P. 1
hukum jaminan

hukum jaminan

|Views: 424|Likes:
Published by Regian Iedham

More info:

Published by: Regian Iedham on Mar 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2014

pdf

text

original

Nama NPM Semester

: Novi Eka Fitria : 74201 000 09 145 : IV (Empat) / Non Reguler

Mata Kuliah : Hukum Jaminan

Tugas ; 1. Jelaskan pengertian fidusia menurut anda ketahui ! 2. Sebutkan dan Jelaskan Subjek dan Objek fidusia yang anda ketahui !
3. Kemukakan latar belakang timbulnya lembaga fidusia !

4. Sebutkan dan jelaskan cara-cara eksekusi jaminan fidusia ! 5. Dapatkah jaminan dialihkan kepada pihak lain ! Jelaskan 6. Kemukakan janji-janji yang dilarang dimuat dalam akta pemberian jaminan fidusia ! 7. Kapan momentum terjadinya jaminan fidusia ! Jelaskan !

Jawaban 1) Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. 2) Subjek Hukum yaitu Perorangan dan Badan Hukum Objek Hukum yaitu segala sesuatu yang dapat dimiliki dan dialihkan, Benda yang terdaftar maupun tidak terdaftar, yang bergerak maupun tidak bergerak, dan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan atau hipotik. Terdiri dari : o Benda bergerak
-

Bisa berwujud Bisa tidak berwujud ( merk, hak cipta dan sebagainya)

o Benda tidak bergerak Khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani dengan Hak Tangungan berdasarkan UU No. Thn 1996

kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia. HGU. sebagaimana dipaparkan oleh para ahli adalah karena ketentuan undang-undang yang mengatur tentang lembaga pand (gadai) mengandung banyak kekurangan. maka Pemberi Fidusia. menggadaikan. Pakai atas tanah Negara yang wajib di daftar dan menurut sifatnya dapat dipindahtangankan. Cara eksekusi benda jaminan fidusia. 4. 3) Latar belakang timbulnya lembaga fidusia. eksekusi terhadap benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara: a. . Objek Hak Tanggungan : HM. tidak memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak dapat mengikuti perkembangan masyarakat sehingga timbullah lembaga fidusia. akan tetapi harus berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu dengan menggunakan akta pengalihan yang diketahui para pihak. Dapat dialihkan. HGB. 2) Pelaksanaan penjualan di bawah tangan dengan syarat : o Berdasarkan kesepakatan Pemberi Fidusia dan Penerima Fidusia o Dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak o Pelaksanaan penjualan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dilakukan setelah lewat waktu 1 (satu) bulan sejak diberitahukan secara tertulis oleh Pemberi dan Penerima Fidusia kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan sedikitnya dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di daerah yang bersangkutan. Penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak. 5. yaitu : 1) Apabila debitur atau Pemberi Fidusia cidera janji. 6. Pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 ayat 2 oleh Penerima Fidusia ( langsung dapat dilaksanakan tanpa melalui pengadilan dan bersifat final serta mengikat para pihak untuk melaksanakan putusan tersebut ) b. Untuk melakukan eksekusi terhadap objek Jaminan Fidusia. dan H. - Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan.- Berdasarkan Pasal 4 UU No. Penjualan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan c. 4 Tahun 1996. atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan. wajib menyerahkan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia.

Namun pendaftaran yang dimaksud dalam UUJF. penerima fidusia akan memperoleh kedudukan mendahului (preferen) dari kreditur-kreditur lainnya untuk mengambil pelunasan piutangnya atas hasil eksekusi benda yang menjadi objek jaminan fidusia. . Momentum yang sangat tinggi nilainya dari Jaminan fidusia. kuasa atau wakilnya di Kantor Pendaftaran Fidusia (KPF) tersebut. Karena dengan dilakukannya pendaftaran jaminan fidusia oleh penerima fidusia. bukan pendaftaran "benda" jaminan melainkan pendaftaran "ikatan jaminan" (aktanya). adalah pada saat pendaftaran diterima di Kantor Pendaftaran Fidusia (KPF).- Pemberi Fidusia dilarang melakukan fidusia ulang terhadap Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang sudah terdaftar 7. Adapun maksud diaturnya masalah pendaftaran secara tegas dalam UUJF ini adalah untuk melahirkan hak mendahului (preferen) dan sekaligus untuk memberikan titel eksekutorial bagi kepentingan penerima fidusia.

