GUNUNG MERAPI

A. Fungsi dan Prinsip Kerja Alat Alat peraga erupsi gunung merapi ini dibuat sesederhana mugkin dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan fungsinya untuk memudahkan dalam pembelajaran biologi tentang materi ekosistem sub bab suksesi primer. Prinsip kerja alat peraga erupsi gunung merapi ini adalah untuk menunjukan dampak dari erupsi gunung merapi terhadap ekosistem sekitarnya.

B. Desain Alat Gunung Merapi

Gambar 1 Model Gunung Merapi

C. Perkakas a. Gergaji b. Tang c. Palu d. Gunting e. Pisau

D. Alat dan Bahan a. Alat

8) Corong. 5) Slang. 4) Triplek 25x25 cm. 5) Bedak/terigu. 4) Baking soda (pengembang kue). Bahan Miniatur 1) Kardus Bekas. E. 6) Asap. Gambar 2 Kerucut dari kardus sebelum ditambahkan semen . 6) Tanah liat/pasir.1) Alat tulis b. 9) Lem. 2) Kantong Semen Bekas. Bahan Letusan 1) Air sabun. 3) Bambu. 7) Botol minum bekas. c. Membuat bentuk kerucut dari kardus hingga menyerupai seperti gunung. 3) Cuka. Cara Membuat Gunung Merapi a. 2) Pewarna makanan.

dibuatkan dari semen bentuk gunung merapi tersebut. Gambar 5 Kerucut yang telah ditambahkan semen . Gambar 3 Miniatur kawah Gambar 4 Miniatur kawah c.b. Setelah bentuk kerucut dari kardus dibuat. Membuat kawah dari botol minuman bekas yang akan di sembunyikan di balik miniatur gunung merapi dan memberikan selang di tengah boto minuman bekas yang nantinya sebagai asap yang akan keluar.

d. Pertama. Membuat bahan lahar dengan cara pembuatannya sebagai berikut: 1. Menyiapkan alat peraga yang sudah di buat. masukan cuka Ketiga. Cara Menggunakan Alat Gunung Merapi a. masukan dua sedok baking soda./Sodah kue. Setelah kering semen tersebut ditempeli lumut sebagai pengganti hutan pada gunung tersebut. . masukan 2 sendok the air sabun yg telah ditambah dengan 5 tetes pewarna makanan 2. Gambar 6 Alat peraga yang sudah jadi F. 3. Kedua. b.

b. Kelas Siswa Kelas X. Kompetensi dasar. perubahan materi dan energy serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem. Kompetensi Dasar. Semester 2. 2) Dalam pembelajaran tatap muka dengan siswa. c. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan miniature gunung merapi adalah: a) Memahami cara pembuatan dan meracik bahan-bahan untuk lahar gunung merapi saat percobaan. Kompetensi Dasar Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah Indikator  Memahami dampak perubahan lingkungan  Memahami proses dari letusan Materi Pokok Perubahan dari Lingkungan perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan gunung merapi d.4. Saran Pembelajaran a. c. . G. Indikator dan Materi Pokok. Standar Kompetensi Standar kompetensi yang diharapkan dicapai dalam pembelajaran adalah siswa mampu menganalisis hubungan antara komponen ekosistem. Gunung akan mengeluarkan laharnya Memasukan bedak ke dalam selang sebagai abu yang keluar dari letusan dan menambahkan asap pada selangnya sebagai asap gunung meletus yang keluar dari kawah gunung. Pemanfaatan Alat dalam Pembelajaran 1) Siswa diberi tugas cara membuat alat peraga erupsi gunung merapi. indicator dan materi pokok yang dapat diacu dalam penggunaan sumber belajar letusan gunung merapi sebagai berikut.

b) Saat melakukan penggunaan alat peraga jangan terlalu dekat dengan alat. 3) Topik/konsep lain yang mendukung dalam menggunakan alat peraga erupsi gunung merapi dalam pembelajaran biologi yaitu. karena bau dari bahan untuk lahar yang tidak enak dan adanya asap yang keluar dari atas gunung. dampak perubahan lingkungan dan pebgaruh dari letusan gunung merapi terhadao ekosistem sekitar. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.