P. 1
makalah protista

makalah protista

|Views: 157|Likes:
Published by Dhemian S Nugraha

More info:

Published by: Dhemian S Nugraha on Mar 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Rizhopoda merupakan satu kelas dari lima pembagian kelas yang termasuk dalam protozhoa. Ukuran protozoa bervariasi , yaitu mulai kurang dari 10 mikron(µm) dan ada yang mencapai 6 mm,meskipun jarang. Diperairan protozoa merupakan penyusun zooplankton. Makanan protozoa meliputi bakteri, jenis protista lain, atau detritus (materi organic dari organism mati). Protozoa hidup soliter atau berkoloni.jika keadaan lngkungan kurang mneguntungkan protozoa akan membungkus diri membentuk sista untuk mempertahankan diri. Bila mendapat lingkungan yang sesuai hewan ini akan aktif lagi. Cara hidupnya ada yang parasit, saprofit dan hidup bebas. Struktur tubuh protozhoa trdiri dari organel-organel untuk melakukan kegiatan hidup antara lain, membrane plasma, sitoplasma dan mitikondria. Alat geraknya berupa bulu cambuk ( flagella ),bulu getar ( sillia), dan kaki semu ( pseudopodia ). Selain itu reproduksi pada protozhoa terjadi secara aseksual ( vegetatif ) pada kebanyakan protozhoa adalah dengan membelah diri. Namun adapula jenis protozhoa yang perpaduan idividunya yang belum dapat dibedakan jenisnya. Adapun dalam makalah ini akan dibahas mengenai rhisopoda, salah satu kelas dari protozhoa. Secara jelasnya akan di jelaskan pada bab selanjutnta.

1

Apa saja hewan yang termasuk kelas rhizopoda? C.B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut: a. Mengetahui hewan-hewan apa saja yang termasuk dalam kelas Rhizopoda 2 . Bagaimana struktur tubuh dari rhizopoda ? c. Apa pengertian dan cirri-ciri dari rhizopoda? b. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: a. b. Mengetahui pengertian dan ciri-ciri Rhizopoda. Memahami struktur tubuh Rhizopoda c.

b. Geraknya disebut gerak amoeboid. Kaki semu merupakan penjuluran dari sebagian protoplasma. Vakuola kontraktil terdapat pada semua rhizopoda air tawar. Rhizopoda ada yang bersifat parasit pada manusia dan hewan. vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Rhizopoda bergerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia). 2. f. Pengertian dan ciri-ciri Rhizopoda 1. Tubuh Rhizopoda bersel tunggal dan bentuk selnya dapat berubah-ubah. atau tempat berlumpur. Rhizopoda termasuk protista mirip hewan. Makanannya diambil dengan cara fagosit d. 3 . c. Rhizopoda berkembang biak secara vegetative dengan membelah diri. jadi Rhizopoda adalah hewan yang alat geraknya menggunakan kaki semu atau pseudopodia. e. air laut. Ciri-ciri Rhizopoda a.a terdapat satu atau lebih inti. Hewan dari filum ini hidup bebas di air tawar. Pengertian Rhizopoda Rhizopoda merupakan suatu kelas yang termasuk dalam protozoa. Di dalam endoplasm. Hewan ini memiliki kaki semu yang berfungsi sebagai alat gerak dan penangkap mangsa. Kebanyakan hidupnya di air tawar dan air laut.BAB II PEMBAHASAN A. Rhizopoda berasal dari kata Rhiza yang berarti akar dan Podium artinya kaki.

rongga berdenyut (vakuola kontraktil). Tubuh Rhizopoda bersel tunggal dan bentuk selnya dapat berubah-ubah. B. Hewan dari filum ini hidup bebas di air tawar. Vakuola kontraktil juga berfungsi memelihara keseimbangan osmosis sel sehingga mencegah pengembangan di luar batas yang dapat menagkibatkan rhizopoda pecah. Rhizopoda termasuk protista mirip hewan. air laut. Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan vakuola kontraktll berfungsi sebagai alat ekskresi. Rhizopoda bergerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia). h. Struktur tubuh Amoeba tersusun atas plasmalema. rongga makanan (vakuola makanan). • Plasmalema disebut juga membrane sel dan berfungsi melindungi protoplasma. Pernafasannya dilakukan dengan difusi memakai seluruh permukaan tubuhnya. sitoplasma. Sarcodina / Rhizopoda ialah hewan bersel satu dapat membentuk kaki semu (Pseudopodia). Amoeba Amoeba berarti hewan yang memiliki bentuk tidak tetap.g. Rhizopoda ada yang bersifat parasit pada manusia dan hewan. atau tempat berlumpur. Struktur tubuh rhizopoda. • Sitoplasma dibedakan atas ekstoplasma dan endoplasma. i. Hewan yang termasuk dalam kelas Rhizopoda 1. C. Ektoplasma merupakan lapisan luar sitoplasma yang letaknya berdekatan dengan membrane plasma dan umumnya ektoplasma 4 . inti sel (nucleus).

merupakan bagian dalam plasma. • Rongga makanan (vakuola makanan) berfungsi sebagai alat pencernaan. umumnya bergranula. Ektamoeba Hidup di luar tubuh organisme (hidup bebas). dan beberapa vakuola makanan. Reproduksi Amoeba berlangsung secara aseksual yaitu dengan membelah diri (amitosis) dan pembelahnnya selalu dimulai dari pembelahan inti melalui penarikan sentrosom. Berdasarkan tempat hidupnya Amoeba dibedakan menjadi : a. Didalam endoplasma terdapat 1 inti. • Inti sel berfungsi mengatur seluruh kegiatan yang berlangsung didalam sel. Vakuola kontraktil juga menjaga agar tekanan osmosis sel selalu lebih tinggi dari tekanan osmosis disekitarnya. Makanan yang tidak dicernakan akan dikleuarkan melalui rongga berdenyut. Misalnya Amoeba proteus 5 . • Rongga berdenyut (vakuola kontraktil) berfungsi sebagai organ ekskresi sisa makanan. 1 vakuola kontraktil.

Radiolaria yang mati akan mengendap yang disebut dengan Lumpur radiolaria yang digunakan sebagai bahan alat penggosok serta bahan peledak. efek dari pembusukan ini dapat merusak gigi. Entamoeba ginggivalis Hidup dalam rongga mulut dan menguraikan sisa-sisa makanan. Amoeba ini akan bersifat parasit jika berada diluar usus besar karena mampu menguraikan zat organik menjadi zat anorganik. Radiolaria Radiolaria merupakan organisme laut bertubuh bulat seperti bola dan memilki banyak duri yang terbuat dari zat kitin dan stonsium sulfat. Contoh lain spesies Rhizopoda adalah Diflugia dan Entamoeba gingivalis. kerangkanya terbentuk dari kersik. bersifat parasit dan menyebabkan penyakit perut (Disentri) Entamoeba coli Amoeba ini tidak bersifat parasit jika hidup dalam colon (usus besar manusia) tetapi kadang-kadang dapat menyebabkan buang air besar terus-menerus. 6 .b. Contoh genusnya: Achantometro dan Collosphaera. sehingga merusak gigi dan gusi. 2. Entamoeba Hidup di dalam organisme. Kerangka tubuh Diflugia dapat mengeluarkan selaput lendir sehingga benda-benda lain dapat melekat. Misalnya pada manusia: Entamoeba histolityca Hidup di dalam usus halus manusia. Entamoeba gingivalis dalam gusi rongga mulut yang akan membusukkan sisasisa makanan yang menempel pada celah gigi.

Foraminifera Foraminifera memiliki rangka luar yang terdiri dari silica atau zat kapur (mengandung kalsium karbonat). Rangka luar diffugia dapat menyebabkan butir-butir pasir halus dan benda-benda lain dapat melekat. 4. 5. dengan satu permukaan cembung dan permukaan lainnya cekung atau datar .01 mm . bulat atau spiral. Semua anggota foraminifera ini hidup di laut.190 mm dengan berbentuk tabung. Arcella Memiliki rangka luar yang tersusun dari zat kitin. karena lapisan Foraminifera dapat digunakan sebagai petunjuk dalam pencarian sumber minyak bumi. Ukurannya bervariasi antara 0. Hewan ini banyak terdapat di air tawar.3. 7 . yang ditengahnya terdapat lubang tempat keluarnya kaki palsu. Difflugia Hidup di air tawar. Berbentuk seperti piring. Genus yang paling terkenal dari Foraminifera ini adalah Globigerina.

jadi Rhizopoda adalah hewan yang alat geraknya menggunakan kaki semu atau pseudopodia. vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Vakuola kontraktil terdapat pada semua rhizopoda air tawar. Pengertian dan ciri-ciri rhizopoda yaitu. Kesimpulan Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa : a. Makanannya diambil dengan cara fagosit.Di dalam endoplasm. • Rhizopoda berasal dari kata Rhiza yang berarti akar dan Podium artinya kaki. • Ciri-ciri rhizopoda: berkembang biak secara vegetative dengan membelah diri. 8 . memiliki kaki semu yang berfungsi sebagai alat gerak dan penangkap mangsa. b. Kaki semu merupakan penjuluran dari sebagian protoplasma.a terdapat satu atau lebih inti. Vakuola kontraktil juga berfungsi memelihara keseimbangan osmosis sel sehingga mencegah pengembangan di luar batas yang dapat menagkibatkan rhizopoda pecah.Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan vakuola kontraktll berfungsi sebagai alat ekskresi. hidupnya di air tawar dan air laut. Pernafasannya dilakukan dengan difusi memakai seluruh permukaan tubuhnya. Struktur tubuh Rhizopoda yaitu bergerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia).selain itu Tubuh Rhizopoda bersel tunggal dan bentuk selnya dapat berubah-ubah.BAB III PENUTUP A. Geraknya disebut gerak amoeboid.

difflugia. DAFTAR PUSTAKA 9 . radiolarian. Saran Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan yang harus disempurnakan. arcella. oleh karena itu sebaiknya bagi para pembaca untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai materi rhizopoda sebaiknya mencari lagi referensi yang kebih spesifik.dan foraminifera.c. B. Hewan yang termasuk dalam kelas rhizopoda yaitu : amoeba.

blogspot.org/wiki/Rhizopoda http://kristinatarigan.html http://nitehawkripper.html http://id.shvoong._Protozoa_%28protista_mirip_hewan%29_10.shvoong.com/exact-sciences/biology/1618351-amoeba/#ixzz1cRFb9T7m http://id.com/2011/06/filum-protozoa.org/mw/2.com/2009_11_01_archive.1 10 .com/2009/04/protista-yang-menyerupai-hewan.crayonpedia.com/2011/06/penyakit-air-amoeba-pemakan-otak.blogspot.blogspot.wikipedia.html http://www.com/exact-sciences/biology/2004736-kelasrhizopoda/#ixzz1cR0v7C7y http://id.com/exact-sciences/biology/1618351-amoeba/ http://id.shvoong.http://educorolla3.blogspot.html http://skyzerolive.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->