suatu asam lemak. Keberadaan ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh menjadikannya memiliki dua bentuk: cis dantrans. dan dalam air terdisosiasi sebagian. Nama sistematik dibuat untuk menunjukkan banyaknya atom C yang menyusunnya (lihatasam alkanoat). sementara asam lemak tak jenuh memiliki paling sedikit satu ikatan ganda di antara atom-atom karbon penyusunnya. Asam lemak jenuh hanya memiliki ikatan tunggal di antara atom-atom karbonpenyusunnya. Angka di depan nama menunjukkan posisi ikatan ganda setelah atom pada posisi tersebut. Nama lebih lengkap diberikan dengan memberi tanda delta (Δ) di depan bilangan posisi ikatan ganda. dilambangkan dengan "E". Simbol C diikuti angka menunjukkan banyaknya atom C yang menyusunnya. Karena berguna dalam mengenal ciri-cirinya. Asam lemak bentuk trans (trans fatty acid. Ketengikan (Ingg. singkatan dari bahasa Jerman entgegen) hanya diproduksi oleh sisa metabolisme hewan atau dibuat secara sintetis. Asam lemak trans karena atom H-nya berseberangan tidak mengalami efek polarisasi yang kuat dan rantainya tetap relatif lurus. adalah asam dengan 10 atom C dan satu ikatan ganda setelah atom C ke-9 dari pangkal (gugus karboksil). sehingga membentuk rumus bangun alkana. Ikatan ganda pada asam lemak tak jenuh mudah bereaksi dengan oksigen (mudah teroksidasi). Semua asam lemak nabati alami hanya memiliki bentuk cis (dilambangkan dengan "Z". rancidity) terjadi karena asam lemak pada suhu ruang dirombak akibat hidrolisisatau oksidasi menjadi hidrokarbon. Contoh: C18:1. serta sedikit epoksi dan alkohol (alkanol). berarti asam lemak berantai C sebanyak 18 dengan satu ikatan ganda. angka di belakang titikdua menunjukkan banyaknya ikatan ganda di antara rantai C-nya). asam lemak cis memiliki rantai yang melengkung. singkatan dari bahasa Jerman zusammen). Asam lemak merupakan asam lemah.seterusnya mengikuti gugus alkilyang mempunyai ikatan valensi tunggal. semakin mudah membeku dan juga semakin sukar larut. asam lemak dibedakan menjadi asam lemak jenuh danasam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh bersifat lebih stabil (tidak mudah bereaksi) daripada asam lemak tak jenuh. Contoh: asam 9-dekanoat. Akibat polarisasi atom H. alkanal. Bau yang kurang sedap muncul akibat campuran dari berbagai produk ini. dikenal istilah bilangan oksidasi bagi asam lemak. Karena itu.

ω-6.9. Asam dokosanoat (C22:0). ω-9. asam gadoleinat. ω-9.11. asam erukat. ω-6. asam cerotat. ω-9. Asam 9-hidroksioktadekenoat (C18:1). ω-6. ω-8.8. ω-6.13. Asam 9-tetradekenoat (C14:1). Asam 9. ω-9. Asam dekanoat (C10:0). asam kaprat. ω-12. asam behenat. asam α-elaeostearat. Asam 9. asam miristoleinat. asam palmitat. Asam dodekanoat (C12:0). asam stearat.12-oktadekatrienoat (C18:3). asam laurat. ω-9. ω-3. ω-6.13-oktadekatrienoat (C18:3). Asam heksakosanoat (C26:0). ω-9. Asam 9-oktadekenoat (C18:1). OH-7. asam kalendulat.14-eikosatetraenoat (C20:4). asam γ-linolenat. Asam 6. asam arakidat. Asam 15-tetrakosenoat (C24:1).15-oktadekatetraenoat (C18:4). Asam 9-heksadekenoat (C16:1). Asam 6-oktadekenoat (C18:1). Asam tetrakosanoat (C24:0). asam nervonat. Asam tetradekanoat (C14:0). Asam 5.11. ω-9. Nama yang disebut lebih dahulu adalah nama sistematik dari IUPAC dan diikuti dengannama trivialnya. asam α-linolenat. ω-7. asam ricinoleat. ω-15. Asam 9. ω-3. Asam oktadekanoat (C18:0). ω-5. Asam 9-eikosenoat (C20:1). [sunting]Biosintesis asam lemak . asam kaprilat. ω-9. asam lignoserat. asam arakidonat. Asam 9-dodekenoat (C12:1).Beberapa asam lemak Berdasarkan panjang rantai atom karbon (C). asam oleat. Asam 8. ω-9. ω-9.                            Asam oktanoat (C8:0).12-oktadekatrienoat (C18:3). ω-3. Asam eikosanoat (C20:0).11. berikut sejumlah asam lemak alami (bukan sintetis) yang dikenal.12-oktadekadienoat (C18:2).12. ω-9. Asam 11-eikosenoat (C20:1). asam miristat. asam palmitoleinat. ω-12. asam petroselat. Asam 9. ω-5. ω-7. Asam heksadekanoat (C16:0). ω-7. asam linoleat. ω-12. asam lauroleinat.15-oktadekatrienoat (C18:3). ω-11. ω-10. ω-11.10. Asam 13-dokosenoat (C22:1). asam α-parinarat. asam eikosenat.