Terdiri dari : . Subjek Hukum yaitu Perorangan dan Badan Hukum Objek Hukum yaitu segala sesuatu yang berguna bagi subjek hukum atau segala sesuatu yang menjadi pokok permasalahan dan kepentingan bagi para subjek hukum atau segala sesuatu yang dapat menjadi objek dari hak milik dan mempunyai nilai ekonomis. Kemukakan latar belakang timbulnya lembaga fidusia ! 4. Sebutkan dan Jelaskan Subjek dan Objek fidusia yang anda ketahui ! 3. Dapatkah jaminan dialihkan kepada pihak lain ! Jelaskan 6. Kapan momentum terjadinya jaminan fidusia ! Jelaskan ! Jawaban 1. Jelaskan pengertian fidusia menurut anda ketahui ! 2. Sebutkan dan jelaskan cara-cara eksekusi jaminan fidusia ! 5. Kemukakan janji-janji yang pemberian jaminan fidusia ! dilarang dimuat dalam akta 7.Nama Mata Kuliah Semester : Iedham Regian Ratdy : Hukum Jaminan : 4/Empat (Non Reguler) 1. 2. Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

hak cipta dan sebagainya) o Benda tidak bergerak Khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani dengan Hak Tangungan berdasarkan UU No. Objek Hak Tanggungan : HM. Pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 ayat 2 oleh Penerima Fidusia ( langsung dapat dilaksanakan tanpa melalui pengadilan dan bersifat final serta mengikat para pihak untuk melaksanakan putusan tersebut ) b. sebagaimana dipaparkan oleh para ahli adalah karena ketentuan undangundang yang mengatur tentang lembaga pand (gadai) mengandung banyak kekurangan. eksekusi terhadap benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara: a. 4. Pakai atas tanah Negara yang wajib di daftar dan menurut sifatnya dapat dipindahtangankan. Latar belakang timbulnya lembaga fidusia. tidak memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak dapat mengikuti perkembangan masyarakat sehingga timbullah lembaga fidusia. Penjualan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan c. HGU. 3. Cara-cara eksekusi benda jaminan fidusia. 4 Tahun 1996. HGB. Penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak.o Benda bergerak Bisa berwujud Bisa tidak berwujud ( merk. dan H. 2) Pelaksanaan penjualan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dilakukan setelah lewat waktu 1 (satu) bulan sejak diberitahukan secara tertulis oleh Pemberi dan Penerima . yaitu : 1) Apabila debitur atau Pemberi Fidusia cidera janji. Thn 1996 Berdasarkan Pasal 4 UU No.

Fidusia kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan sedikitnya dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di daerah yang bersangkutan. menggadaikan. - Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan. Sebutkan dan jelaskan cara-cara eksekusi jaminan fidusia? 5. Dapat dialihkan. Kemukakan latar belakang timbulnya lembaga fidusia? 4. Namun pendaftaran yang dimaksud dalam UUJF. 6. Jelaskan pengertian fidusia menurut anda ketahui? 2. Nama Mata Kuliah Semester : Heru Aliansyah : Hukum Jaminan :4 1. - Pemberi Fidusia dilarang melakukan fidusia ulang terhadap Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang sudah terdaftar 7. wajib menyerahkan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia. maka Pemberi Fidusia. bukan pendaftaran "benda" jaminan melainkan pendaftaran "ikatan jaminan" (aktanya). Sebutkan dan Jelaskan Subjek dan Objek fidusia yang anda ketahui? 3. 5. Momentum yang sangat tinggi nilainya dari Jaminan fidusia. Untuk melakukan eksekusi terhadap objek Jaminan Fidusia. Dapatkah jaminan dialihkan kepada pihak lain? Jelaskan . akan tetapi harus berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu dengan menggunakan akta pengalihan yang diketahui para pihak. kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia. atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan. adalah pada saat pendaftaran diterima di Kantor Pendaftaran Fidusia (KPF).

Thn 1996 Berdasarkan Pasal 4 UU No. 1) Apabila debitur atau Pemberi Fidusia cidera janji. eksekusi terhadap benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara: a. Terdiri dari : o Benda bergerak - Bisa berwujud dan Bisa tidak berwujud o Benda tidak bergerak Khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani dengan Hak Tangungan berdasarkan UU No. Kapan momentum terjadinya jaminan fidusia? Jelaskan Jawaban 1. dan H. Penjualan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan . 2. tidak memenuhi kebutuhan masyarakat. HGU. Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.6. 3. karena ketentuan undang-undang yang mengatur tentang lembaga gadai mengandung banyak kekurangan. Kemukakan janji-janji yang dilarang dimuat dalam akta pemberian jaminan fidusia? 7. 4. 4 Tahun 1996. Pakai atas tanah Negara yang wajib di daftar dan menurut sifatnya dapat dipindahtangankan. Pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 ayat 2 oleh Penerima Fidusia ( langsung dapat dilaksanakan tanpa melalui pengadilan dan bersifat final serta mengikat para pihak untuk melaksanakan putusan tersebut ) b. HGB. Objek Hak Tanggungan : HM. Latar belakang timbulnya lembaga fidusia. Subjek Hukum yaitu Perorangan dan Badan Hukum Objek Hukum yaitu segala sesuatu yang berguna bagi subjek hukum atau segala sesuatu yang menjadi pokok permasalahan dan kepentingan bagi para subjek hukum atau segala sesuatu yang dapat menjadi objek dari hak milik dan mempunyai nilai ekonomis.

Dapat dialihkan. atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan. Permadi Mata Kuliah : Hukum Jaminan . akan tetapi harus berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu dengan menggunakan akta pengalihan yang diketahui para pihak. maka Pemberi Fidusia. - Pemberi Fidusia dilarang melakukan fidusia ulang terhadap Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang sudah terdaftar 7. 5. Momentum dari Jaminan fidusia. 2) Pelaksanaan penjualan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dilakukan setelah lewat waktu 1 (satu) bulan sejak diberitahukan secara tertulis oleh Pemberi dan Penerima Fidusia kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan sedikitnya dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di daerah yang bersangkutan. 6. kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia.c. Namun pendaftaran yang dimaksud bukan pendaftaran "benda" jaminan melainkan pendaftaran "ikatan jaminan" Nama : Aditya A. wajib menyerahkan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia. - Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan. Untuk melakukan eksekusi terhadap objek Jaminan Fidusia. Penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak. adalah pada saat pendaftaran diterima di Kantor Pendaftaran Fidusia. menggadaikan.

2. HGB. Objek Hak Tanggungan : HM. - . Subjek Hukum yaitu Perorangan dan Badan Hukum Objek Hukum yaitu segala sesuatu yang berguna bagi subjek hukum atau segala sesuatu yang menjadi pokok permasalahan dan kepentingan bagi para subjek hukum atau segala sesuatu yang dapat menjadi objek dari hak milik dan mempunyai nilai ekonomis. Jelaskan Jawaban 1. Sebutkan dan jelaskan cara-cara eksekusi jaminan fidusia 5. Sebutkan dan Jelaskan Subjek dan Objek fidusia yang anda ketahui 3. 4 Tahun 1996. Kapan momentum terjadinya jaminan fidusia. dan H. Jelaskan 6. Dapatkah jaminan dialihkan kepada pihak lain. HGU. Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. Jelaskan pengertian fidusia menurut anda ketahui 2. Terdiri dari : o Benda bergerak - Bisa berwujud dan Bisa tidak berwujud o Benda tidak bergerak Khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani dengan Hak Tangungan berdasarkan UU No. Thn 1996 Berdasarkan Pasal 4 UU No.Semester : 4 (Non Reguler) 1. Pakai atas tanah Negara yang wajib di daftar dan menurut sifatnya dapat dipindahtangankan. Kemukakan latar belakang timbulnya lembaga fidusia 4. Kemukakan janji-janji yang dilarang dimuat dalam akta pemberian jaminan fidusia 7.

menggadaikan. Momentum dari Jaminan fidusia. karena ketentuan undang-undang yang mengatur tentang lembaga gadai mengandung banyak kekurangan. Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan. Latar belakang timbulnya lembaga fidusia. 6. wajib menyerahkan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia. Namun pendaftaran yang dimaksud bukan pendaftaran "benda" jaminan melainkan pendaftaran "ikatan jaminan" . akan tetapi harus berdasarkan ketentuan yang berlaku yaitu dengan menggunakan akta pengalihan yang diketahui para pihak. kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia dan Pemberi Fidusia dilarang melakukan fidusia ulang terhadap Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang sudah terdaftar 7. eksekusi terhadap benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara: a. Penjualan benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan c. 1) Apabila debitur atau Pemberi Fidusia cidera janji.3. Dapat dialihkan. 2) Pelaksanaan penjualan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dilakukan setelah lewat waktu 1 (satu) bulan sejak diberitahukan secara tertulis oleh Pemberi dan Penerima Fidusia kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan sedikitnya dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di daerah yang bersangkutan. Untuk melakukan eksekusi terhadap objek Jaminan Fidusia. adalah pada saat pendaftaran diterima di Kantor Pendaftaran Fidusia. tidak memenuhi kebutuhan masyarakat. maka Pemberi Fidusia. Pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 ayat 2 oleh Penerima Fidusia ( langsung dapat dilaksanakan tanpa melalui pengadilan dan bersifat final serta mengikat para pihak untuk melaksanakan putusan tersebut ) b. 4. 5. Penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak. atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->