MENELUSURI SEJARAH SUKU SASAK :::....

(indo & English Version)
oleh PULAU LOMBOK pada 16 September 2009 jam 11:54

Komunitas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat merupakan Suku terbesar di Propinsi yang berada di antara Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. Menurut catatan sensus yang diadakan tahun 1989, populasi suku sasak mencapai 2,1 juta jiwa. Pada Sensus berikutnya, tepatnya tahun 2000 populasinya bertambah menjadi 2,6 juta jiwa. Tahun ini diperkirakan populasi Suku Sasak yang tinggal di Lombok sekitar 3 juta jiwa, jumlah itu belum termasuk “sasak diaspora” alias sasak rantau yang menetap di Pulau Sumbawa bagian Barat, di Kalimantan Timur (akibat proyek transmigrasi), di Malaysia (TKI) dan di beberapa Kota besar di Indonesia (yang umumnya karena faktor pekerjaan dan status sebagai Mahasiswa). Di Samping itu dalam jumlah kecil, Suku Sasak tersebar di beberapa Negara di dunia ini. Melihat hal ini Populasi Komunitas Suku Sasak bisa dikatakan cukup besar dan layak disandingkan dengan etnis lain di Indonesia.

Tapi Tahukah Semeton dari mana asal usul Suku sasak ? , ” Siapa Papuk Baloq orang sasak?”. Saya yakin seyakin yakinnya, sangat teramat sedikit dari kita yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Satu Minggu yang lalu, Komunitas Sasak yang tergabung dalam milis Komunitas Sasak mengadakan diskusi kecil tentang hal ini, jauh memang kalau dikatakan sebagai diskusi yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan, tapi paling tidak banyak diantara kita yang memiliki informasi yang berbeda beda tentang asal usul Papuk Baloq Sasak.

Dari penelusuran kecil kecilan, terungkap bahwa Suku Sasak berasal dari Vietname, bersumber dari miripnya Bahasa / Base Sasak dengan Bahasa di vietnam. Ada juga semeton sasak yang sekarang ini bekerja di sektor Pariwisata di Lombok yang sempat bertemu dengan turis dari Philipine, yang bikin semeton kita ini terkejut, ada banyak kesamaan antara bahasa sasak dengan bahasa si turis, ya Bahasa Tagalog, apakah ini artinya Papuk Baloq kita dari philipine?. Ada banyak teori yang biasa dipakai oleh para ahli untuk menelusuri asal usul suatu etnis, salah satunya adalah dari bahasa yang mereka pergunakan, fisik mereka dan sejarah para tetuanya. Mari kita coba telusuri satu persatu.

Bahasa Sasak merupakan keluarga (Languages Family) dari Austronesian Malayo-Polynesian (MP). Papuk Bloq kita bisa jadi berasal dari Jawa (Malayo-Polynesian). baik dialek (cara pengucapan) maupun kosa katanya. Menurut ethnologue yang mengumpulkan semua bahasa di dunia. Beberapa Pura besar juga gampang di temukan di kedua daerah ini. Hal ini yang menyebabkan perubahan Agama Suku Sasak. Ngeto-Ngete (Lombok Bagian Tenggara). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur. juga dipengaruhi oleh Makassar.BAHASA Bahasa Sasak. mereka kewalahan dengan beragamnya bahasa sasak yang ada di lombok timur. dengan dikirimkannya Maha Patih Gajah Mada ke Lombok. Meno-Mene (Lombok Bagian Tengah). Walaupun secara umum bisa diklasifikasikan ke dalam: Kuto-Kute (Lombok Bagian Utara). atau dari Sulawesi (Sunda-Sulawesi) SEJARAH Sebelum Abad ke 16 Lombok berada dalam kekuasan Majapahit. Lombok berhasil Bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan Kerajaan Selapang (Lombok timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). Mriak-Mriku (Lombok Bagian Selatan) Dari Aspek Bahasa. Sunda-Sulawesi dan Bali-Sasak. Saat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ingin membuat Kamus Sasak saja. terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa. Sementara kalau kita perhatikan secara langsung. Pada awal abad ke 18 Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. Tapi secara pelafalan cukup dekat dengan Bali. Ngeno-Ngene (Lombok Bagian Tengah). Pada Akhir abad ke 16 sampai awal abad ke 17. lombok banyak dipengaruhi oleh Jawa Islam melalui dakwah yang dilakukan oleh Sunan Giri. Vitname atau Philipine ( Austronesian). yang sebelumnya Hindu menjadi Islam. Nuclear MP. bahasa Sasak yang berkembang di Lombok ternyata sangat beragam. terutama aksara (bahasa tertulis) nya sangat dekat dengan aksara Jawa dan Bali. Ini sangat unik dan bisa menunjukkan banyaknya pengaruh dalam perkembangannya. Malah ada kabar kalau beliau wafat di Pulau Lombok dan dimakamkan di Lombok Timur. Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat. . sama sama menggunakan aksara Ha Na Ca Ra Ka …dst.

.. . Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak. Jawa Timur). East Kalimantan (due to migration project). salah seorang yang membaca tulisan ini mengirimkan ke saya sebuah bukti otentik asal usul suku sasak yang disimpan keluarganya di Lombok Tengah.com www.wordpress.org .1 million sasak soul.. On the Side was in a small amount. nah sekarang tinggal di cari rang Bali berasal dari mana? Bukti Otentik Beberapa minggu yang lalu. Harapan Semoga Dewan Adat Sasak segera menerbitakan Buku Sejarah Sasak dan merampungkan Kamus Bahasa Sasak. the number does not include "sasak diaspora" aka Overseas sasak settled in western part of Sumbawa Island. Bali... sumber : Terima Kasih kepada http://lalumuhamadjaelani. In the next census.Kalau kita lihat dari aspek sejarah. to be precise in 2000 the population increased to 2. According to census records held in 1989..:::::: ENGLISH VERSION ::::::::.. jelaslah terlihat bahwa Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok. melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak Ciri FISIK Sementara kalau diperhatikan secara fisik Suku Sasak ini lebih mirip orang Bali dibandingkan orang Sumbawa. the tribe's population reaches 2.. Dari Aspek ini bisa jadi orang Sasak berasal dari orang Bali. sebenarnya berasal dari Jawa.. Sasak tribe spread across several countries in the world.sasak. Seeing this community's population could be said Sasak tribe big enough and worthy juxtaposed with other ethnic in Indonesia. Kabangan. in Malaysia (TKI) and the some big city in Indonesia (mainly because of the work and status as a student). This year the estimated population Sasak tribe who live in Lombok approximately 3 million inhabitants.6 million people. Makassar dan Sumbawa. Dari Bukti otentik tersebut. orang Sasak bisa jadi berasal Jawa. Bukti tersebut berupa silsilah keluarga yang berujung pada sebuah nama: Datu Pangeran Djajing Sorga (dari Majapahit. Community Sasak tribe who inhabit the island of Lombok West Nusa Tenggara is the largest tribe in the province that lies between Bali and East Nusa Tenggara....

ff. I'm sure as sure confident. One week ago. revealed that the Sasak tribe from Vietname. Sasak language that developed in Lombok was very diverse. chilli heavily influenced by Islam through da'wah Java conducted by Sunan Giri. Meno -Mene (Central Lombok). we Papuk Bloq could be derived from the Javanese (Malayo-Polynesian). a few large temple is also . While if you look directly. who formerly Hindus into Islam. There is also semeton sasak currently working in the tourism sector in Lombok. But the pronunciation is quite close to Bali. From small scale search. or from Sulawesi (Sunda-Sulawesi) HISTORY Prior to the 16th century Lombok Majapahit was in power. In fact. Ngeno-Ngene (Central Lombok). no word if he died on the island of Lombok and is buried in East Lombok. Ngeto-Ngete (Southeast Section Lombok). According to Ethnologue. which collects all the languages in the world. In the early 18th century Lombok was conquered by the kingdom Gel Gel Bali. much as it might be said that scientific discussion and accountable. "Who sasak Papuk Baloq people?". especially the script (written language) is very close to his script of Java and Bali. they are overwhelmed with the diversity of languages in sasak east lombok. Remains of Bali is very easy to look at is the number of communities that inhabit the Hindu Bali and Lombok Mataram area of West. does this mean we are from Papuk Baloq Philipine?. one of which is from the language they use. was also influenced by the Makassar. Though in general can be classified into: Kuto-Kute (Northern Lombok). Mriak-Mriku (Southern Lombok) From the aspect of language. the community incorporated in Sasak Community mailing Sasak little discussion about it.. which makes our semeton surprise. Sasak. by sending Maha Gajah Mada to Lombok. LANGUAGES Sasak language. This is very unique and can show many influences in its development. met with tourists from Philipine. but at least many of us have different information about the origin of different Papuk Baloq Sasak . derived from similar language / Base Sasak the language in vietnam. yes Tagalog language. the same as using the script Ha Na Ca Ra Ka . very very few of us can answer that question.But semeton know where the origin sasak Tribe? . There are many theories commonly used by scholars to trace the origins of an ethnic. Vitname or Philipine (Austronesian). is the Sasak language family (Languages Family) from the Austronesian Malayo-Polynesian (MP) Nuclear MP Sunda-Sulawesi and Bali. At the end of the 16th century until the early 17 th century.. there are many similarities between the language of the language sasak with tourists. This causes changes Religion Sasak tribe. Let us try to trace one by one. When East Lombok regency government wants to make it Sasak Dictionary. both dialects (pronounced way) as well as vocabulary. their physical and history of the tetuanya.

