P. 1
Komunitas Kelas A BIOLOGI UNSOED

Komunitas Kelas A BIOLOGI UNSOED

|Views: 14|Likes:

More info:

Published by: Raden Muhammad Angga on Mar 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

Komunitas 1. Bagaimana stuktur komunitas pada savana? 2.

Bagaimana kondisi komunitas yang ada di lereng gunung slamet jika dibangun PLTP berkekuatan 220 mw? 3. Bagaimana peranan spesies dominan dalam komunitas? 4. Keragaman mengungkapkankemungkinan terjadinya sistem umpan balik (feed back) mengapa demikian? 5. Mengapa komunitas merupakan kesatuan fungsional dan komposisional? 6. Mengapa tidak semua spesies dalam komunitas memiliki peran, nilai atau arti yang sama? 7. Bagaimana indeks dominansi mempengaruhi organisme / spesies yang tinggal berkelompok dalam suatu daerah tertentu? 8. Bagaimana cara untuk memulihkan kembali suatu komunitas ekotone pada daerah jalur hijau yang sebagian daerahnya dibuat jalan raya? 9. Alasan yang menyebabkan organisme seperti gulma, serangga, mamalia, dan lain-lain mampu hidup di ekotone buatan? 10. Mengapa faktor fisik kimia mengendalikan rendahnya keragaman? 11. Bagaimana indeks simpson bisa menghitung keragaman suatu komunitas? 12. Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi terbentuknya ekotan? 13. Sebutkan organisme yang manpu hidup di ekotone buatan? 14. Sebutkan contoh pola stratifikasi? 15. Sebutkan pola-pola yang terdapat pada komunitas? 16. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pola periuditas kegiatan dalam ekotone? 17. Menurut anda, apakah semua spesies dalam komunitas memiliki peran atau nilai yang sama? 18. Dari semua indeks dominasi, yang manakan yang menurut anda paling efektif dilakukan? 19. Kemungkinan apa yang terjadi dalam indeks keragaman yang digunakan untuk membandingkan 1 komunitas dengan komunitas lainnya? 20. Mengapa pada ekosistem yang sering mengalami guncangan (faktor fisik-kimia) secara periodik akan diperoleh komunitas yang rendah dibandingkan pada ekosistem yang mantap? 21. Mengapa pada interaksi antar dua spesies pada interaksi parisitisme diberi simbol (- -), dan berikan contohnya! 22. Mengapa kemantapan suatu komunitas lebih bergantung pada keragaman daripada produktivitasnya? 23. Mengapa keragaman mengungkapkan kemungkinana terjadi sistem umpan balik (feed back)? 24. Bagaimana cara menyatakan keragaman komunitas? 25. Mengapa keragaman spesiesdalam komunitas cenderung tinggi? 26. Bagaimana terbentuknya pola komunitas? 27. Mengapa pada ekosistem yang mantap akan diperoleh komunitas dengan keragaman yang tinggi 28. Mengapa keragaman cenderung akan tinggi pada komunitas yang berumur tua daripada yang berumur muda? 29. Kenapa suatu keragaman memungkinkan terjadinya sistem umpan balik (feed back)? 30. Apa perbedaan ektoparasit dengan indoparasit, serta berikan contohnya masing-masing?

31. spesies A B C D E F Jumlah individu 100 50 60 5 7 43

32. 33. 34. 35. 36.

Berapa total individu, kekayaan spesies dan indeks divesitas simson (D) dari komunitas diatas? Mengapa ekosistem yang mantap akan diperoleh komunitas dengan keragaman yang tinggi? Bilamana komunitas satu dan lainnya dapat dibedakan? Komunitas ekotone merupakan komunitas yang unik dilihat dari spesiesnya , mengapa demikian?jelaskan! Mengapa keragaman komunitas sangat dipengaruhi oleh hububgab fungsional? Jelaskan tentang EDGE EFFECT?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->