P. 1
Sejarah Lahirnya Konstitusi Di Indonesia

Sejarah Lahirnya Konstitusi Di Indonesia

5.0

|Views: 806|Likes:
Published by Hendrik Kho

More info:

Published by: Hendrik Kho on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

SEJARAH LAHIRNYA KONSTITUSI DI INDONESIA.

kemudian momen tersebut dimanfaatkan untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.Sebagai negara yang berdasarkan hukum tentunya Indonesia memiliki konstitusi yang kita kenal dengan Undang-Undang Dasar 1945. Karena menurut jepang Indonesia adalah saudara muda yang harus dibimbing agar kelak bisa berdiri sendiri. semua penjajah sama saja. Hatta. Keberadaan UUD’45 sebagai konstitusi di Indonesia mengalami sejarah yang sangat panjang hingga akhirnya dapat diterima sebagai landasan hukum bagi pelaksanaan ketatanegaraan di Indonesia. jepang tidak ingat lagi akan janjinya. karenanya sehari setelah ikrar kemerdekaan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengadakan sidang . Moh. Dalam sejarahnya UUD’45 dirancang sejak 29 mei s/d 16 juni 1945 oleh Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang beranggotakan 21 orang diketuai oleh Ir. Tapi janji tinggallah janji. Setelah jepang dipukul mundur oleh sekutu. Setelah kemerdekaan diraih. Soekarno dan wakil Drs. maka bangsa Indonesia membutuhkan konstitusi resmi. Latar belakang terbentuknya UUD’45 adalah bermula dari janji jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia di kemudian hari.

Menetapkan dan mengesahkan UUD’45 yang bahannya hampir seluruhnya diambil dari RUU yang disusun oleh panitia perumus pada tanggal 16 juni 1945. Soekarno dan Drs. Moh. . 2.Keputusan Sidang PPKI 1. Pekerjaan presiden untuk sementara waktu dibantu oleh PPKI yang kemudian menjadi Komite Nasional. 4. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden. Memilh Ir. Menetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD’45 yang bahannya diambil dari RUU yang disusun oleh panitia perumus pada tanggal 22 juni 1945. 3.

.Dengan begitu kita sempurna menjadi negara Rakyat  Bangsa Indonesia WHY.......??????????? Wilayah  tanah air Indonesia yang terbentang dari sabang sampai merauke Kedaulatan  sejak Proklamasi Tujuan negara  masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila Bentuk negara  negara kesatuan Pemerintah  sejak terpilihnya Pres dan Wapres sbg pucuk pimpinan pemerintahan negara ...

merupakan perubahan konstitusi secara keseluruhan sehingga yang diberlakukan adalah konstitusi yang baru secara keseluruhan Model renewal (pembaharuan) Model amandement (perubahan) apabila suatu konstitusi dirubah (di-amandement). . maka konstitusi yang asli tetap berlaku.Perubahan Konstitusi Dalam sistem ketatanegaraan modern ada dua sistem yang berkembang dalam perubahan konstitusi yaitu renewal (pembaharuan) dianut di negara-negara eropa kontinental dan amandement (perubahan) dianut di negara-negara Anglo-Saxon.

. sidang MPR dihadiri oleh sekurangkurangnya 2/3 dari jumlah anggota MPR. UUD dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah satu anggota dari seluruh anggota MPR. Khusus tentang bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan. 2. Usul perubahan pasal-pasal UUD dapat diagendakan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota MPR. 5. Untuk mengubah pasal-pasal UUD. Setiap usul perubahan pasal-pasal UUD diajukan secara tertulis dan ditujukan dengan jelas bagian yang diusulkan untuk diubah beserta alasannya.DI INDONESIA TATA CARA UNTUK MENGUBAH UUD DAPAT KITA LIHAT PADA PASAL 37 YANG MENYEBUTKAN: 1. 3.Putusan untuk mengubah pasal-pasal 4.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->