P. 1
Presentation Kemuh

Presentation Kemuh

|Views: 92|Likes:
Published by 171554

More info:

Published by: 171554 on Mar 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2012

pdf

text

original

KHITTAH MUHAMADIYAH

XII IPA 2

kebijakan dan langkah – langkah yang harus ditempuh sehingga usaha yang dilakukan itu benar benar dapat mewujudkan cita cita yang diinginkan . Pendahuluan Sebagaimna ditegaskan dalam rumusan matan keyakinan dan Cita cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM) bahwa muhammadiyah adalah gerakan berasas islam . muhammadiyah senantiasa menghadapi persoalan dan mengalami situasi yg berubah ubah . Dan diperlukan pedoman yang berisi arah . .A . bercita cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya untuk melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah dimuka bumi. Pedoman dalam perjalanan hidupnya .

  Khittah perjuangan Pemuda Muhammadiyah berisi pokok-pokok pikiran yang diharapkan dapat menjadi garis perjuangan gerakan Pemuda Muhammadiyah ke depan. Di dalam rumusan Khittah Perjuangan ini terkandung aspek pembaruan sekaligus kesinambungan. khususnya mereka yang bernaung di bawah panji-panji persyarikatan Muhammadiyah. . Aspek pembaruan diarahkan pada upaya peneguhan eksistensi Pemuda Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang mampu menyelesaikan problematika umat Islam. Sementara aspek kesinambungan merupakan upaya mempertahankan capaian-capaian positif yang selama ini dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah.

Sudah saatnya Pemuda Muhammadiyah bangkit sebagai kekuatan terdepan di dalam merespon dan menyikapi dinamika zaman. rajin. Pemuda Muhammadiyah harus tekun. gerakan Pemuda Muhammadiyah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemulihan krisis yang telah lama menghimpit sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara. Melalui khittah. dan cerdas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi hari esok. .Khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah diharapkan bukan hanya sekedar retorika yang kaya wacana tetapi miskin kerja nyata.

perumusan khittah perjuangan Pemuda Muhammadiyah didorong oleh faktor internal dan eksternal organisasi. Kompetisi dan persaingan dalam seluruh aspek kehidupan harus . Sedangkan faktor eksternal merujuk pada fenomena perubahan dunia yang menuntut setiap orang untuk terlibat aktif dalam mewarnai perkembangan peradaban.Secara objektif. Faktor internal merujuk pada evaluasi dan otokritik terhadap kiprah organisasi di dalam melayani umat Islam dan masyarakat lain pada umumnya.

Pemuda Muhammadiyah harus tampil sebagai pelopor dalam mewujudkan pencerahan peradaban dan pembebasan umat dari keterkungkungan kemiskinan. Dengan semangat ini. tingkat .Sejalan dengan itu. kebodohan. dan ketidakadilan. Semua itu harus menjadi cita-cita umat yang semestinya diperjuangkan secara kolektif tanpa memandang perbedaan suku. ras. motto perjuangan Pemuda Muhammadiyah “FASTABIQUL KHAIRAT” harus kembali menjadi spirit dan landasan gerak bagi setiap aktivitas dan kreativitas yang dilakukan oleh kader-kader Pemuda Muhammadiyah di semua level kepemimpinan.

B.‫ خـطة  .يخطﱡ –  خطﱠ‬yang َ َُ ً ِ berarti rencana. . Dengan demikian. jalan. khittah perjuangan dapat diartikan sebagai rencana. jalan. atau garis (Kamus AlMunawwir). Pengertian Khittah Muhammadiyah  Secara etimologis. kata khittah berasal dari derivasi bahasa Arab. atau garis perjuangan Pemuda Muhammadiyah dalam mewujudkan misi dan cita-cita gerakannya.

  .C . Fungsi Khittah Muhammadiyah Bagi persyarikatan muhammadiyah khittah muhammadiyah berfungsi sebagai landasan operasional yang berisi garis-garis besar pelaksanaan dari hal-hal yang tercantum dalam landasan idil. dan kepribadian muhammadiyah . Landasan idiil muhammadiyah antara lain berwujud dalam muqodimmah anggaran dasar muhammadiyah matan keyakinan dan citacita hidup muhammadiyah (MKCHM) .

Macam-Macam Khittah Muhammadiyah  Sejak berdirinya Muhammadiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H dan bertepatan dengan 18 November 1912 M sampai sekarang ini. persyarikatan Muhammadiyah telah berhasil menetapkan beberapa Khittah perjuangannya. Sikap Muhammadiyah .D. perlunya peningkatan kualitas amal usaha Muhammadiyah. Khittah perjuangan tersebut dirumuskan dan ditetapkan berdasarkan keadaan atau masalah yang dihadapi persyarikatan Muhammadiyah pada kurun waktu tertentu . Sebagai contohnya. masalah perlunya peningkatan paham agama atau keyakinan bagi pimpinan dan warganya.

(Ahmad Rasyid) Sutan Mansur.R. Langkah ini dikenal dengan sebutan “Langkah Dua Belas Muhammadiyah” dan dirumuskan pada periode kepemimpinan K. Mas Mansur. Langkah Muhammadiyah tahun 1938-1940.H. . 2. Khittah Palembang tahun 1956-1959 yang dirumuskan pada muktamar Muhammadiyah ke-33 tahun 1956 di Palembang pada periode kepemimpinan A. organisasi yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan ini telah berhasil menetapkan Khittah perjuangannya.Setelah satu abad usai Muhammadiyah . Diantara khittah perjuangan tersebut adalah : 1.

Khittah Perjuangan Muhammadiyah tahun 1969 yang dirumuskan pada Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 1969 di Ponorogo. . Fachruddin. Jawa Timur.H. (Abdul Razaq) Fachruddin Khittah Perjuangan Muhammadiyah 1971 yang dirumuskan pada muktamar Muhammadiyah tahun 1978 di Surabaya pada periode kepemimpinan K. 4. A.H.R.3. A.R. pada periode kepemimpinan K.

. AR. H.5.H.A. Khittah tersebut dirumuskan pada era kepemimpinan Prof. Khittah Muhammadiyah dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dirumuskan dan ditetapkan pada Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 2002 di Denpasar Bali. Karena ditetapkan di Denpasar. Fachruddin. Khittah Perjuangan Muhammadiyah 1978 yang dirumuskan pada Muktamar Muhammadiyah di Surabaya pada periode kepemimpinan K. M. 6. Dr. Ahmad Syafi’I Ma’arif. Maka Khittah ini sering disebut Khittah Denpasar atau Khittah Bali.

ULFA YAYANG ENIYANA CHANDRA .ANISA NURUL MARGIANI ERDHIETA GHAISANI PUTRI KHOIRUNNISSA HIDAYATI RINI SETYAWATI TRINIANTI M.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->