Tahun ini diperkirakan populasi Suku Sasak yang tinggal di Lombok sekitar 3 juta jiwa. If we look at the aspects of history.easy to find in second in this area. 2007 by lmjaelani Komunitas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat merupakan Suku terbesar di Propinsi yang berada di antara Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. di Malaysia . Bali. But it could also into four ethnic group not Papuk sasak Bloq people. it is clear seen that the Sasak tribe who inhabited the island of Lombok. one reading this send to me an authentic evidence of ethnic origin who saved his family sasak in Central Lombok. Free from Lombok managed Gel Gel effect after the expulsion of the Kingdom done Selapang (East Lombok). Sapecada. Evidence from these authentic. Some soldiers reportedly Sumbawa many eventually settled in East Lombok. assisted by the kingdom in Sumbawa (influence Makassar). populasi suku sasak mencapai 2. Menurut catatan sensus yang diadakan tahun 1989. East Java). jumlah itu belum termasuk “sasak diaspora” alias sasak rantau yang menetap di Pulau Sumbawa bagian Barat. di Kalimantan Timur (akibat proyek transmigrasi). Evidence that a family tree that ends in a name: Prince Datu Djajing Heaven (from Majapahit. (google translate) Menelusuri Asal Usul Suku Sasak Posted on Desember 13.6 juta jiwa. actually comes from Java. From this aspect can be derived from the Sasak people of Bali. Hope Hopefully soon Sasak Traditional Council Chronicles menerbitakan Sasak and Sasak Language Dictionary finish. Makassar and Sumbawa. Pada Sensus berikutnya. now currently living in Bali for war come from? Authentic Evidence A few weeks ago. but only gave a big influence on the development of Sasak Tribe PHYSICAL characteristics While considering the physical Sasak tribe is more like people than the Bali Sumbawa. people could very well come Sasak Java. as evidenced by the existence of several villages in northeastern edge of East Lombok majority of the population speaks the language Samawa.1 juta jiwa. tepatnya tahun 2000 populasinya bertambah menjadi 2.

Mari kita coba telusuri satu persatu. salah satunya adalah dari bahasa yang mereka pergunakan. Dari penelusuran kecil kecilan. Tapi Tahukah Semeton dari mana asal usul Suku sasak ? . tapi paling tidak banyak diantara kita yang memiliki informasi yang berbeda beda tentang asal usul Papuk Baloq Sasak. Satu Minggu yang lalu.Nuclear MP. Ada banyak teori yang biasa dipakai oleh para ahli untuk menelusuri asal usul suatu etnis. apakah ini artinya Papuk Baloq kita dari philipine?. Ini sangat unik dan bisa menunjukkan banyaknya pengaruh dalam perkembangannya. terungkap bahwa Suku Sasak berasal dari Vietname. Saya yakin seyakin yakinnya. jauh memang kalau dikatakan sebagai diskusi yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Tapi secara pelafalan cukup dekat dengan Bali. Ngeto-Ngete (Lombok Bagian . Bahasa Sasak merupakan keluarga (Languages Family) dari Austronesian MalayoPolynesian (MP). Ada juga semeton sasak yang sekarang ini bekerja di sektor Pariwisata di Lombok yang sempat bertemu dengan turis dari Philipine. yang bikin semeton kita ini terkejut.(TKI) dan di beberapa Kota besar di Indonesia (yang umumnya karena faktor pekerjaan dan status sebagai Mahasiswa). Saat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ingin membuat Kamus Sasak saja. sama sama menggunakan aksara Ha Na Ca Ra Ka …dst. Di Samping itu dalam jumlah kecil. ” Siapa Papuk Baloq orang sasak?”. bersumber dari miripnya Bahasa / Base Sasak dengan Bahasa di vietnam. sangat teramat sedikit dari kita yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Suku Sasak tersebar di beberapa Negara di dunia ini. Komunitas Sasak yang tergabung dalam milis Komunitas Sasak mengadakan diskusi kecil tentang hal ini. ada banyak kesamaan antara bahasa sasak dengan bahasa si turis. ya Bahasa Tagalog. fisik mereka dan sejarah para tetuanya. baik dialek (cara pengucapan) maupun kosa katanya. Sementara kalau kita perhatikan secara langsung. Menurut ethnologue yang mengumpulkan semua bahasa di dunia. Sunda-Sulawesi dan Bali-Sasak. BAHASA Bahasa Sasak. Melihat hal ini Populasi Komunitas Suku Sasak bisa dikatakan cukup besar dan layak disandingkan dengan etnis lain di Indonesia. terutama aksara (bahasa tertulis) nya sangat dekat dengan aksara Jawa dan Bali. bahasa Sasak yang berkembang di Lombok ternyata sangat beragam. Walaupun secara umum bisa diklasifikasikan ke dalam: Kuto-Kute (Lombok Bagian Utara). mereka kewalahan dengan beragamnya bahasa sasak yang ada di lombok timur.

Pada Akhir abad ke 16 sampai awal abad ke 17. Makassar dan Sumbawa. Beberapa Pura besar juga gampang di temukan di kedua daerah ini. Mriak-Mriku (Lombok Bagian Selatan) Dari Aspek Bahasa. Papuk Bloq kita bisa jadi berasal dari Jawa (MalayoPolynesian). Kalau kita lihat dari aspek sejarah. terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa. dengan dikirimkannya Maha Patih Gajah Mada ke Lombok. Hal ini yang menyebabkan perubahan Agama Suku Sasak. Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat. Ngeno-Ngene (Lombok Bagian Tengah). atau dari Sulawesi (SundaSulawesi) SEJARAH Sebelum Abad ke 16 Lombok berada dalam kekuasan Majapahit. Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak. Vitname atau Philipine ( Austronesian). Malah ada kabar kalau beliau wafat di Pulau Lombok dan dimakamkan di Lombok Timur. orang Sasak bisa jadi berasal Jawa. yang sebelumnya Hindu menjadi Islam. Lombok berhasil Bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan Kerajaan Selapang (Lombok timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak Ciri FISIK Sementara kalau diperhatikan secara fisik Suku Sasak ini lebih mirip orang Bali dibandingkan orang Sumbawa. Meno-Mene (Lombok Bagian Tengah). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur. lombok banyak dipengaruhi oleh Jawa Islam melalui dakwah yang dilakukan oleh Sunan Giri. nah sekarang tinggal di cari Bukti Otentik rang Bali berasal dari mana? . Dari Aspek ini bisa jadi orang Sasak berasal dari orang Bali. Bali.Tenggara). Pada awal abad ke 18 Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. juga dipengaruhi oleh Makassar.

Harapan Semoga Dewan Adat Sasak segera menerbitakan Buku Sejarah Sasak dan merampungkan Kamus Bahasa Sasak. * Tulisan ini hanya oret oretan saja. Jawa Timur). Kabangan. salah seorang yang membaca tulisan ini mengirimkan ke saya sebuah bukti otentik asal usul suku sasak yang disimpan keluarganya di Lombok Tengah. Adanya tulisan ini diharapkan ada informasi dari semeton senamiyan untuk meluruskan. Bukti tersebut berupa silsilah keluarga yang berujung pada sebuah nama: Datu Pangeran Djajing Sorga (dari Majapahit. Dari Bukti otentik tersebut. sebenarnya berasal dari Jawa. data data yang digunakan masih diragukan ke shahihannya karena keterbatasan sumber sejarah terkait Suku Sasak.Beberapa minggu yang lalu. * Tulisan yang sama dimuat juga di Situs Komunitas Sasak . jelaslah terlihat bahwa Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok. memperbaiki yang salah dan menambahkan yang kurang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful