PERMAINAN KIPPRES

Perminan kippers adalah permainan olahraga beregu dengan satu bola kecil, biasanya menggunakan bola tenis lapangan dengan satu alat pemukul. Permainan Kippres merupakan kembaran dari permainan kasti. Bagai mana teknik permainannya? Adakah teknik memukul dan menangkap bola?

A. Bentuk Lapangan Kippres
Lapangan kippers berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60 m dan lebar 30 m. Terdapat dua buah tiang hinggap dan tidak ada tiang pertolongan.

Gambar Lapangan Kippres

B. Teknik Dasar Permainan Kippres
Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan kippers , Di antaranya teknik melambungkan bola, teknik memukul bola, melempar bola, menangkap bola, Serta lari cepat dengan berbagai variasi. 1. Teknik Melambungkan Bola. Dalam permainan kippers, seorang pemukul harus bias melambungkan bola dan juga memukulnya sendiri. a. Cara memegang bola Memegang bola dapat di lakukan dengan cara telapak tangan membuat cekungan dengan jari – jari saling merapat dan meletakkan bola di telapak tangan. b. Cara memegang Kayu Pemukul Cara memegang Kayu Pemukul dilakukan seperti berjabat tangan. Posisi ketiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking saling merapat, sedangkan letak jari telunjukagak jauh dan ibu jari berada di atas secara wajar.

Tekniak Melempar Bola A. semua pemain tersebut harus berhenti di tempat. Cara melempar bola Teknik Menangkap bola A. Pemukul melambungkan bola sendiri dan di pukul sendiri 2. Pelempar harus berhenti di tempat D. Pemukul boleh tinggal di tempat pemukul jika jika tidak berani ketiang bebas. . Apa bila sudah ada pemukul berikut berikut yang memukul dengan benar. 3. boleh melanjutkan perjalanan. D. sedangkan tangan kanan seolah olah memegang kayu pemukul. Jika dalam perjalanan tiang hinggap ataupun keruang bebas. 4. 3. Perbedaan Permainan Kippres dengan Kasti Berikut ini adalah perbedaan perminan kippers dan permainan kasti : 1. pada saat bola akan jatuh tepat berada pada depan dada langsung dipukul dengan tangan kanan. bola sudah masuk ruang pemukul. B. Jumlah Pemain Dalam permainan kippers jumlah pemain tiap regu 12 orang. Bola melambung tinggi Bola mendatar Bola rendah Bola menggulir di tanah C. tangan tangan kiri memegang bola. C. penjaga harus melempar bola kearah pemain lawantetapi tidak boleh dengan berlari. Bola dilambungkan tegak lurus ke atas . Setelah memukul bola.2. Cara Memegang Bola Cara memegang bola seperti pada gambar di bawah ini : B. Jika hendak mematikan lawan. tidak terlalu tinggi. Teknik Memukul Bola Padasaat memukul bola.

Pemain keluar lapangan untuk tidak memukul sehingga terjadi pergantian bebas. pemain hannya sekali. jika pukulan itu mengenai pemain. PENJAS . tetapi jika tidak berani boleh tetap di ruang pemukul untuk menunggu kesempatan pemukul berikutnya. oleh karenaitu krja sama antar pemain dalam satu regu sangat di butuhkan. Hal yang sama berlaku untuk pemain yang lain. yaitu degan melambungkan bola sendiri dan di pukul sendiri . kecuali pemain terakhir atau pembebas berhak memukul 3 kali. b.E. Hak memukul. artinya kedua regu boleh saling melempar kembali untuk mematikan lawan. Pergantian regu jaga dilakuka apabila terjadi hal – hal berikut : a. regu yang menang masuk keruang bebas dan regu yang kalah berjaga di lapangan permainan 1. Hal ini menyebabkan pergantian tidak bebas. maka pemain tersebut langsung berlari ke tiang bebes. Pemberian nilai sama dengan permainan kasti. Mengenakan bola ke badan lawan. Pemain nomer 1 memukul bola.s 3. 2. 4. Cara bermain Setelah di undi. Permainan kippers merupakan permainan beregu yang membutuhkan kekompakan tim.

