1) senyawa adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagianya yang tertentu.

Sedangkan campuran adalah dua zat yang digabungkan atau lebih yg hasil penggabunganya masih mempunyai sifat yang sama. 2) susunan atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.[1]Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul.

3. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa "Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi". Sedangkan Prouts menyatakan bahwa "Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap".Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru.

Kelemahan: Teori dalton tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik. Kelemahan: Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak. atom Thomson “Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron” Kelemahan: Kelemahan model atom Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut. Menurut model atom bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.

Energi Cahaya Energi cahaya adalah energi yang ditimbulkan oleh cahaya. bunyi halilintar. Energi Gerak (kinetik) Energi gerak atau kinetik adalah energi yang dimiliki benda untuk bergerak. Contohnya energi yang terdapat dalam katapel. Energi Panas Energi panas atau kalor adalah energi yang berasal dari panas yang terjadi dari sinar energi matahari atau berasal dari nyala api. dinamo. Contohnya cahaya matahari yang dikumpulkan lewat lensa cembung dapat memanaskan kertas sampai terbakar. 2. mencair. 4. Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda. Contohnya bunyi bom. 5.Kelemahan: Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak. mengupa atau terbakar. 6. . baterai. dan bunyi petasan. 4) Macam-macam bentuk energi : 1. Contohnya aki. per atau busur panah yang terenggang. Energi Kimia Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia. Energi panas dapat menyebabkan benda memuai. Energi Bunyi Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara. 3. Contohnya air yang mengalir dan angin yang bertiup.

.7. Manusia juga membutuhkan energy untuk mendukung kehidupannya. 9. Contohnya pada ledakan bom atom. berfikir dan lain sebagainya. Energi Atom Energi atom adalah energi yang timbul pada reaksi atom saat inti atom dipecah menjadi partikel-partikel lainnya. Energi Listrik Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik. Energi Nuklir Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam atom dari unsur-unsur nuklir. hingga akhirnya menimbulkan energy yang memungkinkan manusia bisa bergerak. Contohnya pada generator dan dinamo 5) Makhluk hidup membutuhkan energi untuk mempertahankan organisasi internal (homeostasis) dan untuk menghasilkan fenomena lain yang terkait dengan kehidupan. Energy tersebut dapat diperoleh dari makanan. 8. Makanan akan diolah oleh system pencernaan didalam tubuh secara kimiawai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful