Pembuluh darah pada paru-paru

Disusun oleh: 1. Ahmad ramdan 2. Luluk marys 3. Nurul khotamiah 4. Redy irawanto

   Sirkulasi pulmonal berasal dari ventrikel kanan yang tebal dinding 1/3 dari tebal ventrikel kiri. . Cabang-cabangnya menyentuh saluran-saluran bronkial. Darah ini kembali melalui vena pulmonalis ke atrium kiri. Darah ini adalah darah yang kaya oksigen dibandingkan dengan darah pulmonal yang relatif kekurangan oksigen. sampai ke alveoli halus. Arteri pulmonalis membawa darah yang sudah tidak mengandung udara dari ventrikel kanan ke paru-paru. Selain aliran melalui arteri pulmonal ada darah yang langsung mengalir ke paru-paru dari aorta melalui arteri bronkialis. Perbedaan ini menyebabkan kekuatan kontraksi dan tekanan yang ditimbulkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan tekanan yang ditimbulkan oleh kontraksi ventrikel kiri.

. akhirnya kapiler menjadi satu sampai menjadi vena pulmonalis dan sejajar dengan cabang tenggorokan yang keluar melalui tampuk paru-paru ke serambi jantung kiri (darah mengandung O₂).  Alveoli itu membelah dan membentuk jaringan kapiler. Dari epitel alveoli. sisa dari vena pulmonalis ditentukan dari setiap paru-paru oleh vena bronkialis dan ada yang mencapai vena cava inferior. maka dengan demikian paru-paru mempunyai persediaan darah ganda. dan jaringan kapiler itu menyentuh dinding alveoli (gelembung udara). jadi darah dan udara hanya dipisahkan oleh dinding kapiler.

.

.

Pembuluh darah paru-paru    2 buah arteri pulmonalis kanan. 2 buah arteri pulmonalis kiri bercabang sampai ke alveolus menjadi kapiler. . dibagi menjadi 2 yaitu kanan dan kiri yang membawa darah bersih dari kedua paru-paru ke atrium kiri. kemudian balik lagi 2 buah vena pulmonal kanan dan 2 kiri Arteri Pulmonalis. dibagi menjadi 2 yaitu kanan dan kiri yang membawa darah kotor dari pulmonary trunk ke kedua paru-paru Vena pulmonalis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful