P. 1
Kontribusi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Melestarikan Kebudayaan

Kontribusi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Melestarikan Kebudayaan

|Views: 31|Likes:
Published by sopyana_pangestika

More info:

Published by: sopyana_pangestika on Mar 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/17/2012

pdf

text

original

KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN

MAKALAH Dibuat sebagai salah satu tugas dari : Mata kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin

Disusun Oleh : Elah Suryani ( 12111394) Kelas : 1KA34

Universitas Gunadarma Program Pendidikan Strata 1 Jurusan Sistem Informasi Bekasi

PERNYATAAN TUGAS
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin

Kelas : 1-KA34

Tanggal Penyerahan Makalah : 17 Maret 2012 Tanggal Upload Makalah : 18 Maret 2012

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 12111394

Nama Lengkap Elah Suryani

Tanda Tangan

i

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji dan

syukur kehadirat Allah SWT yang telah

memberikan rahmat dan karunianya sehingga pada akhirnya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar dalam bentuk makalah yang berjudul “Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat Dalam Melestarikan Kebudayaan”. Penulis Menyadari bahwa penulisan makalah ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dari berbagai pihak. Berkat bimbingan dan saran dari dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah pada periode I ini. Dengan keterbatan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang ada penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu segala masukan berupa saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan untuk penyempurnaan dan perbaikan makalah ini. Semoga makalah ini daopat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Bekasi, Maret 2012

Penyusun ii

DAFTAR ISI
Halaman PERNYATAAN……………………………………………………………… i KATA PENGANTAR……………………………………………………….. ii

DAFTAR ISI…………………………………………………………………. iii BAB I. PENDAHULUAN 1.1 1.2 1.3 Latar belakang………………………………………………………... 1 Tujuan………………………………………………………………… 2 Sasaran………………………………………………………………... 3

BAB II. PERMASALAHAN 2.1 2.2 2.3 2.4 Kekuatan (Strength)…………………………………………………... 4 Kelemahan ( Weakness ) ……………………………………………... 5 Peluang ( Opportunity ) ……………………………………………... 5 Tantangan ( Threath ) ………………………………………………... 5-6

BAB III. KESIMPULAN DAN SARAN 3.1 3.2 Kesimpulan .,…………………………………………………………. 6 Saran …………………………………………………………………. 7

REFERENSI …………………………………………………………………. 8

iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Budaya merupakan informasi yang didapatkan oleh suatu individu dari orang lain melalui pengajaran, imitasi atau bentuk pembelajaran sosial lainnya Robert Boyd (2005). Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki beragam budaya yang khas dari setiap daerah. Begitu banyak macam dan jenis budaya yang dimiliki bangsa Indonesia yang menjadi sebuah keistimewaan dan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Negara khususnya pemerintah Indonesia sebagai pemegang kedaulatan tertinggi harus secara tegas menyatakan posisinya dalam hal ketahanan budaya. Negara tak hanya berperan sebagai tentara penjaga garda atas kekayaan budaya kita tetapi juga sebagai pendorong majunya kretifitas perkembangan keragaman budaya ini. Di sisi lain Negara,Indonesia khususnya, harus berani menyatakan diri sebagai pemimpin yang berada di posisi paling depan dalam gerakan penyelamatan warisan dunia (World Heritage Conservation) karena Indonesialah yang paling mungkin memiliki pengalaman dalam gerakan ini yang diperkuat dengan diversitas budaya yang dimiliki. Selain pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan, masyarakat juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam melindungi dan melestarikan budaya dari daerahnya masing – masing, agar budaya Indonesia yang beragam dapat dilestarikan dan dikembangkan, sehingga Indonesia dapat berbangga di lingkungan internasional karena memiliki anugerah keistimewaan budaya yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh Negara lain.

1

1.2 Tujuan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah : 1. Untuk mengetahui pentingnya peran pemerintah dan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia 2. Untuk mengetahui kekuatan,kelemahan,peluang dan tantangan yang di hadapi pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan Indonesia yang di analisis dengan menggunakan analisis SWOT.

1.3 Sasaran Sasaran dari makalah ini adalah : 1. Bagi pemerintah, penulisan makalah ini dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pemerintah khususnya pemerintah yang bertanggung jawab di kementrian kebudayaan Indonesia, agar lebih memaksimalkan lagi peran dan tanggung jawabnya dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia, selain itu juga pemerintah dituntut untuk lebih kreatif lagi mempromosikan kebudayaan Indonesia di dunia internasional. 2. Bagi Masyarakat, penulisan makalah ini diharapkan dapat membuat masyarakat untuk lebih menghargai kebudayaan nya sendiri, dan dapat membantu pemerintah menjaga kebudayaan Indonesia. Agar kebudayaan Indonesia tetap terjaga dan lebih berharga di mata nasional dan dunia internasional. 3. Bagi Penulis,penulisan makalah ini memberikan penulis pengetahuan yang lebih luas dari sebelumnya, tentang pentingnya menjaga kelestarian berbagai macam budaya di Indonesia, selain itu juga penulis dapat menganalisis sebuah kekuatan dan kelemahan baik dari lingkungan eksternal maupun internal tentang kontribusi pemerintah dan masyarakat dalam kelestarian kebudayaan dengan menggunakan analisis SWOT.

2

BAB II PERMASALAHAN
Banyaknya budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dari setiap daerah yang sangat beragam dan hampir tidak terhitung satu persatu keberadaannya, membuat pemerintah dan masyarakat kurang begitu memperhatikan dan mempedulikan akan pentingnya menjaga kebudayaan tersebut, sehingga membuat ancaman nyata yang akan kita hadapi adalah jika budaya nasional yang kita miliki akan punah atau diklaim oleh pihak lain sehingga hal ini dapat membuat hilangnya suatu identitas sebuah bangsa. Hal ini sangat membahayakan bagi kesatuan dan kedaulatan bangsa. Maka sebagai langkah awal, perlindungan budaya nasional seharusnya dapat segera dilakukan. Solusi yang tepat adalah dengan menyerahkan hak kepemilikan budaya nasioanal kepada negara dengan harapan hal ini mampu menumbuhkan rasa kepemilikan bersama sehingga kita dapat terhindar dari proses disintegrasi bangsa. Negaralah nantinya yang akan melakukan tindakan perlindungan terhadap budaya yang bersifat mengatur, menjaga dan

mengembangkan budaya nasional. Secara khusus kita akan menyebutnya sebagai bentuk Ketahanan Budaya, yang secara khusus konsep ini bersumber dari cara pandang kita terhadap budaya nasional dengan segala keberagamannya. Sebagai bentuk kepedulian bangsa terhadap budaya nasional yang harus segera dilakukan dan sangat mungkin untuk dapat dilakukan adalah dengan membentuk peraturan perundang-undangan dalam negeri yang didalamnya mengatur seluruh aspek ketahanan dan perlindungan secara hukum terhadap budaya nasional. selanjutnya dapat dijadikan pijakan dasar untuk menjaga kedaulatan bangsa sehingga bisa diakui di dunia internasional.

3

Lebih jauh, harus ada sebuah kesadaran dan pengakuan oleh dunia internasional bahwa perundang-undangan akan kepemilikan Negara terhadap budaya nasional yang kita miliki, hal ini sangat diperlukan oleh Indonesia guna menjaga ketahanan nasional dan kedaulatan negaranya. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai momentum bagi bangsa Indonesia dalam memaknai Kebangkitan Nasional yang baru, yang diwujudkan dalam tindakan nyata dalam menegakkan kedaulatan bangsa melalui Konsep Pertahanan Budaya. Karena permasalahan tersebut penulis juga akan melakukan analisis dengan

menggunakan metode SWOT, agar mengetahui Kekuatan dan kelemahan internal maupun eksternal yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya nasional.

Analisis SWOT 2.1 Kekuatan ( Strength ) (1.S) Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang sangat

menarik dan bernilai seni tinggi. (2.S) (3.S) Indonesia memiliki banyak keberagaman kebudayaan Adanya sekelompok masyarakat Indonesia yang masih

mempertahankan tradisi dan budaya asli nenek moyang, seperti masyarakat yang tergabung dalam suku badui dalam, yang masih menutup diri terhadap teknologi, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi lingkungan luar. (4.S) Kemajuan teknologi yang memudahkan masyarakat Indonesia

mengenalkan budaya asli mereka dengan menggunakan media internet, sehingga terbentuknya kelompok – kelompok masyarakat yang saling men share kelebihan - kelebihan budaya nya di dunia maya.

4

2.2

Kelemahan ( Weakness ) (1.W) Kurangnya rasa memiliki terhadap kebudayaan nasional (2.W) Pengaruh globalisasi yang berdampak negative pada generasi muda saat ini, mereka menjadi meninggalkan kebudayaan-kebudayaan local yang mereka anggap kuno dan tidak perlu untuk dipelajari. (3.W) Kurangnya perhatian pemerintah terhadap kebudayaan Indonesia (4.W) Adanya Konflik Internal di dalam masyarakat.

2.3

Peluang ( Opportunity ) (1.O) Banyaknya bangsa asing yang tertarik terhadap kebudayaan nasional (2.O) Telah diresmikannya batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya indonesia, dan menjadikan terkenalnya batik sampai ke mancanegara. (3.O) Ciri khas budaya Indonesia menjadi satu kelebihan tersendiri dimata dunia internasional, seperti baju adat, rumah adat, dan semacamnya. (4.O) Kemajuan teknologi yang memudahkan dunia internasional mudah mengakses segala sesuatu lewat internet dalam 1 kali klik tentang Indonesia.

2.4

Hambatan ( Threath ) (1.T) Masih banyak kebudayaan nasional yang belum memiliki hak paten dan pengakuan dari dunia internasional, sehingga ada beberapa kebudayaan nasional yang diakui / diklaim oleh Negara lain. (2.T) Perubahan alam dan fisik (3.T) Kemajuan teknologi dan tidak seimbangnya informasi yang ada sehingga menimbulkan kesenjangan kebudayaan.

5

(4.T) Begitu besarnya kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang membuat Masyarakat Indonesia lebih menyukai budaya asing tersebut daripada budaya local asli Indonesia

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN

3.1

Kesimpulan Dari hasil penulisan makalah yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan : 1. Setelah melakukan analisis SWOT di atas ,dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunity) yang ada kita dapat menghadapi kelemahan (Weakness) dan hambatan (Threath) yang ada dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Peran pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat membantu

perkembangan dan kelestarian Budaya Indonesia. 2. Sangat pentingnya Peranan Pemerintah dalam mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia, harusnya membuat pemerintah sadar bahwa jika hilangnya nilai-nilai kebudayaan asli Indonesia itu akan membuat goyahnya ketahanan nasional khususnya ketahanan dalam bidang budaya, dan Masyarakat juga sebagai tiang penyangga dari kesuksesan pemerintah dalam melestarikan budaya di Indonesia, jadi pemerintah harus bekerja sama dengan masyarakat sehingga tujuantujuan dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia dapat berjalan dengan baik.

6

2.2

Saran Dari hasil penulisan makalah yang telah dilakukan, maka penulis memberikan saran sebagai berikut : 1. Pemerintah harus lebih aktive dan peduli lagi terhadap kemajuan budaya Indonesia dengan mengenalkannya di dunia internasional dan membangun infrastruktur yang memadai. 2. Kita Sebagai generasi penerus bangsa harus lebih mencintai dan mengembangkan budaya asli Indonesia. 3. Masyarakat Indonesia harus bersyukur dan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada dari kebudayaan Indonesia.

7

REFERENSI
1. Lorent febrian, perkembangan budaya di Indonesia. http://wordpress.com/ diakses pada tanggal 07 Oktober 2010 2. Nanditoaldo, makalah peranan budaya local mendukung ketahanan budaya nasional. http://wordpress.com/ diakses pada tanggal 21 Februari 2011.

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->