KONSEP PERILAKU SEHAT DAN SAKIT Definisi  PHS adalah perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan

seseorang yang mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya. (Notoatmodjo, 2003 : 118). Contoh : olahraga, mengatur pola makan yang sehat
Perilaku Sehat Adalah pengetahuan, sikap dan tindakan proaktif untuk memelihara dan mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berperan aktif dalam Gerakan Kesehatan Masyarakat. Contoh : menjaga sanitasi lingkungan

CONTOH MASALAH PERILAKU SEHAT

Masalah

cara menggosok gigi yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan kebersihan diri lainnya pada anak sekolah TK dan SD.

Fakta : “Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukkan, kurang dari 10 persen orang-orang Indonesia yang menggosok gigi dengan benar”  Masalah kesehatan yang muncul pada anak usia remaja, biasanya berkaitan dengan perilaku berisiko, seperti merokok, penyalahgunaan narkoba, kehamilan yang tidak diinginkan dan infeksi menular seksual termasuk HIV/AIDS.

Penyelesaian : Penanggulangan masalah kesehatan harus dimulai dari tingkat paling bawah seperti pembinaan anak usia sekolah, dengan memberikan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini dikarenakan pada usia sekolah masih mudah dimotivasi dan ditingkatkan kompetensinya meliputi aspek pengetahuan, sikap dan perilaku pada bidang kesehatan. Untuk mendukung pencapaian tersebut, perlu adanya upaya promotif, preventif dan upaya kuratif-rehabilitatif yang berkualitas. Salah satunya adalah Unit Kesehatan Sekolah (UKS).
Perilaku sakit

Definisi : Sakit menurut etiologi naturalistik dapat dijelaskan dari segi impersonal dan sistematik, yaitu bahwa sakit merupakan satu keadaan atau satu hal yang disebabkan oleh gangguan terhadap sistem tubuh manusia. Perilaku sakit diartikan sebagai segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh individu yang sedang sakit agar memperoleh kesembuhan.

membangun komunikasi efektif antara tenaga kesehatan dengan masyarakat sekitar. memberikan penyuluhan kesehatan 5. meningkatkan kualitas tenaga kesehatan 3. Dalam beberapa hari penderita akan sembuh. rohani. and not merely the absence of disease or infirmity.Definisi WHO (1981): Health is a state of complete physical. Penduduk desa tersebut beranggapan bahwa hutan itu milik penguasa gaib yang dapat menghukum setiap orang yang melanggar ketentuannya. Penyediaan sarana dan prasarana kesehatan di daerah terpencil 2. menggigil. dan muntah. Penyakit tersebut dapat sembuh dengan cara minta ampun kepada penguasa hutan. Penyelesaian 1. kemudian memetik daun dari pohon tertentu.  Pada sebagian penduduk Pulau Jawa. Meluruskan persepsi tentang konsep perilaku sehat dan perilaku sakit . dibuat ramuan untuk di minum dan dioleskan ke seluruh tubuh penderita. dulu penderita demam sangat tinggi diobati dengan cara menyiram air di malam hari. 4. Pelanggaran dapat berupa menebang. WHO mendefinisikan pengertian sehat sebagai suatu keadaan sempurna baik jasmani. Selain rawa-rawa. maupun kesejahteraan sosial seseorang. mental and social well-being. membabat hutan untuk tanah pertanian. dan lain-lain akan diganjar hukuman berupa penyakit dengan gejala demam tinggi. tidak jauh dari mereka tinggal terdapat hutan lebat. Air yang telah diberi ramuan dan jampi-jampi oleh dukun dan pemuka masyarakat yang disegani digunakan sebagai obat malaria. Masalah :  Makanan pokok penduduk Papua adalah sagu yang tumbuh di daerah rawa-rawa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful