P. 1
Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

|Views: 148|Likes:

More info:

Published by: Patrycia Alwayz SarangHamida on Mar 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2012

pdf

text

original

Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Hakikat Demokrasi. Hakikat demokrasi adalah terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara ynag demokratis dalam berbagai aspek kehidupan. => Pengertian Demokrasi. Pengertian demokrasi, demokrasi berasal dari kata demos dan kratos. Demos artinya rakyat, sedangkan kratos artinya kekuasaan, jadi demokrasi adalah kekuasaan yang berasal dari rakyat. Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat , oleh rakyat, dan untuk rakyat. => Macam-Macam Demokrasi. Macam-macam demokrasi adalah demokrasi langsung (Direct Democracy) dan demokrasi tak langsung (Indirect Democracy). > Demokrasi Pancasila. Demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia sampai saat ini adalah demokrasi Pancasila. Yaitu, pelaksanaan demokrasi di Indonesia dilakukan atas dasar Pancasila. Dengan kata lain adalah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup Pancasila.

Menyelesaikan masalah bersama setiap warga sekolah dengan mengutamakan kepentingan bersama. Menurut Eep Saeful Fatah pemilu dibedakan dalam dua tipe: 1. 2. Lingkungan kehidupan sekolah. Pentingnya Kehidupan Demokrasi dalam hidup Bermasyarakat. Mendiskusikan materi pelajaran yang sulit untuk dibahas bersama-sama. artinya pemilu hanya dijadikan alat legitimasi oleh pemerintah non demokratis dan hasil pemilu adalah rekayasa kelompok tertentu.>Pelaksanaan Demokrasi dalam Wujud Pemilu. Lingkungan Kehidupan keluarga. Pemilu sebagai formalitas politik. bebas. Demokrasi seperti ini disebut sebagai demokrasi langsung. dapat memecahkan masalah yang sulit bersama-sama. dan kompetititf. dan Bernegara adalah agar terciptanya kehidupan yang demokratis. Membiasakan bermusyawarah dalam mengambil suatu keputusan untuk kepentingan bersama. dimana masyarakat memilih langsung calon masing-masing. Saling menghormati hak dan kewajiban anggota keluarga. misalnya tiap warga sekolah bertekad untuk: Memilih pengurus kelas denga musyawarah mufakat dan/atau voting. Pemilu sebagai alat demokrasi. 2. Pentingnya Kehidupan Demokrasi dalam hidup Bermasyarakat. Pelaksanaan demokrasi dapat diwujudkan oleh masyarakat dalam wujud pemilu. Melaksanakan kegiatan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. Berbangsa. bersih. Berbagai sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai lingkungan kehidupan adalah sebagai berikut: 1. Berbangsa. Mengembangkan diri agar lebih berguna untuk kepentingan keluarga. dan Bernegara. . Sikap Positif terhadap Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan. misalnya anggota keluarga bertekad untuk: Membiasakan tidak memaksakan kehendak kepada sesama anggota keluarga. artinya pemilu dilakukan secara jujur.

Lingkungan kehidupan berbangsa dan bernegara. . Menghormati hak asasi manusia. Memberikan pendapat/usul yang membangun kepada pemerintah. 4.  Mengambil keputusan secara musyawarah dalam menentukan bantuan untuk meringankan warga yang tertimpa musibah gempa bumi.  Melaksanakan siskamling yang telah disetujui dengan penuh tanggung jawab. setiap warga Negara bertekad untuk     Melaksanakan kegiatan pemilu dengan penuh tanggung jawab. Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. misalnya semua warga masyarakat bertekad untuk:  Memilih pengurus RT dan RW secara demokratis. Lingkungan kehidupan bermasyarakat.3.  Melaksanakan tugas gotong royong dalam membersihkan sampah di lingkungannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->