KALA MIOSEN

YUSUF ANUGERAH PUTRANDARU 072.10.064

. Fosil telah menjadi bukti yang paling kuat untuk menjelaskan tentang kejadian makroevolusi.Sejarah Di Bumi Sejarah kehidupan di bumi dapat diungkap melalui fosill.

.Makroevolusi merupakan perubahan dalam skala besar diatas tingkatan spesies yang berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama.

Melalui prose alami yang panjang.````````Kebanyakan fosil ditemukan tertanam dalam batuan sedimen. Setiap lapisan strata. . disebut catatan fosil berguna bagi ilmuwan untuk menjelaskan sejarah kehidupan di bumi. sedimen-sedimen dapat tersusun secara berlapis-lapis membentuk strata (tingkatan).

Masa Kenozoikum Senozoik atau kenozoikum dalam Bahasa Yunani : Kainos = baru dan Zoe = kehidupan. Jadi kenozoikum adalah masa kehidupan baru .

yang dibagi lagi menjadi beberapa kala (epoch). dan Holosen. Pleistosen. sedangkan Neogen terdiri dari Miosen. dan Oligosen. yang berlangsung hingga kini. Pliosen. . Paleogen terdiri dari Paleosen.Senozoik dibagi menjadi dua zaman. Eosen. Paleogen dan Neogen.

Miosen Miosen adalah suatu kala pada skala waktu geologi yang berlangsung antara 23.03 hingga 5.332 juta tahun yang lalu .

tapi waktu tepat awal dan akhirnya tidak dapat terlalu dipastikan. Miosen dinamai oleh Sir Charles Lyell dan berasal dari kata bahasa Yunani μe??? (meioon. lapisan batuan yang membedakan awal dan akhir kala ini dapat teridentifikasi.Seperti halnya periode geologi yang lebih tua lainnya. "baru") dan kurang lebih merujuk pada "kurang baru" karena hanya memiliki 18% (kurang dari Pliosen) invertebrata laut modern. Miosen mengikuti Oligosen dan diikuti oleh Pliosen dan merupakan kala pertama pada periode Neogen . "kurang") dan ?a???? (kainos.

PLANTS .

INVERTEBRATE .

FISHES AND REPTILS .

BIRDS AND MAMMALS .

serta eropa dan afrika pun belum berhimpit. .Bentuk Muka Bumi Pada Kala Miosen Amerika selatan dan utara belum menyatu.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.