kelapa. reduksi. Biosintesis asam lemak alami merupakan cabang dari daur Calvin. jarak. dan minyak (atau lemak) disimpan pada oleosom. kacang tanah. Proses esterifikasi (pengikatan menjadilipida) umumnya terjadi pada sitoplasma. yang mampu membuat sendiri kebutuhan asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh dianggap bernilai gizi lebih baik karena lebih reaktif dan merupakanantioksidan di dalam tubuh. Pemanjangan lebih lanjut hanya terjadi bila terdapat KAS-II di kloroplas. oleh KAS-I atau KAS-IV. jagung dan zaitun. hewan kadang kala tidak mampu memproduksi atau mencukupi kebutuhan asam lemak tertentu. reduksi) yang masing-masing memiliki enzim tersendiri. KAS-I melakukan pemanjangan hingga 16C. Asam lemak yang harus dipasok dari luar ini dikenal sebagai asam lemak esensial karena organisme yang memerlukan tidak memiliki cukup enzim untuk membentuknya. Proses berikut ini terjadi pada daun hijau tumbuh-tumbuhan dan memiliki sejumlah variasi. asam lemak dibuat di sitosol. Enzim Δ9-desaturase kemudian membentuk ikatan ganda. Karena itu kebutuhan lemak dalam pangan diperlukan. Nilai gizi Asam lemak mengandung energi tinggi (menghasilkan banyak ATP). dehidrasi. menghasilkan oleil-ACP. di setiap tahap pemanjangan gugus ACP dapat dilepas oleh enzim tioesterase untuk menghasilkan asam lemak jenuh bebas dan ACP. Banyak spesies tanaman menyimpan lemak pada bijinya (biasanya pada bagian kotiledon) yang ditransfer dari daun dan organ berkloroplas lain.Pada daun hijau tumbuhan. Beberapa tanaman penghasil lemak terpenting adalah kedelai. 2C setiap tahapnya. Berbeda dengan tumbuhan. asam lemak diproduksi di kloroplas. . Proses biokimia sintesis asam lemak pada hewan dan tumbuhan relatif sama. Asam lemak bebas ini kemudian dikeluarkan dari kloroplas untuk diproses lebih lanjut di sitoplasma. Enzim tioesterase lalu melepas gugus ACP dari oleat. yang dapat berupa pembentukan ikatan ganda atau esterifikasi dengan gliserol menjadi trigliserida (minyak atau lemak). menggunakan malonil-KoA. Pemanjangan selanjutnya dilakukan secara bertahap.kapas. Selanjutnya. yang memproduksi glukosa danasetil-KoA. Mulai dari 8C. kelapa sawit. Pada bagian lain tumbuhan dan pada sel hewan (dan manusia). oleat keluar dari kloroplas untuk mengalami perpanjangan lebih lanjut. Kompleks-enzim asilsintase III (KAS-III) memadukan malonil-ACP (3C) dan asetil-KoA (2C) menjadi butiril-ACP (4C) melalui empat tahap (kondensasi. yang memanjangkan palmitil-ACP (16C) menjadi stearil-ACP (18C). sementara KAS-IV hanya mencapai 10C. Diet rendah lemak dilakukan untuk menurunkan asupan energi dari makanan. raps/kanola.

Sedangkan stereoisomer memiliki struktur yang sama. yaitu 2 molekul alkohol dan sebuah molekul eter. metil etil eter.Posisi ikatan ganda juga menentukan daya reaksinya. Eter tidak memiliki gugus hidroksil. isomer ialah molekul-molekul dengan rumus kimia yang sama (dan sering dengan jenis ikatan yang sama). sedangkan pada molekul II atom oksigen terikat pada karbon kedua (tengah). dan 2propanol (isopropil alkohol. yaitu isomer struktural dan stereoisomer. Contoh sederhana dari suatu isomer adalah C3H8O. memiliki perbedaan sifat yang signifikan terhadap dua molekul sebelumnya. Semakin dekat dengan ujung. serta menghindarkannya dari kontak langsung dengan udara. Pada molekul I. tetapi sebuah eter. yaitu inti-inti atom yang memiliki tingkat eksitasi yang berbeda. bukan satu karbon dan satu hidrogen seperti halnya alkohol. namun memiliki susunan atom yang berbeda (dapat diibaratkan sebagai sebuah anagram). Contoh yang disebutkan di atas termasuk kedalam isomer struktural. Juga terdapat istilah isomer nuklir. Senyawa ini bukan sebuah alkohol. ikatan ganda semakin mudah bereaksi. diIsomer Dalam ilmu kimia. Beberapa minyak nabati (misalnya α-linolenat) dan minyak ikan laut banyak mengandung asam lemak esensial (lihat macam-macam asam lemak). Isomer struktural adalah isomer yang berbeda dari susunan/urutan atom-atom terikat satu sama lain. atom oksigen terikat pada karbonujung. Hormon . Terdapat dua jenis isomer. asam lemak yang dibiarkan terlalu lama akan turun nilai gizinya. namun beberapa atom atau gugus fungsional memiliki posisi geometri yang berbeda. asam lemak Omega-3 dan Omega-6 (asam lemak esensial) lebih bernilai gizi dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Dua molekul alkohol yaitu 1-propanol (n-propil alkohol. Kedua alkohol tersebut memiliki sifat kimia yang mirip. Karena mudah terhidrolisis dan teroksidasi pada suhu ruang. II). Karena itu. Pengawetan dapat dilakukan dengan menyimpannya pada suhu sejuk dan kering. I). Sedangkan isomer ketiga. dimana atom oksigen terikat pada dua atom karbon. Terdapat 3 isomer dengan rumus kimia tersebut. Kebanyakan isomer memiliki sifat kimia yang mirip satu sama lain.

Terdapat 2 faktor regulasi. melainkan melalui sirkulasi atau difusi ke sel target. όρμή: horman .yang tidak langsung dialirkan ke aliran darah. dan perawatan anak). Pada hewan. termasuk tumbuhan (lihat artikel hormon tumbuhan). Ketika hormon menemukan sel target. Molekul hormon dilepaskan langsung ke aliran darah. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sell untuk mencari sel target. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular. Pada banyak kasus. pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan. atau fase kehidupan (misalnya pubertas danmenopause). Tumbuhan tidak memiliki kelenjar tertentu yang menghasilkan hormon. Pada prinsipnya pengaturan produksi hormon dilakukan oleh hipotalamus (bagian dari otak). memproduksi hormon. hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel tersebut dan mengirimkan sinyal. yaitu faktor pelepas (releasing factor) yang menyebabkan kelenjar pituitari mensekresikan hormon tertentu dan faktor penghambat (inhibiting factor) yang dapat menghentikan sekresi hormon tersebut. Semua organisme multiselular. Walaupun demikian. . satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Pada tumbuhan.[1] termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram). hormon dihasilkan terutama pada bagian tumbuhan yang sel-selnya masih aktif membelah diri (pucuk batang/cabang atau ujung akar) atau dalam tahap perkembangan pesat (buah yang sedang dalam proses pemasakan).yang disebut ektohormon (ectohormone) . walaupun ada juga jenis hormon . terutama melalui kelenjar pituitari. Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan memengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular. kawin. hormon yang paling dikenal adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar endokrinvertebrata. Faktor Regulasi Faktor regulasi adalah senyawa kimia yang mengontrol produksi sejumlah hormon yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Hipotalamus mengontrol sekresi banyak kelenjar yang lain. Senyawa tersebut dikirim ke lobus anterior kelenjar pituitari oleh hipotalamus. yang juga mengontrol kelenjar-kelenjar lain. Transfer hormon dari satu bagian ke bagian lain dilakukan melalui sistem pembuluh (xilem dan floem) atau transfer antarsel. pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (misalnya terbang.Hormon (dari bahasa Yunani. hormon dihasilkan oleh hampir semua sistem organ dan jenis jaringan pada tubuh hewan. Hipotalamus akan memerintahkan kelenjar pituitari untu mensekresikan hormonnya dengan mengirim faktor regulasi ke lobus anteriornya dan mengirim impuls saraf ke posteriornya dan mengirim impuls saraf ke lobus posteriornya."yang menggerakkan") adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel.

Hormon tersebut juga memengaruhi jaringan tubuh lainnya. . contohnyaglukagon dan insulin. Referensi 1. dengan R merupakan bagian yang menonjol dari kerangka tersebut pada setiap asam amino. biru: nitrogen. Kadar glukosa yang tinggi menyebabkan pankreas memproduksi insulin untuk menurunkan kadar glukosa tersebut. Pita biru/ungu merupakan kerangka [-N-C-C-]n dalam sekuens asam amino H-[-NH-CHR-CO-]n-OH protein tersebut. pankreas akan memproduksi glukagon untuk meningkatkannya lagi. Center for Bioenvironmental Research at Tulane and Xavier Universities. hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak(trigliserida) dan protein – hormon ini memiliki properti anabolik. karena diproduksi di Pulau-pulau Langerhans dipankreas) adalah sebuah hormon polipeptidayang mengatur metabolisme karbohidrat. "pulau". Insulin Model struktur insulin Merah: karbon. Saat kadar gula darah sangat turun. hijau: oksigen. ^ (Inggris) "Endocrine System : Types of Hormones". merah muda:sulfur.Sebagai contoh adalah FSHRF (faktor pelepas FSH) dan LHRF (faktor pelepas LH) yang menyebabkan dilepaskannya hormon FSH dan LH. Diakses pada 26 Februari 2010. Hormon Antagonistik Hormon antagonistik merupakan hormon yang menyebabkan efek yang berlawanan. Selain merupakan "efektor" utama dalamhomeostasis karbohidrat. Insulin (bahasa Latin insula.

Insulin digunakan dalam pengobatan beberapa jenis diabetes mellitus. Kadar insulin yang rendah akan mengurangi penyerapan glukosa dan tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. cairan di laut. Pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 bergantung pada insulin eksogen (disuntikkan ke bawah kulit/subkutan) untuk keselamatannya karena kekurangan absolut hormon tersebut. Air Dari Wikipedia bahasa Indonesia. dan kadang kala membutuhkan pengaturan insulin bila pengobatan lain tidak cukup untuk mengatur kadar glukosa darah. ensiklopedia bebas Air. esyang mengambang. dan awan di udara yang merupakan uap air. . pasien dengan diabetes mellitus tipe 2 memiliki tingkat produksi insulin rendah atau kebal insulin.Insulin menyebabkan sel (biologi) pada ototdan adiposit menyerap glukosa dari sirkulasi darah melalui transporter glukosa GLUT1 dan GLUT4[1] dan menyimpannya sebagaiglikogen di dalam hati dan otot sebagai sumber energi. Air dalam tiga wujudnya. zat yang penting bagi kehidupan.

hujan. yaitu: melaluipenguapan. sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutubutara dan selatan planet Mars.cairan (air) dan gas (uap air). uap air. sungai.Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan Bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.[6] Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air. hujan.[5] Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung).[4] Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. dan lautan es. muara) menuju laut. dihidrogen monoksida.[1][2][3]tetapi tidak di planet lain. Hidrogen hidroksida H2O 18.4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.998 g/cm³ (cariran pada 20 °C) 0.92 g/cm³ (padatan) 0 °C (273.0153 g/mol 0. sungai. Air dapat berwujud padatan (es). Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air. Selain di Bumi. meliputi mata air. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. [7] Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004. Terdapat 1. serta pada bulan-bulanEuropa dan Enceladus. muka air tawar. yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air Sifat-sifat kimia dan fisika Air Informasi dan sifat-sifat Nama sistematis Nama alternatif Rumus molekul Massa molar Densitas dan fase Titik lebur air aqua. akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan. danau.15 K) (32 °F) . monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.

terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagaiikatan hidrogen. asam.15 K) (212 °F) 4184 J/(kg·K) (cairan pada 20 °C) Halaman data tambahan Disclaimer and references Artikel utama: Air (molekul) Air adalah substansi kimia dengan rumus kimiaH2O: satu molekul air tersusun atas dua atomhidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan. adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor). membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. Zat kimia ini merupakan suatupelarut yang penting. sulfur dan klor. Dengan memperhatikan tabel periodik.15 K (0 °C). yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas. yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya. Tarikan atom oksigen pada elektronelektron ikatan jauh lebih kuat dari pada yang dilakukan oleh atom hidrogen. yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur273. flor. terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen.Titik didih Kalor jenis 100 °C (373. danfosfor. Dalam bentuk ion. . beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fase berkeadaan cair. dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-). Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal. sebagaimanahidrogen sulfida. sepertigaram-garam. Air bersifat tidak berwarna. gula. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. tidakberasa dan tidak berbau pada kondisi standar.

tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). melarutkan banyak jenis zat kimia.Tingginya konsentrasi kapur terlarut membuat warna air dari Air Terjun Havasuterlihat berwarna turquoise. Zat-zat yang bercampur dan larut dengan baik dalam air (misalnya garam-garam) disebut sebagai zat-zat "hidrofilik" (pencinta air). Elektrolisis air Artikel utama: Elektrolisis air Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron. Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektrode dan dapat dikumpulkan.[8][9][10] Kelarutan (solvasi) Air adalah pelarut yang kuat. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut. Pada katode. dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2). Ion H+ dan OH. Proses ini disebut elektrolisis air. dan zat-zat yang tidak mudah tercampur dengan air (misalnya lemak dan minyak). Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hidrogen.mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. disebut . Sementara itu pada anode. melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katode.

. Air memiliki pula sifat adhesi yang tinggi disebabkan oleh sifat alami ke-polar-annya. menarik elektron-elektron lebih dekat ke arahnya (juga berarti menarik muatan negatif elektron-elektron tersebut) dan membuat daerah di sekitar atom oksigen bermuatan lebih negatif ketimbang daerah-daerah di sekitar kedua atom hidrogen. Kelarutan suatu zat dalam air ditentukan oleh dapat tidaknya zat tersebut menandingi kekuatan gaya tarik-menarik listrik (gaya intermolekul dipoldipol) antara molekul-molekul air. Kohesi dan adhesi Air menempel pada sesamanya (kohesi) karena air bersifat polar. Air memiliki sejumlah muatan parsial negatif (σ-) dekatatom oksigen akibat pasangan elektron yang (hampir) tidak digunakan bersama. Tegangan permukaan Bunga daisy ini berada di bawah permukaan air. Butir-butir embun menempel padajaring laba-laba. dan sejumlah muatan parsial positif (σ+) dekat atom oksigen. Jika suatu zat tidak mampu menandingi gaya tarik-menarik antar molekul air. molekul-molekul zat tersebut tidak larut dan akan mengendap dalam air. akan tetapi dapat mekar dengan tanpa terganggu. Tegangan permukaan mencegah air untuk menenggelamkan bunga tersebut. Dalam air hal ini terjadi karena atom oksigen bersifat lebih elektronegatif dibandingkan atom hidrogen—yang berarti.sebagai zat-zat "hidrofobik" (takut-air). ia (atom oksigen) memiliki lebih "kekuatan tarik" pada elektron-elektron yang dimiliki bersama dalam molekul.

Dari sudut pandang biologi. Gaya-gaya tersebut amat besar nilainya akan tetapi meluruh dengan cepat dalam rentang nanometer atau lebih kecil. Di atas sebuah permukaan gelas yang amat bersih atau bepermukaan amat halus air dapat membentuk suatu lapisan tipis (thin film) karena gaya tarik molekular antara gelas dan molekul air (gaya adhesi) lebih kuat ketimbang gaya kohesi antar molekul air. Hal ini dapat diamati saat sejumlah kecil air ditempatkan dalam sebuah permukaan yang tak dapat terbasahi atau terlarutkan (non-soluble). . Adrian Parsegian dari National Institute of Health. Air dalam kehidupan Kehidupan di dalam laut. air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan.Air memiliki tegangan permukaan yang besar yang disebabkan oleh kuatnya sifat kohesi antar molekul-molekul air.[11] Gaya-gaya ini penting terutama saat sel-sel terdehidrasi saat bersentuhan langsung dengan ruang luar yang kering atau pendinginan di luar sel (extracellular freezing). Untuk melakukan dehidrasi suatu permukaan hidrofilik — dalam arti melepaskan lapisan yang terikat dengan kuat dari hidrasi air — perlu dilakukan kerja sungguh-sungguh melawan gaya-gaya ini. Pentingnya gayagaya ini dalam biologi telah dipelajari secara ekstensif oleh V. permukaan-permukaan yang memiliki ketertarikan kuat terhadap air. yaitu. Dalam sel-sel biologi dan organel-organel. air bersentuhan dengan membran dan permukaan protein yang bersifat hidrofilik. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi. air tersebut akan berkumpul sebagai sebuah tetesan. Irvin Langmuir mengamati suatu gaya tolak yang kuat antar permukaan-permukaan hidrofilik. yang disebut gaya-gaya hidrasi.

Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.

Makhluk air
Perairan Bumi dipenuhi dengan berbagai macam kehidupan. Semua makhluk hidup pertama di Bumi ini berasal dari perairan. Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu, mamalia seperi lumba-lumba dan ikan paus juga hidup di dalam air. Hewan-hewan seperti amfibi menghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Bahkan, beberapa reptil seperti ulardan buaya hidup di perairan dangkal dan lautan. Tumbuhan laut seperti alga dan rumput laut menjadi sumber makanan ekosistem perairan. Di samudera, plankton menjadi sumber makanan utama para ikan.

Air dan manusia
Peradaban manusia berjaya mengikuti sumber air. Mesopotamia yang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris dan Euphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung padasungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong mendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.

Air minum

Air yang diminum dari botol.
Artikel utama: Air minum

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.[12] Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindaridehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari,[13]namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. [14] Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas.[15]

Pelarut
Pelarut digunakan sehari-hari untuk mencuci, contohnya mencuci tubuh manusia, pakaian, lantai,mobil, makanan, dan hewan. Selain itu, limbah rumah tangga juga dibawa oleh air melalui saluran pembuangan. Pada negara-negara industri, sebagian besar air terpakai sebagai pelarut. Air dapat memfasilitasi proses biologi yang melarutkan limbah. Mikroorganisme yang ada di dalam air dapat membantu memecah limbah menjadi zat-zat dengan tingkat polusi yang lebih rendah.

Zona biologis
Air merupakan cairan singular, oleh karena kapasitasnya untuk membentuk jaringan molekul 3 dimensi dengan ikatan hidrogen yang mutual. Hal ini disebabkan karena setiap molekul air mempunyai 4 muatan fraksional dengan arah tetrahedron, 2 muatan positif dari kedua atom hidrogen dan dua muatan negatif dari atom oksigen.[16] Akibatnya, setiap molekul air dapat membentuk 4 ikatan hidrogen dengan molekul disekitarnya. Sebagai contoh, sebuah atom hidrogen yang terletak di antara dua atom oksigen, akan membentuk satu ikatan kovalen dengan satu atom oksigen dan satu ikatan hidrogen dengan atom oksigen lainnya, seperti yang terjadi pada es. Perubahan densitas molekul air akan berpengaruh pada kemampuannya untuk melarutkan partikel. Oleh karena sifat muatan fraksional molekul, pada umumnya, air merupakan zat pelarut yang baik untuk partikel bermuatan atau ion, namun tidak bagi senyawa hidrokarbon.