a. bola tidak boleh terlepas dari tangan. d. Mematikan lawan. Gerak Dasar Permainan Rounders 1. Sikap badan di condongkan ke samping kanan. Bola dipukul sekuat-kuatnya agar bola terlempar jauh. Mematikan lawan dilakukan dengan cara membakar. 2. 4. Menangkap bola Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan . b. Melempar Bola Pada permainan rounders bola di lemparkan dengan menggunakan teknik putaran tangan. c. Memukul bola. e. Arah bola yang datang perlu diperhatikan saat menangkap bola. a. Gerakannya seperti berikut. 3. b. Sikap awal memukul bola adalah berdiri dengan kaki terbuka dan kedua tangan memegang kayu pemukul. Salah satu atau kedua kaki menginjak base dan bola berada pada pegangan tangan. Per mainan rounders mirip debgan permainan kasti hanya lapangan dan cara mematikan lawan yang ber beda. Kayu pemukul di letakkan pada bahu kanan. A. d. Menyentuhkan bola pada anggota badan lawan sebelum ia menginjak base. Caranya seperti berikut. Pukulan di ayunkan dari samping ke depan hingga pukulan mengenai bola yang datang. c. Kaki kiri di luruskan dan kaki kanan di bengkokkan. Sewaktu menyentuhkan bola.ROUNDERS Rounders merupakan jenis olah raga beregu dengan menggunakan satu bola kecil dan kayu pemukul . .

Lamanya permainan di tentukan dengan inning. Setiap regu terdiri dari 8 – 12 orang dan satu orang di tunjuk sebagai kapten. PEMAIN Pada permainan rounders pemain terbagi atas dua regu. Pada setiap inning setiap pemukul berhak memukul bola sebanyak tiga kali. c. b. LAPANGAN Lapangan permaianan rounders berbentuk segi lima beraturan dan panjang sisinya 15 m. Inning terjadi jika setiap regu telah sama – sama menjadi regu pemukul atau regu penjaga. bola yang di lambungkan dengan benar di anggap telah memukul bola satu kali. 1. WAKTU a. Peraturan dan Taktik Rounders Sejenis permainan lainnya Rounders pun memiliki beberapa peraturan permainan. b. 4. Biasanya waktu yang di pergunakan sebanyak 4 atau 5 kali inning.B. yaitu selama 2 X 30 menit dan istirahat 10 menit. setiap sudut di beri tempat hinggap ( base ) yang berbentuk persegi. 2. 3. Jika bola terpukul dengan benar. Rounders juga dapat menggunakan sitem waktu. pemukul harus berlari ke base satu. . di antaranya sebagai berikut. PEMUKUL ( Batter ) a. Pemukul yang tidak memukul.

Pukulan yang mendapat nilai hanya pukulan yang masuk lapangan permainan. Bola ball ( Lambungan bola salah ) boleh tidak di pukul. jika ball dipukul di anggap strike ( lambung bola benar ). asal belum menginjak base yang di tuju. Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul. d. Pemukul yang menerima lamparan ball lima kali mendapat free walk ( fri wok ). b. Pelambung ( Pitcher ) a. Akan tetapi. Penangkap selalu siap menangkap bola yang dilmparkan pelambung ( pitcher ) yang luput dari pemukul. Penilaian a. Penangkap berdiri di belakang home base b. pemukul meninggalkan home base menuju base satu dengan bebas. Pemukul yang mati tidak mendapat nilai. Penjaga atau (baseman) dan penangkap yang dapat menangkap langsung bola yang dipikul benar. e. . Penangkap boleh mengejar pemukul yang lari menuju base satu dan mennyentuhkan bola yang di tangkapnya ke pemukul. c. mendapat nilai satu. f. Pukulan kena yang tidak masuk lapangan permainan dan tidak melampaui garis salah harus diulang lagi. 7. Artinya. 6. d. Pemukul mendapat nilai sebnyak base yang dilaluinya dan mendapat tambahan satu nilai jika berhasil kembali home base. kaki pelambung tidak boleh melampaui garis batas pelambung (Pitcher’s plate ). c. Penangkap ( Catcher ) a. Sewaktu melambungkan bola. 5. f. e. Pelambung harus melambungkan bola diatas kotak pemukul (home base). Bola harus dilambungkan dengan ketinggian antara lutut dan pundak pemukul. Pemukul boleh kembali ke base semula.d. Penangkap tidak boleh mengganggu gerakan pemukul. b. Pemukul yang masuk ke base yang sudah dibakar (ditempati penangkap) dinyatakan mati.

