P. 1
Kerajaan Malaka

Kerajaan Malaka

4.25

|Views: 18,533|Likes:
Published by Leonsius
Kerajaan Malaka.. Bukan punya gw, guru gw yang bikin
Kerajaan Malaka.. Bukan punya gw, guru gw yang bikin

More info:

Published by: Leonsius on Dec 01, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

Pada masa kejayaannya kerajaan Malaka merupakan pusat perdagangan dan pelayaran Islam di Asia Tenggara politik, ekonomi, sosial, budaya. Dasar-dasar dari kerajaan Malaka diletakan oleh Iskandar Syah (Paramisora). Setelah Iskandar Syah wafat digantikan oleh Muhammad Iskandar Syah. Dibawah pemerintahannya Malaka berhasil menguasai Selat Malaka.

Antonius/Sej/CC Jakarta

1

Untuk memajukan kegiatan perekonomian M. Iskandar Syah mengusahakan Malaka sebagai penguasa Tunggal Selat Malaka.  Cara yang dilakukan dengan melalui perkawinan politik (Menikahi putri Kerajaan Samudera Pasai)  Menjadi sebuah pelabuhan terpenting di Asia Tenggara pada abad ke-15 dan awal abad ke-16.

Antonius/Sej/CC Jakarta

2

Gemilang karena adanya hubungan erat dengan beberapa kerajaan lainnya seperti, Kerj. Batak, Palembang, Jambi serta menjalin hubungan dengan Kerj. Siam (Thailand).  Akhir Kerj. Malaka diserang pasukan Portugis di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque pada 10 Agustus 1511 dan berhasil direbut pada 24 Agustus 1511.

Antonius/Sej/CC Jakarta

3

Peranan Malaka sebagai penguasa perdagangan membuat ramainya perdagangan yang berpusat di Malaka.  Adanya UU Laut yang mengatur pelayaran dan perdagangan dalam kerajaan.  Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa perantara.

Antonius/Sej/CC Jakarta

4

Kehidupan masyarakat Malaka banyak dipengaruhi oleh faktor keadaan alam dan lingkungan wilayahnya.  Munculnya kelompok-kelompok seperti munculnya golongan Buruh dan Majikan.  Munculnya seni sastra berupa cerita-cerita kepahlawanan seperti cerita Hang Tuah

Antonius/Sej/CC Jakarta

5

Kekuatan kesultanan Malaka terletak pada pasukan maritimnya.  Kerajaan malaka yang merupakan sebuah kerajaan maritim di Sumatra memusatkan kegiatan ekonominya pada bidang perdagangan. Kemudian selain perdagangan, Malaka juga belajar cara bercocok tanam setelah Parameswara datang.

Antonius/Sej/CC Jakarta

6

Kerajaan Malaka menggunakan politik “hidup berdampingan secara damai” atau co-existence policy.  Hubungan diplomatik dan ikatan perkawinan. Politik ini dilakukan untuk menjaga keamanan internal dan eksternal Malaka.  Cina (utara) & Majapahit (selatan).  Diplomasi damai dengan kedua kerajaan besar ini.

Antonius/Sej/CC Jakarta 7

Malaka diserang Portugis di bawah Alfonso de Albuquerque pada 10 Agustus 1511 dan berhasil direbut pada 24 Agustus 1511.  Sultan Mahmud Syah melarikan diri ke Bintan dan mendirikan ibukota baru di sana. Pada tahun 1526 Portugis membumihanguskan Bintan, dan Sultan kemudian melarikan diri ke Kampar, tempat dia wafat dua tahun kemudian. Posisi Malaka strategis menyebabkan Portugis tertarik menjadikannya daerah

Antonius/Sej/CC Jakarta 8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->