Konsep tentang sel sebagai larutan yang terbalut membran, pertama kali dipelajari oleh ilmuwanRusia bernama Troschin pada tahun 1956. Pada monografnya, Problems of Cell Permeability, tesisTroschin mengatakan bahwa partisi larutan yang terjadi antara lingkungan intraselular dan ekstraselular tidak hanya ditentukan oleh permeabilitas membran, namun terjadi akumulasi larutan tertentu di dalam protoplasma, sehingga membentuk larutan gel yang berbeda dengan air murni. Pada tahun 1962, Ling melalui monografnya, A physical theory of the living state, mengutarakan bahwa air yang terkandung di dalam sel mengalami polarisasi menjadi lapisan-lapisan yang menyelimuti permukaan protein dan merupakan pelarut yang buruk bagi ion. Ion K+ diserap oleh sel normal, sebab gugus karboksil dari protein cenderung untuk menarik K+ daripada ion Na+. Teori ini, dikenal sebagai hipotesis induksiasosiasi juga mengutarakan tidak adanya pompa kation, ATPase, yang terikat pada membran sel, dan distribusi semua larutan ditentukan oleh kombinasi dari gaya tarik menarik antara masing-masing protein dengan modifikasi sifat larutan air dalam sel. Hasil dari pengukuran NMR memang menunjukkan penurunan mobilitas air di dalam sel namun dengan cepat terdifusi dengan molekul air normal. Hal ini kemudian dikenal sebagai model two-fraction, fast-exchange. Keberadaan pompa kation yang digerakkan oleh ATP pada membran sel, terus menjadi bahan perdebatan, sejalan dengan perdebatan tentang karakteristik cairan di dalam sitoplasma dan air normal pada umumnya. Argumentasi terkuat yang menentang teori mengenai jenis air yang khusus di dalam sel, berasal dari kalangan ahli kimiawan fisis. Mereka berpendapat bahwa air di dalam sel tidak mungkin berbeda dengan air normal, sehingga perubahan struktur dan karakter air intraselular juga akan dialami dengan air ekstraselular. Pendapat ini didasarkan pada pemikiran bahwa, meskipun jika pompa kation benar ada terikat pada membran sel, pompa tersebut hanya menciptakan kesetimbangan osmotik selular yang memisahkan satu larutan dari larutan lain, namun tidak bagi air. Air dikatakan memiliki kesetimbangan sendiri yang tidak dapat dibatasi oleh membran sel. Para ahli lain yang berpendapat bahwa air di dalam sel sangat berbeda dengan air pada umumnya. Air yang menjadi tidak bebas bergerak oleh karena pengaruh permukaan ionik, disebut sebagai air berikat (bahasa Inggris: bound water), sedangkan air diluar jangkauan pengaruh ion tersebut disebut air bebas (bahasa Inggris: bulk water). Air berikat dapat segera melarutkan ion, oleh karena tiap jenis ion akan segera tertarik oleh masing-masing muatan fraksional molekul air, sehingga kation dan anion dapat

daya ikat ionik yang terjadi antara molekul zat terlarut yang menahan molekul air akan semakin kuat. Misalnya gel agarose atau gel dari asam hialuronat yang mengandung 99. namun dengan turunnya rasio kandungan air. kation kecil yang sangat terhidrasi akan cenderung terakumulasi pada fase air yang lebih padat. sebagai contoh. Tertahannya molekul air di dalam struktur kristal gel merupakan salah satu contoh kecenderungan alami setiap komponen dari suatu sistem untuk bercampur dengan merata. .berada berdekatan tanpa harus membentuk garam.= HPO42I.>> ATP2. Pada umumnya. Molekul air dapat terlepas dari gel sebagai respon dari tekanan udara. padat dengan ikatan lemah. Interaksi antara molekul air berikat dan gugus ionik diasumsikan terjadi pada rentang jarak yang pendek. sehingga atom hidrogen terorientasi ke arah anion dan menghambat interaksi antara populasi air berikat dengan air bebas. peningkatan suhu atau melalui mekanismepenguapan.> Br.> H2PO4catatan  densitas air berikat semakin tinggi ke arah kanan. sedangkan kation yang lebih besar akan cenderung terakumulasi pada fase air yang lebih renggang. kondroitin sulfat. dan menciptakan partisi ion seperti serial Hofmeister sebagai berikut: Mg2+ > Ca2+ > H+ >> Na+ NH+ > Cs+ > Rb+ > K+ ATP3. Hal ini menciptakan zona air. daripada air inert tidak padat dengan daya ikat kuat. asam hialorunat.9% air dari total berat gel. Energi elektrostatik antara molekul biopolimer bermuatan sama yang berdesakan akan menciptakan gaya hidrasi yang mendorong molekul air bebas keluar dari dalam sitoplasma. RNA. dan jenis biopolimer bermuatan lain. Ion lebih mudah terhidrasi oleh air yang reaktif.= ADP2. konsenstrasi larutan polielektrolit yang cukup tinggi akan membentuk gel.> Cl. Orientasi molekul air berikat semakin terbatas permukaan molekul polielektrolit bermuatan negatif antara lain DNA.