Saat teriakan strike dari wasit. b. Pemukul yang berlari berusaha menghindari bola hingga berlari menyimpang di luar garis base. a. Mati Seorang pemukul dianggap mati jika terdapat hal berikut. Penjaga bertugas menangkap langsung bola yang dipukul dan menangkap bola operan. Saat berlari. Bunyi pluit tiga kali dan panjang = mulai memukul d. Pemukul yang berlari tidak menginjak base yang di laluinya d. c. Saat akan berlari. pemukul mendahului pemukul lain yang sedang berlari e. Kayu pemukul terlepas saat memukul bola g. Taktik Permainan Beberapa taktik permainan di antaranya sebagai berikut. Sewaktu menuju base. Penjaga bertugas membakar (menempat) base yang ada didekatnya 9. para pemukul di base – base harus segara lari menuju base selanjutnya. c. 11. b. Bunyi pluit sekali dan panjang = pergantian b. . Penjaga bertugas menyentuhkan bola kepemukul yang sedang berlari menuju base. tempat yg dituju sudah dibakar. Peluit a. Pemukul ( batter ) harus berusaha memukul bola dengan keras agar lambungan nya sukar di jangkau penjaga dan dapat melampoi pos jaga ( base ). b. Wasit ( Umpire ) a. pemukul harus secepat – cepatnya agar terhindar dari sentuhan bola penjaga dan jangan sampai base yang di tuju di bakar oleh penjaga. Bunyi pluit tiga kali dan pendek = memulai dan meng akhiri pertandingan. 10. Saat berlari. Wasit harus menyerukan “Strike” bila lambungan bola benar dan pemukul telah memukul bola. Bunyi pluit dua kali pendek = pukulan c. Wasit harus menyerukan “ ball “ bila lambungan bola salah dan pemukul tidak memukul bola. pemukul disentuh dengan bola dengan bola sebelum sampai pada base yang di tuju.8. c. Pemukul yang berlari dengan sengaja menyentuh bola sehingga merugikan penjaga f. a. Wasit menyerukan “ Free walk“ bila pemukul sudah mendapat lima kali ball. Penjaga lapangan (Baseman) a. 12.

Pelambung ( Pitcher ) harus berusaha melambungkan bola dengan benar. Melanggar peraturan yang sudah di tentukan sebelum bermain. Penjaga juga harus selalu siap membakar base dengan injakan kaki sesudah menangkap bola dan menyentuh pemukul dengan bola yang di tangkapnya. yaitu tinggi lambungan bola harus diantara bahu dan lutut pemukul. Tentukan regu yang menjadi pemukul dan yang menjadi penjaga dengan cara di undi. misalnya 10 meter. Bola jatuh di luar batas yang di tentukan. Tentukan base dengan jarak yang sama. Pergantian jaga Pergantian jaga dilakukan dengan cara sebagai berikut. Setelah pemain terakhir dari regu pemukul habis. a. menyentuhnya dengan bola. c. Jika pukulan benar.b. Penjaga harus selalu siap menangkap dan mengoper bola. pemukul dapat kembali ke home base tanpa berhenti di basebase lainnya. C. Kalau bola sudah di tangkap. a. atau melempar bola ke penjaga base. d. bola lemparan harus cepat. 2. b. Menangkap bola sebanyak tiga kali berturut –turut selama menjadi regu penjaga. Setiap babak berlangsung 30 menit dan istirahat 10 menit. Permainan terdiri dari dua babak. 1. lalu mengejar pemukul yang lari base 1. misalnya: 1. d. . penangkap harus cepat – cepat membakar home base dengan injakan kaki. Regu penjaga yang berhasil menagkap langsung bola yang dipukul mendapat nilai satu. keras. dan 2. Penangkap ( catcher ) berada di belakang home base dan bersiap menangkap bola yang luput dari pukulan pemukul. c. Pemukul terlepas. Bermain Rounders Dengan Peraturan Sederhana Bentuklah dua regu dengan masing-masing regu terdiri dari 12 anak. Nilai Nilai diraih dengan aturan sebagai berikut. dan sukar di pukul. Agar luput dari pukulan pemukul. b. Menyentuhkan bola ke badan lawan.