ETIKA DAN PEDOMAN KESELAMATAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Moral adalah standar yang telah diterima mengenai apa yang baik dan yang buruk Etika adalah standar dari tindakan dan perilaku morl yang seyogyanya diikuti semua orang. Macam-macam etika dalam TI 1. etika terapan adalah etika yang diterapkan dalam suatu kehidupan sosial 2. etika profesional adalah etika yang lebih menekankan kepada hubungan antara: • praktis dengan clientnya • profesi dengan masyarakrat • diantara profesional • antara atasan dengan bawahan. • Profesi detail teknik spesialisasi 3. kode etik profesional adalah suatu kode etik yang mengikat dalam suatu profesi privasi adalah bagaimana suatu informasi pribadi dikumpulkan, dihimpun dan diproteksi dari kemungkinan diperlihatkan kepada pihak-pihak lain tanpa seizin yang bersangkutan. Hak cipta (copy right) adalah proteksi terhadap hasil karya seseorang yang bersifat originalitas dan telah diakui oleh khalayak ramai yang merupakan perlindungan terhadap pernyataan suatu ide. Hak cipta dapat diperoleh dengan mendaftarkan hak ciptanya ketempat kantor pemerintah yang menangani undang-undang terhadap hak cipta. Copy protection adalah tata aturan perlindungan piranti lunak dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab Etika yang menyangkut teknologi informasi: 1. privasi e-mail 2. lisensi perangkat lunak 3. hak cipta piranti lunak 4. akses perangkat keras 5. kepemilikan properti intelektual 6. akses file 7. kepemilikan data Penyalah gunaan terhadap etika TI 1. Pembajakan software software itu harus dilisensi oleh pemerintah dengan membayar pajak, apabila software dibajak, otomatis permintaan atas produk asli menurun dan pendapatan pemerintah menurun pula. Maka pembajakan software dianggap sebagai tindakan kriminal yang diatur dalam undang-undang hak cipta pasal 72 ayat 3 UU no. 19/2002 yang khusus menyoroti masalah pembajakan program komputer dan piranti lunak dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara dan denda maksimal rp. 500 juta. 2. hacker hacker adalah orang yang mempunyai produktifitas untuk menangani proyek yang besar dan tergolong sulit dalam bidang komputer. Sekarang hacker yaitu orang yang suka merusak sistem komputer dan kemungkinan menggunakannya tanpa ijin yang berwenang.

a. Letakkan komputer ditempat yang tidak ada pantulan cahaya lampu d. Lingkungan kerja Lingkungan kerja terbagi 2 yaitu: a. 1.Yang sering dilakukan hacker: • membuat program virus virus adalah suatu program komputer yang menjalar dari suatu sistem ke sistem lain dan fungsi sistem tersebut serta bersifat merusak. lingkungan biotik lingkungan biotik adalah lingkungan kerja yang berhubungan dengan makhluk hidup lain seperti manusia. Jangan menggunakan lampu meja yang terlalu terang e. Menggunakan kacamata atau menggunakan filter pada monitor c. tumbuhan. kursi harus mudah diatur ketinggiannya. a. Saran untuk meningkatkan kenyamanan dalam pandangan terhadap komputer. penempatan perlengkapan kantor. biasanya digunakan untuk mencegah penduplikasian program secara ilegal. gunakan kaca gelap pada jendela rumah. meja tidak boleh terlalu sempit b. d. • membuat progrm logic bomb/ time bomb time bomb adalah seperangkat instruksi pada suatu keadaan yang telah ditentukan misalnya pada tanggal tertentu. Semua dokumen diletakkan pada holder atau tempat tertentu dan tidak mengganggu pandangan kompuer. c. Tinggi monitor harus bisa diset< lebih kurang 10-20 derajat keatas. kepala pusing dan penglihatan mata semakin menurun. buram dan silinder. hewan. • membuat program worm worm adalah program yang biasanaya bersembunyi di dalam memori dan dapat memperbanyak dirinya sendiri sampai sistem menjadi rusak. • membuat program trojan horse trojan horse adalah bagian dari kode tersembunyi dalam program yang sah. Hindari pantulan yang bersifat menambah terang yang langsung mengenai mata kita. Pencahayaan Cahaya yang ada tidak boleh terlalu terang dan telalu gelap karena akan membuat mata cepat lelah. Efek samping penggunaan komputer yang berlebihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengatur ruang kerja: a. kebiasaan kerja c. terhadap kesehatan mata ciri-ciri mata yang tidak sehat akibat penggunaan komputer yang berlebihan: mata kelelahan. bentuk tubuh seseorang saran-saran yang dalam mempersiapkan ruang kerja. mata seperti terbakar dan merah. b. . ruang kerja. tata cara seseorang d. b. privasi b. pencahayaan dan peletakan komputer yang baik Ruang kerja. lingkungan abiotik lingkungan abiotik adalah lingkungan kerja yang berhubungan dengan perlengkapan dekorasi.

Mata lelah adalah akibat dari penggunaan komputer yang berlebihan. pencahayaan yang terlalu lemah dan tampilan layar yang tidak bagus. sehingga tangan tidak bisa lagi merasakan panas dan dingin) . carpal tunnel syndrome (suatu kondisi disebabkan oleh tekanan pada syaraf median yang lewat melalui tulang pergelangan tangan.a. secara terus menerus. b. leher dan punggung. disebabkan karena tekanan dari jari dan pergelangan tangan) b. Masalah yang ringan yaitu pegal pada badan. penempatan monitor yang tidak benar. pencegahannya dengan menggunakan filter pada screen yang akan mengurangi cahaya yang masuk pada mata. mata silau adalah akibat dari pencahayaan langsung dari monitor. Sedangkan masalah yang berat yaitu a. tenosynovitis (suatu radang dari otot bawah kulit sampai jari tangan. terhadap tubuh efek samping penggunaan komputer yang salah mengakibatkan masalah yang ringan sampai yang berat. 2. ciri-cirinya seperti perasaan geli seperti terbakar atau sakit pada pergelangan tangan dan akan bertambah parah dari waktu kewaktu .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.