pendekatan ionik seperti ini masih belum dapat menjelaskan beberapa fenomena anomali larutan seperti.Meskipun demikian. Pada rentang ini. Air dalam kesenian . sehingga dikatakan bahwa sebagai karakter air pada rentang jarak jauh.  perbedaan sifat air di dalam sitoplasma oosit hewan katak dengan air di dalam inti sel dan air normal  turunnya koefisien difusi air di dalam Artemia cyst dibandingkan dengan koefisien air yang sama pada gel agarose dan air normal  lebih rendahnya densitas air pada Artemia cyst dibandingkan air normal pada suhu yang sama   anomali trimetilamina oksida pada jaringan otot kedua kandungan air normal. seperti saat molekul air berada dekat dengan permukaan atau gugus hidrokarbon. Energi pada molekul air menjadi tinggi ketika ikatan hidrogen yang dimiliki menjadi tidak maksimal.5 yang dimiliki mitokondria pada suhu 0-4 °C Fenomena anomali larutan ini dianggap terjadi pada rentang jarak jauh yang berada di luar domain pendekatan ionik. sodium asetat dan sodium fosfat akan memiliki kecenderungan untuk terurai menjadi kation Na+ dan anionnya. molekulgaram seperti Na2SO4. dan air dengan koefisien partisi 1. Daya ikat hidrogen pada kondisi ini akan menembus beberapa zona air dan partisi ion. Senyawa hidrokarbon kemudian disebut bersifat hidrofobik sebab tidak membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air.

[17] Seni lukis Pada zaman Renaisans dan sesudahnya air direpresentasikan lebih realistis. Dalam seni air dipelajari dengan cara yang berbeda.[20] .[18] seperti misalnya dalam Birth of Venus (1486) karya Botticelli[19] dan The Water Lilies (1897) karya Monet. Dengan didukung kemajuan teknologi fungsi dan pemanfaatan air dalam seni mulai berubah. Contoh seni yang terakhir ini.sebuah aliran air atau sungai. dari tadinya pelengkap ia mulai merambat menjadi obyek utama. atau bahkan air terjun . sungai yang hampir tak mengalir. air menentukan suasana (mood) keseluruhan dari karya seni tersebut.akan tetapi banyak juga dari mereka yang senang dengan obyekobyek air yang tenang. Banyak artis menggambarkan air dalam bentuk pergerakan . sebuah lautanyang turbulensi. misalnya seni aliran atau tetesan (sculpture liquid ataudroplet art)."Ombak Besar Lepas Pantai Kanagawa.danau. dan permukaan laut yang tak berombak. tidak langsung ataupun hanya sebagai simbol. ia disajikan sebagai suatu elemen langsung. Dalam setiap kasus ini. lukisan yang sering digunakan sebagai pelukisan sebuah tsunami. diam ." oleh Katsushika Hokusai.

sampai titik yang dimaksud jatuh mencapai bagian bawah penampil. suatu antologi yang telah mendunia. dengan pemanfaatan teknik pengaturan terhadap jatuhnya tetesan air yang malar. dapat sebuah gambar ditampilkan oleh tetesan-tetesan air yang jatuh. air mulai mengambil tempat dalam bidang seni lain. sampai pemanfaatan teknik long exposure. Memotret air sebagai elemen dalam obyek membutuhkan penanganan khusus.[22] Seni tetesan air tidak berhenti sampai di sini. walaupun ada air tidak memiliki arti khusus di sini dan hanya berperan sebagai elemen pelengkap. misalnya dalam fotografi.[23] Komersialisasi karya jenis ini pun dalam bentuk resolusi yang lebih kasar telah banyak dilakukan. memanfaatkan air sebagai elemen dalamfoto. Dengan mengatur-atur ukuran dan jumlah tetesan yang akan dilewatkan. suatu teknik fotografi yang mengandalkan bukaan rana lambat untuk menciptakan efek lembut (soft) pada permukaan air. akan tetapi ia dapat digunakan dalam hampir semua cabang fotografi: mulai dari fasion sampai landsekap.[24][25] .Rivermasterz. Sayangnya gambar ini hanya bersifat sementara. Fotografi Sejalan dengan kemajuan teknologi dalamseni. mulai dari filter circular polarizer yang berguna menghilangkanrefleksi. seperti yang disajikan oleh Martin Waugh dalam karyanya Liquid Sculpture. mereka dapat diubah sedemikian rupa sehingga tetesan-tetesan tersebut sebagai satu kesatuan berfungsi sebagai suatu penampil (viewer) seperti halnya tampilan komputer.[21] [sunting]Seni tetesan air Artikel utama untuk bagian ini adalah: Seni tetesan air Keindahan tetesan air yang memecah permukaan air yang berada di bawahnya diabadikan dengan berbagai sentuhan teknik dan rasa menjadikannya suatu karya seni yang indah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful